30 DAYS BLOG CHALLENGE PREPARATION 2018 HOSTED BY BLOGGER PEREMPUAN

by - November 18, 2018

30 Days Blog Challenge by Ewafebri


Menyambut akhir Tahun 2018 , Blogger  Perempuan membuat challenge tentang Blog yang menggunakan tema berbeda-beda setiap harinya. Event ini cukup menarik, karena menguji nyali pesertanya. Hahhaa.. Seperti apa serunya ? Mungkin saya bisa sedikit menjelaskan.

Table of Content 



*****

PREPARATION 30 DAYS BLOG CHALLENGE 


Sepemahaman saya Blogging Kompetisi dan Blogging Challenge adalah 2 hal yang menitikberatkan pada tujuan yang berbeda. Tapi dua-duanya juga memiliki tujuan yang sama. Yaitu sama-sama sukses dalam tantangannya. Mari sedikit kita bedah apa perbedaannya ? (Aelaaah... Kayak tau aja Vva... ? Hahha..)

BLOGGING KOMPETISI 


Blogging Kompetisi adalah kegiatan blog yang menitikberatkan pada lomba atau kompetisi dalam hal tampilan Blog ataupun materi konten yang dibuat oleh lembaga tertentu. Sifat kompetitif dalam hal ini sangat ditonjolkan untuk memenuhi kriteria tertentu. Ada elemen seperti kompetitor yang harus dikalahkan atau hadiah yang perlu diperjuangkan. Sehingga kita berlomba-lomba untuk bisa menjadi pemenang. 

Contohnya, misal Lomba Blog Buka Inspirasi, Lomba Blog Tcash, dll. 

BLOGGING CHALLENGE 





Sementara Blogging Challenge lebih menitikberatkan pada semangat kita untuk menyelesaikan hal yang sudah ditetapkan tersebut. Melawan diri sendiri adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam challenge ini. Pada Blogging Challenge bisa dilakukan secara berkelompok atau personal (pribadi) yang masuk ke dalam aspek Self Improvement Challenge. 

Pada Blogging Challenge, ada reward yang bisa kita dapatkan ataupun tidak. Tergantung pada event tersebut. Dan semangat kebersamaan lebih ditonjolkan dibandingkan dengan sifat kompetitif untuk menang. 

Salah satu contohnya adalah 30 Days Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan.




30 DAYS BLOG CHALLENGE


Bagaimana cara mengikuti 30 Days Blog Challenge ?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengikuti Blog Challenge dari : 

  • Menjadi Member Blogger Perempuan 
  • Memasang Banner Blogger Perempuan pada Blog kita
  • Membuat tulisan sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan 
  • Periode challenge 20 November - 20 Desember 2018
  • Submit tulisan kalian pad link yang sudah disediakan. (Baca tulisan ini
  • Lakukan hingga hari ke 30. 
  • Semangaaaat ! 

Dan berikut ini, tema yang disediakan sebagai challenge.




Yang gak jadi member, gak bisa ikutan donk ya.. ? 


Kalo hanya untuk kepentingan semangat tanpa mengincar hadiah dan blogwalking para member, saya rasa gak masalah sih. Kalian bisa menggunakan prompt listnya untuk menchallenge diri sendiri. Atau kalian juga bisa mencari ide di Pinterest, dengan ide yang serupa. 

STRATEGI CHALLENGE


Melihat rutinitas prompt listnya segitu banyak , rasanya jiper juga. Hahaa.. 30 Tema dalam 30 Hari ? Sepertinya saya harus menentukan Strategi. Hihihi.. Kesulitan dalam mengikuti lomba ini sebenarnya terletak pada " Penyesuaian tema Challenge dan Niche Blog ini ". Bagaimana menyelaraskan tema challenge dan juga kategori yang merupakan salah hal yang ingin saya pertahankan dalam Blog ini. Kalopun lari dari Niche, ya jangan jauh-jauh.. Jangan sampai lari ke hutan kemudian ke pantai. (Apaaa sih... ?). 



Berikut beberapa strategi yang ingin saya lakukan untuk ikutan Challenge ini : 


  • Mengumpulkan ide dan menyesuaikan tema challenge. Kemudian buat di Draft sebanyak yang saya mampu. 
  • Menyesuaikan jadwal postingan per kategori dengan tema challenge yang ada (jadi gak akan lari dari Niche, kalo bisa.. ! Hahhaa.. )
  • Membuat schedule postingan sesuai dengan hari/tanggal tema yang sedang berlangsung. 
  • Membuat jadwal pada Bullet Journal sebagai reminder.
  • Berdoa semoga bisa ikutan sampe selesai. Hahhaa... Penting ini ! 

Itulah beberapa ide strategi yang ingin saya lakukan. Apakah kalian memiliki ide yang sama ? Atau punya strategi yang berbeda ? (Berasa kayak perang ... Hahhaa.. ). 

Strategi kok diumbar sih mbak.. ?

Credit : unknown


Hihi.. Challenge ini saya gunakan untuk menguji diri sendiri sebenarnya. Karena dari awal tahun ini , Motto Hidup saya adalah COMPETE WITH MY SELF. Jadi Challenge ini saya gunakan untuk menantang kemampuan diri sendiri bukan untuk kompetisi. 

Etapi jangan lupa, enjoy the fun ya Gaes ! Jangan sampai kita merasa terbebani juga. Tapi paling tidak ini bisa membantu kita meningkatkan produktifitas dalam dunia Blogging. Semangaaat... ! 


HAPPY BLOGGING ! 







You May Also Like

33 comments