BPN #0 | 30 DAYS BLOG CHALLENGE PREPARATION 2018 HOSTED BY BLOGGER PEREMPUAN

by - November 18, 2018

30 Days Blog Challenge by Ewafebri


Menyambut akhir Tahun 2018 , Blogger  Perempuan membuat challenge tentang Blog yang menggunakan tema berbeda-beda setiap harinya. Event ini cukup menarik, karena menguji nyali pesertanya. Hahhaa.. Seperti apa serunya ? Mungkin saya bisa sedikit menjelaskan.

Table of Content 



*****

PREPARATION 30 DAYS BLOG CHALLENGE 


Sepemahaman saya Blogging Kompetisi dan Blogging Challenge adalah 2 hal yang menitikberatkan pada tujuan yang berbeda. Tapi dua-duanya juga memiliki tujuan yang sama. Yaitu sama-sama sukses dalam tantangannya. Mari sedikit kita bedah apa perbedaannya ? (Aelaaah... Kayak tau aja Vva... ? Hahha..)

BLOGGING KOMPETISI 


Blogging Kompetisi adalah kegiatan blog yang menitikberatkan pada lomba atau kompetisi dalam hal tampilan Blog ataupun materi konten yang dibuat oleh lembaga tertentu. Sifat kompetitif dalam hal ini sangat ditonjolkan untuk memenuhi kriteria tertentu. Ada elemen seperti kompetitor yang harus dikalahkan atau hadiah yang perlu diperjuangkan. Sehingga kita berlomba-lomba untuk bisa menjadi pemenang. 

Contohnya, misal Lomba Blog Buka Inspirasi, Lomba Blog Tcash, dll. 

BLOGGING CHALLENGE 





Sementara Blogging Challenge lebih menitikberatkan pada semangat kita untuk menyelesaikan hal yang sudah ditetapkan tersebut. Melawan diri sendiri adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam challenge ini. Pada Blogging Challenge bisa dilakukan secara berkelompok atau personal (pribadi) yang masuk ke dalam aspek Self Improvement Challenge. 

Pada Blogging Challenge, ada reward yang bisa kita dapatkan ataupun tidak. Tergantung pada event tersebut. Dan semangat kebersamaan lebih ditonjolkan dibandingkan dengan sifat kompetitif untuk menang. 

Salah satu contohnya adalah 30 Days Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan.




30 DAYS BLOG CHALLENGE


Bagaimana cara mengikuti 30 Days Blog Challenge ?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengikuti Blog Challenge dari : 

  • Menjadi Member Blogger Perempuan 
  • Memasang Banner Blogger Perempuan pada Blog kita
  • Membuat tulisan sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan 
  • Periode challenge 20 November - 20 Desember 2018
  • Submit tulisan kalian pad link yang sudah disediakan. (Baca tulisan ini
  • Lakukan hingga hari ke 30. 
  • Semangaaaat ! 

Dan berikut ini, tema yang disediakan sebagai challenge.




Yang gak jadi member, gak bisa ikutan donk ya.. ? 


Kalo hanya untuk kepentingan semangat tanpa mengincar hadiah dan blogwalking para member, saya rasa gak masalah sih. Kalian bisa menggunakan prompt listnya untuk menchallenge diri sendiri. Atau kalian juga bisa mencari ide di Pinterest, dengan ide yang serupa. 

STRATEGI CHALLENGE


Melihat rutinitas prompt listnya segitu banyak , rasanya jiper juga. Hahaa.. 30 Tema dalam 30 Hari ? Sepertinya saya harus menentukan Strategi. Hihihi.. Kesulitan dalam mengikuti lomba ini sebenarnya terletak pada " Penyesuaian tema Challenge dan Niche Blog ini ". Bagaimana menyelaraskan tema challenge dan juga kategori yang merupakan salah hal yang ingin saya pertahankan dalam Blog ini. Kalopun lari dari Niche, ya jangan jauh-jauh.. Jangan sampai lari ke hutan kemudian ke pantai. (Apaaa sih... ?). 



Berikut beberapa strategi yang ingin saya lakukan untuk ikutan Challenge ini : 


  • Mengumpulkan ide dan menyesuaikan tema challenge. Kemudian buat di Draft sebanyak yang saya mampu. 
  • Menyesuaikan jadwal postingan per kategori dengan tema challenge yang ada (jadi gak akan lari dari Niche, kalo bisa.. ! Hahhaa.. )
  • Membuat schedule postingan sesuai dengan hari/tanggal tema yang sedang berlangsung. 
  • Membuat jadwal pada Bullet Journal sebagai reminder.
  • Berdoa semoga bisa ikutan sampe selesai. Hahhaa... Penting ini ! 

Itulah beberapa ide strategi yang ingin saya lakukan. Apakah kalian memiliki ide yang sama ? Atau punya strategi yang berbeda ? (Berasa kayak perang ... Hahhaa.. ). 

Strategi kok diumbar sih mbak.. ?

Credit : unknown


Hihi.. Challenge ini saya gunakan untuk menguji diri sendiri sebenarnya. Karena dari awal tahun ini , Motto Hidup saya adalah COMPETE WITH MY SELF. Jadi Challenge ini saya gunakan untuk menantang kemampuan diri sendiri bukan untuk kompetisi. 

Etapi jangan lupa, enjoy the fun ya Gaes ! Jangan sampai kita merasa terbebani juga. Tapi paling tidak ini bisa membantu kita meningkatkan produktifitas dalam dunia Blogging. Semangaaat... ! 


HAPPY BLOGGING ! 







You May Also Like

33 comments

  1. Suka sharingnya mba, saya juga udah siapin banyak draft nih, meskipun juga rada panik karena ternyata sekilas temanya biasa, eh nyatanya sulit juga dicari pembahasannya :)

    Semangat terus mbaaa, mari saling mendoakan semoga lolos sampai 30 hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin mbaak.. semoga kita bisa ikutan sampai akhir. Hahaha.. asal mood jangan hilang mendadak nie.. bahaya !

      Delete
  2. Aku juga ikutaann.... Meski gak tau bertahan sampai d Hari ke berapa hahaha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting semangat dulu diawal mbak Ninin.. hahhaa...

      Delete
  3. “Compete with Myself” itu bagus banget Mba. Nggak kepikiran saya. Biasanya kan kita berkompetisi itu pasti merasa bersaing dengan orang lain. Good luck utk 30days challengenya. Saya nggak ikutan walaupun pengen. Keteteran waktunya sama kerja, ngurus rumah dan anak πŸ˜«πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak.. semoga saya bisa sampai akhir.. yg susah itu mertahanin semangat kayak di awal. Haha...

      Delete
  4. Mbak eva saya juga mau ikutan, tapi kayaknya ga kejar hadiah soalnya sulit banget wkwkwk
    harus nabung tulisan biar ga kelabakan apalagi saya moody-an apakah diriku syanggupppppp~~~~
    semangat mbak eva 30 days blog challengenyaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nie.. hahhaa.. semoga bisa melewati sampai akhir.. saya juga gak ngincer hadiahnya, tapi ngincer Page Authority hahhaa...

      Delete
  5. Saya mau ikutan juga, lihat dari temanya sekilas mudah, tapi ternyata tidak semudah itu fernando XD entah bisa bertahan sampai hari ke berapa, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabaaar fergusooo ! Semangaat teruuuus ! Hahhahaa... Jangan kasih kendor ferguso !

      Delete
  6. baca postingan mba ini, saya juga jadi pengen ikutan challenge ini.. bener yang mba bilang, berkompetisi dengan diri sendiri.. seengaknya ada sesuatu juga yang bermanfaat yang bisa saya bagikan untuk orang banyak.. insya allah saya akan ikut challenge ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutaan mbak.. marinkita uji nyali bersamaaa... ! Hahha.. semoga tahan sampai akhir ❤️❤️🀭

      Delete
  7. Hai mba, suka banget ma postingannya, sy mengikuti ini murni utk challenge sy sendiri, krn gak pernah posting tiap hari haha, klo menang alhamdulillah, gak menang gpp yg penting trafik naik, alhamdulillah jg ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaak.. prompt list bisa kita jadiin referensi ya.. semangaat.. traffic penting ini.. ! Hihi..

      Delete
  8. Saya juga ikutan..mudah2’an bisa karena ada bayi juga.tapi walaupun punya bayi biasanya saya tetap nulis.tapi entah untuk tantangan perhari ini,wkwkk

    Mudah2’an kita yg ikutan bisa menyelesaikan tantangan nya.yashhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammminnnn mari ramaikaaan ! Hahaha... ❤️❤️❤️

      Delete
  9. Strategi yg pertama aku banget! Dan udah aku praktekkan juga, hehehe. Langsung semangat gara-gara draft penuh sama ide-ide tulisan. Agak tricky sih untuk menyesuaikan tema challenge dengan isi blog, tapi pas udah selesai bikin draft, langsung puas dan nggak sabar untuk nulis. Aku juga sebenarnya lagi banyak kegiatan dan agak lebih sibuk dari biasanya, tapi bener kata mbak, harus menantang diri dan try to compete with my busy self. Thank you for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah dapet 3 schedule mbak.. hihi.. lumayan nyicil buat 3 hari.. hahaha..

      Delete
  10. Saya personally setuju bgt debgan mottomotto Compete My Self, butuh extra perjuangan utk membuktikan apakah masih ada passion ngeblogngeblog?
    Selama ini niat selalu ada namun kalah dengan keadaan yang terjadi. Seperti mudah menyepelekan ujung2nya nanti baru dikerjakan bisa. Nyatanya nol action sama sekali😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul mbaaak.. ! Yang terpenting kita menjadi lebih baik lagi dari versi kita terdahulu, apapun aspeknya ! Semaaangaat !

      Delete
  11. Mau ikutan masih maju mundur bisa kah bertahan sampai akhir bagiku sulit sekali challenge 30 hari hihijij sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIAAAT dulu pokoknya mbak.. semampunya ngepost.. hahaha.. paling dapet reward PUAAASSS ! ❤️❤️❤️🀭🀭

      Delete
  12. Wah, boleh juga nih ikutan hahaha karena setiap hari juga memang ngepos yang beda-beda jadi pengen ikutan :D Makasih informasinya ...

    ReplyDelete
  13. Kalo aku ide2 dan draft baru tersimpen di kepala. Akibatnya, kadang suka lupa kemaren mau nulis apa aja. Xixi. Emang sebaiknya ditulis sekalian di draft ya. Wah,, strateginya aku pake nih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya begitu mbaaak.. sampai akhirnya bikin di draft (kalo pas lagi punya ide ditulis) nglanjutinnya mah entah kapan. Yang penting gak ilang. Hahhaa..

      Delete
  14. Aku ikutannn! Seru deg-degan juga sih ini. Suami udah ngingeti , jangan semangat di awal doang. Semangat sampe akhir! Hahahaha semoga kita semua yang ikutan bisa survive sampai akhir ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiinn.. hahha.. Beugh kalo sampe beneran bisa bikin 30 tulisan. Rekor buat saya untuk pertama kalinya. Hihihi.. semangat mbak.. ! Semoga kita melewati ujian ini.. hihi..

      Delete
  15. Persiapannya lengkap udah mau siap perang gitu hahaha. Kalo aku rapel nulis dulu tuh trus dijadwal deh publish nya. Udah ngedraft buat seminggu loh btw xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun mbaak.. hahaha.. di draft ku udah schedule sampai hari ke 5 . yeay... mumpung lagi semangat soalnya. hahaha..

      Delete
  16. Akupun ikut..ini hari ke 6 ..masih bertahan.meski terseok dan sering terbata nulisnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbaak.. semoga tetep lancar kita sampai akhir.. ❤️

      Delete
  17. Meleleh pas sampai di sini "Compete With My Self!"
    Dalem banget, cynt...
    Menghunjam sampai ke dalam, aaahhh... (apa sih?)^^

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. πŸ™