TIPS REVIEW BLOG BY EWAFEBRI 2019

review blog ewafebri 2019


[Start Your Day With Ewafebri] TIPS REVIEW BLOG BY EWAFEBRI 2019. Wah gak nyangka udah memasuki akhir tahun nie Gaes. Biar afdol, saya juga pingin mereview Blog ewafebri dan apa saja yang sudah dicapai di tahun 2019. Yuk kita mulai ! 

 TIPS REVIEW BLOG BY EWAFEBRI 2019


Alhamdulilah tahun ini beberapa resolusi tentang Blog yang sempat saya tulis di awal tahun, sebagian sudah terwujud. Bahkan lebih besar dari apa yang saya bayangkan sebelumnya.

Tak hanya tentang Blogging saja, bahkan personal life saya pun juga beberapa sudah tercapai di Tahun ini.

Membuat review saat ini sudah menjadi hal biasa buat saya. Belajar dari pengalaman membuat review di Bullet Journal, kali ini saya juga ingin mengaplikasikannya dalam Blog ewafebri.

Kenapa ? Ini dia Alasannya ! 


ALASAN MENYUSUN REVIEW TAHUNAN 


logo ewafebri


Salah satu alasan kuat saya, mengapa saya rela menyusun review adalah untuk mengingatkan bahwa saya harus terus bersyukur dalam menghadapi banyak hal.

Terkadang, saking terlenanya kita dan terhanyut dalam kesibukan tiada henti, kita lupa bersyukur atas apa yang sudah  didapatkan. 

Selain itu, menyusun review mengingatkan saya bahwa, " sebuah mimpi itu, jika berusaha diwujudkan, tentu bisa menjadi kenyataan."

Dan review ini sekaligus merupakan alat bagi saya untuk mengukur seberapa banyak peluang yang telah diambil. Maklum saya ini tipikal orang yang takut keluar dari zona nyaman. hahaha..

Beberapa peluang tahun ini yang berani saya ambil di antaranya : 



  • Berani membuat workshop
  • Menjadi content writer di salah satu komunitas menulis. 


Kira-kira apa saja yang sudah saya capai berdasarkan Target Blog 2019 ya ? Yuk kita mulai.


✔️ KONSISTEN MENULIS 2 POSTINGAN 


Alhamdulilah meski sebulan belakangan ini mata saya bermasalah sangat parah, saya masih bisa tetap konsisten menulis minimal 2 artikel setiap bulan. 

Target ini berkurang semenjak, mata sebelah kiri saya mengalami pembengkakan. Untungnya saya menerapkan sistem schedule post, di mana artikel sudah dibuat jauh-jauh hari sebelum pubish. 

Dengan begitu, setiap minggu saya gak perlu memaksakan diri untuk membuat tulisan 2 sekaligus. Contohnya seperti tulisan ini. Postingan ini saya tulis pada tanggal 15 Desember lalu. Hehee..


✔️ DAILY PAGEVIEW 1000 (BLOGSPOT DASHBOARD)


Pageviews juga menjadi salah satu target prioritas saya tahun ini. Alhamdulilah setelah kerja keras menerapkan SEO Off dan On Page, saya mendapatkan banyak trafik organik dari konten-konten yang muncul di search engine.

Jujur, sebenarnya sumber trafik saya yang terbanyak justru datang dari organik di mesin pencarian. Salah satu hal yang membuatnya jadi sumber trafik adalah adanya konten evergreen ditambah penerapan metode SEO.

Tahun ini saya memasang target 500.000 pageview dalam kurun waktu tahun 2019, tapi siapa sangka di Bulan Desember ini, sudah mencapai 600.000 lebih pageview. Dengan rata-rata user 300 perharinya.

Wah sungguh sesuatu hal yang patut saya syukuri. Rasanya tuh, usaha kerasnya berbuah manis.

✔️ SETIAP BULAN ADA 1 POSTINGAN TENTANG BLOGGING CORNER


Awal saya memutuskan untuk membuat target ini, sebenarnya gak terlalu percaya diri. Mengingat saya ragu apakah bisa mendapatkan banyak ide tentang Blogging atau tidak.

Tetapi kenyataannya, semakin sering menulis, semakin banyak ide topik yang bermunculan. Dan hampir semuanya saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi.

Misalnya saja ketika saya mengalami masalah tentang verifikasi pin adsense, penyebab hilangnya google adsense ataupun kelupaan indexing Blog yang berakibat fatal pada pencarian artikel.

Supaya pembaca tak mengalami hal serupa, saya mengemasnya dalam bentuk tips blogging.






✔️ BELAJAR SEO ON PAGE & OFF PAGE



Saya sadar betul ketika menetapkan target pageview (berdasarkan dashboard blogspot), saya harus meningkatkan kualitas konten. Dan tentu saja, belajar SEO merupakan keharusan.

Hamdalah, 80% dari 100% pageview di Blog ini, justru merupakan trafik organik dari search engine. Bukan trafik referal.

Meskipun referal dan direct link menyumbangkan sejumlah trafik, namun organik trafik dengan beberapa landing page artikel mendominasinya. Dengan begitu, saya gak terlalu stres harus membagikan artikel saya ke sosmed lainnya. Hehehe.. 


✔️ POSTINGAN MINIMAL 500 KATA



Untuk mampu menduduki salah satu tempat di area page on search engine, paling tidak saya harus belajar membuat artikel dengan memanfaatkan 500 kata lebih.

Bagi saya yang minim kosakata, tentu ini merupakan tantangan terberat. Namun setelah saya mencobanya dan belajar konsiten menulis minimal 1 minggu 1 cerita, tak ada yang tak mungkin untuk terjadi.

Saya mulai memiliki banyak tabungan kata dalam membuat tulisan. Saya jadi terbiasa membuat tulisan dengan subheading dan minor heading sebagai highlightnya.

Bagi saya 2019 adalah tahun di mana saya fokus belajar cara penulisan. Di mulai dari menentukan gaya bahasa penulisan, hingga mencoba membuat tulisan gaya storytelling.

Beberapa tulisan saya, yang mengedepankan storytelling di antaranya :





Dan masih banyak contoh tulisan lainnya yang saya emas dalam label 1 Minggu 1 Cerita.


✖️ MEMBUAT 30 DAYS BLOG CHALLENGE  



Ini adalah salah satu ambisi yang terinspirasi dari 30 Days Blog Challenge yang pernah saya tuntaskan di tahun 2018 lalu. Sayangnya, target ini gagal saya lakukan karena saya sibuk dengan urusan yang serba dadakan dan gak terprediksi.

Namun saya bahagia, karena banyak target yang sudah saya tentukan, ternyata berhasil saya lakukan di tahun 2019. Bahkan tak cuma target Blogging saja yang sudah saya capai. Melainkan kehidupan nyata pun juga merupakan achievement yang patus saya syukuri.





PERSONAL ACHIEVEMENT


Tahun lalu, selain ingin mencapai target Blogging saya juga mensetup target personal yang ingin saya capai.

Sebagai catatan, sekaligus memori keeper yang nantinya ingin saya ingat, saya akan membuat list, hal apa saja yang sudah saya capai dalam kurun waktu January 2019- Desember 2019 :


  • Tahun ini untuk pertama kalinya saya bisa mendapatkan penghasilan sebagai seorang Blogger. Hasilnya lumayan banget, bisa buat bayar hosting dan domain satu tahun. Plus bikin jadi semangat menulis dan mengelola Blog ini lebih serius lagi. 
  • 2019 untuk pertama kalinya saya menjadi nara sumber KULWAP untuk menyampaikan ilmu tentang Bullet Journal. 
  • Bulan Juli lalu, untuk pertama kalinya saya menjadi nara sumber Workshop di Bintaro, bekerja sama dengan Radeesyaedu.
  • Membuat Ebook secara gratis. Buat yang sudah daftar ke Blog ini, pasti kalian mendapatkan Ebook gratisnya kan ? hehehe.. 
  • Bulan Desember sebagai penutup akhir tahun, akhirnya saya mendaptkan kesempatan untuk ikut Pameran lukisan bersama dengan 40 pelukis lainnya. Salah satu mimpi seumur hidup yang sudah tercapai di tahun ini.


Itulah beberapa pencapaian yang sudah saya dapatkan tahun ini. Tapi jangan dikira gak ada gagalnya ya ? Kegagalan mah banyak ! namanya juga hidup. Hahaha,, Salah satunya, saya tetap gagal membina rumah tangga tahun ini, eaaaaa.. Hahaha..


TIPS MEMBUAT REVIEW BLOG (LAINNYA)


tips blogging ewafebri


Pentingkah membuat sebuah review untuk Blog pribadi ?

Jika pertanyaan itu ditujukan pada saya saat ini, jawabannya Penting banget !

Karena dengan menyusun review saya belajar memilah mana hal yang nantinya saya fokuskan, mana hal yang nantinya perlu dibuang dan mana hal yang sebaiknya dicoba sebagai peluang.

Membuat review juga bisa membantu saya berfikir lebih jernih terhadap suatu topik tertentu, karena masalahnya bisa terurai dengan baik.

Hal ini juga bisa merangsang otak saya untuk memikirkan sebuah solusi. Pokoknya asik banget lah membuat review ini. Hahhaa..

Tips Membuat Review Dari Ewafebri 



  • Buat brainstorming tentang tujuan yang ingin dicapai. Aspek mana yang ingin difokuskan.
  • Tulis target yang ingin dicapai tersebut sebagai reminder. Boleh di buku (Bullet Journal) atau bikin postingan di Blog. Biasanya nie, hal yang sudah diluncurkan ke publik, bisa lebih semangat mencapainya. Hahaha..
  • Tentukan rentan waktunya. Apakah target tersebut untuk 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau bahkan 5 tahun ke depan. Dengan begitu kita mudah melacak progresnya. 
  • Buat evaluasi pada rentan waktu yang telah ditentukan. Apakah sudah sesuai harapan, apa perlu penambahan waktu atau harus membuat target baru ? Dll. Maklum hidup kita kan dinamis. Bisa berubah kapan saja. 🤭🤭
  • Buat tulisan di Bullet Journal, atau postingan sebagai evaluasinya. Perhatikan mana saja yang sudah berhasil, jika banyak yang gagal kita jadi bisa ubah strateginya untuk target mendatang. 


Begitulah kira-kira, cara saya membuat sebuah review. Jika salah satu target saya terkesan muluk-muluk, maka saya akan mengganti targetnya menjadi sesuatu yang achievable.

Dengan begitu kita bisa merasakan hasil kerja keras kita, dan tahu di mana titik batasnya, sebelum melangkah kembali. Hehee.



Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bareng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !



KESIMPULAN 


Untuk mengingatkan diri sendiri supaya tidak lupa untuk mengucap syukur, saya membuat list pencapaian (entah besar maupun kecil), sehingga saya berusaha mencapainya dan mengapresiasi diri sendiri. 

Masih banyak pencapaian kecil lainnya, namun beberapa hal yang saya tulis di atas, merupakan hal yang paling pingin saya capai. Semoga tulisan ini bisa memberikan semangat buat teman-teman yang lainnya, terutama yang merasa " hidup gw kayaknya begitu-begitu aja ". 

Pada dasarnya hidup kita itu mengalami banyak perubahan, namun karena kita gak memiliki patokan untuk mengukur perubahan tersebut, makanya kita selalu berfikir kayaknya " ya gitu-gitu aja !

Supaya pikiran tersebut gak ada, cobalah membuat Goal tahun depan dan mereviewnya di akhir tahun. Lihat perubahan apa yang kalian sudah dapatkan selama 1 tahun tersebut. Dengan begitu kita kan mengetahui, bahwa ternyata hidup kita itu sangat dinamis, dan gak gitu-gitu aja. hahaha..

HAPPY BLOGGING !