TIPS MENGISI ART JOURNAL PAGES

by - May 25, 2019

tips mengisi art journal pages


Art Journal mungkin sudah tidak terdengar asing bagi yang suka journaling. Memang ada banyak jenis journal yang bisa kita pilih sesui dengan keinginan kita. Pada intinya Art Journal itu adalah journal yang berisikan segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Entah itu sketsa, illustrasi, maupun perpaduan lettering dan visual.

BULLET JOURNAL INDONESIA | ART JOURNAL PAGES



tips membuat art journal pages


DEFINISI ART JOURNAL


Mencari definisi art journal ini agak gampang-gampang susah. Karena tidak ada definisi khusus tentang istilah ini. Beberapa sumber yang saya dapatkan pun, hasilnya gak jauh beda dari definisi yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

" art journal or artist's journal, is a book kept by an artist as a visual, and sometimes verbal, record of her thoughts and ideas. Art journals generally combine visual journaling and writing, to create finished pages. Every imaginable style, media and technique is used by art journalists." - mixed media

Kalo dilihat dari pengertian di atas artinya segala sesuatu yang berbentuk seni dan direkan di dalam journal bisa disebut dengan art journal. Bentuknya bisa berupa kolase, drawing, ataupun mixed media. 

Cara membuatnya pun juga mudah, yang penting ada journal. alat tulis dan tentu saja kreativitas, Hihihi.. Tapi sebenarnya kalian juga bisa mengisinya dengan material tambahan sperti sticker, stamp, washitape, atau pernak-pernik lainnya. 

JENIS ART JOURNAL


Seperti yang sudah saya bahas di atas, jenis art journal bisa bermacam-macam. Sebagai contoh, saya akan menunjukkan hasil journal yang pernah saya buat. Apa saja sih yang bisa kita isi dalam Art Journal. 

SKETCH / DRAWING


Yang pertama adalah Art Journal berbentuk sketch. Misalnya saja kalian sedang dalam proses belajag sketch dan ingin merekamnya untuk melihat progresnya seperti apa, kalian bisa mengisinya dengan ini. 


cara membuat art journal


Gambar di atas adalah contoh bagaimana saya berlatih dan berusaha menjadi ide baru untuk karakter baru. Dulu proses Bowgel dan Iwawa juga berasal dari keisengan seperti ini. Dengan mencatatnya, saya memiliki semacam bank ide, yang sering juga saya sebut sebagai Ideas Journal

ILLUSTRASI


Selanjutnya, kalian bisa mengisi Art Journal kalian dengan macam-macam illustrasi. Supaya lebih kece lagi, kalian bisa menambahkan tulisan atau deskripsi tambahan dari illustrasi yang dibuat. Bisa juga sih illustrasinya dipake buat background, sementara atasnya ditulisi curhatan. 


cara mengisi art journal


Meski terlihat kayak gambar anak TK, ya gak masalah. Namanya juga usaha. Hahaha.. Art Journal dan Doodle journal itu sebenarnya kembaran. 

Bedanya hanya terletak pada, Doodle Journal isinya mayoritas adalah doodle, Sementara Art Journal, isinya lebih bebas. Bisa doodle, illustrasi, drawing, ataupun painting. 

PAINTING 


Painting, sketching, doodling, illustrasi sebenarnya serumpun hihi.. Yang membedakan hanya media yang digunakan. Painting umumnya bersifat spontan dan menggunakan Cat acrylic maupun cat minyak. Namun karena digunakan dalam journal, media yang umum digunakan adalah cat acrylic, gouache dan cat air


art journal pages ideas painting


Mungkin ada yang bertanya, bedanya illustrasi sama painting itu apa sih ? nah ini, sebenarnya mirip-mirip ya ? Tapi saya menganggap bahwa illustrasi itu adalah " light painting ".

Illustrasi itu datang dari ide yang spontan, bersifat ringan namun jelas, yang diolah menjadi visual.

Sementara painting kalo menurut saya banyak aspek yang dilibatkan. Teknik, media, ekspresif, bersifat bebas dan luas. (hmm... kira-kira begitu hahaha... )

MIXED MEDIA


Cara lainnya yang bisa kalian gunakan adalah teknik mixed media. Yaitu teknik yang menggunakan banyak macam media dalam satu karyanya.

Medianya bisa bermacam-macam tergantung pilihan kita. Salah satu artis yang saya kagumi adalah Vicky Papainnaou, Meremis, dan Silas Art yang karyanya sangat luar biasa.




Jadi pada intinya Art Journal adalah buku yang berisi tentang apapun yang berbau seni. Entah painting, drawing, illustrasi bahkan mixed media.

Art Journal juga cocok banget digunakan untuk Art Therapy, karena bisa membuat kita lebih rileks, sekaligus media untuk meluapkan emosi (sedih, seneng, marah, kecewa dll) yang kita miliki.

Itulah bahasan tentang Art Journal kali ini, semoga penjelasan saya mudah dimengerti. Agak belibet ini. Hahha..

Jika ingin tahu tentang bentuk journaling lainnya, kalian bisa membacanya di other journal. Semoga artikel ini bisa menambah referensi tentang journaling.

Apabila teman-teman ada pertanyaan seputar art journal maupun journal lainnya, bisa langsung meninggalkan pesan di kolom komentar. 

HAPPY JOURNALING !


You May Also Like

0 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..