BULLET JOURNAL INDONESIA | COLLECTION IDEAS FOR RAMADAN

by - April 29, 2019

bullet journal ramadan ideas


Ramadan sebentar lagi.. yay ! Alhamdulilah, semoga saya masih tetap diberi kesempatan untuk merasakan dan bisa menjalankan ibadah di Bulan Suci ini sampai akhir. Hmm.. Jika tahun-tahun sebelumnya saya sudah membuat postingan tentang setup Ramadan, di postingan collection ideas for Ramadan ini saya ingin berbagi tentang Collection apa saja sih yang bisa kita setup di Bullet Journal ? Apa saja isinya ? Berikut ini ulasannya. 

BULLET JOURNAL INDONESIA | COLLECTION IDEAS FOR RAMADAN 


Buat teman-teman Muslim, barangkali moment Ramadan ingin digunakan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah SWT (bukan berarti, di bulan lain gak ya ? hihi.. ) Tapi memang suasana Ramadan itu membuat kita ingin lebih baik lagi dari sebelumnya. Setelah kemarin suhu Indonesia sempat memanas (meski bukan musim kemarau), akhirnya kita akan memasuki Bulan Ramadan dengan suasana hati yang damai dan sejuk. Hehehe...

Jangan lupa saling memaafkan dulu, kalo kemarin sempet cela-celaan (kamu siapa Vva ? ngatur hidup orang ! hih ! ). Jeeeng.. ! Yak, berikut ini adalah Collection yang bisa digunakan di Bullet Journal untuk menyambut Ramadan. 

READING QURAN TRACKER



Bagi teman-teman Muslim, mungkin sebenarnya membaca Alquran sudah biasa dilakukan setiap hari meski tak harus menggunakan tracker semacam ini. Tapi bagi yang ingin memiliki Goal khatam AlQuran dalam waktu 30 hari, tak ada salahnya membuat Collection ini sebagai trackernya. Biasanya nie, kalo kita melihat seberapa banyak dan jauh progres yang sudah dilakukan, bisa menambah semangat kita untuk terus melakukannya sampai akhir. Nah, ini bisa diakomodir dengan membuat layout khusus pada Bullet Journal.

reading quran tracker


Ada banyak pilihan cara. Salah satunya dengan membaca 1 hari 1 juz. Nah, kita bisa membuat trackernya berdasarkan Nomor Juz atau batasan ayat antar surat. Misalnya dari Juz 1 : Al Fatihah ayat 1 - Al Baqarah ayat 141. Atau bisa juga dengan membuat batasan berapa banyak ayat/surat yang ingin dibaca.

RAMADAN GOALS


Membuat Goal pada bulan Ramadan bisa membantu kita bisa lebih khusyu dan dokus dalam beribadah. Goalnya pun tak harus rumit, misalnya saja dalam 1 Bulan gak komplain apalagi mencela orang (walaupun mungkin sulit ya ?) 🤭. 

Bisa juga membuat Goal dengan menuliskan seperti ini :

  • Khatam Al Quran
  • Sedekah setiap hari 
  • 30 hari Sholat Tarawih, dll

Ataupun hal yang ingin dilakukan untuk meningkatkan ketaqwaan kita di Bulan Suci Ramadan. 

RAMADAN TRACKER


Tracker Ramadan ini bisa diambil dari list Goal yang sudah kita buat. Fungsinya sebagai trackernya. Jadi di penghujung Ramadan kita jadi tahu, mana yang secara konsisten kita lakukan dan mana yang harus diperbaiki lagi. 

ramadan tracker ideas

Isi trackernya juga bisa macam-macam tergantung kebutuhan kita. Sebagai contoh adalah layout yang saya gunakan ini. Saya mengisinya dengan beberapa aktivitas yang ingin saya tracker. Di antaranya : 

  • Reading AlQuran
  • Sholat Taraweh
  • Puasa
  • Sholat Sunnah Tahajud
  • Dzikir
  • Gratitude
  • Hadist of the day
  • No judge people
  • Sadaqah

Yang ingin menggunakan aktivitas lainnya sebagai tracker, juga tidak masalah kok Gaes. Semua tergantung kebutuhan kita saja. 


GRATITUDE RAMADAN CHALLENGE 


Hayoo siapa yang masih sering mikir hal yang negatif ? Mungkin bagi kita yang beberapa bulan terakhir sering dicekoki berita Hoax tanpa kita sadari, menjadikan diri kita sering berpikir atau berasumsi negatif. Untuk mengurangi dan menghilangkan pikiran ini, tak ada salahnya kita membuat spread/layout tentang hal yang positif. Salah satunya dengan membuat spread Gratitude.


bujo ramadan gratitude layout ideas


Gratitude challenge ini banyak manfaatnya loh Gaes. Diantara berita dan informasi negatif yang sudah diterima, kita harus mencari hal positifnya. Ini bisa membantu otak kita untuk terus bermindset positif.


IFTAR MENU IDEAS/ MENU BUKA PUASA


Bingung ingin berbuka puasa apa saja ? Mendingan bikin list Menu Buka Puasa aja. Apalagi bagi yang perduli dengan bahan makanan yang kita makan. Dengan membuat menu buka puasa, kita jadi tahu apa saja yang sudah dan akan kita konsumsi. 

Selain itu, membuat Collection Menu Buka puasa kita jadi bisa mengetahui pengeluarannya. Terutama bagi yang sering memasak sendiri di rumah. Kita jadi bisa melihat bahan apa saja yang kita butuhkan untuk membuat menu buka puasa, dan mempersiapkannya. 

HADIST OF THE DAY 


Yang ingin belajar Islam dan menjalani kehidupan dengan sungguh-sungguh bisa mengikuti cara hidup Nabi Muhammad SAW dahulu. Caranya dengan belajar hadist setiap hari. Nah, ini bisa kita tulis dalam Collection khusus gitu Gaes. 

Nantinya ilmu ini bisa kita baca di kemudian hari. Maklum, kadang kita sering lupa jika hanya membaca saja. Mungkin dengan cara ditulis kembali akan mempermudah mengingatnya nanti. 

Itulah beberapa layout yang bisa kita gunakan untuk menyambut Bulan Suci Ramadan. Sebenarnya ada banyak collection lainnya yang bisa kalian coba. Misalnya saja : 

  • Saving Tracker (barangkali mau bagi-bagi angpau, bisa membuat tracker menabung sebelumnya 🤭)
  • Exercise Tracker, nah buat yang hobbi olahraga, mungkin punya agenda khusus pada saat Ramadan.
  • Shopping List For Idul Fitri. Apakah ada yang mulai mengumpulkan barang-barang yang ingin digunakan saat Idul Fitri ? Kadang nie Gaes, mendekati Hari Idul Raya, harga barang meningkat. Nah kalo kalian membuat list shopping, bisa membeli beberapa material barang di awal. Siapa tahu apa harganya masih tergolong normal. 
  • List Angpau. Yang punya banyak sodara atau ponakan kecil dan ingin memberi angpau, bisa banget bikin Collectionnya. Cukup dengan membuat list nama dan jumlah yang ingin diberikan. Dari sini biasanya kita jadi bisa menentukan Budget untuk Angpau. Biar semua bisa rata kebagian 🤭🤭🤣. 
  • Ramadan & Idul Fitri Budget. Kadang nie ya, kalo pas lebaran itu kita sering mengeluarkan biaya tanpa kontrol. Eh tahu-tahu habis lebaran kita gak punya uang sama sekali. Padahal setelahnya kita tetap harus hidup dan beraktivitas seperti sedia kala 🤭. Oleh karena itu, kita perlu membuat Budget Pengeluaran khusus. Supaya kita bisa mengelola uang dengan baik. 

Semoga postingan hari ini bisa memberikan ide buat teman-teman yang sedang mencari inspirasi Bullet Journal Ramadan. Jika ingin tau banyak seperti apa gambaran setup Bullet Journal yang saya lakukan, kalian bisa menyimak video berikut ini : 





Buat teman-teman lain yang ingin membuat Bullet Journal pertama kali, kalian bisa mengakses artikel-artikelnya di Start Here. Sementara jika kalian bingung tentang apa saja yang dibutuhkan dalam membuat Bullet Journal, saya sudah merangkumnya di 10 Perlengkapan Bullet Journal Untuk Pemula. By the way, kalo kalian sedang mencari perlengkapan Bullet Journal dan bingung dimulai dari mana. Paling asyik itu kalo ada postingan lengkapnya ya ? Apalagi buat teman-teman pemula.  Well, Ada situs khusus yang bisa membantu kita nie Gaes.

My-best.id adalah situs yang banyak memberikan rekomendasi tentang di mana kita bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan. Tak hanya tentang Bullet Journal, tapi juga perlengkapan lainnya. Asyik loh, tak hanya informasi ataupun reviewnya, my-best.id juga menyertakan link di mana kita bisa membeli barang secara online. Wuich, praktis banget kan ? Jadi gampang mau beli barang. Hehehe...

O iya, ngomong-ngomong Collection apa saja yang ingin kalian buat untuk Bullet Journal Ramadan ? Tulis dikolom komentar yuk, siapa tahu teman-teman yang lainnya bisa terinspirasi. Terima kasih sudah membaca postingan ini. Jangan lupa subscribe.


bullet journal indonesia




You May Also Like

0 comments