CARA MUDAH MEMBUAT EBOOK DI HP DENGAN GOOGLE DOCS

by - September 27, 2019

cara membuat ebook di hp dengan google docs


[Start Your Day With Ewafebri] Cara Mudah Membuat Ebook Di Hp Dengan Google Docs - Apakah kalian sudah subscribe di Blog ini ? (pertanyaan macam apa ini ? hihihi.. ). Jika iya, apakah sudah mendapatkan Free Ebook di inboxnya ? 🤭. Hari ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya membuat Ebook menggunakan Google Docs. Seperti apa caranya ? yuk disimak sampai habis ya ?

CARA MUDAH MEMBUAT EBOOK DENGAN GOOGLE DOCS


contoh ebook journaling


Minggu lalu akhirnya saya merilis (((MERILIS))) Ebook sederhana, yang saya buat dengan menggunakan tool seadanya.  Kesannya gak niat banget ya ? Hihihi.. karena memang niat sebenarnya hanya untuk berbagi informasi yang lebih lengkap dari artikel yang biasa saya tulis.

Buat teman-teman yang sudah subscribe di Blog ini, mungkin sebagian sudah mendownload ebooknya. Bagi yang belum, boleh banget ikutan sign up loh, supaya kalian juga bisa ikutan download ebooknya.

Free Ebook yang kemarin saya buat itu ada 2 tema, yang pertama tentang tips Blogging, yang satunya tentang Journaling.

Secara kebetulan juga, sebenarnya ebook ini saya buat untuk uji coba giveaway newsletter mailchimp. Jadi memang belum sempurna betul, yang penting kelar duluan. Mohon dimaklumi, karena saat ini saya sedang mengejar progress daripada kesempurnaan (halaah, hahaha..).

APA SIH EBOOK


Sebelum saya membahas tentang cara membuatnya, terlebih dahulu kita ngomongin secara singkat tentang pengertian Ebook. 

Ebook adalah istilah bahasa Inggris yang berarti buku elektronik (e dari elektronik, book dalam bahasa Indonesia berarti buku), maksudnya adalah buku dengan format digital (bukan paperback). 

Buku digital ini memiliki banyak format digital. Ada yang menggunakan .pdf , .epub, .html bahkan .docx. 

Unsur di dalam Ebook pun bisa bermacam-macam.

  • Text
  • Image
  • Infografik
  • Quote
  • Footnote, dll.

Kalo masalah isi ini memang tergantung selera yang membuatnya. Ada yang ingin menonjolkan artikelnya dengan hanya menggunakan text saja, ada juga yang melengkapinya dengan menambahkan image, infografik dll. 

ALASAN MEMBUAT EBOOK


Seperti yang sudah saya singgung di awal, niat saya membuat Ebook kemarin adalah untuk berbagi pengetahuan yang lebih detail. Sekaligus upaya menarik minat pembaca ke Blog ewafebri.com. Meskipun begitu, ada beberapa alasannya lainnya mengapa saya memutuskan untuk membuat Ebook. 

  • Ebook merupakan salah satu Goal yang ingin saya capai tahun ini. Mimpi saya suatu hari adalah menciptakan buku atau ebook dengan versi yang baik dan bermanfaat untuk orang lain pastinya.
  • Mencoba menggali potensi diri. Selama ini saya sudah sangat puas dengan membuat artikel di Blog, namun saya ingin menantang diri sendiri untuk bisa menulis lebih panjang dan lengkap. Sesuai tagline saya selama ini " Compete With My Self ".
  • Pemanasan terhadap Ebook yang (barangkali suatu hari) ingin saya komersilkan. Hihihi.. Lagi berwacana nieh.
  • Ya.. Pembuktian ke diri sendiri bahwa saya bisa keluar dari zona nyaman.
  • Untuk konten giveaway bagi teman-teman yang sudah subscribe ke Blog ini.

Itulah beberapa alasan, mengapa saya berani membuat Ebook (yang secara kulitas masih jauh dari kata bagus). Saya sendiri selalu mencoba menekankan pada diri untuk memiliki pemikiran, " Kalo gak dimulai sekarang mau nunggu sampai kapan ? ".

MATERIAL YANG DIBUTUHKAN


Membuat Ebook secara sederhana seperti yang saya lakukan kemarin, sebenarnya gak terlalu sulit. Yang terpenting kita sudah memiliki materi yang ingin kita bahas. Dari materi dan tema inilah, saya membuat mindmap untuk mendapatkan detail ide pikiran supaya bahasannya bisa lebih lengkap dan panjang (hahaha.. ).

Selanjutnya kita tinggal menentukan beberapa material pendukungnya saja. Beberapa hal yang saya gunakan kemarin dalam membuat Ebook adalah aplikasi sebagai berikut :

  • Canva. Saya memanfaatkan canva untuk membuat design gambar dan cover bagian depan ebook. Kalian juga bisa membuat infografik atau image pendukung lainnya.
  • Google Docs. Bagi pengguna Android, mungki sudah tak asing dengan aplikasi ini. Selain dipergunakan untuk membuat catatan, Google Docs juga bisa dimanfaatkan untuk membuat ebook sederhana. Untuk formatnya pun bisa macem-macem. Bisa menggunakan format pdf, maupun epub.
  • Google Play Books. Aplikasi ini sebenarnya kita gunakan untuk membaca jika ebook kita sudah selesai. Biar serasa baca buku beneran. Hahaha.
  • Mock Up. Mock up contoh template yang bisa kita download seolah nanti berbentuk seperti cover buku. Untuk desainnya bisa kita edit dengan program photoshop. Contoh Mock up seperti gambar di bawah ini : 


contoh mock up



Jika ide, materi detail dan software sudah dapet, saatnya kita lanjut dengan cara membuatnya. Dalam hal ini saya akan fokus pada pembuatan menggunakan Google Docs. Sesuai dengan judulnya, yekan ?. 

Contoh Ebook Gratis, seperti di bawah ini (Click Image) untuk mendapatkan eboo gratis tentang journaling .


 free ebook journaling


CARA MEMBUAT EBOOK DI HP


Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah memiliki akun Google, ya karena Google Docs, hanya bisa digunakan apabila punya akunnya. Selanjutnya adalah step by step berikut ini :


  • Masuk ke aplikasi Google Document kamu.
  • Tentukan judul yang ingin kalian gunakan untuk Ebook pada bagian pojok kiri atas. 
  • Tentukan page setupnya terlebih dahulu, supaya kita mudah melihat gambaran ebbok yang sudah jadi. Saya menggunakan setup A5, supaya saat perpindaham materinya bisa pas. 
  • Pada halaman pertama saya gunakan untuk cover buku, gambarnya terlebih dahulu saya desain di aplikasi Canva.
  • Saya menggunakan Page Break untuk berpindah ke halaman baru. Jika tidak maka tulisan kita akan lanjut dan perpindahan halaman akan dilakukan secara otomatis oleh Google Docs.
  • Setelah bagiabn cover, saya skip 1 halaman, yang nantinya akan saya gunakan untuk tempat daftar isi/Table Of Content.
  • Selanjutnya buat Kata Pengantar, pendahuluan, dan seterusnya sesuai dengan rangka tulisan yang kalian buat.
  • lanjutkan terusa hingga kesimpulan yang paling akhir. 
  • Tambahkan page number pada setiap halaman. Caranya dengan menggunakan icon berbentuk + pada bagian atas. Di menu kalian bisa menambahkan page number, images, table dan bahkan page break. 


Daan... Taraaa... ! Selamat Ebook kamu sudah terbentuk. Tinggal lakukan penyuntingan pada tulisan supaya lebih rapi. Tambahkan Daftar isi/ table of content. Untuk fitur ini kalian harus menggunakan Google Docs versi desktop.

Setelah selesai kalian bisa menyimpannya dengan memakai format .pdf ataupun epub. Saran saya jika ingin menyebarkannya, atau menjadikannya Free Ebook, buat formatnya menggunakan pdf saja. Jangan lupa disimpan di Google drive ya ? supaya bisa dishare. Satu lagi jangan lupa settingnya harus bisa di share link. 

Itulah step by step cara membuat Ebook. Saya sendiri penggemar ebook yang sering saya kumpulkan hasil subscribe dari Blog lain. Semoga postingan ini bisa membantu kalian yang ingin membuat Free Ebook untuk Blognya masing-masing. 

JIka kalian ingin mendapatkan Free Ebook tentang tips Blogging, jangan lupa klik gambar di bawah ini. 


free ebook tips blogging


You May Also Like

0 comments