QURAN JOURNALING | HARDSHIP

by - May 18, 2021

QURAN JOURNALING | HARDSHIP



[ewafebri.com] | QURAN JOURNALING | HARDSHIP.

Bismillahi rohmani rohim. Mengapa kita mendapatkan cobaan dalam hidup ini ? Apakah karena Tuhan benci pada kita atau justru bentuk kasih sayangNya supaya kita menjadi orang yang bersyukur dan bertaqwa ? 

QURAN JOURNALING | HARDSHIP


Dulu makna Alhamdullilah rasanya hanya sekedar ingin mengucapkan rasa terima kasih pada Tuhan atas hal-hal yang sifatnya membahagiakan dan berbentuk material. Seperti misalnya saat dikasih angpau, hihihi.. diberi makanan ataupun barang. Atau jika mendapatkan pencapaian yang kita inginkan. 

Tapi apakah ketika kita mendapatkan sesuatu yang di luar impian maupun jauh dari prediksi, kita juga bersyukur karenanya ? Sejujurnya saya pribadi ketika mengalami hal ini, kadang lupa bersyukur. Padahal di balik kegagalan, di balik musibah, di balik peristiwa yang menyesakkan dada selalu ada kebijaksanaan yang dilimpahkan kepada kita. 

Sebagai manusia yang terbatas pengetahuannya, terbatas penglihatannya, terbatas pendengarannya, wajar jika seringkali kali kita telah (bahkan gagal) memahami "wisdom"-Nya. Hihihi.. Padahal dari awal Allah SWT selalu menginginkan yang terbaik untuk kita. 

Yang namanya mau dapet yang terbaik, tentu harus dengan usaha donk ya ? Dan usaha-usaha itulah yang seringkali kita lakukan ketika menghadapi cobaan. Ya masak apa-apa kalian maunya gratisan aja wahai manusia !

HARDSHIP 


Mengapa kita mendapatkan ujian dari Tuhan ? 

Pernah gak kalian berada di fase ini ? Fase protes pada Tuhan yang seolah berprasangka buruk terhadap apa yang telah ditetapkanNya ? Beberapa bulan lalu saya masih memiliki pemikiran seperti ini. Hingga suatu hari Tuhan memberikan jawaban mengapa kita mendapatkan ujian. 

Buat teman-teman muslim mungkin sudah tidak asing lagi dengan ayat-ayat di dalam Alquran ya ? 

Surat Al-Insan Ayat 2 dan 3 : 


"(2) Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat. 

(3) Sungguh, Kami telah menunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur.

Surat Al Fajr Ayat 15 dan 16 : 


"(15) Maka adapun manusia, apabila Tuhan mengujinya lalu memuliakannya dan memberinya kesenangan, maka dia berkata, " Tuhanku telah memuliakanku."

(16) Namun apabila Tuhan mengujinya lalu membatasi rezekinya, maka dia berkata, "Tuhanku telah menghinaku."

Surat Al-Mulk Ayat 1, 2 dan 23


"(1) Maha Suci Allah yang menguasai (segala) kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,

(2) Yang menciptakan mati dan hidup, dan untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa, Maha Pengampun.

(23) Katakanlah, "Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati nurani bagi kamu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur. 
"

Surat Al-Anbiya Ayat 35 


" Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami. "

Surat Al-Insyirah Ayat 5 dan 6 


"(5) Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,

(6) Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.
"

Dari ayat-ayat tersebut, kita bisa mengetahui bahwa Tuhan memberikan ujian kepada kita karena : 


  • Tuhan memang sudah menggariskan bahwa manusia diciptakan untuk diuji. Terlebih tentang keimanannya. Tugas kita adalah mengimaninya. Sebagai umat muslim kita memang wajib mengimaninya (Rukun Iman). 
  • Tuhan ingin mengetahui respon kita terhadap segala nikmat dan cobaan yang telah kita dapatkan, apakah kita golongan orang-orang yang bersyukur atau justru orang-orang yang kufur ?
  • Mengajarkan manusia untuk bisa melihat hal yang positif dalam kondisi yang buruk sekalipun. Manusia itu sulit sekali untuk mengucapkan syukur, yang diingat jeleknya (negatif) trus soalnya.. 😭😭😭. Padahal Tuhan selalu memberikan kemudahan setelah ada kesulitan, tapi yang kita ingat hanya kesulitannya saja. hiks.. Yuk mulai sekarang kita mulai belajar bersyukur. 
  • Tuhan ingin memberikan pelajaran yang berharga kepada kita melalui pelatihan dan cobaan yang diberikan, agar kita menjadi lebih kuat dan makin bertaqwa kepadaNya. Jangan makin menjauhiNya ! 😭
  • Tuhan ingin menunjukkan KuasaNya, bahwa apa yang terjadi di langit dan di bumi adalah dalam kekuasaanNya. Kita manusia ini bukanlah apa-apa, jadi janganlah jadi jumawa 😭 terhadap apapun yang sudah kita miliki atau capai.
  • Tuhan ingin mengingatkan pada kita (manusia), bahwa kita ini tidak memiliki kekuatan apapun tanpa bantuan dan campur tanganNya. Kita ini hanya makhluk yang sangat lemah, meskipun kadang kita merasa memiliki tools yang canggih dan siap mengalahkan dunia. 😭 Rencana kita bukanlah apa-apa, jika Tuhan tak berkendak maka apapun itu akan gagal berantakan. Innalilahi wa innaillahi rojiun. 
  • Tuhan sayang kepada kita. Supaya kita terus berdoa dan bisa kembali terus ke jalanNya, dan tidak hancur oleh jalan yang kita tempuh sendiri. 
  • Tuhan ingin menguji ketaqwaan kita padaNya sebelum kita diberikan hadiah yang sangat luar biasa. 


Dan yang paling mengetahui mengapa kita diuji hanya Allah SWT. Karena Allah lah Yang Maha Mengetahui Segala Sesuatu. 

BELAJAR


Proses belajar yang paling sulit itu adalah ketika berhubungan dengan yang namanya kehidupan. Hahaha.. Karena untuk bisa belajar, kadang paling mengena kalo kita mengalaminya lebih dulu. Iya kan ? Belajar dari pengalaman. 

Dulu kala, saya melihat hardship sebagai bentuk hukuman dan ketidakadilan. Tidak adil karena seringkali merasa "dia yang salah, kenapa saya yang dapet bencananya ?". Bahkan sering juga dalam hati mendoakan mereka yang sudah menyakitiku dengan doa yang jelek-jelek.  Astaghfirullah (Ampuni saya Ya Ghaffaaru..).

Tapi kini sudut pandang saya jadi berubah total. Perlahan Tuhan mengajarkan pada saya tentang bagaimana melihat sebuah ujian menjadi sebuah berkah. Karena dalam ujian tersebut ternyata menyimpan banyak berkah yang tak kita bayangkan sebelumnya. 

Dalam ujian tersebut juga seringkali banyak pelajaran yang ingin disampaikan kepada kita. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk mencari hikmah dari setiap ujian yang terjadi dalam hidup kita. Supaya kita makin bersyukur dan bertaqwa.

USAHA, SABAR DAN BERDOA


Kunci sukses menghadapi hardship adalah usaha, sabar dan berdoa. Kita berusaha menghadapinya dengan usaha yang baik. Tapi tentang usaha ini, sebaiknya jangan mengikuti hawa nafsu kita sendiri. Karena seringkali terjadi, alih-alih masalah selesai tapi justru malah melebar kemana-mana. 

Itulah kenapa kita butuh untuk berdoa dengan tulus. Supaya kita bisa mendapatkan tuntunan dari Yang Maha Kuasa tentang bagaimana menghadapi masalah tersebut. Dan berusaha sepenuhnya percaya padaNya (tawakal). Jadi yang kita ikuti adalah cara yang dikirimkan oleh Allah SWT pada kita biar gak terjadi kekacauan di mana-mana. Hihihi.. 

Sabar adalah masa di mana kita menunggu untuk mendapatkan jawaban serta petunjuk yang diberikan oleh Tuhan. Percayalah, jika kita mampu melatih kesabaran saat menghadapi suatu masalah, Tuhan akan mengirimkan banyak jawaban dalam kehidupan kita. Satu persatu Allah SWT akan memperlihatkan kepada kita tentang cara yang harus kita hadapi dibalik ujian tersebut. 

Namun jika kita terlalu terburu-buru dan ingin menyelesaikan dengan cara kita sendiri, justru yang terjadi kita makin terjerumus dalam jurang permasalahan itu sendiri. Astaghfirullah.

BAGAIMANA KITA BISA MENGETAHUI TENTANG PETUNJUK TERSEBUT ? 


Nah, ini agak tricky ya ? karena dari pengalaman saya, petunjuk itu datang dari mana saja. Kadang tiba-tiba muncul di dalam hati kita. (Hati-hati sama petunjuk yang satu ini, karena kadang bisa saja bisikan setan yang berusaha menyesatkan, hihihi.. ). 

Saran saya kalo dapat petunjuk ini, jangan langsung dicampuraduk dengan nafsu pikiran kita, karena malah bisa bahaya. Hahaha.. pengalaman saya begitu. Tapi usahakan hanya menunggu jawaban murni yang datang dari qalbu, perhatikan hatimu !

Kadang saat kita membaca sesuatu, kita mendapatkan jawaban di dalamnya. Kadang bisa juga datang dari orang lain yang tiba-tiba menyampaikan kepada kita. Bahkan ajaibnya, saya pernah mendapatkan sms yang "nyasar" dan isinya adalah solusi yang sangat dibutuhkan. Kadang jawaban itu juga datang dari alam. Yang pasti jawaban itu bisa datang dari mana saja. 

Dan ada magnet yang membuat kita secara otomatis mengetahui bahwa hal tersebut adalah petunjuk dan jawaban yang diberikan oleh Tuhan pada kita. 

Mungkin ini agak aneh kedengarannya ya ? tapi kalo kalian benar-benar memperhatikan (bahkan hal yang terkecil sekalipun) kalian akan bisa memahami maksud saya. Hihihi.. Karena jawaban ini hanya kita sendiri yang tahu !

KESIMPULAN 


Setiap ujian selalu dibersamai dengan kemudahan. Oleh sebab itu, kita harus belajar bersabar dan bertawakkal dalam menghadapinya. Hadiah dari sabar dan tawakkal, itu akan kita dapatkan hikmah yang luar biasa. Pelajaran yang sangat luar biasa bagi kehidupan.

Saking luar biasanya, materi apapun yang ada di dunia ini tak mampu membayarnya. Bahkan kadang kita merasa bahwa kehidupan di dunia ini benar-benar hanya fana belaka. Subhanaallah. 


Selamat berjuang !

You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :