4 TRIK MENGHINDARI DUPLIKAT KONTEN BLOG DARI AKUN TAK BERTANGGUNG JAWAB !

by - December 24, 2018

MENGHINDARI DUPLIKAT KONTEN OLEH ORANG TAK BERTANGGUNG JAWAB


23 Desember 2018 bikin sebel. Ada orang yang tak bertanggung jawab, lebih tepatnya kurang ajar dengan cara menduplikasi hampir semua konten ewafebri di berandanya. Kurang ajarnya lagi sih dia mengganti tanggal permalinknya lebih awal atau Back Date dari tahun 2018 menjadi 2016.  Pas disearch archivenya bikin nyesek. Padahal jelas itu tulisan yang baru saya buat tahun 2018. BPN 30 Challenge 😭. 

4 TRIK MENGHINDARI DUPLIKAT KONTEN ORANG YANG TAK BERTANGGUNG JAWAB !


Postingan diberandanya. Dari Judul, image, tulisan, sama persis (dia cuma nambahin kata sumber : http://ewafebri.com)

Perhatikan gambar di atas. Judul sama persis. Yang membedakan cuma ada icon centrangnya aja √. Sama release datenya. Dia bikin 8 oktober, 2016. Padahal BPN challenge kan baru ada tahun 2018 ya.. 😭😭😭 oaaalaah kak ! 

CARA MENCARI TUKANG DUPLIKAT KONTEN


Blog yang saya bicarakan ini jelas dibuat memang bertujuan untuk Copas dan memberikan alamat link pada pagenya ke alamat web dia yang lainnya. Herannya lagi, bahkan se labelnyapun dia Copas loh Gaes. Astagfirullah ! Yang sabar Vva. 

Gara-gara iseng nyari artikel ewafebri, saya jadi bisa tahu ada orang yang secara sengaja mencopas semua isi blog ewafebri dengan mengganti tanggal publishnya. Gak mungkin gak ada tujuan kalo jelas-jelas hampir semua artikel dia pindah ke Blognya. Yang dia ganti itu cuma alamat urlnya. Menjadi alamat url Blognya dia. 

Parahnya nie, tanggal published dibuat lebih awal oleh si empunya Blog. Dijadikan archive tahun 2016 Gaes. Oawalah kak.. kak.. ! Pilihan hidupmu kok gitu amat. Kalo ingin bermanfaat untuk orang lain itu mbok ya yang tulus dikit gitu loh. Hati itu juga perlu dijaga biar gak lumutan, njuk nanti malah jadi fosil doank, gimana ? Sedih aku tuh kalo ngebayangin.


Ini sih niat banget orangnya 😭


Ah Bang atau Neng, siapapun kamu. Mbok jangan gitu-gitu amat jadi orang ! Kalo tindakanmu untuk mendapatkan berkah buat makan, apa iya caramu itu berkah toh kak? 

Kita semua memang plagiat, karena kadang kita menyampaikan informasi yang kita terima dari orang lain juga. Tapi kan pake cara yang sedikit lebih elegan gitu, salah satunya ya pake, MIKIR ! terutama dengan cara dan gaya kita sendiri. Bukannya dengan cara benar-benar Copas dari judul, image, text ampe labelnya juga. Gak ada usahanya itu mah ! Mbok ya hargai kerja keras orang lain gitu loh kak.. ? Ealaaah.




By the way saya gak ingin menyebutkan nama Blognya di postingan ini. Barangkali memang dia sedang mencari perhatian. Tapi saya gak mau ngasih banyak perhatian. Takut nanti kamunya juga overdosis perhatian ya kak.. ! Berat  kak !  Jangan, Biar aku aja yang ngerasain. Kamu udah bergelimang dosa, masa iya saya tega nambahin beban hidupmu. 

Ada alasan lainnya , kenapa saya gak pingin menyebut nama Blognya :


  • Saya juga gak pingin jadi orang yang sama jahatnya kayak si kakak Copaser ini. Merugikan orang lain. 
  • Saya gak pingin matiin usahanya si Kakak ! Kasian, udah susah payah usaha dengan cara begitu masa iya saya tega jahatin dia (pasti kamu seneng banget baca ini ya kak.. ?). Masalahnya, Bukan saya yang berhak menghentikan usahanya ! Biarkan itu urusan Allah SWT.  Cuma pingin ngingetin aja, niat jelek sekecil apapun itu pasti ada bayarannya.
  • Daripada saya marah-marah gak karuan, mending saya membantumu mengurangi perbuatan dosamu ya kak ? Paling gak dengan memperpendek isi Feedburner dan menghilangkan tombol copas. Rasanya pingin saya laporin ke DMCA, tapi artinya saya harus mengeluarkan uang yang tak sedikit. Sementara Blog ini juga belum menghasilkan apa-apa kan ? 😁.  Saya juga gak gableg duit kak, sama kayak kamu ! Bedanya, meski saya miskin finansial saya masih bisa menghargai kerja keras orang lain dan tentu saja,  menjaga hati ! Lagipula, balik lagi ke alasan yang di atas. Masalah Rejeki bukan urusan saya, hanya Tuhan yang berhak melakukannya. 


  • Kalo kamu mendapatkan hasil dengan cara yang begitu, saya doakan usahamu lancar terus ya kak, tapi kalo masih tersendat juga, saya sarankan lebih baik berhenti dan jangan nakal ! Tuhan gak suka anak nakal. Bayangkan seberapa banyak usaha dan kerja keras orang lain yang udah kamu curi , dan kamu nikmati dalam perutmu. Hih ! Serem kak !
  • Coba cek website kamu yang lainnya kak ? Lancar jaya gak ? Masa iya udah berbuat sebegininya gak lancar juga pemasukannya ? Jangan sampai pendapatan tak sebanding lurus dengan aliran dosa. Kasian kamu kak ! Udah berjuang tetap merasa kurang. 
  • Kalo masih ada yang mau mengkontak kamu, bersyukurlah ! Bisa jadi itu pengorbanan dan kebaikan si pemilik Blog yang kamu copas. 
  • Kalo malam gak bisa tidur ? Merasa gelisah ? Merasa beban hidup menghimpit ? Saran saya coba direview lagi, jalan hidup mana yang musti diperbaiki ! Jangan - jangan karena hobbi kamu mengcopas tulisan orang 😭😭😭😭😭. 
  • Pake sistem auto blog dan copas mungkin memang jalan termudah untuk mendapatkan keuntungan kak, Tapi biasanya kalo gampang dapetnya, ilangnya juga gampang loh kak. Yang ilang gak cuma uang loh kak.. ! Bisa-bisa akal sehat juga ! Bahaya ! Hati-hati ya ?
  • Kalo pingin jadi yang pertama itu bukan begitu juga caranya, nenggelemin blog orang lain. Segitu amat kak jadi orang. Diberi Tuhan akal dan pikiran itu mbok ya dimaksimalkan untuk hal yang baik. Bukan merugikan orang lain gitu 😭😭😭. Oalah kak nasibmu kok gitu banget ! 
  • Maaf ya kak ? Gara - gara Blog ini kamu malah jadi orang jahat ! Sedih aku tuh sama pilihan hidupmu. 

Itulah alasan kenapa saya gak pingin mengekspos kamu di Blog ini kak. Saya gak pingin jadi orang yang merugikan lainnya kayak kamu. Serem ! Takut hidup saya gak bisa tenang gitu. Apalagi kalo malam gak bisa tidur nyenyak, hadeh ! 

Buat teman-teman yang pingin ngecek apa tulisannya di Copas atau gak ? Coba  check di Google. Kalo judul kalian sama persis ada tapi dari url link yang berbeda, bisa dipastikan itu di copas orang-orang yang sedang mencari nafkah dengan cara yang salah. 

Cara menghindari duplikat konten pada Blog kita : 

  • Langkah awal, jangan aktifkan fitur copas pada Blog. 
  • Perpendek tulisan pada feed burner. Jadikan summary burner. Hitung-hitung ngurangin dosa yang hobbi nyuri pake auto blog. Kelemahannya buat Blog kita traffic turun. Cara ini bisa dengan mensetup pada bagian seting Blogspot dan akun Feedburner kita Gaes. 
  • Menggunakan layanan DMCA.com 
  • Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga pelaku diberikan kebahagian dalam hidupnya, sehingga dia gak punya pikiran jahat untuk merugikan orang lain. Biasanya orang yang bahagia, gak sempet berbuat jahat sama orang lain.



Jika kakak membaca postingan ini, saya akan tetap mendoakan hidupmu damai selalu. Kalo hidupmu tetap kusut, mungkin ada baiknya cari jalan lain yang lebih bisa diridhoi Allah SWT. Dan saya doakan semoga kamu gak jadi seperti Google Robot kak.. ! Miskin perasaan 😭😭😭😭😭😭 . Jangan sampai diragukan sisi manusianya ya kak ? Sedih kalo setiap hal dalam hidup dan di dunia nyata harus di recaptcha  ! 

Semoga Malam Ini tidur nyenyak kak... ! Jangan lupa berdoa ! Terima kasih sudah memberikan pelajaran berharga. Semoga Tuhan melipahkan Pahala besar untuk menghapus dosamu itu kak ! Amin. Tapi kalo kamu baca inipun, kamu masih menganggapnya angin lalu dan masih bisa tersenyum, Fix hatimu udah mulai karatan kak. Suraaam ! 

You May Also Like

66 comments

  1. mbaaaa.. saya semacam mau ngakak atau juga mau nangis baca ini.
    Saya udah nemuin donggggg blognya
    Pengen saya komen, mau saya kirimin santet biar dia gak bisa sendawa sebulan wakakakakaka

    Tapiiiii, sebenarnya tuh empunya blog masih mending mbaaa..
    Ada kontaknya.
    Punya saya, gak ada sama sekali, kontaknya disembunyikan, dan semua backlink dia arahkan ke halaman forex gitu.

    Saya sulit banget mendoakan dia yang baik2, pengennya saya doain dia dikutuk jadi kambing, jadi ga bisa sendawa, tapi gantinya dia mengembik, hahaha

    Ampun gemeeeesssnyaaaaa...
    Sudahlah kita gak bobo demi nulis, eh dia seenaknya maen copas gitu.
    Ingin kuberkata kasar.

    KASAAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRRRRRRRRRR!!!!!!!!!! wkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ! Sebel banget ! Ingin ku berkata " Kasaaaaaar " tapi ku tak tega. Barangkali itu yang membedakan saya ama si empunya. Alhamdulilah saya masih diberi kesehatan dan kelancaran ❤️❤️❤️❤️❤️🙏🙏🙏🙏🙏 .

      Delete
  2. kalau saya sih, berdoanya semoga seluruh eberuntungan dan rezekinya mengalir kediriku. kalau dia copas blogku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinginnya gitu mas.. tapi saya gak tega, apalagi kalo dia punya keluarga 😭😭😭😭😭 . Kasihan keluarganya ! Gitu amat sebagai tulang punggung keluarga

      Delete
  3. Ih ngeri juga yaak sampai dicopas selabel gitu, mana tahunnya dimajuin ckckc, smoga kakaknya segera sadar sesadar-sadarnya kalau tindakannya itu sangat2lah merugikan dirinya sendiri,

    Btw gimana cara menonaktifkan fitur copas mbak Ewa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake kode Css mbak. Banyak yang memposting caranya mbak. Ada versi blogspotnya dan wordpress. Kalo mau kodenya email aja mbak.. di sini gak bisa Copas soalnya 😁😁😁😁😁

      Delete
  4. inilah yang nyari duit gampang banget, tinggal copy paste. tapi penasaran darimana sih kita tau selain searching.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ada layanan khusus dari Ahref, Seoreview tools yang bisa ngetrack duplikat konten mbak. Tapi kan sebelnya, kalo dia ngeduplikat setelah kita publish kan.. ? 😭😭😭

      Delete
  5. aku wes nemu blog e. hoaaaah kok ngawur banget yes.
    podo sama kasusku.
    yg copas blogku lgsg tak email tak kon hapus kabeh hasil copas e 1x24 jam. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh.. Dia sengaja bikin Blognya dengan tujuan pingin nyedotin artikel dari Blog orang lain. Milih hidup kayak gitu opo ya enak urip e ?

      Delete
  6. wow wow weeww..niat bgt yes mb, aku pernah tapi bukan dicopas ke blog, tapi dia copas artikelku jadi bentuk slide di youtubenya ahahahha sak poto potone sisan, untungnya potoku resolusi rendah jadi ya pecah klo di slide..wkwkkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo masih nyadur-nyadur ilmunya gitu sih gak masalah mbak.. yang sebel itu njuk di Copas semua-muanya gitu. Gak mungkin kan gak punya tujuan ? 😭😭😭😭😭

      Delete
  7. Aku kok kepengen berkata kasar sama yang ngopas itu mbaa .. tapi kok kasian .. semoga segera diberi kesadaran dah yang ngopas itu .. karena apapun yang hasilnya dari nyuri itu gak bakalan berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu ngomong " Kasaaar ! " 🤣🤣🤣🤣 .. iya sebagai manusia dan bukan robot, kita memang harus memiliki rasa simpati, meskipun sama orang-orang yang jahat itu. Semoga mereka diberikan kebahagian dalam hidupnya, biar bisa berhenti menyengsarakan orang lain. 🙏🙏🙏🙏🙏

      Delete
  8. Saya juga barusan nemu yg copas seluruh isi blog saya. Tapi dia gak ada kontaknya, jadi susah deh dihubungi. Saya laporkan ke google aja tapi ga tau berhasil atau enggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kezeeel banget ya mbak.. Kalo dilaporin ke DMCA kita harus langganan layanannya $ 99 lumayan mahal untuk blogger yang masih amatiran. 😁 .. sanggup bayar TLD udah Alhamdulilah 🙏🙏🙏❤️❤️❤️❤️

      Delete
  9. Gimana sih ya caranya nyari blog yg copas hasil tulisan kita? Aku kok belum tau smp sekarang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba iseng2 google judul lengkap Blognya mbak.. trus di search. Ntar akan ketahuan kalo ada yang duplikat konten. Atau lewat layanan khusus kayak Seotools gitu-gitu paling.

      Delete
  10. Jadi pengen ngecek juga nih kak tfs ya semoga kita semua lebih sukses dari copaser

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin.. Percuma marah-marah ya kak.. ! Biarkan dia menikmati yang bukan haknya. Nanti juga dapet balesannya 🤣🤣🤣

      Delete
  11. Heweewww serem yo ternyatah. Thx infonya mba vva,,, sabar yah kexup kwcup 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. InshaAllah sabar mbak.. Intinya mah tetep nulis juga sih. Hihi.. Alhamdulilah Tuhan Maha Adil. Sekalipun tulisan dan ide di copas, untung Iman dan akal gak bisa di Copas. Hahhaa...

      Delete
  12. Aku barusan nemuin blognya
    Sabar mba, tandanya mau naik kelas diuji dulu 😊
    Tetap semangat nulisnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. iyaa.. Semoga bisa lulus ujian. 🤭🤭🤭🤭 .. semangaat mbak ! 🙏🙏🙏🙏

      Delete
  13. Haduuuh nyesek ih bacanya..ga kebayang kalo aku yg nemuin blog aku di copas pasti mewek dan sakit hati juga huhuhu..yg sabar mbak evva semoga rejekinya mbak dikembalikan Yang Kuasa berkali2 lipatttt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KZL mbak. Mengingat ngerjainnya sambil begadang 😭😭😭😭 . Tapi gak apa-apa, paling tidak sekarang udah pasang pencegahannya. Yang reseh biarin aja deh 😁😁😁😁😁 .. nanti juga kena balesannya.

      Delete
  14. Ternyata ada banyak cara untuk jadi orang jahat. Jadi tukang duplikat konten adalah contohnya. gak akan berkah, kok, hidupnya. Juga nanti dia akan tenggelam dengan sendirinya dalam kubangan dosa.
    Mencuri dianggap hal kecil, namun jika ada yang tak ridho, maka jangan harap beroleh ridho Allah.
    Saya kenal beberapa insan yang sudah jahat dengan ngejahatin orang, eh, hidupnya nyungsep dalam kenistaan.
    Semoga Mbak Ewa beroleh keberkahan dalam hidup sebagai gantinya. Orang yang dizalimi akan beroleh pahala. :) Sabar, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbak.. semoga si pelaku cepat bertobat mumpung masih diberikan kesempatan. 🤗 .. dam semoga kita terhindar dari perbuatan yang sama. Amiiiiin... 🙏🙏🙏🙏🙏🙏

      Delete
  15. Kejadian lagi, yang sama yang juga dialami oleh Pak Martin dari Karakabuguru dan/ kakavila (dotCom). Auto kopas. Kemarin ada caranya sudah diketahui oleh Pak Martin. Keseluruhan konten blog dikopas 100%. Benar-benar tak punya hati.

    Orang-orang seperti itu menjadi ancaman terbesar dunia literasi digital khususnya di Indonesia. Sangat tidak bertanggungjawab.

    Sedih sekali membaca ini -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. di Kloning mbak. Kayaknya feedburnernya harus dibatesi. Ada aja ya kelakuan rang - orang 😭

      Delete
  16. dah biasa, blog saya yg jadul pernah dicopas sampe ke akar-akarnya. kubiarkan aja sih, ga peduli tepatnya. barusan jadi teringat, nyoba cek, eh udah lenyap blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalo kita sengaja pingin nyeriusin Blog kita, jadi sebel gitu kerja kerasnya di kloning 😭😭😭😭. Hadeh..!

      Delete
    2. bisa diakalin, salah satunya pake cara nge-publish artikel yang belum perfect. Lalu beberapa waktu kemudian baru upgrade kontennya

      Delete
  17. Yg bisa nya copas blog oradalah blogger Abal Abal cuma mikir trafik dan nyari duit instant,kadang gemas,tapi ya tetap hrs di tegur juga,keenakan.bisa jadi ntar copas content orang lagi, kalo versi sinetron: akibat copas blog bullet jurnal, badannya bulet sebuletnya mirip tahu bulet matinya gelinding sendiri ke liat kubur*ya Allah maafin jadi pengen doain yg engga engga# tetap semangat evva

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Istighfar mbak.. Jangan sampai berkata " kasaaar !" 😁😁😁😁 . Gemay emang... Hmmmm..

      Delete
  18. Replies
    1. Hati-hati kalo nemu yang dicopas laporin ke Google DMCA

      Delete
    2. Udah aku semprot mbak, KZL banget aku

      Delete
    3. Hihi.. jangan emosi mbaaaak.. sabar ya.. ! Saya pas pertama kali nemuin juga begitu. Awalnya gak pingin nulis kisah ini. Tapi kemudian berfikir biar yang lain juga waspada gitu.

      Delete
  19. Ikut sebel bacanya Mbak ... sungguh terlalu ... Semoga Mbak Vva selalu sabar menghadapinya dan tetap semangat ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaat Mbak.. ! Orang-orang yang begitu mah gak akan bertahan lama Blognya mbak.. semangatnya kan beda sama yang bikin sendiri. Kyaa.. 🤣🤣🤣

      Delete
  20. Saya pernah dong draft buat buku saya dicopas.. parahnya dia udh dijadiin buku sedangkan saya cuma masih draft doang, dulunya draft itu pernah saya setor ke penerbit.. tulisan saya ditolak, kampretnya malah ada yg nyolong tulisan saya, haram dunia akhirat itu duit buat perutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😭😭😭😭😭😭😭 paraah banget itu mbaaak ! Sabar ya ! Kok bisa ada orang yang kayak gitu. Tapi namanya curang pasti kena getahnya 😣😣😣😣

      Delete
  21. Terlalu KZL kubacanyaaaah. Ini sama ga sih kayak d yutub2 gt yg suka potong2in video dgn judul bombastic. Dah lama pengen bahas beginian tp otaknya blm nyuruh nulis hal beginian. Hoho.. Tetep smgt mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemes ya mbak.. di mana-mana ada aja yang begini 😭😭😭😭😭

      Delete
  22. Klo di blog wordpress caranya gimana ya menonaktifkan fitur copas? *gaptek nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh.. saya juga kurang paham mbak. Maafkan tidak bisa membantu 😭

      Delete
  23. Wah Mba aku baru baca ini. Sungguh terlalu perbuatan yang tak bertanggung jawab ini! Semoga sang pelaku mendapat balasannya aja deh.

    Saya nggak pernah ada kejadian begini sih di blog *amit2 jangan sampe*, tapi pernah ada akun jualan yang catut foto akun usaha keluarga saya di Instagram. Saya langsung labrak aja via kontak jualan dia, ehh gak dibaca. Yasudalah. Biarin aja Tuhan yang membalas hahaha

    Semoga kejadian seperti nggak keulang ya, Mbaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. rasanya tuh kesel, tapi juga makin semangat ngeblognya. Yang curang biaring curanglah ! Hihi.. Toh nanti kena getahnya. ❤️❤️❤️❤️❤️

      Delete
  24. Blog dan tipsnya keren. Sejauh ini belum ada sepertinya yang copas blogku...belum pernah kucek juga sih. Tapi oke nanti tipsnya aku coba biar ga ada yg copas-copas seenaknya 😊 thanks ya ewafebri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak.. semoga pengalaman buruk saya, jangan terulang ke yang lainnya.

      Delete
  25. Astagaaaaaaa tega banget, gemes pengen tak maki-maki tapi masih inget kalo ngga boleh bilang kasar, nanti takutnya malah kena kita sendiri. Sumpah tega banget, kayanya dia orang yang ngga pernah "susah", jadi dia ngga peduli karya orang dan main copas, sampe labelnya pun. Astagaa. Kuingin berkata kasar, "kasar..kasar..kasar."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. itu Blog kayaknya isinya kloningan semua. Kalo cuma tinggal nyedot tulisan orangah gampang ya.. ? Semoga timbal baliknya Rejekinya dia jangan sampe kesedot orang lain. 😁😁😁😁

      Delete
  26. aku kemarin juga merasa hal yang gk enak, tulisan aku ada yang copas plek keteplek sama persis tanpa izin tanpa cr,tp di Twitter sih dia banyak dpt likes padahal aku juga ada nulis di twitter dgn bahasa yang berbeda, waktu aku tegur malah bilang "aku ambil di Facebook" habis itu langsung aku edit blog biar gk bisa di copy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. saya juga. Apa susah ngeshare dari sumbernya langsung ya ?. Jangan di Copas gitu.. tinggal ngeklik tombolnya aja padahal 🙄 ..

      Delete
  27. Doakan saja yang terbaik buat si pencuri itu Mbak, biarkan Allah SWT yang akan memberi dia ganjaran. Saya yakin saat ini dia sedang membaca postingan mbak juga komen-komennya. Mungkin dadanya sesak, mungkin juga tertawa sinis atau bahkan tertawa bahagia, tapi di hati kecilnya ada penyesalan walaupun sehalus debu. Itu juga kalau dia masih diberi hati sama Allah sih.

    Semangat menulis dan terus berkarya yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul. Kalo semoga setelah ini makin bergelimang ide ❤️❤️❤️ .. Allah SWT memang adil. Isi otak kita yang gak bisa dicuri. 😁 .. semoga selalu penuh dengan informasi.

      Delete
  28. Ada yah yang kaya gitu.... walah kalo aku sih pernahnya udah nulis dibilang gak bisa terbit tahu2 nongol di webnya, eh kok bisa... hahaha iya jafi malaikat aja lah ya. Semangat nulis terus ewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak ❤️❤️❤️ semangat motret juga

      Delete
  29. Aduh, tega banget orang kayak gini. Segitu kejamnya dunia maya .... huhuhu. Btw, gimana caranya nemu tukang copas begini ya? Ada web buat ngecek plagiat kayak gini, nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak.. Coba Cari Smallseotools dot com. Ada plagiarism checker kayaknya

      Delete
  30. Kak... dirimu baik banget. Kalau saya yang mengalami, itu blog-nya sudah saya viralkan di media sosial biar kena sanksi sosial. Apalagi teman-teman di media sosial saya banyak yang penulis dan wartawan yang kritis gitu modelnya. Semoga si tukang plagiat itu segera insaf dan dirimu berlimpah rezeki ya. Saya juga jadi penasaran, jangan-jangan ada yang copy paste blog saya juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.. semoga cepet insaf ya mbak.. Coba dicek mbak. Takutnya ada aja orang yang ingin memanfaatkan keadaan.

      Delete
  31. Kalo akukena scraping mba, mirroring, jadi ada kloningan blogku 7 rupanya, aku update tulisan dia juga, aku ganti template dia juga, AUTO. Sampai ke kontakku, sampai About Me juga. Udah ke DCMA tapi koq ribet tenaaaann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah nyebelin banget kalo kayak gini ya mbak. ? Mungkin gara-gara ada pasang plugin tertentu mbak. Jadi tersedot orang tak bertanggung jawab.

      Delete
  32. Saya sudah bikin tulisan yang berjudul "Narablog Hitam dan Narablog Putih Itu Apaan, Sih?" di blog. Terinspirasi dari kisah Mbak. Oh ya, saya sertakan tautannya ke sini agar pembaca bisa cari untuk lebih paham apa.

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏