BUJO INDONESIA : PENGERTIAN KULWAP DAN TATA CARANYA

by - January 21, 2019

Pengertian Kulwap dan Tata Caranya


Memang tidak selamanya Grup Whatsapp tak berfaedah. Nyatanya masih ada orang-orang yang berinisiatif menggunakannya untuk berbagi Ilmu yang bermanfaat. Meski begitu, Kulwap tidak sama dengan metode Broadcast Message ya ?. Karena dalam Kulwap ada kerelaan dari 2 Belah pihak yaitu para anggota dan pemberi materinya. Sementara Broadcast Message melibatkan sepihak. Hari ini, saya akan berbagi informasi tentang Pengertian Kulwap dan Tata Caranya.



PENGERTIAN KULWAP DAN TATA CARANYA 



Sebulan yang lalu saya diminta untuk menjadi pengisi materi pada Kulwap. Mewakili admin komunitas kita tercinta, 1 Minggu 1 Cerita. Terus terang saya bingung. Saya bahkan tidak tahu Kulwap itu apa. Sempet mencari di Internet, tapi tidak menemukan informasi yang pas di hati. Berdasarkan pengalaman itulah, akhirnya saya membuat tulisan ini. Hihi.. Semoga bisa menjadi salah satu sumber informasi bagi yang ingin ikutan Kulwap. Atau menjadi Pemateri Kulwap. 

PENGERTIAN KULWAP 


Apa sih Kulwap ? 


Kok rasanya asing banget. Hihi.. Saya pun ketika mendengar istilah itu pertama kali, berfikiran sama. Serasa Kudet kita tuh, a.k.a kurang update.


Kulwap artinya


Kulwap adalah singkatan dari Kuliah Whatsapp. Metode belajar menggunakan perangkat digital melalui aplikasi grup Whatsapp. Materinya sendiri bisa bermacam-macam. Tergantung keahlian Nara Sumber masing-masing. Saya sendiri berbagi informasi tentang Bullet Journal sebagai alat produktifitas.

SIAPA YANG TERLIBAT ?


Kulwap biasanya di adakan oleh komunitas atau organisasi tertentu. Tujuannya, memberikan informasi atau pengetahuan bagi para member. Tetapi, bukan tidak mungkin, Kulwap dilakukan oleh perorangan.

Siapa saja yang terlibat di dalamnya ? 


Yang pasti Nara Sumber (pemberi materi), Moderator (orang yang membantu lancarnya jalan Kulwap), dan tentu saja para peserta Kulwap.

MANFAAT KULWAP


Pada postingan WAG , Pentingkah Grup Whatsapp ? Saya pernah mengutarakan keberatan terkait kebijakan Grup. Bahkan saya hanya memiliki 2 Grup yang aktif, tapi berfaedah.

Ternyata, fungsi Grup Whatsapp ini juga bisa bermanfaat untuk orang lain, tanpa bentuk Spamming dengan cara Broadcast. Yaitu dengan mengadakan Kuliah Whatsapp.

Apa saja sih yang bisa kita dapatkan selama mengikuti kuliah Whatsapp ? 



  • Yang paling utama adalah Ilmu atau Pengetahuan Baru. Karena sifatnya berbagi, dalam Kulwap kita bisa mendapatkan ilmu baru dari banyak materi yang berbeda. Dan biasanya, pemateri menyampaikan hal yang dikuasainya. 
  • Interaksi. Interaksi sesama member bisa terjadi dalam Kulwap, meski biasanya tergantung aturan yang dipakai oleh penyedia Kulwap. Misalnya, supaya tertib, para anggota dilarang bertanya saat pemateri membagikan informasinya. Supaya keadaan tetap kondusif. Baru kemudian, diberi kesempatan untuk berinteraksi. 
  • Berdiskusi. Biasanya dalam Kulwap ada feedback dari peserta, setelah pemateri memberikan materinya. Sayangnya ini kemarin tidak terjadi pada Kulwap Meningkatkan Produktifitas dengan Bullet Journal.  Bukan karena tidak ingin ada diskusi. Tetapi Dikarenakan banyaknya pertanyaan yang masuk, namun waktu terbatas.

TATA CARA KULWAP 


Untuk tata cara Kulwap, setiap penyelenggara tentu memiliki kebijakan tersendiri ya. Nah, berdasarkan pengalaman saya kemarin. Berikut ini tata cara Kulwap yang diadakan oleh Ibu Profesional Tangerang Kota.


Kulwap adalah


Sebelum saya berbagi pengalaman dengan peserta, terlebih dahulu saya dihubungi pihak penyelenggara. Sebulan sebelum Kulwap diselenggarakan saya ditawari kak Fera, untuk berbagi pengalaman tentang Bullet Journal di Komunitas Ibu Profesional Tangerang Kota dan sayapun menyanggupinya (meski deg-degan 🤭).

Materi Kulwap bisa Didownload
🔽

Kulwap diselenggarakan pada tanggal 16 Januari 2019 kemarin, saya menjadi pemateri mewakili admin 1 Minggu 1 Cerita. Mendekati hari H, pihak penyelenggara menghubungi untuk konfirmasi kembali. Setelah ada interaksi, penting buat kita untuk bertanya tentang apa saja yang perlu kita lakukan. Terlebih bagi saya yang gak pernah ikutan sama sekali. Benar-benar buta informasi. Daripada malu bertanya sesat di jalan, sayapun bertanya kepada penyelenggara tentang apa saja yang diperlukan. Hihi.. 

Hal Yang Dilakukan Sebelum Kulwap 


PEMATERI 


  • Konfirmasi kepada penyelenggara  atas kesediaan menjadi pemateri dalam Kulwap. 
  • Membuat susunan materi yang akan kita gunakan dalam Kulwap. 
  • Memberikan salinan susunan materi kepada pihak penyelenggara (berbentuk digital, bisa .pdf)
  • Pihak penyelenggara akan memberikan  2 option : 1. Pertanyaan dikumpulkan sebelum Kulwap terjadi, 2. Pertanyaan dikumpulkan setelah Materi kulwap disampaikan. Karena ini pengalaman baru, akhirnya pilihan jatuh yang pertama.
  • Penyelenggara akan mengumpulkan pertanyaan dari peserta. Dan memberikan kepada pemateri. 
  • Sebagai persiapan, pemateri bisa mencari jawaban sebelum Kulwap diselenggarakan. 
  • Persiapkan Jari anda. Karena dari jam yang ditentukan (pengalaman saya kemarin 1,5 jam yang nambah 30 menit lagi 🤭) kita tak berhenti mengetik materi dan jawaban. Hahaha.. 

PESERTA 


  • Melakukan pendaftaran. 
  • Melakukan presensi saat pelaksanaan Kulwap. (Selebihnya saya kurang paham, karena belum pernah menjadi peserta)


contoh kulwap ©ewafebri


Hal yang dilakukan pada saat Kulwap 


PEMATERI 


  • Prolog oleh Moderator dari pihak penyelenggara. Kemarin saya dibantu oleh kak Ika, member dari Ibu Profesional Tangerang Kota.
  • Memberikan materi, garis besarnya saja sesuai dengan susunan yang sudah kita buat sebelumnya. 
  • Moderator memberikan pertanyaan dan pemateri menjawab pertanyaan tersebut. Dilakukan hingga pertanyaan habis. Kemarin ada 11 Pertanyaan yang disampaikan. 
  • Seharusnya jika waktu memungkinkan, ada feedback atau tanggapan dari peserta tentang jawaban yang tersedia. Namun, karena kemarin banyak pertanyaan yang masuk, sementara waktu terbatas. Tahapan ini tidak kita lalui. (Maafkan saya teman-teman, jadi gak ada feedback dari 2 arah. Hiks... )
  • Moderator menyudahi pertanyaan dan melakukan penutupan. 
  • Penyelenggara memberikan kenang-kenangan ❤️
  • Pemateri membuat kesimpulan, selanjutnya berpamitan (penutup).
  • Kulwap selesai.

PESERTA 


  • Melakukan presensi
  • Menyimak materi yang disampaikan
  • Tanya Jawab
  • Harusnya ini diskusi bebas, atau feedback 2 arah. Tapi tak terjadi. 
  • Penutup.
  • Setelahnya saya gak tahu apa-apa. Hahhaa.. 

Untuk Tata Tertib kulwap, barangkali tiap penyelenggara berbeda-beda ya ?. Saya juga kurang paham soalnya ini. Yang pasti, supaya kondisi tetap kondusif, saat penyampaian materi peserta menyimak dan sudah tidak melakukan aktivitas.

Pun kemarin, saya berusaha mengikuti petunjuk dari penyelenggara. Supaya tetap tertib, saya berusaha menjawab yang disampaikan moderator saja. Sesekali menjawab tanggapan peserta. Kebetulan kemarin pertanyaan lumayan banyak. Sampai saya gak bisa fokus sama jawabannya. Maafkan saya Bundaaa...  !

REVIEW KULWAP 


Setelah Kulwap selesai. Saya mencoba membaca kembali dengan seksama tentang apa yang sudah saya sampaikan. Dan... Dueeeeng ! Ada jawaban yang menurut saya gak relevan sama pertanyaannya. (Kok bisa sih Vva ?!?). Tapi kan gak mungkin bisa diperbaiki lagi kan. Secara saya juga sudah di remove. Hahhaa.. Maafkan atas kelalaian saya ya.. ?

Berikut ini adalah pertanyaan yang jawaban saya terdengar gak nyambung. Untuk meluruskan, biar saya jawab di sini saja :

---------- 

9⃣ Mira, Samarinda.

1. Bullet jurnal harus dibuat secara manual ya Mba? Apa ada yg printable?

2. Boleh share contohnya Mba?

3. Untuk mengikuti komunitas apa ada grup wa nya juga dan dibimbing dalam menulis di blog?

Terima kasih.

Sementara jawaban saya adalah :

Baik..

1.  Gak harus sebenarnya mbak. Tapi mengingat banyak komponen terpisah yang dibutuhkan setiap Bujois berbeda-beda. Lebih cocok jika dibuat manual.

Tapi jika sudah tahu setiap bulannya hanya butuh komponen yang itu-itu saja, boleh menggunakan printable. Bisa membuat sendiri, atau membeli (meski jarang ada).

3. Komunitas ada Facebook tapi kalo khusus WA belum ada mbak.  Tapi saya belum tahu kalo Bullet Journalist lainnya. Hihi


Salah Satu kenangan Kulwap


-----------

Saya merasa, jawaban saya nomor 3 ini gak sesuai dengan pertanyaan yang dimaksud oleh mbak Mira. Saya baru menyadarinya setelah, Kulwap usai. Huhuhu... 

Sebagai wakil dari admin 1 Minggu 1 Cerita, yang dimaksud mbak Mira, tentang komunitas adalah 1M1C. Lah kenapa saya ngelantur ke yang lainnya ? 😭😭😭 Duh Gusti ! Padahal dari salinan Materi, jelas yang dimaksud adalah 1 Minggu 1 Cerita.




Selalu ada pelajaran yang kita dapatkan dari setiap hal yang baru kita ketahui. Contohnya, hal yang seperti ini. Maafkan akuh, kakak-kakak admin 1 Minggu 1 Cerita. Kenapa bisa seteledor ini. Hadeeeh !



Itulah pengalaman saya mengenal dan menjadi pemateri Kulwap. Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman yang penasaran seperti apa kulwap sebenarnya. Atau penasaran tentang Bagaimana sih tata cara Kulwap itu ? Dan semoga apa yang saya bagikan bermanfaat untuk kita semua. 

Jika teman-teman ada informasi lainnya tentang Kulwap, boleh banget memberi tambahan informasi di kolom komentar. Dan jangan lupa untuk gabung di Komunitas 1 Minggu 1 Cerita. Hihi.. Biar makin semangat nulis kita. 



You May Also Like

20 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..