SEO OPTIMIZATION: ON PAGE AND OFF PAGE TECHNIQUE

by - July 19, 2019

seo optimization on page and off page
Pixabay.com


[Start Your Day With Ewafebri] Pernahkah kalian mendengar tentang SEO OptimizationOn Page SEO dan Off Page SEO ?. Ngomongin SEO aja kadang bikin males ya ? etapi sebagai Blogger memang harus tahu. 🤭. Biar kita sama-sama tahu tentang apa sih On page dan Off Page Seo, yuk mari kita sama-sama belajar. 

SEO OPTIMIZATION : ON PAGE AND OFF PAGE TECHNIQUE


Apakah kalian pernah merasa bahwa, " tulisan saya bagus kok, tapi kenapa kok gak ada yang baca ?  " atau " Artikel saya lebih lengkap, tapi kok gak ada di mesin pencari ? "

Jika kalian sering bertanya-tanya " kenapa ? ", mungkin jawabannya karena Google tidak bisa melihat potensi artikel kita sangat bermanfaat. Oleh karena itu, kita butuh usaha nyolek si Google biar artikel kita lebih di-notice. 🤭

PENGERTIAN SEO


pengertian seo on page adalah


Dalam dunia Blogging, sering kali kita mendengar bahasan tentang SEO. Apa sih SEO ? Kok tiap kali ada tips Blogging selalu disebut namanya ? Hmmm... Sepenting apa sih dia ? 

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation. Yaitu suatu proses yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan performa Blog dalam mesin pencarian.

Dalam dunia SEO ada 2 jenis yang perlu kita ketahui, yaitu On Page Dan Off Page.

Target utamanya adalah untuk mendapatkan banyak pembaca dan trafik. Bentuk trafiknya bisa berupa organik maupun direct.

Dari trafik inilah yang nantinya akan meningkatkan kepercayaan terhadap Blog kita, sehingga Blog kita mendapatkan pengakuan dan direkomendasikan di mesin pencarian. 

Pentingkah teknik SEO ini ? 


Pada dasarnya teknik ini sangat penting untuk Blog kita. Entah itu untuk tujuan supaya artikel kita bisa dibaca banyak orang (informatif), atau yang bersifat komersial (mendatangkan penghasilan).

Tetapi, jika tujuan ngeblog kita cuma sekedar meluapkan emosi kedalam tulisan, ya mending dicuekin aja SEO-nya 🤭🤭.

Artinya kita tak perlu ambil pusing untuk mempelajarinya. Toh, kita juga gak akan peduli apakah tulisannya dibaca orang lain atau tidak. Hehe.. Yang penting kita punya media untuk menulis aja, yekan ?

Sebenarnya, dari tahapan ini kita sudah bisa mengambil keputusan. Apakah kita perlu mempelajarinya ? Atau mending cuekin aja.

Saran saya sih, yang ingin tulisannya dibaca dan dapet trafik banyak, mending lanjut baca sampai akhir aja. 🤭

ON PAGE SEO


Teknik On Page Seo adalah optimasi SEO untuk meningkatkan performa pada mesin pencarian dengan mengandalkan strategi pada laman Blog. Teknik ini lebih menitikberatkan pada kualitas konten blog sehingga menjadi artikel yang direkomendasikan di mesin pencarian, terutama Google.

Ada banyak unsur yang bisa kita gunakan untuk menoptimalkan On Page SEO. Dan unsur berikut ini yang paling sering direkomendasikan.

MOBILE RESPONSIVE


Udah gak kaget kan kalo segala informasi di jaman sekarang bisa didapat lewat layar smartphone. Entah berapa banyak pembaca yang mendapatkan informasi dari artikel kita melalui gadget ini.

Oleh karena itu, usahakan Blog kalian menggunakan mobile responsive. Dalam hal ini maksudnya adalah saat Blog kita dicari melalui smarthphone, informasi yang kita berikan mudah di akses oleh pengguna.

Hal yang memudahkan pembaca untuk mengakses Blog kita diantaranya :

  • Ada menu navigasi yang jelas dan terstruktur.
  • Ada widget about me page (terutama jika kalian berencana untuk memonetasi Blog).
  • Ada kolom untuk komentar supaya mudah melakukan engagement dengan para pembaca.
  • Ada kontak , kali aja ada calon klien yang ingin bekerjasama.
  • Ada share button, supaya pembaca lebih mudah berbagi informasi dengan yang lainnya. 

Segala sesuatu yang memudahkan pembaca mengakses informasi yang kita tawarkan, sehingga mereka bisa lebih betah menjelajah tulisan kita.

KEYWORD


Kata kunci atau keyword adalah salah satu unsur yang bisa menentukan artikel ini menjadi page one di mesin pencarian. Karena biasanya calon pembaca akan mengetikkan kata kunci di browser untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Setelah beberapa kali mengamati, keyword ini penting banget terutama jika ingin membidik page one sebagai tujuan tulisan kalian. Saran saya jangan diremehkan apabila ingin tulisannya dibaca banyak orang. hihi,,

Tentang penulisan kata kunci/keyword juga harus diperhatikan. Jangan terlalu banyak, juga jangan terlalu sedikit. Kita bisa menempatkan keyword antara 3 -5 kali.

Biasanya sih saya menempatkannya di :


  • Judul Tulisan
  • Paragraf Pertama, supaya pembaca tahu apa yang sedang kita bahas. 
  • Heading atau subheading.
  • Alt Image 
  • Meta deskripsi. 

Penempatan keyword ini agak tricky sebenarnya. Tapi saya sering kali menggunakan 1 Keyword utama untuk 5 bagian di atas. Dan menyematkan long tail keyword lainnya di bagian alt imagenya. Jadi, sebenarnya kita bisa menggunakan single keyword atau multiple keyword. Yang penting sesuaikan dengan tulisan kita aja.

PENULISAN TITLE, HEADING, SUB HEADING


Title tag, Heading maupun Sub heading adalah unsur yang membantu artikel kita menjadi lebih terstruktur. Sehingga tulisan kita lebih mudah dipahami, tak hanya manusia tapi juga robot pengindex.

Mungkin banyak tulisan yang mengatakan, "menulislah untuk manusia, bukan untuk robot index ! ".

Saya setuju pernyataan ini, tapi tak sepenuhnya.

lhooo.. ?

Perlu kita sadari bahwa, saat kita memutuskan menulis di dunia digital (salah satunya Blog) , artinya kita menulis untuk manusia dan juga robot. Namanya belantara dunia maya kan memang sarat akan hal yang berbau robot dan mesin.

Mau tak mau kita butuh bantuan mereka supaya pembaca (manusia lainnya) bisa mengetahui keberadaan tulisan kita. Itulah kenapa kita harus menulis dengan cara manusia dan juga cara robot.

Jika menulis untuk manusia kita mengedepankan rasa, maka untuk robot kita harus mengoptimalkan struktur tulisannya. Caranya dengan memanfaatkan heading dan subheading yang sudah disediakan.

See, as simple as that ! hahahha..

Buat yang belum terbiasa memanfaatkan Heading dan Subheading ini, saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara saya menentukannya :


  • Heading biasanya saya tulis sama dengan judul. Dan biasanya mengandung kata kunci. Jadi robot pengindex bisa lebih cepat mengenali karena ada highlightnya.
  • Pada subheading, biasanya saya menggunakan patokan 5W1H ( what, when, where, who, why and how). Ya  tidak harus semuanya, tapi paling tidak mengandung unsur-unsur tersebutlah. Atau kadang secara otomatis otak saya membaginya ke beberapa bahasan (highlight). 
  • Contohnya, seperti dalam postingan ini (heading, subheading dan minor heading). 😁

Lanjut unsur selanjutnya ya.. ? Karena masih ada lagi yang lainnya.

STRUKTUR URL 


definisi on page seo


Pernah baca tulisan saya tentang permalink ? dan kenapa kita harus memperhatikan penulisannya ? nah struktur url itu hal yang pernah saya bahas lengkap di sana.

Fungsi struktur url ini supaya artikel kita mudah dicari. Oleh karena itu, kita harus membuat struktur urlnya dengan baik. Diantaranya Jangan terlalu panjang dan gunakan huruf kecil.

Satu hal lagi nie, kalo bisa struktur url yang kalian buat, juga mengandung kata kunci, sehingga mudah dicerna oleh mesin pencari. hihihi.. (makanan kali dicerna)

ALT IMAGES


Bahasan lengkap soal image, rasanya juga sudah pernah saya buat ya ? Kalian bisa membaca tentang 10 tips mengoptimalkan gambar atau foto pada Blog.

Alt image itu adalah alternatif teks yang kita sematkan pada gambar, supaya mudah terbaca oleh robot index. Meski robot itu canggih, tapi dia tak mampu membaca gambar seperti mata manusia. Dia hanya mampu mengenali tulisan/teks.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menuliskan alt image pada gambar yang kalian sisipkan di dalam artikel.

Biasanya, saya menyematkan keyword pada alt-image. Dengan tujuan, apabila ada seseorang yang sedang mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci pada browser, gambar kita akan ikutan muncul ke permukaan, meski artikel kita gak ikutan 🤭🤭🤭.

META DESKRIPSI


Misalnya saja kalian iseng mencari sumber artikel melalui kata kunci/keyword pada mesin pencarian, apakah kalian menemukan keterangan di bawah judul tulisan ?. Jika ia, selamat ! Kalian bisa memanfaatkan SEO dengan baik. Tetapi jika tidak ada, maka harus diperbaiki.

Penjelasan di bawah judul tulisan itulah yang disebut dengan meta deskripsi. Keterangan ini penting karena bisa menarik minat calon pembaca.

So.. jika kalian belum biasa mengisi meta deskripsi, perbaiki dan isi dengan memanfaatkan kata kunci juga. Supaya pas muncul di mesin pencarian, calon pembaca jadi tertarik untuk datang.

INTERNAL LINK


Namanya saja web, atau bahasa Indonesianya jaringan. Artinya kan tak bisa berdiri sendiri alias butuh tautan lainnya. 🤭 Yekan?

Siapa nih yang artikelnya belum ada internal linknya ? Hmmm.. mendingan dilengkapi dari mulai sekarang ya. 😁

Perihal tentang Link (internal maupun eksternal) saya juga pernah membahasnya. Yang pasti penting banget kita memiliki tautan satu sama lain dalam artikel kita.

Tautan inilah yang pada akhirnya akan mengantarkan pembaca dari satu artikel ke artikel lainnya. Keuntungannya adalah pembaca bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak dan saling berkesinambungan.

Kelebihan untuk Blog kita adalah, mengurangi jumlah Bounce Rate yang tinggi, yaitu kondisi dimana pembaca tak betah berlama-lama di Blog kita, alias ingin secepatnya kabur.

Kalian jangan kabur dulu ya ? Masih ada bahasan lainnya di bawah ini. Hihihi.. 

OFF PAGE SEO


off page seo adalah
Slothilda.com


Setelah membahas tentang On Page Seo, saatnya kita bahas Seo yang berpengaruh namun tak secara langsung kita terapkan pada artikel kita. Off Page SEO menitikkan beratkan pada langkah secara umum untuk meningkatkan performa Blog kita. Lebih tepatnya tentang promosi Blog.

Ada beberapa unsur yang berkaitan dengan Off Page Seo, dan berikut ini penjelasannya. 

INBOUND LINK / BACKLINK


jenis inbound link


Begitu pentingnya backlink sampai ada yang memperjualbelikannya, padahal jelas itu melanggar kebijakan google. So, jangan diikuti ya gaes.

Ngomong-ngomong, apa sih backlink ? Backlink adalah sumber traffic dari link yang berasal dari website orang lain ke website kita. Atau bahasa kerennya merupakan inbound link untuk Blog kita.

Bagaimana caranya mendapatkan backlink ?


  • Backlink bisahya didapatkan dengan menjadi Blog Guest di blog lainnya, kemudian kita menanamkan link blog kita. Namun belakangan cara ini tak disukai oleh Google.
  • Review atau kurasi dari Blog lain pada Blog kita. Biasanya kan mereka menambahkan link pada Blog yang direview atau dikurasi oleh pemiliknya.
  • Direkomendasikan oleh Blog lainnya, entah berupa anchor text, ataupun judul tulisan atau blog kita secara langsung. Dalam hal ini artinya Blog kita direkomendasikan oleh Blogger lainnya. (Untuk Blogger yang pernah merekomendasikan Blog ewafebri, saya ucapkan terima kasih banyak !)
  • Ikutan komunitas dan menyebarkan link artikel kita disana. Misalnya saja kalian sering setor tulisan di 1 Minggu 1 Cerita atau Blogger Perempuan.

Itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan backlink dari blog lainnya. 

SOCIAL MEDIA


seo off page adalah


Wah ini, hihihi... Zaman sekarang, terutama generasi milenial pasti pada punya sosial media ya ? walaupun gak semua platform ada. hihhi..

Sosmed ini merupakan alat yang manjur untuk menerapkan Off Page SEO. Kita bisa membagikan artikel yang sudah kita buat ke platform media sosial kita, dengan catatan jangan jadi spammer.

Semenjak saya mengoptimalkan sosmed saya, banyak traffic referral yang saya dapatkan. Paling tidak saya bisa mempromosikan Blog ini secara gratis. Hihihi..

Beberapa platform sosial media yang bisa kalian gunakan untuk promosi Blog diantaranya :

  • Twitter
  • Facebook
  • Pinterest
  • Quora
  • Line
  • Instagram
  • Status WA, dll 

DOMAIN AUTHORITY


Hayoo siapa yang beberapa bulan lalu heboh jumlah Domain Authority tersungkur ? Hihihi.. Bahkan saya juga sempet mengulas tentang dampak dan bagaimana menghadapinya.

Score Domain Authority itu mengandalkan hubungan sehat antar Blog kita dengan Blog lain, dan juga antar artikel yang berada dalam Blog kita. DA itu mengindikasikan seberapa sehat dan baik Blog kita di belantara dunia maya. hihi.. 

EMAIL LIST


Beberapa tips dari para ahli menganjurkan kita untuk mengumpulkan email list, atau membuat newsletter. Beberapa waktu lalu saya sempat melakukannya, tapi tak bertahan lama.

Saat itu saya memanfaatkan Mailchimp, sebagai platform untuk newsletter. Sebenarnya kalian juga bisa memanfaatkan Feedburner, namun semenjak ada pencurian artikel saya jadi sedikit kesel. Walhasil saya menonaktifkan feedburner. 

KONTEN YANG BERMANFAAT


Salah satu cara supaya saya tetep survive dalam dunia Blogging adalah dengan menyuguhkan konten yang bermanfaat kepada pembaca. Saya kuatir jika kontennya kurang bermanfaat, pembaca gak akan mau datang lagi. Hahaha..

Lagipula, sejak awal saya memutuskan meredesign Blog ini karena memang ingin Blog ini dikenal sebagai Blog yang informatif, unik dan otentik. Halaaaah.. Oleh karena itu, saya berusaha memberikan konten yang menarik dan berfaedah.

Semoga kalian semua suka sama konten di sini ya ?


KESIMPULAN 


Pada intinya, saat kita memutuskan serius dalam mengelola Blog, kita harus menghadapi kenyataan bahwa belajar SEO itu tak bisa lagi dihindari. Sadar atau tidak, menulis Blog itu artinya kita menulis untuk manusia dan robot, beda dengan dengan menulis buku, yang memang diperuntukkan manusia saja.

"Jika manusia mengandalkan rasa, maka robot mengenal tulisan kita dari strukturnya.

Jika manusia membaca ritme tulisan kita, maka robot membaca sistematis tulisannya."

ewafebri

Kita gak bisa mengabaikan keduanya begitu saja, karena keduanya memiliki peran yang sama. Yaitu membuat Blog kita makin berkembang.

Jadi, sudah siapkah kamu belajar tentang SEO. Hihihi.. Gak perlu yang rumit, pake yang basic aja dengan memperhatikan keyword, heading, sub heading, meta deskripsi dan alt image. Coba deh, dijamin ada perubahan signifikan, apalagi soal trafik. Hihihi.. 

Begitulah bahasan singkat saya tentang On Page dan Off Page SEO, semoga bahasan kali ini mudah dipahami oleh teman-teman semuanya. Jika ada tambahan perihal SEO, boleh banget tambahkan di kolom komentar, atau misalnya ada pertanyaan juga boleh. Saya akan mencoba menjawabnya (jika bisa). hahaha..



HAPPY BLOGGING !

You May Also Like

0 comments