CARA VERIFIKASI PIN ADSENSE SETELAH IKLAN HILANG

cara verifikasi pin adsense yang ditangguhkan


[Start Your Day With Ewafebri] Verifikasi Pin Adsense Setelah Iklan hilang. Apakah iklan yang sudah ditangguhkan bisa aktif kembali ? Masa sih bisa lagi. Jika kalian memiliki pertanyaan dan keraguan apakah iklan yang hilang bisa tayang ? Temukan jawabannya di tulisan ini.

CARA VERIFIKASI PIN ADSENSE SETELAH IKLAN HILANG


Minggu lalu saya sudah membuat postingan yang merupakan pengalaman pribadi tentang iklan Adsense yang mendadak hilang
Belum memverifikasi Pin adalah salah satu penyebab iklan tidak ditayangkan. Masalahnya nie, pin yang kita minta tak kunjung datang dan entah menghilang ke mana ? Sebel kan ? 

Lantas, adakah solusi untuk mengatasi hal ini ? 

Jawabannya Ada ! Pasti Ada ! Karena kemarin saya sempat mengalaminya.

3 TAHAPAN VERIFIKASI ADSENSE


verifikasi pin adsense


Sebelum membahas tentang kemana perginya pin adsense, terlebih dahulu saya ingin membahas tentang verifikasi adsense yang kita perlukan.

Ternyata verifikasi Adsense itu ada 3 tahapan. Tapi sepertinya ini tidak berlaku di semua negara. Karena menurut mbak Rahma Balci, pemilik Blog Keluarga Panda, Term And Condition Adsense di tempat beliau tinggal tidak seribet di Indonesia. Hihihi.. By the way, dia tinggal di Turki, kalo gak percaya setelah baca tulisan ini boleh langsung bertandang ke rumah mayanya. hahaha..

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman, tentang verifikasi Adsense yang saya alami ya ? Barangkali kejadian ini tak dialami semua publisher. Mungkin hanya beberapa saja, atau mungkin malah cuma saya. hahaha..

Sebelum pendapatan adsense saya stabil dan bisa dinikmati, saya harus melewati 3 tahapan verifikasi. Verifikasi ini saya lakukan setelah ada pemberitahuan dari Adsense dan sudah melewati batas revenue-nya.

3 Tahapan Verifikasi Adsense : 


  • Verifikasi ID : di mana saya diminta untuk scan data diri. (saya lakukan tanggal 6 Juni 2019)
  • Verifikasi Bank : di mana saya harus menginput kode yang dikirim melalui rekening bank.
  • Verifikasi Pin Alamat Rumah : di mana saya harus menginput kode yang dikirimkan ke alamat rumah. 

Dari ke 3 tahapan tersebut di atas, nomor satu dan dua sudah lancar saya lakukan. Nah untuk verifikasi yang ketiga ini, ada sedikit drama yang saya alami. hihi..

Owh iya, dipostingan sebelumnya saya pernah menyinggung bahwa,

"beberapa artikel yang saya baca, menyarankan cukup verifikasi data diri jika Pin tidak datang."

Sayangnya kondisi ini tidak berlaku bagi Adsense saya. Toh saya tetap diminta verifikasi alamat rumah juga. Sedih aku tuh ! 😭😭😭

PIN ADSENSE PERTAMA HILANG




Perjuangan mendapatkan pundi Adsense itu ternyata gak cuma tentang memperbanyak trafik dan menulis konten yang orisinil dan asik. Tapi juga tentang drama pin yang entah kemana rimbanya. 

Jadi pada bulan Juli lalu saya mendapatkan notifikasi dari Adsense tentang pengajuan Pin verifikasi yang harus dikirim ke rumah. Akhirnya, saya melengkapi informasi data yang diinginkan pihak Adsense. Dan  Pin verifikasipun telah dikirimkan pada bulan Juli lalu. 

Bahagia banget donk, seolah mimpi dapet uang tambahan tuh bakalan gak lama lagi (padahal untuk mencapai batas revenue, butuh 1 tahun lagi. Hahaha..).

Di tengah kebahagian yang membuncah itu, saya harus menerima kenyataan pahit bahwa Pin verifikasi yang saya tunggu-tunggu tidak kunjung datang. 

Saya baru menyadari bahwa, ada batas waktu yang diberikan oleh Adsense untuk memverifikasi pin. Batas waktu yang diberikan adalah selama 4 Bulan. Nah, akhir bulan September lalu, saya mendapakan notifikasi baru lagi dari Adsense. 

Dalam notifikasi tersebut, Adsense mengingatkan bahwa, jika dalam iklan saya akan ditangguhkan sebelum genap satu bulan ke depan apabila tidak lekas memasukan kode verifikasi. Di situlah saya mula pasrah terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika rezeki saya bukan dari Adsense, ya sudahlah.

BACA JUGA : 


PERMINTAAN PIN ADSENSE BARU


Meski saya sudah pasrah, tapi saya belum mau menyerah. Masih ada sedikit harapan untuk bisa menikmati penghasilan dari Blog ini.

Akhirnya saya meminta pengiriman ulan Pin yang saya alamatkan ke tempat kerja saya. Alasannya, alamat rumah mudah dijangkau. (Mungkin pak Pos yang sebelumnya, bingung menemukan alamat rumah saya, hahaha).

Tanggal 27 September lalu saya minta Resend Pin, Rasanya tuh harap-harap cemas gitu loh Gaeeez.. hihihi. Saya berharap, semoga Adsense tak jadi ditangguhkan, karena saya sedang dalam proses meminta  pengiriman pin kembali. 

Sayangnya, 10 hari setelah permintaan tersebut, Adsense menepati janjinya untuk tidak menayangkan iklan di Blog ewafebri. Di situ saya pasrah kembali.

Mimpi saya lenyap sudah ! kyaaa... !!!

JANGAN GEGABAH MENGHAPUS SCRIPT


Masih tentang harapan. Entah kenapa saya masih memiliki sedikit harapan, bahwa Adsense saya pasti akan kembali. Hihihi.. 

Padahal, saya ini tipikal orang yang - kalo lagi kesel - bisa gegabah dan melakukan tindakan yang akan saya sesali nantinya. Seperti kasus Adsense saya terdahulu, yang saya terlalu gegabah dan gak sabaran menghapus script di dalam html. 

Hamdalah, kali ini saya menjadi orang yang sabar, meskipun lagi kesal. Hahaha.. Dan ternyata kesabaran itu memang selalu berbuah manis. 

CARA VERIFIKASI PIN ADSENSE BARU



Tanggal 15 oktober lalu, akhirnya saya mendapatkan kiriman yang saya nanti-nanti. Selembar kertas tipis yang di dalamnya terdapat kode angka yang nantinya harus diinput ke akun Adsense. Di sinilah rasa sabar saya terbayarkan. hahaha.. 

Sambil berdoa dan berserah diri, akhirnya saya menginput kode adsense di bagian setting account information. Biasanya sih, kalo kalian belum menginputnya, akan ada reminder di bagian teratas dashboard kita. Jangan ragu untuk menginput kodenya. Tapi ingat, kalian hanya diberikan 3 kali kesempatan jika terjadi kesalahan dalam menginput datanya. Jadi berhati-hatilah. 

Kelar menginput data, deg-degan saya belum juga sirna. Karena iklan belum juga tayang. Hari itu saya mengatakan pada diri sendiri , " jika sampai besuk iklan tidak tayang, ikhlas no yo nduk ! ". Hahaha.. 

Doa saya pun terkabulkan. Tidak sampai 1 x 24 jam, iklan sudah bisa ditayangkan kembali. Di situ saya terharu. Harapan dan kekuatan doa itu nyata. Maka, nikmat mana lagi yang kau dustakan, Evva !

Ngomong-ngomong, tadinya saya pikir Pin Adsense ini dikirimkan dari Amerika loh, tapi ternyata dari Nam Tu Liem, Hanoi, Vietnam. Hahaha.. 

KESIMPULAN


So.. jika kalian mengalami kronologi seperti saya. Pin Adsense yang menghilang, ingatlah untuk memintanya kembali sebelum 4 bulan. Dan jika pin tersebut belum juga datang tapi iklan sudah tidak tayang, saran saya : 

Jangan langsung gegabah menghapus kode script adsensenya ! 

Sabarlah hingga Pin yang kalian minta datang, input Pinnya dan tunggulah apa yang terjadi. Jika iklan tak juga muncul, mungkin sudah saatnya mencoba mencari sumber pendapatan yang lainnya.

Begitulah pengalaman verifikasi pin setelah iklan yang hilang. Bikin deg-degan tapi juga jadi pengalaman. Yang terpenting saya jadi bisa belajar juga. Dan tentu saja, menjadi konten Blog. 🤭🤭.

Ngomong-ngomong soal Adsense ini, masih ada drama satu lagi nie. Tentang Ads.txt, semoga minggu depan atau lain waktu saya bisa membahasnya lagi. Hahaha... Tunggu tulisan selanjutnya ya ?

Supaya kalian tidak ketinggalan informasi penting seputar Adsense dan tips Blogging, jangan lupa ikutan newsletter ewafebri.com.

happy blogging with ewafebri


Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bereng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !.


Selain informasi tentang Blogging dan Adsense, juga ada tips bahkan freebie printable juga loh. Yuk ikutan bareng, kuy !

HAPPY BLOGGING !