TIPS INDEXING BLOG POSTS

by - August 23, 2019

indexing blog posts


[Start Your Day With Ewafebri] Pernahkah kalian mengalami kegalauan tentang, "kenapa artikelku gak muncul di mesin pencarian Google, padahal udah memaksimalkan SEO ?". Jika kalian pernah bertanya tentang hal ini, kemungkinan besar kesalahan terletak pada proses indexing blog posts kita. Hari ini saya akan berbagi pengalaman tentang keresahan kita menghadapi artikel yang tidak ter-index oleh Google. 

TIPS INDEXING BLOG POSTS


Menerapkan Seo On Page dan Off Page ternyata tidak cukup untuk membuat artikel kita bisa berada di mesin pencarian. Apalagi menjadi Page One, mimpi bro ! Pengalaman ini saya rasakan beberapa waktu lalu. 

Jadi ceritanya saya memisahkan artikel yang berhubungan dengan dunia art dari Blog ini. Karena makin kesini bahasannya semakin banyak, dan juga sudah gak nyambung dengan niche Blog ini. 

Oleh karena itu saya memutuskan untuk membuat Blog baru khusus tentang Art yang saya beri nama ewafebriart. Buat teman-teman yang belum tahu, boleh banget bertandang kesana. Hihihi.. 

Sebelum saya mengubah Blog Seni saya tersebut menjadi TLD, rasanya tak ada masalah dengan munculnya artikel di mesin pencarian, tapi entah kenapa setelah saya ganti menjadi .com, artikel saya gak ada yang muncul.

Namun saya tetap berprasangka baik, mungkin karena saya belum mendaftarkan ke webmaster, jadi indexing-nya tidak berjalan lancar.

DAFTAR SEARCH CONSOLE



search console property setting


Langkah yang pertama apabila artikel kita tidak ada di mesin pencarian adalah mendaftarkan lebih dulu melalui webmaster atau search console.

Owh iya langkah berikut ini adalah tutorial untuk Blogspot ya ? Karena saya belum tahu cara daftar search console untuk Wordpress. Mungkin kalo wordpress bisa memanfaatkan plugin yang ada.

Step By Step Daftar Search Console :


  • Masuk ke Blog kamu, dan carilah menu setting Search Preference pada dashboard kamu. 
  • Atau kalian bisa klik link ini.
  • Daftarkan domain property kamu dengan mengikuti petunjuk yang ada. Saran saya daftarkan 2 jenis url (menggunakan https maupun www saja). 

SETTING SITEMAP 


Setelah mendaftarkan property pada webmaster, saatnya kita setup Sitemap. Sitemap ini nantinya akan mempercepat peng-index-an artikel kita.

  • Masukkan alamat url + sitemap pada bagian seting Sitemap yang ada pada dashboard kamu. Untuk domain property https, kalian cukup menambahkan  /sitemap.xml karena alamat urlnya sudah tersedia. 


setting sitemap di blogspot


  • Kalo untuk domain property www. nama blogmu .com, kamu harus mendaftarkan nama url yang lengkap. Contoh : http: //www. ewafebri. com/ sitemap.xml (tanpa ada spasi ya.)
  • Jangan lupa juga untuk mendaftarkan /sitemap-pages.xml kamu. Caranya sama seperti langkah di atas. 
  • Jika berhasil menginput sitemap , akan terlihat tanda success. Namun jika salah akan ada pemberitahuan Couldn't Fetch.

submitted sitemap setting

  • Nah, tunggulah beberapa hari karena Google sedang mengumpulkan data-data Blog kita. Dari data-data inilah nanti kita akan tahu mana saja article yang bermasalah dan perlu diperbaiki.

CHECKING ARTICLES



search console coverage adalah


Setelah hal yang berkaitan pendaftaran akun kita di webmaster, saatnya kita mengecek apakah artikel kita sudah bisa di-index oleh Google. Check data di search console kamu, apakah sudah ada atau belum.

COVERAGE 


Jika belum ada datanya, sabar saja mungkin proses peng-index-an data belum seluruhnya berhasil. Apalagi kalo Blog baru (artikel belum banyak), biasanya memang membutuhkan waktu yang agak lama untuk mendapatkan datanya.

Tapi jika data sudah ada, cobalah untuk mengecek pada bagian Coverage kamu.


data coverage error


Di bagian Coverage inilah yang biasanya memberikan informasi kepada kita tentang status artikel dalam mesin pencarian. Apakah artikel kita bisa di-index dengan sukses, error atau ada warning.

MOBILE USABILITY


Tak bisa dipungkiri, saat ini Artikel Blog maupun web memang paling sering didapat melalui smartphone/mobile. Bahkan Google sendiri juga mengistimewakannya dengan adanya fitur khusus untuk Mobile Usability.

Di sinilah kita akan mengetahui apakah Blog kita itu merupakan mobile friendly atau tidak.



data mobile usability pada search console


Cobalah untuk mengecek di bagian mobile usability apakah sudah baik atau belum performanya, jika belum kalian bisa memperbaikinya. Caranya bisa dengan beberapa cara : 

  • Menggunakan template Blog yang mobile friendly.
  • Belajar SEO On Page.
  • Memaksimalkan proses pengindexan. 

INSPECT URL


Untuk mengetahui apakah artikel kita sudah terindex atau belum, gunakan Fitur Inspect URL pada search console. Masukkan Link URL yang kita sinyalir tidak muncul di mesin pencarian. Kemudian mintalah request Indexing. Jika cara ini tak berhasil berarti kalian harus melakukan hal berikut ini. 

INDEXING BLOG POSTS



contoh indexing blog posts berhasil
Contoh artikel yang sukses di index oleh Google.


Daftar Search Console udah, Mobile Friendly udah, SEO juga udah diterapkan tapi artikel masih tetap gak muncul di mesin pencarian ? Hmm.. Berarti ada yang salah dengan proses indexnya.

Owh iya perlu dipahami bahwa, proses index berhasil belum tentu artikel kita menjadi page one ya ?

Artikel bisa menjadi Page One apabila proses indexing dan SEO sejalan. Ini tuh seperti rangkaian yang tak bisa dipisahkan. 

CHECK META TAG TEMPLATE


contoh meta tag pada html


Salah satu alasan kenapa artikel kita tak bisa di Index oleh Google adalah karena adanya perintah atribut " No Index " yang kita berikan pada Robot Google.

Nah buat teman-teman yang merasa udah daftar search console, udah pasang sitemap, SEO juga udah diterapkan, tapi artikel tetep gak ada, coba cek bagian templatenya

Beberapa template mungkin memberikan perintah No Index pada meta tag di bagian htmlnya. Seperti kasus yang kemarin terjadi pada saya. Pada bagian mobile versionnya, terdapat atribut "no index".

Ganti atribut "No Index" dengan "All, Indexed, Follow" sehingga robot Google bisa mengindex artikel kita. Gunakan atribut No Index untuk bagian tertentu saja. Misalnya label atau search

PASANG CUSTOM ROBOT TXT


setting robot txt pada blogspot


Kalian juga bisa menerapkan custome robot txt pada search preference di Blogspot. Namun hati-hati, salah memberikan perintah maka, proses peng-index-an malah bermasalah.

Supaya aman kalian bisa membuat Custome Robot txt secara default saja. Contohnya seperti perintah berikut ini : 

User-agent : *
Disallow : /search
Allow : /

Sitemap : nama url blog kamu/sitemap.xml 

Ps : Perlu diperhatikan bahwa nama url berarti menyertakan http maupun https nya ya ? 

Perintah di atas artinya : 

  • User-agent : * (perintah ini diberlakukan untuk semua robot yang akan merayapi Blog kita)
  • Disallow : /search (perintah ini artinya tidak mengijinkan robot Google untuk merayapi nama url setelah atribut /search. Misalnya saja : nama url blog kamu/search/label/aotm. Alasannya karena halaman ini tidak memberikan value apa-apa.)
  • Allow : / (perintah ini artinya mengijinkan robot untuk merayapi artikel yang kita miliki).
  • Sitemap : peta situs blog kita.

SETTING CUSTOM ROBOTS HEADER TAGS


setting custom robots header tags di blogspot


Eits, masih ada satu lagi yang harus diterapkan. Yaitu tentang custom robots header tags. Mengaktifkan fitur ini akan membuat kita bisa mengendalikan header tag pada masing-masing artikel yang kita buat. 

Akan muncul pilihan tentang post setting pada bagian dashboard post pada setiap artikel. Kalian bisa menggunakan seting default ataupun custom untuk setiap artikelnya. Adapun settingan defaultnya, bisa seperti contoh gambar berikut ini :


custom robot tag


KESIMPULAN


Itulah beberapa solusi yang bisa kita gunakan untuk memperbaiki proses peng-index-an. Ternyata SEO saja bukan jaminan tulisan kita bisa menghasilkan traffik organik, apabila tidak dibarengi dengan proses peng-index-an dengan maksimal.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bahwa proses peng-index-an blog posts ini sangat dibutuhkan untuk kelangsungan Blog.

Semoga tips Blogging kali ini bisa bermanfaat buat teman-teman semuanya. Dan semoga pengalaman saya ini tidak terjadi pada Blog kalian semuanya. Hihihi.. 

Uppss... Masih ingin membaca tentang artikel seputar tips Blogging ? kalian bisa menjelajah kumpulan artikel tersebut di menu HOW TO BLOG WITH BOWGEL

JIka ada saran dan kritikan kalian juga bisa menyampaikannya di kolom komentar dengan bijak ya ? hihihi.. atau punya ide atau memiliki perimintaan untuk membahas tentang tips Blogging lainnya ? boleh banget tinggalkan pesan di kolom komen. Saya akan berusaha mendapatkan informasinya untuk pembaca ewafebri. 

HAPPY BLOGGING !

You May Also Like

0 comments