TIPS BLOGGING UNTUK PEMULA : SEO'S HACK

seo hack


[Start Your Day With Ewafebri] Tips Blogging Untuk Pemula : SEO's Hack. Bagi  Blogger pemula,  mempelajari teknik SEO kadang sangat melelahkan dan rumit. Namun ada cara praktis dan mudah bagaimana cara memunculkan tulisan kita di Gooogle Search, tanpa teknik yang rumit. Ini dia caranya ! 

TIPS BLOGGING UNTUK PEMULA : SEO'S HACK 


Tentu kalian sudah pernah mendengar peranan tentang SEO bagi sebuah Blog, supaya dikenal banyak orang di mesin pencarian. Sebagian Blogger sangat perduli tentang hal ini, terlebih jika artikel mereka bisa bermanfaat atau menghasilkan pendapatan.

Ada juga Blogger yang memang gak terlalu peduli tulisannya dibaca atau tidak oleh orang lain, yang terpenting baginya adalah menulis apa yang dia mau saja.

Namun bagi teman-teman yang sudah membuat artikel bermanfaat dan ingin dibaca oleh orang lain, pastikan untuk melakukan hal berikut ini. Langkah ini sangat penting banget dilakukan, jadi jangan sampai terlewatkan. 

Pada dasarnya ada 2 hal dasar yang bisa membuat tulisan kita dikenal di mesin pencarian. Dan harus dilakukan. 





INDEXING BLOG 


Hal wajib yang harus dilakukan oleh Blogger pemula adalah mengenalkan Blog kalian ke Search Console. Langkah ini penting banget dilakukan supaya Blog kalian bisa di-index oleh Google dan bisa muncul di mesin pencari.

Bayangkan ada berapa ribu Blog dan ratusan ribu artikel yang ada di mesin pencari dengan tema yang sama setiap hari. Nah, jika tulisan kalian tidak pernah didaftarkan di Google, maka  artikel kalian akan sangat sulit ditemukan. Dampaknya, Blog kalian tidak akan memiliki visitor.

Oleh karena itu, apapun motivasi kalian dalam membangun Blog, pastikan untuk melakukan proses indexing terlebih dahulu. Akan sangat disayangkan bila tulisan kalian bermanfaat untuk orang lain, tapi tak dikenali oleh calon pembaca.

Baca Juga : 


TULISLAH APA YANG DICARI OLEH ORANG LAIN DI MESIN PENCARI


Pernahkah kalian sengaja mencari informasi di mesin pencari ? 

Sejujurnya, saya baru menyadari bahwa, untuk membuat tulisan kita dikenali oleh orang lain, adalah dengan memberikan jawaban dari pertanyaan yang ada di browser. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan rekomendasi kata kunci yang sering muncul di mesin pencari.




Deretan rekomendasi kata kunci yang tertera di search bar tersebut bisa kita gunakan untuk ide membuat tulisan. Dengan begitu, apabila ada orang yang mencari informasi tersebut, maka artikel kita juga akan muncul sebagai rekomendasi.

Contohnya adalah gambar di atas. Ada banyak kata kunci yang bisa kalian gunakan sebagai tema untuk membuat tulisan di Blog. Ini adalah trik jitu untuk mendapatkan ide menulis sekaligus menerapkan SEO pada tulisan kita.

Jadi gak perlu banyak metode SEO yang rumit banget nie gaez.

MEMAKSIMALKAN KEYWORD


Setelah kita mendapatkan keyword untuk ide menulis, selanjutnya adalah memaksimalkan penempatannya.

Bagaimana cara menempatkannya ? 

Ada beberapa hal yang saya pelajari tentang SEO's hack ini : 


  • Gunakan kata kunci yang kita temukan tersebut untuk frase judul tulisan. 
  • Letakan frase tersebut di meta deskripsi (dengan tambahan deskripsi yang lainnya juga).
  • Tambahkan frase tersebut pada permalink.
  • Sisipkan frase tersebut pada artikel (saya memilih menggunakannya sebagai Heading). 
  • Isikan frase tersebut pada Alt Images.
  • You're Done ! 

Selebihnya saya menghindari terlalu banyak kata kunci dalam artikel. 

Jika sebagian Blogger menganjurkan untuk menggunakan beberapa kata kunci sekaligus, saya lebih fokus untuk memanfaatkan satu atau 2 saja. Bukan karena ini sebuah - jaminan pasti berhasil - , tapi lebih kepada saya gak bisa berkonsentrasi kalo terlalu banyak distraksi kata kunci 🤭. 


Bagaimana teman-teman ? Apakah SEO's Hack ini mudah diikuti ? Semoga tips blogging pemula kali ini bisa membantu teman-teman yang ingin menempatkan artikelnya di page one Google ya ?

Owh iya satu lagi trik mendapatkan visitor Blog yang wajib dilakukan. Yaitu dengan konsisten membuat artikel ! Hihihi..

Tidak ingin ketinggalan Tips Blogging yang bermanfaat ? Kalian bisa mendaftarkan emailnya di bawah ini :


Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bareng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !