TIPS MEMBELI DOMAIN MURAH UNTUK BISNISMU !

by - December 05, 2019

tips membeli domain murah untuk bisnis


[Start Your Day With Ewafebri] Tips Membeli Domain Murah Untuk Bisnismu. Di era industri 4.0, segala aspek kehidupan mulai disusupi dunia digital. Dari mulai teknologi, pendidikan, perekonomian hingga bisnispun tak bisa lepas dari pengaruh internet.

Apalagi nie, kalo kalian juga ingin berwirausaha, internet sudah semacam kebutuhan pokok yang tak bisa ditinggalkan. Termasuk memiliki Blog atau website. Apa pentingnya sih memiliki domain untuk bisnis kamu ? ini dia alasannya !

TIPS MEMBELI DOMAIN MURAH UNTUK BISNISMU !

Bisakah domain dimanfaatkan untuk bisnis kita ?  Owh tentu bisa ! Bahkan kalo perlu, harus ada untuk menunjang bisnismu. Karena manfaatnya gak kira-kira.

Apapun bidang wirausaha dan bisnis yang sedang kamu rintis, saat ini memiliki Blog atau website merupakan supportive tool yang sangat berpengaruh.  Bahkan bisa menjadi salah satu strategis bisnis yang sangat menguntungkan. 

Contohnya adalah pengalamanku sendiri. Gak pernah terbayangkan sebelumnya, setelah 2 tahun terakhir ini serius ngeblog banyak banget pelajaran bahkan penghasilan yang saya dapatkan. 

Sejujurnya saya memiliki Blog itu sejak tahun 2009, namun baru serius mengelolanya justru 2 tahun terakhir ini. Itupun gara-gara saya memutuskan untuk membeli Top Level Domain. 🤭😁

KEUNTUNGAN MEMILIKI WEBSITE ATAU BLOG UNTUK BISNIS


pentingnya domain untuk bisnismu


Apa sih sebenarnya keuntungan yang kita dapatkan apabila kita memiliki domain sebagai salah satu perangkat bisnis ?

Well, banyak banget loh gaez keuntungan yang bisa kita dapatkan, di antaranya :

MEDIA PORTOFOLIO


Memiliki sebuah website atau Blog bisa bermanfaat sebagai media portofolio untuk bisnis kita. Misalnya nie, saya hobbi gambar, dan pingin benget di-hire sebagai illustrator.

Nah, saya bisa memanfaatkan Blog untuk display illustrasi yang sudah diciptakan. Dengan begitu calon klien akan mengetahui seperti apa kemampuan dan gaya kita dalam membuat illustrasi.

Buat yang hobbi memotret. Kalian bisa memanfaatkan beranda Blog sebagai katalog hasil foto yang kalian miliki. Dengan begitu calon klien bisa melihat sekaligus memilih gaya foto seperti apa, yang ingin mereka gunakan.

KEKUATAN BRANDING PRODUK


Bagi yang ingin membangun image atau branding diri, Blog atau website bisa menjadi tool yang sangat efektif untuk dimanfaatkan. Misalnya saja, kalian ingin dikenal sebagai seorang beauty influencer, ingin dikenal sebagai penulis, atau bahkan ingin dikenal sebagai ahli dalam bidang keuangan, blogging, pendidikan, dll.

Dengan menuliskan informasi sesuai dengan bidangmu, passionmu dan keinginanmu, niscahya lama-lama orang akan mengenalimu sesuai dengan branding atau image yang kamu ciptakan tersebut.

Contohnya adalah Si Bowgel, yang makin lama orang akan semakin tahu bahwa Bowgel itu adalah karakter ewafebri, dan ewafebri identik dengan Mak Bowgel.

Bisa juga, misalnya : saking seringnya saya membahas tentang Bullet Journal, lama-lama orang akan mengenali bahwa Blog yang membahas tentang Bullet Journal di Indonesia adalah Ewafebri.

MAMPU MENJANGKAU KLIEN YANG LEBIH LUAS


Salah satu keuntungan memiliki Website / Blog adalah kalian bisa menjangkau klien lebih luas lagi.

Misalnya saja, bisnis dan layanan yang kalian kelola ada di daerah Jakarta, tapi tak menutup kemungkinan kalian bisa bekerja sama dengan calon klien di luar Jakarta, misalnya saja di Surabaya atau bahkan luar negeri. 




MENGHEMAT ONGKOS PEMASARAN


Yang namanya bisnis pasti butuh budget khusus untuk ongkos marketing/pemasarannya. Tujuannya kan biar dikenal banyak orang dan menjadi kliennya. Nah, memiliki website/Blog bisa menjadi satu platform untuk promosi produk dan layanan kita.

Caranya kan mudah banget, kita tinggal investasikan uang untuk pembelian domain dan hosting. Atau kalo kita memang ingin custome template, bisa juga dengan membeli template (membuat jika bisa) yang lebih user friendly. Sehingga pengunjung atau calon klien akan lebih mudah mengaksesnya.

MEMBERIKAN KEPERCAYAAN LEBIH PADA KLIEN


Biasanya nie, para klien akan lebih percaya terhadap produk atau layanan kita jika ada website/Blog dengan menggunakan Top Level Domain. Kalo masih memanfaatkan domain gratis sih biasanya kurang afdol gitu loh Gaez. Gak ada salahnya kan menyewa alamat domain untuk satu tahun ke depan dan seterusnya. Siapa tahu. pendapatan kelak makin bettambah.

MEMUDAHKAN KLIEN MENCARI INFORMASI TENTANG BISNIS KITA


Daripada harus mencetak brosur terus-menerus untuk promosi, memiliki halaman website/Blog lebih efektif dan efisian untuk bisnis kamu. Kalian tinggal menuliskan informasi seputar layanan atau produk yang ditawarkan.

Apabila ada teman atau kerabat yang ingin mengetahui informasi tersebut, tinggal kirim link dan informasi sekitikan bisa langsung dibaca. Belum lagi jika ada banyak orang yang mencari produk dan layanan kamu di Google, bisa saja mesin pencarian langsung merekomendasikan halaman Blog websitemu.

Tentang bagaimana Blog atau Website lebih mudah dikenali Google, kita memang harus belajar banyak teknik penulisan, seperti SEO dan proses pengindeksan. Sehingga artikel kita bisa menjadi salah satu yang berada di Page One Google.

PLATFORM UNTUK PROMOSI PRODUK DAN LAYANAN YANG KITA TAWARKAN


Blog/website bisa kita gunakan sebagai platform untuk promosi tentang produk dan layanan yang kita miliki. Kita bisa menampilkan foto tentang produk, jasa maupun layanan yang kita berikan pada halaman bagian depan untuk menarik minat klien.

Selain foto produk kita juga bisa sekaligus menyertakan informasi yang lengkap tentang apa yang kita tawarkan, sehingga klien bisa mempertimbangkan untuk menggunakan atau membeli produk kita.

Baca Juga : 



CARA MEMBUAT NAMA DOMAIN YANG BAIK UNTUK BISNIS




Supaya nama domain mampu mempresentasikan apa yang kita tawarkan, kita harus jeli dan tepat membuatnya. Jangan sampai asal-asalan yang berakibat nama domain malah tak bermanfaat bagi bisnis kita.

Adapun cara mudah menentukan nama domain untuk bisnis kita, adalah dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

SESUAIKAN BIDANG USAHA


Seperti yang sudah saya bahas tentang keuntungan memiliki Domain, salah satunya adalah sebagai platform promosi produk maupun layanan yang kita tawarkan. Oleh karena itu, saat kalian ingin menentukan nama sebuah domain, pastikan sesuai dengan nama usahanya.

Jangan membuat nama domain yang gak ada hubungannya sama sekali dengan bidang usaha kita. Misalnya Strawberry dot com, eh yang dijual malah pakaian. Kurang nyambung kan ? KAlo produknya yang berhubungan dengan buah strawberry atau buah-buahan masih nyambung lah ya ? hihihi..

JANGAN TERLALU PANJANG


Nama sebuah domain, alangkah baiknya jika jangan terlalu panjang. Hal ini bakalan berpengaruh banget pada SEO. Juga berpengaruh pada kemudahan Klien mengenali domain kita. Yah maksimal kalian bisa memanfaatkan 17 karakter saja.

Bayangkan kalo seseorang yang belum mem-bookmark alamat domain kita, kemudian dia harus mengetikkan pada bagian browser bar ? Males kan kalo terlalu panjang banget ?

Tak hanya itu, pastikan juga untuk membuat nama domain yang mudah diketikkan di mesin pencari. Jangan membuat nama domain dengan tulisan yang aneh-aneh (ejaan alay). Apalagi pake nomor atau tanda dashed/hypens. Ini membuat nama domain kamu jadi ribet jika harus diketikkan kembali di Browser.

MUDAH DIHAFAL


Buatlah nama domain yang mudah dihafal. Jangan yang bikin kamu jadi bingung mengejanya kembali. Nanti orang malah males mau nyari di browser mereka.

Kalo perlu, gunakan nama domain, nama akun sosial media, nama email yang sama. Selain mudah diingat, juga bisa menjadi branding kamu.




PILIH EXTENSION YANG TEPAT


Zaman sekarang ini, extension untuk domain kamu emang banyak pilihan banget. Ada .com , .co.id, .id, .net bahkan yang spesifik juga ada. Seperti misalnya .shop, .buzz , ataupun .app. Pilihlah domain yang menurut kamu bakalan menguntungkan dan mudah dicari.

Kalo saya pribadi, lebih memilih .com karena lebih umum dan bisa dimodifikasi. Alasan lainnya, meski saya banyak membahas tentang Journaling, tapi saya juga memiliki banyak kategori artikel yang dibahas. Jadi mungkin .com lebih familiar dan gampang diingat. Hihihi..

PASANG DI SOCIAL MEDIA KAMU !


Meskipun sosial media saat ini sudah menjamur menjadi platform promosi, tapi Blog maupun website tetap gak ada tandingannya. Kenapa ? Jadi gini ! 

Beberapa platform sosial media memiliki keterbatasan kan ya ? Karena kita diwajibkan memiliki akun pada sosial media tersebut. 

Bagaimana yang tidak punya sosial media ? 

Ini yang menjadi masalah, bagi yang tidak punya platform sosial media, maka kita akan sulit menjangkau mereka semua. Sementara website maupun Blog, tidak membutuhkan akun tertentu untuk bisa mendapatkan informasi dari layanan kita.

Satu-satunya hal penting yang dibutuhkan oleh calon klien adalah jaringan internet. Di mana ada jaringan internet, maka website/blog kita bisa dijangkau oleh mereka. 

Meski begitu, bukan berarti memiliki sosial media menjadi sia-sia. Karean kedua hal ini saling menguntungkan satu sama lainnya. 

Caranya gampang kok, taruh link website/blog kamu di bagian profile sosial media kamu. Dengan begitu, jika ada calon klien yang tertarik dengan promosimu bisa mencari informasi lengkapnya di Website/Blog yang kalian miliki. 

Owh iya, ada beberapa kelemahan sosial media sebagai ajang promosi untuk layanan bisnismu, di antaranya : 

  • Sosial media seringkali memiliki keterbatasan tempat untuk informasi yang lengkap dan panjang. Misalnya saja Twitter yang hanya membatasi 280 karakter saja. Instagram yang hanya menampilkan 2 baris pertama pada timeline yang bisa dibaca. 
  • Sosial media memang gratis, tapi bagaimana kalo tiba-tiba mereka menghilang ala Path ataupun mendadak di Blokir menkominfo kayak Tumblr jaman dulu. Hayooo ! Tulisan kita jadi hilang. Yekan ? 

Satu-satunya kelemahan domain Blog/website, kalo kalian tidak perpanjang domainnya, sudah pasti menghilang. Hehhee.. 

Nah, gimana gaez ? Mudah kan menentukan nama domain buat bisnis kamu ? Yang terpenting disini adalah buatlah domain yang bagi orang lain itu mudah diingat, tidak terlalu panjang dan sesuai dengan materi yang sering kamu bahas.

Baca Juga : 



CARA MEMBELI DOMAIN 



hosting murah



Well, beberapa waktu lalu saya sempat membuat tulisan terkait tentang bagaimana saya membeli sebuah domain ya ? Kalian bisa membacanya di Tips Membeli Nama Domain.

Awalnya saya sangat ingin membeli Domain langsung dari Google. Apalagi platform yang saya gunakan adalah Blogspot kan ? Gampang banget sebenarnya. Masalahnya, saya gak punya kartu kredit untuk membelinya. Jadi saya memilih pihak ke 3 untuk membantu saya dalam prosesnya.

Berhubung saya waktu itu belum begitu tahu banyak kemana harus membeli domain, akhirnya saya bertanya sama salah seorang teman, yang kemudian dia menganjurkan untuk membelinya di Rumah Web. Menurut dia, saya bisa mendapatkan domain murah, sekaligus lebih mudah prosesnya, dan bisa dipercaya.

Saya pun percaya rekomendasi dari teman saya tersebut. Saat itu saya menyewa hosting 512 MB, dan mendapatkan gratis domain selama satu tahun. Walhasil, ini sudah memasuki tahun ke 3 perpanjangan domain di Rumah Web. Sejauh ini sih saya masih nyaman menggunakan layanan dari rumah web.

Tak hanya menyewa domain, saya juga menyewa hosting di Rumah Web. Jadi nie, salah satu keuntungan saya menyewa hosting sekaligus adalah saya bisa memiliki layanan email yang sekaligus dibelakangnya merupakan nama domain kita sendiri. Misalnya nie di Blog saya, namanya adalah info@ewafebri.com.

Wah makin tambah meyakinkan calon klien kita untuk bekerja sama dengan kita kan ? Ibaratnya tuh, domain dan layanan yang kita tawarkan, bukan abal-abal dan penipuan. Secara otomatis hal ini menambahkan kepercayaan calon klien kita kepada bisnis kita kan ?

LAYANAN RUMAH WEB


Jika kalian sulit membuat website, Rumah Web juga memiliki layanan untuk membuatnya dengan menggunakan website builder weebly. Bahkan selama bulan Desember ada diskonnya juga loh !

Jadi tak hanya tentang tempat menyewa hosting dan domain saja, tapi juga bisa membantumu mendapatkan laman website untuk bisnis kamu. Mudah kan ? Gak perlu bingung kita mau bikin websitenya di mana.

Owh iya, perlu diperhatikan juga saat kalian membeli domain baru ya Gaes. Saat awal kita membeli domain maupun hosting, seringkali terlena oleh diskon yang ditawarkan tanpa membaca detailnya, yekan ? Nah pas perpanjangan, kita kadang shock karena ternyata yang ditagihkan lebih besar dari jumlah di awal.

Misalnya saat saya membeli di Rumahweb, satu tahun pertama domain diberikan secara gratis, ini artinya tahun depan tagihan yang diberikan adalah harga hosting dan domain dalam satu tahun. Itulah kenapa jumlah harganya terjadi perubahan. Iya kan ?

Jangan lupa perhatikan juga kapasitasi yang kalian sewa. Misalnya saya hanya menyewa hosting untuk kapasitas 512 Mb, tentu harganya akan berbeda jika kalian menyewa yang 1 GB. Oleh karena itu, kadang tagihan kita pun berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebelum membelinya, perhatikan baik-baik harga promo dan harga sebenarnya. Jadi pas kalian mendapatkan tagihan perpanjangan, jadi gak shock gitu loh ! Hihihi..

KESIMPULAN


Percayalah, apapun bisnisnya, saat ini memiliki website maupun Blog menjadi salah satu faktor penting sebagai penunjangnya. Kita tak bisa mengandalkan promosi secara offline saja, tapi kita juga perlu memanfaatkan promosi bisnis secara online.

Oleh karena itu pastikan memiliki domain yang bisa mempresentasikan usaha bisnismu, mudah dihafal, dan yang terpenting memaksimalkannya untuk promosi bisnis yang kamu miliki. Semoga ke depannya, usaha yang kamu rintis makin maju dan berjaya.

(Disclaimer : Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba kompetisi Blog yang diadakan oleh Rumahweb)


You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :