10 BLOGGING GOALS IDEAS FOR 2019

10 blogging goals ideas for 2019


Hari ini adalah tema BPN 30 Days Challenge yang terakhir. Target Blog yang ingin dicapai di tahun 2019 nanti. Tema ini sangat memotivasi saya untuk makin memajukan performa Blog Ewafebri.

Sebelum saya mengulas tentang target yang ingin saya capai di tahun 2019, terlebih dahulu saya ingin mereview tentang hal apa saja yang sudah saya raih selama 1 tahun terakhir ini. 

[Tabel of Content] 



Bpn 30 blog challenge ewafebri


Akhirnya ! Kelar sudah BPN 30  Days Challenge. Bolehlah memberi diri sendiri reward. Enaknya beli apa ya ? MOLESKINE atau ICE CREAM ? Hihi.. Tapi sebelum ngasih reward ke diri sendiri, ada baiknya saya mereview Blog ewafebri dulu ya ? Biar afdol ! Hehe..

Review ini bagi saya sangat penting. Selain ke depannya saya bisa menggunakannya sebagai pembanding, review juga bisa memberi pandangan baru bagi saya untuk mengoptimalkan fungsi dari Blog ini sendiri.

Ada beberapa hal yang saya targetkan di awal tahun, tercapai di akhir tahun ini. Meskipun ada juga yang belum berhasil. Dan berikut ini ulasan review saya tentang Blog Ewafebri di tahun 2018. 

BLOG REVIEW 2018


Membuat review memang tidak mudah, karena kita harus mengumpulkan data-data pembanding sebelumnya untuk mengetahui peningkatan atau justru sebaliknya.

Untuk membuatnya lebih mudah dipahami, saya akan mengulasnya satu per satu.

TARGET PAGEVIEW 


Saya sangat beruntung, di awal tahun 2018 saya sempat membuat goal tentang page view. Sebagai pembanding saya menggunakan pageview tahun 2017 yang mencapai 10.000 pageview dalam kurun waktu 1 tahun (Januari 2017 - Desember 2017).

Di awal tahun ini, saya ingin meningkatkan pageview dengan membagi targetnya dalam 2 semester. Semester 1 (Januari - Juni 2018) saya menargetkan pageview menjadi 25.000.

Angka ini memungkinkan bagi saya untuk dicapai. Artinya dalam kurun waktu 6 bulan, pageview meningkat sejumlah 15.000.




Menginjak semester ke 2 (Juli - Desember 2018), saya menargetkan pageview menjadi 50.000 pageview. Sederhananya dalam kurun waktu 6 bulan saya ingin meningkatkan pageview menjadi 25.000.

Jadi selama tahun 2018 saya ingin meningkatkan pageview 40.000 pageview. 4 kali lipat dari pageview tahun 2017. 

Faktanya, saya mengalami pageview yang melebihi target saya. Di Bulan Desember tahun ini, pageview saya sudah mencapai sekitar 180.000 pageview. Naik sekitar 130.000 pageview dari target 50.000 ribu. 

Beberapa hal berikut ini yang bisa mempengaruhi peningkatan pageview saya secara signifikan. 



KONTEN BLOGPOST 


Namanya Blog ya memang harus memiliki banyak konten. Terutama konten pilar. Konten-konten yang memberikan Backlink banyak dari mesin pencarian.

Konten-konten pilar ini adalah konten pendukung utama target pageview bagi Blog Ewafebri.

Setelah saya perhatikan, konten-konten pilar yang paling sering muncul di mesin pencarian adalah sebagai berikut ini : 


Semenjak saya menentukan Niche Blog, saya lebih mudah untuk mendapatkan konten pilar. Yang membuat saya suka dengan konten pilar adalah Formatnya yang cenderung banyak berbentuk listicle.

Format ini sangat cocok bagi orang yang kurang menguasai cara bercerita atau storytelling

Selama 2018, saya sudah membuat tulisan sejumlah 125 termasuk BPN 30 days Blog Challenge kali ini. Hmmm ... Cara yang menarik untuk membuat Blogpost bukan ? Hihi.. 

MONETIZE BLOG 


Tahun ini, Blog saya memang ingin saya Monetize (menghasilkan uang). Hanya saja memang monetize di sini berhubungan dengan iklan - Affiliate Marketing dan Iklan adsense.

Meskipun masih berpenghasilan biasa saja, tapi iklan adsense cukup membantu menghasilkan pundi-pundi. Hihi.. Pengalaman ini juga pernah saya tulis di sini. Berikut artikelnya : 


Yup... Tahun 2018 ini memang saya ingin mendapatkan penghasilan dari Blog ini. Dan sepertinya akan berlanjut ke tahun depan. Sayangnya beberapa penawaran Content Placement kemarin kurang sesuai dengan Niche Blog ini. Sehingga dengan terpaksa saya menolaknya.

Dibandingkan dengan Content Placement, sepertinya saya lebih tertarik menggunakan Sponsor Post saja.



Adapun Sponsor Post yang ingin saya publish di Blog ini adalah yang berkaitan dengan Niche Blog :


  • Pendidikan
  • Buku
  • Self Development
  • Blogging atau Website related

BLOG TARGET 2019 



Setelah mereview Blog di tahun 2018, saatnya menentukan Target Blog di tahun 2019. Apa saja yang ingin saya capai di tahun depan ?

Berikut 10 Blogging Goal yang ingin saya capai: 


  • Konsisten dalam membuat postingan. Minimal dalam seminggu ada 2 postingan. Berformat listicle dan story telling.
  • Membuat minimal 1 Blogpost yang berhubungan dengan Blogging Corner setiap bulannya. ✓
  • Target pageview 1000 setiap hari. Dan DA / PA : 20 / 30
  • Membuat 30 Days Blog Challenge Lagi (semoga bisa hihi.. ).
  • Belajar memperbaiki On - Off page SEO. ✓ 
  • Meningkatkan mutu konten dengan melengkapinya menggunakan infografik yang sesuai. ✓
  • Membuat image Blog lebih menarik. Dengan mengedepankan tema tone dan juga illustrasinya. ✓
  • Membuat artikel konten minimal 500 kata. ✓
  • Membuat artikel yang lebih informatif dan detail bagi setiap postingan (semoga bisa). ✓
  • Tetap Konsisten dengan tema yang sudah berjalan. Jangan mudah terkena godaan. Hahhaa... ✓

Itulah 10 Target yang ingin saya capai di tahun 2019. Saat membuat Goal atau target, saya berupaya untuk sedetail mungkin supaya mudah bagi saya untuk mencapainya.

Untuk meraih goal tersebut, tentu harus ada upaya yang akan saya lakukan donk ya ? Untuk masalah rencana seperti ini, biasanya ide saya itu mengalir begitu saja. Bahkan kadang hal hal yang sudah saya rencanakan bisa berubah haluan saat eksekusi.

Tapi untuk permulaan dan brainstorming awal, saya ingin membuat rencana untuk mewujudkan Goal tersebut seperti di bawah ini.

BLOG PLANNING 2019 


Membuat rencana untuk meningkatkan performa Blog ini. Kenapa rencana di umbar-umbar Vva.  ? Kan kata orang : Don't Tell Your Plan ! Show Them Your Result !. Tapi kan Aquarian sukanya punya cara sendiri. Hahaha..

Gak apa-apa diumbar, justru semoga kita semua bisa sama - sama memajukan Blog kita dengan keunikan masing-masing.




Berikut ini daftar rencana yang ingin saya gunakan tahun 2019 : 


  • Membuat perencanaan pada Bullet Journal. Meliputi ide/tema Blog setiap Bulannya, tracking pageview dan adsense, Monthly Blogging Log meliputi semua kategori tema yang ada.
  • Membagi ide dan tema dari kategori yang ada ke dalam BlogPost Mingguan. Berarti setidaknya saya harus membuat 8 ide blog setiap bulannya dengan mempertimbangkan kategori yang sudah saya miliki.
  • Konsisten dengan jadwal yang sudah saya buat sebelumnya. 
  • Meskipun mengejar target pageview dan DA/PA tapi yang paling utama dan prioritas adalah kualitas kontennya. 
  • Daily Blogwalking. Untuk membangun jaringan atau network, Blogwalking juga bisa menjadi salah satu cara. Apalagi kan dengan Blogwalking kita juga bisa belajar dari Blogger lain tentang banyak hal. 
  • Mencoba mencari, apa yang diinginkan oleh pembaca Blog Ewafebri. Meskipun Blog itu bersifat Personal, tapi gak ada salahnya, kita harus mengetahui apa yang diinginkan pembaca Dari Blog Ewafebri. Dari beberapa komentar yang masuk, banyak yang memberikan saran untuk membuat postingan yang berhubungan dengan cara membuat karakter. Perlu dipertimbangkan ini. 
  • Karena Tahun depan saya akan fokus dengan 3 Blog berbeda, saya harus mencari cara dan jalan supaya ke 3 ini akan terkelola dengan baik. Terutama soal manajemen waktu. Barangkali masing-masing Blog akan saya bagi jadwal menjadi 2 postingan setiap minggunya. Hihi..  
  • Setiap Bulannya setidaknya saya menciptakan 1 konten pilar untuk menyelamatkan page view Blog ini. Hahaha.. 
  • Membuat illustrasi yang lebih detail dari yang sekarang, rasanya pingin menambahkan segmen Comic strip Ewafebri. Tapi kok ngeri-ngeri sedap waktu yang digunakan. Hahhaa.. yang penting masuk wacana dulu lah. Haha..
  • Belajar teknik mobile photography, supaya lebih afdol foto - fotonya. Dan sepertinya Monokrom tetap menjadi Favorite. 
  • Mengatur Mailing List. Dengan memberikan free printable.

Itulah beberapa rencana yang ingin saya lakukan untuk mencapai target Blogging di tahun depan. Apa saja rencana kalian untuk tahun depan Gaes.. ? Boleh dan silahkan share di kolom komentar ya.. hihi..