CARA MUDAH MEMBUAT REVIEW PADA BULLET JOURNAL

 cara membuat bullet journal reviews


Membuat Monthly Review pada Bullet Journal menjadi salah satu hal wajib yang saya lakukan saat ini. Ada banyak manfaat yang saya rasakan dengan menyusun review pada BuJo ini. Salah satunya bisa membantu saya lebih fokus untuk bulan berikutnya. Hari ini saya akan berbagi Tips Cara Mudah Membuat Review Pada Bullet Journal.

CARA MUDAH MEMBUAT REVIEW PADA BULLET JOURNAL


Setelah tahun lalu saya membahas tentang bagaimana menyusun monthly review (yang mendadak postingannya tidak bisa direload dan dibaca , akhirnya saya copas dibagian bawah postingan ini) , bulan ini saya ingin membagikan cara baru dalam menyusun monthly review.

METODE MEMBUAT REVIEW PADA BULLET JOURNAL


Jika sebelumnya saya menggunakan cornell system sebagai teknik pencatatan, kali ini saya menggunakan metode mindmap untuk menyusun Monthly Review.

MINDMAP


bullet journal review dengan mindmap
Monthly Review May 2018

Mindmap adalah bentuk informasi yang menyerupai jaring dimana bagian tengah merupakan informasi yang utama, sementara yang lainnya adalah cabang informasi yang kita dapatkan dari informasi utama.

Metode ini biasanya digunakan untuk mencari ide yang sangat detail dari sebuah informasi. Karena bentuknya yang menyerupai jaring laba-laba, membantu otak kita untuk bisa berpikir bebas dan luas dalam mendapatkan ide pikira.

Cara ini juga sangat mudah digunakan untuk membuat review Bullet Journal. Kita hanya perlu membuat judul pada bagian tengah, kemudian disekelilingnya kita isi dengan hal apa saja yang sudah kita alami.


Caranya :


  • Pada bagian tengah atau center saya gunakan sebagai judulnya (nama Bulan yang akan direview)

  • Bagian atasnya adalah hal-hal yang berhasil saya lakukan, bagian kiri adalah project yang sedang saya kerjakan. 

  • Bagian kanan ada hal yang ingin saya perbaiki, sementara bagian bawah adalah hal gagal yang sudah saya lakukan. 

Mindmap juga saya gunakan untuk membuat review semester untuk Bullet Journal saya tahun ini. Dengan sedikit menambahkan beberapa detail deskripsi, membuat mindmap saya terlihat lebih penuh. Hihi...


6 Months Review (Jan - June 2018)

Selain membuat review bulanan dan semester saya juga membuat weekly review pada weekly spread saya.


weekly bullet journal review
Weekly Review
(lebih fokus pada keadaan yang sedang terjadi.)

Nah.. untuk contoh lainnya, kalian bisa browsing tema bullet journal pada menu the journal yang ada pada website ini.

Tentang bagaimana cara menyusun monthly review, kalian bisa membaca postingan dibawah ini.

CARA MEMBUAT MONTHLY REVIEWS



Whoaaaa.. Udah memasuki bulan November ya.. ? Hihi.. Teman-teman udah menyiapkan bullet journalnya buat bulan ini ?. Saya yakin pasti sudah. Hehe..

Hari ini, saya tidak memposting tentang setup bulan November, tapi justru sebaliknya. Hihi.. Saya ingin mereview tentang bulan Oktober kemarin. Saya ingin berbagi tentang apa saja yang sukses dan apa saja yang gagal. Hihi..

MONTHLY REVIEW BULLET JOURNAL


monthly review bujo


Haruskah setiap bulan kita membuat review.. ? Pentingkah Monthly Review dalam Bullet Journal ? Mari kita diskusikan.. Hihi (sok jadi moderator).

Jawabannya, tentu saja "relatif" 😁.

Wajib dan tidaknya membuat review adalah tergantung kebutuhan kita. Buat saya pribadi, Membuat Review menjadi sebuah perjalanan sendiri. Adakalanya saya membuat review berbasis mingguan, adakalanya saya membuat secara global, berbasis bulanan. Tanpa saya sadari, saya membuat review setiap bulannya.

Pentingkah membuat Monthly Review ? Jawabannya sama, "Relatif" , tergantung kebutuhan kita masing-masing. Ada tipikal orang yang tanpa harus "menuliskan" reviewnya, sudah paham dengan situasi yang mereka jalani, tapi ada juga sebagian yang harus membuat review untuk membantu mereka memutuskan tindakan selanjutnya.


bujo monthly review ideas

Buat saya pribadi, setelah mencoba (bongkar pasang monthly review) dan mempelajarinya, monthly review memiliki peranan penting dalam bullet journal saya. Monthly review memiliki peranan yang sama dengan Braindump yang saya setup pada awal bulan.

Sebelum membahas bagaimana menyusun sebuah review, saya akan membahas tentang manfaat yang saya dapat selama membuat monthly review.

MANFAAT MONTHLY REVIEW


1. Merangsang Otak untuk mempertajam ingatan kita.


Jika kita perhatikan, kata "review" dalam bahasa Inggris bisa kita artikan sebagai menganalisa, atau mengingat kembali kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi. Peristiwa atau kejadian ini bisa terdiri dari sebuah proses atau juga obyek dari suatu project tertentu.
Kegiatan menganalisa dan mengingat kembali suatu peristiwa atau kejadian tertentu inilah yang akan merangsang otak kita untuk mempertajam ingatan.
Dari buku seperti think small dan the power of habit, para ilmuwan mengatakan bahwa otak kita akan mampu merespon suatu hal dengan cepat dan baik apabila kita melakukannya secara berulang, meskipun terkadang respon yang diberikan beragam.

2. Melatih otak kita untuk menganalisa beberapa pilihan.


Setelah beberapa kali mencoba memberikan review, saya mulai mampu menganalisa dan memutuskan pilihan dengan lebih mudah. Sebelumnya saya merasa kesulitan untuk membuat suatu keputusan, semisal apakah project A, B atau C yang layak untuk dilanjutkan atau tidak.
Tapi dengan seringnya membuat review, saya mulai terlatih untuk menganalisa dan memutuskan pilihan yang tepat untuk dilanjutkan, ditunda atau bahkan dihentikan.

3. Melatih dan merangsang otak untuk menciptakan solusi atau ide baru.


Dalam proses membuat review, tentu kita akan mengenali beberapa hal yang menyangkut tentang obyek yang kita review. Bisa berupa hal positif dari obyek tersebut, hal negatif, atau bahkan timbulnya permasalahan yang membutuhkan suatu solusi tertentu. Dari sinilah proses review akan melatih kita untuk menemukan/mencari solusi dari permasalahan yang ditimbulkan. Bahkan tak jarang kita dapati diri kita mampu menciptakan ide baru dari analisa yang sudah kita lakukan.

Tapi sekali lagi, penting dan tidaknya Monthly review tergantung pada diri kita masing-masing. Mungkin saya adalah tipe orang yang lebih mampu berpikir dengan baik apabila ada stimulus tertentu (ini bahasanya bener atau gak.. ? Hihi..).

Bagaimana cara membuat Monthly review untuk bullet journal ?


Pertanyaan itu kerap kali muncul dibenak saya setiap kali saya akan membuat sebuah review. Dan apa yang saya lakukan adalah dengan melakukan hal yang sama seperti bulan-bulan sebelumnya (gak penting banget ini bahasannya, haha..).

Yang saya lakukan adalah :

1. Menuliskan hal apa saja yang menurut saya berhasil dibulan ini.


Saat saya mencari ide di internet tentang bagaimana cara membuat review di bullet journal, informasi yang sering saya dapatnya adalah tentang seberapa berhasil layout yang mereka gunakan tiap bulannya
Dan buat saya, cara ini kurang sreg dihati. Hihi.. Kurang memenuhi kebutuhan saya. Akhirnya saya membuat formula sendiri.
Yes.. Formula saya adalah formula acak adul. Haha.. Karena review yang saya buat tidak melulu tentang berhasil tidaknya sebuah layout, walaupun itu salah satu diantaranya. Beberapa bulan terakhir saya lebih memprioritaskan pengembangan sistemnya dibandingkan uji coba layout. Jadi buat saya, poin review terpenting adalah pada sistemnya.

Beberapa hal yang saya review diantaranya :



  1. Apa saja target/goal yang berhasil saya selesaikan ?
  2. Peristiwa atau moment yang menjadi highlight bulan tersebut.
  3. Pencapaian suatu hal yang meski tanpa kita rencanakan sebelumnya.
  4. Seberapa efektif layout yang ada dalam bullet journal kita.
  5. Seberapa banyak project yang mampu saya selesaikan (atau penambahan progress tertentu) di bulan tersebut.

contoh monthly review pada bujo
Contoh Review

2. Menuliskan hal apa saja yang gagal kita lakukan.


Sama halnya dengan membuat daftar apa saja yang berhasil, saya juga membuat daftar apa saja yang gagal saya lakukan dibulan tersebut.
Semisal : project yang melewati batas deadline.
Kenapa yang gagal pun saya buat daftarnya ? ..





Dengan cara ini memudahkan saya mengelompokkan materi, target, atau project mana yang akan saya lanjutkan (migrasi), tunda atau hentikan sama sekali.

3. Menuliskan hal-hal apa yang bisa saya kembangkan, perbaiki atau hal baru yang akan dicoba.


Jika kita sudah membuat daftar "gagal" , tentu kita akan lebih mudah mengamati, bagian mana saja yang ingin dilanjutkan atau tidak. Nah, dibagian inilah kita bisa membuat atau menuliskan hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan, atau memperbaiki kegagalan tersebut. Di bagian ini, otak kita dirangsang untuk mencari suatu solusi dari permasalahan yang muncul di bagian kedua atau daftar gagal tersebut.


monthly review dengan cornell system


Adakalanya saya juga membubuhkan ide baru yang ingin saya coba dibulan selanjutnya. Bisa berupa suatu project, layout atau peristiwa/moment tertentu.

Semisal :
A. project : ingin membuat sliding card.
B. Layout : nyoba weekly vertical layout.
C. Moment : jalan-jalan ke kota tua sendiri.


contoh weekly review pada bujo


Hihi.. Begitulah tadi bagaimana cara saya membuat atau menyusun monthly review. Perlu digarisbawahi bahwa cara ini tidak mutlak. Ini hanyalah salah satu alternatif yang temen-teman bisa coba terapkan dibullet journalnya. Mungkin masih ada banyak cara diluar sana yang lebih cocok dengan cara yang teman-teman inginkan.

Terima kasih sudah membaca postingan ini sampai akhir, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Post a Comment

0 Comments