10 BLOGGING GOALS IDEAS FOR 2019

by - December 19, 2018

10 Blogging Goals Ideas for 2019


Hari ini adalah tema BPN 30 Days Challenge yang terakhir. Target Blog yang ingin dicapai di tahun 2019 nanti. Tema ini sangat memotivasi saya untuk makin memajukan performa Blog Ewafebri. Sebelum saya mengulas tentang target yang ingin saya capai di tahun 2019, terlebih dahulu saya ingin mereview tentang hal apa saja yang sudah saya raih selama 1 tahun terakhir ini. 

[Tabel of Content] 



Bpn 30 blog challenge ewafebri


Akhirnya ! Kelar sudah BPN 30  Days Challenge. Bolehlah memberi diri sendiri reward. Enaknya beli apa ya ? MOLESKINE atau ICE CREAM ? Hihi.. Tapi sebelum ngasih reward ke diri sendiri, ada baiknya saya mereview Blog ewafebri dulu ya ? Biar afdol ! Hehe..

Review ini bagi saya sangat penting. Selain ke depannya saya bisa menggunakannya sebagai pembanding, review juga bisa memberi pandangan baru bagi saya untuk mengoptimalkan fungsi dari Blog ini sendiri. Ada beberapa hal yang saya targetkan di awal tahun, tercapai di akhir tahun ini. Meskipun ada juga yang belum berhasil. Dan berikut ini ulasan review saya tentang Blog Ewafebri di tahun 2018. 

BLOG REVIEW 2018


Membuat review memang tidak mudah, karena kita harus mengumpulkan data-data pembanding sebelumnya untuk mengetahui peningkatan atau justru sebaliknya. Untuk membuatnya lebih mudah dipahami, saya akan mengulasnya satu per satu

TARGET PAGEVIEW 


Saya sangat beruntung, di awal tahun 2018 saya sempat membuat goal tentang page view. Sebagai pembanding saya menggunakan pageview tahun 2017 yang mencapai 10.000 pageview dalam kurun waktu 1 tahun (Januari 2017 - Desember 2017). Di awal tahun ini, saya ingin meningkatkan pageview dengan membagi targetnya dalam 2 semester. Semester 1 (Januari - Juni 2018) saya menargetkan pageview menjadi 25.000. Angka ini memungkinkan bagi saya untuk dicapai. Artinya dalam kurun waktu 6 bulan, pageview meningkat sejumlah 15.000. 



Menginjak semester ke 2 (Juli - Desember 2018), saya menargetkan pageview menjadi 50.000 pageview. Sederhananya dalam kurun waktu 6 bulan saya ingin meningkatkan pageview menjadi 25.000. jadi selama tahun 2018 saya ingin meningkatkan pageview 40.000 pageview. 4 kali lipat dari pageview tahun 2017. 

Faktanya, saya mengalami pageview yang melebihi target saya. Di Bulan Desember tahun ini, pageview saya sudah mencapai sekitar 180.000 pageview. Naik sekitar 130.000 pageview dari target 50.000 ribu. 

Beberapa hal berikut ini yang bisa mempengaruhi peningkatan pageview saya secara signifikan. 



KONTEN BLOGPOST 


Namanya Blog ya memang harus memiliki banyak konten. Terutama konten pilar. Konten-konten yang memberikan Backlink banyak dari mesin pencarian. Konten-konten pilar ini adalah konten pendukung utama target pageview bagi Blog Ewafebri. Setelah saya perhatikan, konten-konten pilar yang paling sering muncul di mesin pencarian adalah sebagai berikut ini : 


Semenjak saya menentukan Niche Blog, saya lebih mudah untuk mendapatkan konten pilar. Yang membuat saya suka dengan konten pilar adalah Formatnya yang cenderung banyak berbentuk listicle. Format ini sangat cocok bagi orang yang kurang menguasai cara bercerita atau storytelling

Selama 2018, saya sudah membuat tulisan sejumlah 125 termasuk BPN 30 days Blog Challenge kali ini. Hmmm ... Cara yang menarik untuk membuat Blogpost bukan ? Hihi.. 

MONETIZE BLOG 


Tahun ini, Blog saya memang ingin saya Monetize (menghasilkan uang). Hanya saja memang monetize di sini berhubungan dengan iklan - Affiliate Marketing dan Iklan adsense. Meskipun masih berpenghasilan biasa saja, tapi iklan adsense cukup membantu menghasilkan pundi-pundi. Hihi.. Pengalaman ini juga pernah saya tulis di sini. Berikut artikelnya : 


Yup... Tahun 2018 ini memang saya ingin mendapatkan penghasilan dari Blog ini. Dan sepertinya akan berlanjut ke tahun depan. Sayangnya beberapa penawaran Content Placement kemarin kurang sesuai dengan Niche Blog ini. Sehingga dengan terpaksa saya menolaknya. Dibandingkan dengan Content Placement, sepertinya saya lebih tertarik menggunakan Sponsor Post saja.



Adapun Sponsor Post yang ingin saya publish di Blog ini adalah yang berkaitan dengan Niche Blog :


  • Pendidikan
  • Buku
  • Self Development
  • Blogging atau Website related

BLOG TARGET 2019 



Setelah mereview Blog di tahun 2018, saatnya menentukan Target Blog di tahun 2019. Apa saja yang ingin saya capai di tahun depan ?

Berikut 10 Blogging Goal yang ingin saya capai: 


  • Konsisten dalam membuat postingan. Minimal dalam seminggu ada 2 postingan. Berformat listicle dan story telling.
  • Membuat minimal 1 Blogpost yang berhubungan dengan Blogging Corner setiap bulannya. 
  • Target pageview 1000 setiap hari. Dan DA / PA : 20 / 30
  • Membuat 30 Days Blog Challenge Lagi (semoga bisa hihi.. ) 
  • Belajar memperbaiki On - Off page SEO 
  • Meningkatkan mutu konten dengan melengkapinya menggunakan infografik yang sesuai. 
  • Membuat image Blog lebih menarik. Dengan mengedepankan tema tone dan juga illustrasinya.
  • Membuat artikel konten minimal 500 kata. 
  • Membuat artikel yang lebih informatif dan detail bagi setiap postingan (semoga bisa).
  • Tetap Konsisten dengan tema yang sudah berjalan. Jangan mudah terkena godaan. Hahhaa... 

Itulah 10 Target yang ingin saya capai di tahun 2019. Saat membuat Goal atau target, saya berupaya untuk sedetail mungkin supaya mudah bagi saya untuk mencapainya. Untuk meraih goal tersebut, tentu harus ada upaya yang akan saya lakukan donk ya ? Untuk masalah rencana seperti ini, biasanya ide saya itu mengalir begitu saja. Bahkan kadang hal hal yang sudah saya rencanakan bisa berubah haluan saat eksekusi. Tapi untuk permulaan dan brainstorming awal, saya ingin membuat rencana untuk mewujudkan Goal tersebut seperti di bawah ini.

BLOG PLANNING 2019 


Membuat rencana untuk meningkatkan performa Blog ini. Kenapa rencana di umbar-umbar Vva.  ? Kan kata orang : Don't Tell Your Plan ! Show Them Your Result !. Tapi kan Aquarian sukanya punya cara sendiri. Hahaha.. Gak apa-apa diumbar, justru semoga kita semua bisa sama - sama memajukan Blog kita dengan keunikan masing-masing.




Berikut ini daftar rencana yang ingin saya gunakan tahun 2019 : 


  • Membuat perencanaan pada Bullet Journal. Meliputi ide/tema Blog setiap Bulannya, tracking pageview dan adsense, Monthly Blogging Log meliputi semua kategori tema yang ada.
  • Membagi ide dan tema dari kategori yang ada ke dalam BlogPost Mingguan. Berarti setidaknya saya harus membuat 8 ide blog setiap bulannya dengan mempertimbangkan kategori yang sudah saya miliki.
  • Konsisten dengan jadwal yang sudah saya buat sebelumnya. 
  • Meskipun mengejar target pageview dan DA/PA tapi yang paling utama dan prioritas adalah kualitas kontennya. 
  • Daily Blogwalking. Untuk membangun jaringan atau network, Blogwalking juga bisa menjadi salah satu cara. Apalagi kan dengan Blogwalking kita juga bisa belajar dari Blogger lain tentang banyak hal. 
  • Mencoba mencari, apa yang diinginkan oleh pembaca Blog Ewafebri. Meskipun Blog itu bersifat Personal, tapi gak ada salahnya, kita harus mengetahui apa yang diinginkan pembaca Dari Blog Ewafebri. Dari beberapa komentar yang masuk, banyak yang memberikan saran untuk membuat postingan yang berhubungan dengan cara membuat karakter. Perlu dipertimbangkan ini. 
  • Karena Tahun depan saya akan fokus dengan 3 Blog berbeda, saya harus mencari cara dan jalan supaya ke 3 ini akan terkelola dengan baik. Terutama soal manajemen waktu. Barangkali masing-masing Blog akan saya bagi jadwal menjadi 2 postingan setiap minggunya. Hihi..  
  • Setiap Bulannya setidaknya saya menciptakan 1 konten pilar untuk menyelamatkan page view Blog ini. Hahaha.. 
  • Membuat illustrasi yang lebih detail dari yang sekarang, rasanya pingin menambahkan segmen Comic strip Ewafebri. Tapi kok ngeri-ngeri sedap waktu yang digunakan. Hahhaa.. yang penting masuk wacana dulu lah. Haha..
  • Belajar teknik mobile photography, supaya lebih afdol foto - fotonya. Dan sepertinya Monokrom tetap menjadi Favorite. 
  • Mengatur Mailing List. Dengan memberikan free printable.

Itulah beberapa rencana yang ingin saya lakukan untuk mencapai target Blogging di tahun depan. Apa saja rencana kalian untuk tahun depan Gaes.. ? Boleh dan silahkan share di kolom komentar ya.. hihi..



You May Also Like

66 comments

  1. Target Pageview 1000 per hari semoga tercapai ya mbak. blogku juga blum nyampe itu PV 1000 per hari..semoga tahun depan juga bisa..amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah.. semoga kita makin mwningkat tahun depan mbak.. ! ❤️

      Delete
  2. waaa keren anett... moga makin syuungg melesat melampaui target di tahun depan.

    berhasil juga kita yaa nyampe 30 postingan. gegara challenge ini jadi kenal deh sama ewafebri yg ternyata rumahnya ga jauh. pan kapan ketemuan yok :*

    aia aku suka ama ikon setannya... kiyuut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook mbak.. hahaha. akhirnya kita selesai juga ! Hahaha. Alhamdulilah. ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  3. Woww... It's a great job, girl!!!
    Selamat ya, moga2 sukses terus dan tercapai semua yang ditarget...Amin YRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin terima kasih kakak. Semoga bisa makin kece tahun depan. Semangat juga untuk dirimu. Ditunggu ceritanya.

      Delete
  4. Kereeeen. Aku masih belum bisa sedetail itu eung. Mungkin nanti kalo anak2 udah sekolah baru bisa fokus haha.
    Semoga PV dan DA nya nyampe ya Mbak. Blog saya juga Alhamdulillah tahun ini ada leningkatan banget dibanding tahun2 sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kakak semoga ke depannya makin fokus. Iya, semoga PV dan DA makin meningkat. Amin

      Delete
  5. Mbak semangat buat ngeblog tahun depan, semoga semuanya tercapai. Detail banget lho rencananya. Dan saya mau free printables apalagi untuk journal.. hehehe Nanti saya yang pertama daftar mailing list biar dapet free printables.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Tahun depan bisa bikin printable ya.. hihi.. biar bowgel makin terkenal ❤️

      Delete
  6. Wohooo we did it till the end! Y

    Keren banget, Mbaa target blogging untuk tahun depan. Semoga semuanya lancar ya. Yang penting semangat terus dan menginspirasi banyak orang. Good luck, Mba Evva!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaat juga mbak ! Semoga kita bisa makin kece dengan keunikan kita masing-masing. Amin.. ❤️❤️

      Delete
  7. Wah, aku salut mbak. Detail bgt targetnya. Sementara aku masih blm tau. Hehe
    Btw maaf ni oot ya mbak. Boleh dong contekan bujo buat tahun 2019? Aku pgn nyoba lg nih biar agak lebih teratur hidupnya. Thank you �� dan selamat udh menyelesaikan challenge nya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin banget mbak.. nanti ya.. ? Semoga akhir bulan ini bisa saya update setupnya ...

      Delete
  8. target nya ngeri banget mbak, saya bisa gitu gak yah hehehe smoga sukses mba, targetnya tercapai yah

    ReplyDelete
  9. Luar biasaaa keren banget loh...target blog nya bikin aku minder hahaha
    Keep posting keep inspiring yaa..bakal sering2 main ke sini krn lucuuu liat ilustrasi2 nya, apalagi konten nya informatif..gampang di cerna hahaha makanan kali dicerna xp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masalah target, setupnya yg setinggi kita merasa mampu. Kalaupun gagal yo weslah. Hahhaa.. sabar aja.. 😁😁😁😁😁

      Delete
  10. Masya Allah, detail banget 😍😍

    Saya dalam sehari dapat page view sebanyak 100 saja udah seneng banget, nggak kebayang kalau kayak dirimu mbak, aku jingkrak2 pastinya 😍😍

    Semoga dimudahkan semua urusannya ya mbak. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti dirimu juga bisa mbak.. Awal tahun ini saya juga cuma di bawah 100 pageview. Alhamdulilah makin meningkat. Semangat.. ❤️

      Delete
  11. kereeen banget kak, mau pegang 3 akun sekaligus. Nanti tips2nya di bagi ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 Pribadi, 1 admin nie. Hahhaa.. ke 3nya harus bikin tulisan. Hahha.. duh..

      Delete
    2. cakep bener management waktunya

      Delete
  12. Wow keren, gudlak mba lagian klo plan atau mimpi di show up ngga masalah sih siapa tau di amin kan drpd ngumbar yg ga bener kan ya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak.. hahaha.. mendingan yang bisa diAminkan rame-rame ❤️

      Delete
  13. Akhirnya sampai di hari terakhir challenge ya. Semoga tercapai semua targetnya. Aku suka sama gambar-gambarmu mbak, lucu dan unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbaaak.. semoga makin tambah kece kita ya ? Amin ❤️❤️❤️

      Delete
  14. gak tau lagi mau comment apa.. keren-kereeennn..
    semoga semua goals nya tercapai yaaa..

    ku juga mau ni target 1000 PV per hari. semoga bisa juga. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. semoga tahun depan kita bisa mencapai target ya mbak.. ❤️❤️❤️

      Delete
  15. Wow terencana banget yah mbaa, aku belom sedetail ini, bingung mau mulai dari mana. But thanks to your post mbaaak, jadi ada pencerahann aku izin bookmark anw hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget, silahkaaan... ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  16. targetnya detail mbak, suka deh bacanya dibikin list begitu. Btw blog mbak evva jadi salah satu blog *ehem* panutan *ehem* saya, huhu, teruslah mengeblog mbak :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *ehem* jadi terharu saya *ehem* ... Thank you semoga bisa makin baik ini Blog 😁

      Delete
  17. Mba, kereeenn bangeett..
    Hari ini ngapain? jangan bilang lagi bobo ya hahaha
    Cieehhh yang udah lulus challenge BPN :D

    Btw saya yang masih sulit itu bikin konten pilar, soalnya belum punya Niche khusus.
    Rata2 konten pilar di blog saya, terjadi tanpa direncana hahaha

    Saya juga masih ngotot pengen ODOP mulu sebisa mungkin sih, soalnya saat ini hanya ODOP yang bisa saya lakukan demi meningkatkan perfoma blog.

    Mau ikut lomba, ga pernah menang, bikin konten pilar, bingung, wakakakaka
    Jadinya saya isi dengan menulis aja dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah selesai ODOP kemarin, sepertinya saya butuh jeda lagi. Hahaha.. balas dendam bobok dulu 😁😁😁😁😁

      Delete
  18. Yuk ah semangat! Keren beut dapat ratusan ribu PV. Memang kalah niche sesuai, jadi makin semangat nulis yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbaaak.. yuk kita sama-sama meningkatkan performa Blog Kita.. semangaat ! ❤️❤️❤️

      Delete
  19. Pageview-nya uh wow sekali, Mak Bowgel! Hihihi. Semoga semua resolusi dalam dunia blog-nya tercapai kelak. Amin. Kalau saya sih ... errr ... masih belum bikin ini apa yang mau dicapai nanti, cuma ya #2019TetapNgeblog saja dulu haha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin.. semoga mbaaak.. doakan ya ! ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  20. Waa keren skali mbak target bloggingnya sekeren pageviewnya mau dong pageview segitu, klo sy targetnya 2019Tetapngeblog, ngikut kak tuteh hahai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang paling penting. Tetep Ngeblog 😁😁😁😁!

      Delete
  21. semoga tercapai ya rencana2nya untuk tahun 2019. semangatmu layak dapet 10 jempol mbak. keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin.. semoga tahun depan kita makin bersinar ya mbak.. ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  22. Aku suka bacaaaa nya, semoga menular ke aku. Jadi pengen ngobrol banyak sama Ewa nih. Apalagi suka banget sama ilustrasi bowgels.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mbaaak... Di tahun 2019 kita makin positif untuk segala hal ya. Amin. ❤️❤️❤️❤️❤️

      Delete
  23. Keren targetnya, mba. Semoga tercapai ya. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. Semoga kamu juga mbak.. ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  24. Keren mba ewa, dari kemarin selalu ngintip blog ini karena gambarnya lucu-lucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Momanika.. semoga betah di beranda ini. ❤️❤️❤️

      Delete
  25. Wuaaan goalsnya complete banget mbak? Semoga terwujud semuanya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.. Semoga bisa fokus meraihnya ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  26. Wah, targetnya di luar jangakuan saya. Keren banget Mbak Ewa bikin perencanaan sedemikian matang. Saya tak bisa karena tak mau usaha, hi hi.
    Lain kali coba bikin semacam bullet journal dalam agenda. Paling perencanaan hal0hal yang harus saya lakukan agar lebih terkonsep.
    Menggambar adalah hal paling berat bagi saya, , Mbak. Gak bakat.
    Semoga tahun depan sukses, ya. Dengan 3 blog semoga peluang rezekinya kian bertambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. semoga tahun depan kita sama-sama mendapatkan peluang yang gemilang ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  27. Keren banget mbak :)) semoga targetnya tercapai yaaa~
    Saya baru 2 bulanan nulis blog, setelah baca tulisan ini jadi semakin terpacu untuk lebih rajin nulis lagi heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. yuk kita bikin 2019 makin seru dan keren. Yeaaay.. ! Semoga ada challenge yang menantang lainnya.

      Delete
  28. perencanaannya matang sekali evva luar biasa, 2019?targetnya bisa tetap ngeblog dan bayar hosting:D krn blm menghasilkan. pageviewnya harian bisa 1000an juga*ngarep gpp kan ya hahah* niche yg kadang jg suka mentok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbaak.. pasti bisa. Amin. ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  29. semoga aku bisa nyusul pageviewnya wkkkk ngimpii dulu lah sapa tau besok jdi kenyataan

    ReplyDelete
  30. Target blognya mirip-mirip sama saya. Smeoga semua bisa terlaksana di tahun 2019 ya.

    ReplyDelete
  31. Salam kenal embakeee...baru kali ini ikut meramaikan khasanah komentar diartikel mbak..keren tulisanya, semoga apa yang menjadi target target Blogging 2019 tercapai semuaaa...Salam Kukuruyuk dari Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga embak e, amin. Semoga semua terlaksana, dan semoga tetep inget sama target Blognya tiap hari. Hihi..

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏