MANFAAT QURAN JOURNALING

Manfaat Quran Journaling



[ewafebri.com] | MANFAAT QURAN JOURNALING. 

Hello Gaez, gak terasa sebentar lagi (bagi umat muslim) akan memasuki bulan Ramadan ya ? buat kalian yang suka dengan journaling, ada loh tipe journal yang bisa membantu kita meningkatkan ibadah di bulan ramadan nanti. hehehe.. Namanya Quran Journaling

MANFAAT QURAN JOURNALING


Rasanya pingin deh bikin seri tentang journal yang berhubungan dengan ramadan, walapun saya juga masing bingung bagaimana memulainya. Sebelum saya menemukan ide yang cocok buat project nanti, mendingan saya akan berbagi dengan kalian tentang Quran Journaling ya ? 

Buat kalian yang bingung tentang apa itu Quran Journaling, saya sudah pernah membahasnya di How To Quran Journaling. Kali ini saya akan membagikan beberapa manfaat yang saya rasakan dengan membuat Journal ini : 

MENINGKATKAN KEIMANAN






Pernah gak kalian berada pada situasi yang bahkan berdoa saja bingung bagaimana caranya ? Jika kalian pernah mengalami hal itu, tidak apa-apa, saya juga dulu mengalami proses itu. Bahkan saya bingung gimana caranya saya berdoa ? dan apa yang saya harus ucapkan dalam doa-doa saya ? 

Apalagi kadang kita merasa tidak enak hati atau malu saat ingin bertanya kepada orang lain, gimana caranya berdoa ? dan apa yang kamu ucapkan dalam doa ? Berdasarkan pengalaman itu, saya akan berbagi cara saya untuk bisa membuat "berdoa" menjadi good habit

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat journaling. Khususnya Quran Journal. Saya sengaja membedakan Quran Journal ini dengan tipe journal lainnya. Fungsinya, supaya saya bisa lebih fokus mengisi journalnya dengan hal-hal yang berhubungan dengan spiritual kita. hehehe.. 

Dalam Quran Journaling, kalian bisa mengisinya dengan doa-doa yang ingin kalian pelajari. Misalnya saja tentang doa yang berhubungan dengan kesabaran, doa tentang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, ataupun doa-doa yang lainnya. 

Doa-doanya bisa kalian dapatkan dari mana saja. Misalnya saja saat menghadiri pengajian, saat belajar di sekolah atau bahkan saat kalian menemukannya di belantara dunia maya. Masalahnya, kita sering kali lupa kalo pas baca sepintas di timeline sosmed ya ? nah supaya tidak lupa, kalian bisa menuliskannya di Quran Journaling. 

Dengan begitu, kita bisa menghafal doa-doa itu saat ada waktu senggang (atau memang sengaja nyari waktu untuk menghafalnya) kemudian mempraktikannya saat kita berdoa setelah Sholat. 

REMEMBERING ALLAH SWT 


Salah satu cara kita untuk terus mengingat Allah SWT selain melakukan berdzikir adalah dengan membicarakanNya dalam tulisan kita. Saat kita menuliskan di Quran Journaling, pikiran kita akan dipenuhi dengan segala hal yang berhubungan dengan Allah SWT. Tentang kebesaranNya, tentang RahmatNya, tentang KeesaaNya, tentang Maha MuliaNya, tentang Maha PenolongNya, dan sifat Maha yang lainnya. 

Sehingga pikiran kita tidak dikorupsi oleh hal-hal yang negatif saja, atau hal-hal yang bersifat duniawi saja. tapi kita juga punya waktu untuk berpikir tentang Illahi Robbi, di luar waktu-waktu ibadah kita. Hihihi.. 

IBADAH TRACKER


Quran Journal juga bisa kalian fungsikan sebagai tracker untuk ibadah loh. Owh iya, ini bukan maksudnya untuk riya ya (ibadah aja dicatat !) dan juga bukan untuk materi konten, tapi ini sebagai salah satu alat bantu buat kita untuk mereview tentang ibadah kita. Dan juga sebagai alat bantu untuk menciptakan habit. Biasanya, jika kalian bisa secara terus menerus melakukan aktivitas yang berulang selama kurun waktu minimal 20 hari, maka kalian akan dengan mudah menciptakan habit baru. 

Manfaat ini saya dapatkan sesuai dengan pengalaman saya dalam menciptakan habit baru ya. Dan saya juga sering membahasnya di Bullet Journal. Secara konsep dan metodenya sama seperti BuJo hanya saja tracker ini berhubungan dengan ibadah kita.

Misalnya saja dengan mencatatnya, kita jadi lebih tahu apa saja yang perlu kita tingkatkan dalam beribadah, apa yang kurang ? apa yang harus dicoba, dan lain sebagainya. Sama halnya seperti tracker dalam Buller Journal kita. 

Di masa mendatang kita juga bisa membandingkan kualitas ibadah kita dulu dan sekarang melalui rekam catat ini. Apakah kita lebih baik dari sebelumnya, atau justru kita harus memperbaiki lagi kualitasnya, hihi.. Jadi kita bisa berkompetisi dengan diri sendiri supaya menjadi lebih baik. 

TEMPAT CURHAT 


CARA MEMBUAT QURAN JOURNALING



Pernah gak kalian niatnya curhat supaya gak merasa stress, namun sebagai feedback kalian malah stress karena bergulirnya curhatan itu yang entah gimana bisa terjadi ? hahaha.. Saya sering mengalaminya, maka dari itu mulai sekarang, selain pada The One And Only Allah SWT, saya lebih mempercayakan curhatan saya pada buku saja. Hihihi.. 

Selain curhat pada Allah SWT, kita seringkali membutuhkan media lain untuk mencurahkan pikiran kita, yekan ? apalagi ada sebagian dari kita yang kadang merasa masih penuh isi otak di kepala kalo pikiran-pikiran itu belum dikeluarkan dari tempatnya. 

Untuk hal-hal yang berhubungan dengan spiritual, saya biasanya curhat di Quran Journal. Selain menuliskan peristiwa yang sedang saya hadapi, saya juga melengkapinya dengan doa-doa yang relevan dengan peristiwa tersebut. Dengan begitu saya bisa lebih merasa tenang dan damai, karena selain permasalahan yang ada, saya juga melengkapi doa sebagai solusinya. hehe.. 

MENULISKAN HAFALAN


Apakah kalian ingin mengingat surat-surat apa saja yang sudah dihafal ? atau membuat tracker untuk menuliskan surat yang dihafal ? bisa juga kok gaez. Kalian bisa menggunakan Quran Journaling untuk media mencatat hafalan. Sama seperti kita membuat Collection Book To read, kita juga bisa menerapkannya untuk hafalan. 

Apalagi nie ya, kadang ada orang-orang yang mudah menghafalkan apabila dia juga menuliskannya kembali. Cocok banget nie buat isi Quran Journaling kalian. Sehingga kalian nanti bisa mengetahui sejauh mana hafalan yang sudah kalian lakukan. hehehe..

MEDIA BELAJAR KALIGRAFI ARAB


Dulu tuh saya seneng banget melihat catatan buku sekolah temen dalam pelajaran agama saat sekolah, karena tulisan arabnya bagus banget dan rapih. Sementara tulisan saya kayak cekeremez, hahaha.. 

Belum lagi setelah lulus sekolah saya gak pernah menulis ulang tulisan arab di buku catatan, makin tambah cekeremez dah tuh, huhuhu. Quran Journaling bagi saya juga berfungsi untuk media belajar menulis tulisan arab seperti waktu sekolah dulu. Tapi saat ini gak hanya tulisannya yang dipentingin ya, tapi makna dari tulisannya juga ! hehe.. 

MEMBANTU FOKUS DAN MENJERNIHKAN PIKIRAN


Salah satu manfaat journaling, apapun tipenya adalah membantu kita untuk lebih fokus memahami topik atau materi yang kita tulis. Dengan menuliskan apa yang menjadi perhatian kita pada lembaran kertas bisa membantu menjernihkan serta melihat hal tersebut dengan lebih mudah dan intentional.

Saking ajaibnya otak kita itu mampu menampung banyak hal, dari mulai yang sepele hingga yang serius. Kadang saking banyaknya materi dan topik yang kita pikirkan, kita jadi lupa bahwa ada hal penting yang membutuhkan fokus dan prioritas kita, Di sinilah peraran journal itu bisa mengubah hidupmu. Karena journal bisa menjadi alat bantu untuk memilah mana yang penting, mana yang tidak. 

MEDIA RELAKSASI


Kalian pernah gak merasa selalu mendapatkan jalan buntu apapun yang kita pikirkan, padahal sebenarnya di dalam otak kita ada beberapa ide solusi yang sudah tertanam di sana. Saking paniknya kita jadi merasa sangat stress dan tegang saat menghadapi suatu peristiwa yang tidak bisa kita terima. 

Cobalah untuk mengeliminasi pikiran itu satu per satu ke atas kertas. Tuliskan saja peristiwa / hal apa yang membuat kita merasa terganggu ? mengapa peristiwa itu menjadi sangat mengganggu ? dan kemudian kita akan menemukan penyebab dari hal yang mengganggu itu. Dari akar masalah tersebut, kita bisa mencari solusinya atau bahkan jika kita beruntung, maka kita akan menemukan solusi tersebut dipikiran kita sendiri. 

Dan jika kita tak menemukan solusinya, jangan kuatir ! Berserah dirilah pada Allah SWT. Karena Allah tak akan membiarkan hambanya merana selama hamba tersebut meminta pertolonganNya. Tapi ingat, kadang pertolongan itu tak secepat kilat datangnya, tapi kita juga harus bersabar dan terus berdoa. 

KESIMPULAN 


Journaling selalu memiliki potensi untuk mengubah hidup kita. Namun sayangnya manfaatnya tidak bisa kita rasakan secara instant. Butuh waktu dan proses yang panjang untuk bisa menikmati hasilnya. Meski begitu, tak ada salahnya untuk mencoba kok Gaez. 

Owh iya buat kalian yang bikin Quran Journaling Challenge di bulan Ramadan nanti, kabar-kabari ya ? hahaha.. Siapa tahu saya bisa ikutan (walapun banyak challenge saya yang gak pernah sukses, hahaha.. ) Tapi namanya nyoba, siapa yang tahu, yekan ? 



Post a Comment

0 Comments