BULLET JOURNAL INDONESIA | GOAL AND REWARD

by - July 05, 2017

how to setup goals dan reward bullet journal indonesia


Ada banyak Komponen yang bisa kita setup dalam Bullet Journal. Dari mulai komponen wajib seperti The Index, Future Log maupun Monthly Log, ada juga komponen pendukung lainnya yang sering disebut Collections. Salah satu Collection yang ingin saya buat saat ini adalah Goal And Rewards. Collection yang mungkin tak semua Bullet Journalist menggunakannya, tapi cukup membantu kita untuk fokus dan produktif. 

BULLET JOURNAL INDONESIA | GOAL AND REWARD


Sebelum saya memulai membahas tentang Goal dan Reward , terlebih dulu saya ini meminta maaf jika selama membaca Blog ini ada bahasa yang kurang berkenan. Sebagai manusia kita memang sering berbeda pandangan dan ide ya. Meskipun begitu, marilah kita terima perbedaan ini dengan baik dan lapang dada. Hihi..






PENGERTIAN GOAL DAN REWARD 

Goal yang akan saya bahas kali ini adalah yang berhubungan dengan target pekerjaan atau progres. Bukan Gol tentang olahraga sepakbola ya ? Hihi.. Kalo menurut Wikipedia, Goal artinya adalah " A Goal is an Idea of the future or desire result that a person or a group of people envisions, plans and commits to achieve ". Sementara Reward menurut kamus Bahasa Inggris adalah, " A thing given in recognition of one's service, effort or achievement. "

Kalo dalam bahasa saya, Goal adalah target yang kita tentukan terhadap suatu project atau  kegiatan. Sementara Reward adalah hadiah yang kita terima dari pencapaian target yang sudah kita tentukan. haha..

ALASAN MEMBUAT GOAL AND REWARD


Jadi, beberapa bulan lalu saya sempet membaca tentang the power of habit, buku karya Charless Duhigg, di mana loop habit kita itu akan tercipta jika kita memiliki rewardnya. Dan secara kebetulan saya juga membaca tentang layout goal and reward ini di webnya little coffee fox. Saya pikir seru juga nie challenge, selain ngelatih kedisiplinan dan membentuk rutinitas baru, juga bisa mensiasati pengeluaran dalam budgetting saya. Hihi..

Seperti layaknya anak kecil, hanya dapet reward jika menyelesaikan tugasnya. Begitupun cara permainan challenge ini. Nah, ada beberapa hal yang ingin saya jadikan sebagai habit (rutinitas) diantaranya minum air putih, baca buku, ibadah on time dll.



bujo ideas goal and reward


Demi untuk mensukseskan hal ini, saya juga membuat budget khusus, dan mengurangi beberapa post (yang gak terlalu penting) pada budget. Dengan metode ini diharapkan keinginan berbelanja bisa terkontrol dengan baik. Hihi.. Hanya boleh belanja kalo menyelesaikan tugasnya. Dan yang terpenting metode ini juga bisa mengetest kejujuran diri sendiri loh. Hahaha..

Seru dan menantang buat orang seperti saya. Dari satu challenge banyak hal yang berpengaruh. Disiplin, budget, kejujuran, konsistensi, menghemat, membangun habit (rutinitas). Lengkap.. Haha..

MANFAAT GOAL DAN REWARD 


Selain untuk mengembangkan diri sendiri, ada beberapa manfaat Collection Goal dan Reward yang bisa kita dapatkan. Apa saja sih manfaatnya ? 

  • Sebagai motivasi kita untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Mengetahui target apa saja yang ingin dicapai
  • Bisa lebih fokus dalam mengerjakan project karena sudah menetapkan target yang jelas.
  • Miliki kontrol terhadap apa yang ingin kita capai
  • Tahu mana yang prioritas untuk dikerjakan, mana yang tidak.
  • Mendapatkan rasa puas apabila sudah mencapai target yang ditentukan. Hihi..

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari Collection Ideas ini. Tetapi kemudian kita bertanya-tanya, " bagaimana cara kita bisa menyelesaikan tugas/to do list ? " Tentu jawabannya dengan bantuan Tracker.


CARA SETUP GOAL 


Namun sebelum kita menentukan reward, kita harus membuat Goalnya terlebih dahulu. Bagi yang tak terbiasa membuat Goal, rasanya memang sulit. Oleh karena itu, beberapa hal berikut ini bisa dijadikan panduan untuk membuat Goal.

  • Temukan hal yang kita anggap penting. Misalnya : ingin membuat Blog. 
  • Break into small step as Goal. Misalnya : Membuat Blog itu berarti harus ; menentukan platform, menentukan nama domain, menentukan template, menentukan widget, hingga menentukan Niche, dsb. Gunakan itu sebagai Goal kecil. 
  • Dari Goal kecil yang sudah ada, gunakan planning untuk membuat rencana yang harus dilakukan, atau rapid loggingnya. Sebisa mungkin buat Braindump berdasarkan Goal kecik yang sudah ditentukan. 
  • Kalian bisa menggunakan metode Mindmid untuk menghasilkan detail ide. 
  • Lakukan sesuai rencana yang sudah ditentukan.

Setelah kita memiliki Goal, saatnya kita menentukan rewardnya. Apa yang ingin kalian dapatkan sebagai motivasi untuk menyelesaikan task yang sudah ada. 


MENENTUKAN REWARD


Cara menentukan reward, tentu perlu adanya patokan khusus. Nah, kita bisa menggunakan bentuk tracker progress maupun membuat task lists yang harus dikerjakan. Contoh bagaimana saya menentukan Reward dan menganggap bahwa saya mampu mencetak Goal adalah sebagai berikut :


  • Menentukan batas waktu Goal yang akan dicapai. Misalnya nie, Dalam satu Bulan saya harus bisa membuat 8 postingan Blog.
  • Break into small step. Bual goal kecil-kecil berdasarkan Goal secara luas. Gunakan sebagai task listnya. 
  • Buat daily Goal, sehingga mudah mencapainya.
  • Utamakan Progress dibandingkan kesempurnaannya. Progres bisa mengantarkan kita ke target dengan baik. 
  • Membuat Tracker. Metode ini memang tidak bisa diterapkan ke semua project. Tapi setidaknnya metode ini bisa membantu kita mengecek progres yang sudah kita kerjakan. 


contoh tracker pada bullet journal

  • Jangan lupa untuk memberi diri sendiri reward/hadiah sebagai apresiasi usaha kita menuntaskan pekerjaan. Dengan begitu kita bisa lebih antusias untuk menyelesaikannya. 

Begitulah peranan Goal dan Reward dalam Bullet Journal. Meski banyak yang menyepelekan hal ini tapi saya rasa kebiasaan ini bisa membantu kita untuk bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas yang kita miliki. Tidak menggunakan Collection ini juga tak masalah. Selama Bullet Journal kalian bisa membatu untuk tetap fokus dan produktif, saya rasa tak masalah. hehe...

Terima kasih sudah membaca postingan ini. Buat yang ingin baca tentang artikel Bullet Journal bisa mulai di Start Here. Dan... Kalo boleh tahu, apakah kalian juga sering membuat Goal ? apa saja yang menjadi pertimbangan saat membuatnya ? Share di kolom komentar yuk !


happy bujoing


You May Also Like

0 comments