QURAN JOURNALING SERIES


QURAN JOURNALING SERIES



ewafebri.com | QURAN JOURNALING SERIES.

Bismillah.

Dear pembaca ewafebri. Hari ini saya ingin membuat halaman khusus tentang Quran Journaling. Terlebih artikel ini bisa bermanfaat buat kalian yang ingin mencoba bagaimana membuat Quran Journaling. Di halaman ini terdapat kumpulan artikel yang berhubungan dengan Quran Journal atau QJ.


QURAN JOURNALING SERIES





Salah satu tujuan saya membuat Blog ini adalah untuk berbagi pengalaman yang saya anggap bermanfaat bagi kehidupan saya untuk kalian semua. Mengingat sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Ramadan 2021, maka saya membuat list yang berhubungan dengan Quran Journal sehingga kalian bisa dengan mudah mencari informasinya.

Selain itu, ada beberapa layout ideas yang berhubungan dengan ramadan yang pernah saya buat di BuJo terdahulu yang bisa digunakan sebagai referensi buat kalian untuk journaling. Semoga postingan dan artikel yang ada di sini bisa memberikan manfaat buat kita semua.


WHY JOURNALING ?






Namun sebelum itu saya akan memberikan sedikit motivasi mengapa kita membuat journal dalam pandangan Islam. Menurut Sheikh Omar Soelaiman, menulis merupakan karunia yang diberikan oleh Allah SWT secara langsung. Bahkan Allah sendiri mengajarkan pada manusia bagaimana memanfaatkan pena dan fungsinya dalam Surat Al Alaq 3 - 4 :


" Iqra wa robbukal-akrom | Allazii 'allama bil-qolam "

" Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia. Yang mengajarkan (manusia) dengan pena."


Jadi setelah perintah, Bacalah ! kemudian diikuti dengan menulis. Bahkan seringkali kalimat menulis kita dengar dalam ajaran Islam ya ? seperti Malaikat yang mencatat (menulis) setiap apa yang kita lakukan dalam buku. Bahkan Allah sendiri menuliskan segala sesuatu di Lauful Mahfuz. Itu artinya menulis merupakan aktivitas yang luar biasa.

Journaling sendiri merupakan aktivitas yang membuat kita dianjurkan untuk konsisten. Meski begitu dalam menulis Journaling, mungkin ada beberapa hal yang harus kita hindari, seperti menuliskan kebohongan, memaki atau menfitnah orang lain, atau hal-hal yang dilarang oleh Islam. (Wah.. dalam hal ini saya juga harus banyak belajar dan memperbaiki tentang bagaimana menulis journal yang baik).

Mungkin menulis journal dengan cara sehat adalah menuliskan ide atau pemikiran kita tentang pengembangan diri sendiri tanpa menyinggung orang lain. Pun ini berlaku pada tulisan di Blog kayaknya ya ? hahaha.. Semoga ke depannya saya bisa membuat tulisan yang bermanfaat tanpa menyinggung siapapun. Amin Allahumaamin.


LIST ARTIKEL QURAN JOURNAL


Dan berikut ini beberapa artikel yang berhubungan dengan Quran Journaling yang pernah saya buat sebelumnya :


SETUP RAMADAN IDEAS




KESIMPULAN



Menulis merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya, dengan menulis kita bisa berbagi pengetahuan kepada orang lain sekaligus belajar memperdalam topik yang sedang dibahas.

Tak hanya terbatas pada kegiatan journaling aja, tapi ketika kita sedang menimba ilmu, pastikan untuk mencatat dan mendokumentasikannya. Karena otak kita tak seperti jejak digital yang bisa memberikan peringatan dalam kurun waktun 5 tahun mendatang. hihihi..

Bangunlah habit menulis dari sekarang. Sehingga kalian bisa merasakan manfaatnya di kemudian hari. Setidaknya tulisan kalian akan tetap berguna untuk generasi yang akan datang. Amin Allahumamin.

Share
Tweet
Pin

OTHER ARTICLES :