JUNK JOURNAL

by - October 25, 2019

junk journal adalah


[Start Your Day With Ewafebri] Junk Journal adalah journal yang berisi tentang benda-benda usang yang dikoleksi. Entah itu berupa kertasnya, dekorasinya ataupun tampilannya. Junk journal umumnya bergaya vintage dan lama. Seperti apa sih ? Ini dia ulasannya.

JUNK JOURNAL


Ada kurang lebih 9 tipe journal yang umum digunakan. Dan tentu saja masih banyak jenis lainnya. Dari 9 jenis tersebut, satu di antaranya adalah Junk Journal. Bagi sebagian orang, junk journal mungkin terlihat biasa banget, tapi bagi penggemarnya, Junk Journal bisa menjadi karya artistik yang indah untuk dinikmati.

ASAL USUL JUNK JOURNAL


Dilihat dari segi bahasanya, Junk dalam bahasa Inggris berarti Sampah, sementara Journal adalah jurnal (buku). Jadi secara harfiah Junk Journal adalah Journal Sampah.

Eits, tapi jangan salah ! Sampah di sini sebenarnya adalah bahan material yang memiliki kenangan, value, keindahan atau cerita bagi pemiliknya. Jadi gak sekedar sampah biasa.

Hanya saja, isi junk journal umumnya adalah material yang bisa didaur ulang kembali. Meskipun begitu, ada beberapa seniman yang secara sengaja membuat material baru supaya terlihat usang dan vintage, supaya bisa menciptakan Junk Journal.

JENIS JUNK JOURNAL



elemen junk journal
Karya Akiko 


Junk Journal sendiri juga ada bermacam-macam. Setidaknya saya mengetahui ada 2 jenis Junk Journal berdasarkan cara membuatnya :


  • Junk Journal yang berupa buku journal tapi isinya adalah material bekas dan usang sebagai dekorasi journalnnya. 
  • Yang kedua adalah Junk Journal DIY dimana semua materialnya sengaja disetup sedemikian rupa supaya terlihat usang, klasik, vintage dan old skool.


Ada seorang seniman yang gemar membuat dekorasi art journalnya berdasarkan material bekas, seperti kertas yang berwarna coklat, renda sebagai aksen, mengumpulkan bungkus makanan maupun premen karena memiliki kenangan tersendiri, ataupun bunga-bunga kering yang menjadi pemanisnya. Biasanya yang model begini masuk ke dalam kategori yang pertama, sebagai dekorasi saja

DIY Junk Journal beda lagi. Dari proses membuat kertas hingga membuat buku, dia lakukan sendiri. Misalnya saja, karena jaman sekarang sulit menemukan jenis kertas lama yang diinginkan, seorang seniman menciptakannya dengan merendam kertas ke dalam air teh maupun air kopi. Bisa juga, untuk mempermanis journalnya dengan dekorasi bunga, dia sengaja mengeringkan bunga itu sendiri. Dll.


BACA JUGA :




MANFAAT JUNK JOURNAL


Entah itu besar atau tidak, setiap hobbi pasti memiliki manfaat bagi penggemarnya. Termasuk yang menyukai Junk Journal.

Lantas apa saja manfaat Junk Jurnal ?


  • Memory Keeper. Sebagai wadah untuk menyimpan kenangan kita. Misalnya saja, ada bungkus premen yang memiliki kisah sentimentil dan ingin kita simpan. Bisa kita jadikan aksen dekorasi beserta cerita di dalamnya. 
  • Wadah kreatifitas. Jangan dikira, ilmu tempel menempel itu gak membutuhkan skill. Dan tentu saja butuh yang namanya sense of art juga. Hihihi.. terbukti, ilmu tempel menempel saya kurang indah dilihat. 
  • Tempat daur ulang. Yang ini mungkin bikin menganga, kok bisa ? Ya bisa saja !. Misalnya saja kita dengan sengaja ingin menyimpan bungkus kemasan yang unik san cantik untuk dekorasi journal kita. Nah, ini kan bisa menjadi salah satu contoh daur ulang sampah. 
  • Produktifitas dan bahkan bisa menjadi ladang pendapatan. Zaman sekarang banyak banget hobbi kreatif yang menghasilkan, pun Junk Journal. Kalo kita lihat di youtube, banyak seniman Junk Journal yang menjual hasil karya kreatifnya di Etsy
  • Media Terapi. Sama halnya dengan hobbi Blogging, membuat journal bisa kita jadikan media terapi. Terutama saat pikiran kita mulai penat dengan hal-hal yang kadang sulit dihindari. Menciptakan sebuah karya bisa menjadi katarsis.


Itu beberapa manfaat Junk Journal yang bisa kita dapatkan. Masih banyak manfaat yang lain bagi pembuatnya. Karena efek kepuasan pada setiap pembuatnya tentu saja berbeda.


BACA JUGA : MANFAAT JOURNALING 


MATERIAL YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT JUNK JOURNAL



Bahan material yang digunakan bisa bermacam-macam. Tergantung pada bahan apa yang ingin disimpan, misalnya saja :


  • Kertas usang dengan berbagai macam corak, tektur, material yang terlihat vintage.
  • Renda dengan berbagai macam pola, bahkan pita juga bisa dimanfaatkan. 
  • Stamp dengan berbagai macam motif. 
  • Bunga kering yang cantik dan berbagai macam jenis. 
  • Lettering dengan gaya cursive atau typewriter. (Ini mah sebenarnya bukan material ya, hahaa.. lebih ke unsur yang ingin diisi.
  • Ink dan bahan material yang kuno. 
  • Embellishment dengan berbagai macam corak dan motifnya. Biasanya yang menggunakan material logam atau menyerupai logam. 
  • Warna cat (bisa acrylic maupun cat air) yang didominasi warna vintage, hijau, turquoise dan metalik


BACA JUGA : IDEAS JOURNAL

CONTOH KARYA JUNK JOURNAL 


Ada banyak contoh karya Junk Journal yang bisa kita dapatkan di Pinterest maupun youtube. Di antaranya adalah karya-karya seniman berikut ini :

WuWu, Polandia



Zatokawspomnien.blogspot.com

Saya menemukan karya unik ini di Pinterest. Hasil Junk Journal ini dibuat oleh WuWu asal Polandia. Lihatlah bagian isinya. Umumnya dipenuhi dengan warna-warna usang atau vintage seperti broken white, light teal, dan light ochre.


A Botanist's Collection



Tatterednestdesigns.com

Kalo buku yang satu ini, insipirasinya terletak pada bunga-bunga liar yang digunakannya untuk tema obyek Junk Journalnya. Inilah kehebatan memiliki keahlian tempel menempel yang artistik. Melihatnya saja, membuat kita jadi terkesima.


Karen's Kreation






Kalo yang satu ini merupakan Flipthrough Junk Journal karya Karen. Semoga dengan adanya tampilan video ini, kalian bisa lebih mengetahui, sebenarnya kayak apa sih isi di dalam Junk Journal itu sendiri.

Begitulah beberapa contoh Junk Journal yang kita bahas hari ini. Sejujurnya, saya belum pernah membuat Junk Journal versi saya sendiri, oleh sebab itu saya tidak memiliki contohnya. Hihihi.

Semoga bahasan tentang Junk Journal kali ini, bisa membantu teman-teman yang penasaran tentang jenis journal yang satu ini. Sampai berjumpa lagi diulasan tentang journaling lainnya.

Jangan lupa, untuk mendapatkan tips, rekomendasi, freebies maupun newsletter bulananan, kalian bisa subscribe di bawah ini, supaya gak ketinggalan berita menarik lainnya. Iya toh ? Yuk, gabung ama temen-temen lainnya kuy !


Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bereng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !.


You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :