MINGCE, KARAKTER BARU #1MINGGU1CERITA

by - February 23, 2019

mingce karakter #1minggu1cerita


Mingce ? Makhluk jenis apa ini ? Hahhaa.. Mingce, Karakter baru #1Minggu1Cerita yang saya desain beberapa waktu lalu. Seperti apa sih proses pembuatan Mingce ? Dan kenapa saya beri nama Mingce ? Dan kenapa juga saya yang harus membuat Mingce ? Semua akan terjawab dipostingan berikut ini. 

MINGCE, KARAKTER BARU #1MINGGU1CERITA 


Sebelum saya membahas tentang kenapa saya mendesain Mingce, saya ingin menceritakan dulu hubungan saya dengan komunitas #1Minggu1Cerita. Kyaaa..


logo 1minggu1cerita


Jadi, setahun lalu saya ditawari untuk menjadi admin komunitas #1Minggu1Cerita. Yang kerjaannya ( sembahyang mengaji #eh salah, malah nyanyi) update konten di website komunitas. Dan saya pun menerima tawaran tersebut.

Alasan kenapa saya membuat karakter komunitas, ya karena saya menjadi salah satu adminnya. Hahhahaa... Ya kali, ujug-ujug (tiba-tiba) saya membuatnya, kan lucu !

IDE PEMBUATAN


Sebelum saya mendesain karakter, saya berdiskusi dulu dengan para admin. Maskot seperti apa sih yang mereka inginkan. Awalnya saya membuat karakter yang bergender (perempuan). Kemudian, kita sepakat untuk membuat karakter yang genderless (tak bergender) mengingat member komunitas ada yang laki-laki dan perempuan.



Ide yang pertama kali muncul di kepala saya adalah karakter yang serupa dengan Iwawa. Teman ikrib si Bowgel yang bulet kayak Bakso. hihi.. Entah kenapa, badan buntek itu sangat menggemaskan buat saya hehehe...


bowgel dan iwawa


Dengan mempertimbangkan warna logo dan color palet yang sebelumnya sudah ditentukan, akhirnya saya membuat beberapa contoh gambar maskot untuk dipilih para admin. Saya coba desain secara manual dulu. Sebelum saya lanjut dengan digital.


mingce manual


Sejujurnya saya lebih suka membuat illustrasi secara manual, kemudian saya  tinggal edit warna dan background menggunakan Photoshop. Tapi entah kenapa, saat membuat karakter Mingce, saya kurang sreg sama hasil manualnya. Kayaknya kurang rapih gitu 😁😁😁 (sok perfeksionis). Akhirnya saya memutuskan untuk membuat versi digital dari awal.


behind the scene mingce
Behind The Scene Mingce


Setelah menghabiskan beberapa gelas kopi, akhirnya saya persembahkan, Maskot komunitas #1Minggu1Cerita , Taraaaaaaa ! ( Beda sama yang di atas ya, yang ini terlihat sedikit kaku. Hahhaa.. Maaf... ! ).


mingce


PEMBERIAN NAMA MASKOT


Ngomongin soal nama karakter itu, saya sering bingung. Enaknya dikasih nama apa ya ? Dalam bayangan saya yang terpenting nama tersebut diambil dari nama komunitasnya. dan tercetuslah nama Mingce. Hahahaha... (kurang kreatip yak ? ya sudahlah, tak apa ! yang penting kece).




By the way, Mingce juga udah mulai menginvasi Websitenya komunitas loh ! Atas bantuan mbak Reisha yang gigih mengutak-atik tampilan website, kini Komunitas Menulis 1Minggu1Cerita, memiliki wajah baru dan semangat baru.

Buat teman-teman yang ingin bergabung di komunitas juga gampang banget, karena pendaftaran dibuka sepanjang tahun. hihi.. Yuk ! semangat menulis cuy ! dengan menjadi member #1Minggu1Cerita.


HAPPY BLOGGING !

You May Also Like

21 comments

  1. gara-gara onok mingce aku jadi pengen daftar member #1minggu1cerita.
    sik tak budal ndaftar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wes daftar urung ? Hihihi.. Biar makin rajin nulis e. Hahhaa..

      Delete
  2. Ternyata saya salah duga tadi, ta kirain mingce itu minggu ceria si bowgel ganti baju,,, tibaknya ya. Haha... Maapkeun praduga tak bersalah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tibaknya 2 makhluk berbeda ya kaaak.. hahaha.. meski sepabrik pembuatnya. Jiahahaa...

      Delete
  3. kreatif banget ya mbak, bisa bikin kareakter maskot yang menggemaskan, gk salah kalo komunitas itu jadiin mbak sebagai admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Tulisanku terkesan "songong" banget ya.. hahaha... maafkan. 🤭

      Delete
  4. Mbak ewaaaaaaaa paling kreatif dan uniiiiik. Bisa banget bikin mingceeee
    Jadi pengen 1minggu1cerita mbak, tapi takut ga istiqomah hihihihhi

    Bikin bowgel juga pake sotosop mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh.. ada Ahalona. Hihihi.. Bowgel lebih banyak aaya buat manual, paling ngedit warna aja pake photoshop. Tapi kalo outline saya lebih suka manual. Leboh luwes menurutku.. hahhaah..

      Delete
  5. Keren banget ka ewa, suka bgt sama Mingce, nge-gemesin bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Levina, saya susah nemuin Blognya nie. Hiks.. masih pake Google + ya, gak biaa nyambung ke Blognya. 😭😭😭😭

      Delete
  6. Betapa kerennya dirimu Mak Bowgel dan Mak Iwawa. Mingce menggemaskan sekali hahaha. Apalah saya ini yang tidak punya bakat di dunia bikin karakter begitu :D qiqiqiq. Semangat terus dengan Mingce dan 1Minggu1Cerita-nya ya, Mak. Bangga padamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🥰🥰🥰🥰🥰 terima kasih kakak. Selanjutnya saya harus banyak belajar skill cara berceritamu. Hihihi.. Biar makin asyik yang datang ke Blog ini. Hahahhaa..

      Delete
  7. Wah karakter baru keren nih pas banget jadi mascotnya 1M1C, eh temennya bowgel jadi nambah deh mba ewa mang kreatip pisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Biqr makin rame dunia perbowgelan ini. Halaaah.. hahaha...

      Delete
  8. Wahhh mau ikut gabung juga nih buat mingce nya, keknya seru wuehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤭🤭🤭🤭 silahkan... Biar makin afdol nulis e mas.

      Delete
  9. suka dengan karakternya, imut dan ngegemesin. yang lebih menarik lagi proses pembuatan di balik karakter mingce itu sendiri. penuh perjuangan konsep yang berat namun mengasikkan. semangat min!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbah 😌 .. jadi makin bikn semangat menciptakan karya baru nie. 🥰🤭🤭🤭

      Delete
  10. Gambarnya lucuuu ... Namanya juga lucu lho, Mingce. Anggap aja berdarah campuran Tionghoa gitu, ya, hihihi ...

    Ikutan ceritanya cerita apa, sih? Kisah nyata sehari-hari atau gimana? Kok aku kepengen, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 Minggu 1 Cerita , komunita yang setiap minggu kita diharapkan nulis 1 cerita / artikel gitu mbak. Hahhaa...

      Delete
  11. cakepp mbak!! serius baca mblog mbak daku jadi terinspirasi untuk mencoba menekuni ilustrasi hhe

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏