QURAN JOURNALING | RAMADAN SERIES TO WATCH

by - May 03, 2021

QURAN JOURNALING |  RAMADAN SERIES TO WATCH



[ewafebri.com] | QURAN JOURNALING |  RAMADAN SERIES TO WATCH.

Salah satu hal baik yang saya jadikan habit di tahun ini adalah mengisi ngabuburit dengan menonton video tentang Ramadan Series di Youtube. Hahaha.. setidaknya habit baru ini bisa menggantikan habit buruk saya yang terdahulu. Ngomong-ngomong channel di Indonesia ada yang bikin hal serupa gak sih ? 

QURAN JOURNALING |  RAMADAN SERIES TO WATCH


Beberapa bulan terakhir ini saya memiliki kebiasaan baru yaitu nongkrongin channel youtube yang di dalamnya banyak playlist yang berhubungan dengan pengetahuan tentang Islam. Hari ini saya akan berbagi informasi tentang series ramadan yang bisa menemani kalian makan sahur atau ngabuburit. 

Dan sebenarnya banyak juga Quran Journaling saya yang bersumber dari beberapa ustadz-ustadz berikut ini. Semoga sih suatu hari nanti saya bisa mendatangi event mereka di Jakarta atau di mana pun. Hihihihi..

Ohw iya, sebagai tambahan informasi, video-video berikut ini menggunakan bahasa Inggris ya Gaes, dan sayangnya ada beberapa video yang gak ada subtitlenya. 

YAQUEEN ISTITUTE




Yaqueen Istitute adalah channel youtube yang paling sering saya tonton. Contentnya banyak macemnya. dan semua isinya keren-keren. Yang menjadi favorite saya adalah konten yang dibawakan oleh Dr. Omar Soelaiman. 

Pembawaannya yang happy dan cara penyampaiannya yang gamblang, memudahkan saya (yang bahkan ngomong bahasa Inggris aja masih belepotan) paham terhadap materi yang disampaikan. Apalagi ilmu dan topik yang disampaikan itu banyak banget Gaes. Dari mulai tentang topik Malaikat, Kisah Para Nabi, hingga mengupas tuntas tentang Alquran. 

Mereka setiap tahun juga memproduksi Ramadan Series loh, dengan judul dan tema yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, mereka membahas tentang Nabi Muhammad SAW. Duh noton series pertama aja udang bikin mbrebes mili. Padahal baru memperkenalkan ciri-cirinya aja. Hoaaa.. 

Buat kalian yang suka nonton videonya, subscribe channelnya deh, dijamin gak akan rugi. 

MUFTI MENK 




Mungkin sebagian dari kalian sudah mengenal beliau, tapi buat kalian yang belum mengenal silakan subscribe. Hal yang saya suka dari Mufti Menk adalah nasehatnya yang lebih fokus pada self development, mengembangkan diri sendiri menjadi lebih baik. 

Tweetnya bisa dinikmati oleh semua kalangan dari Muslim maupun Non Muslim. Dan kaloa dari channel Youtubenya, banyak juga mengklaim bahwa mereka jatuh cinta dengan Islam karena mendengarkan cara berdakwah beliau yang selalu menitikberatkan pada hal positif yang dimiliki oleh umat manusia. 

Pun dulu iman saya lebih meningkat karena mendengarkan ceramah-ceramahnya. Entahlah, buat saya ceramahnya lebih relateable dalam kehidupan sehari-hari, walaupun semua berdasarkan sunnah maupun Alquran. 

Mufti Menk juga orang yang konsisten mengingatkan pada kita tentang betapa besarnya kekuatan Allah SWT. Bagi jiwa-jiwa yang merasa tersesat seperti saya ini, mendengarkan ceramahnya, mengingatkan kembali tentang kehidupan kita yang sebenarnya (abadi). 

Dan lucunya, kadang tweet-tweetnya menjadi sebuah petunjuk dari Allah SWT ketika saya sangat membutuhkannya. Hihihi.. Subhanaallah..  Serasa langsung diberikan arahan gitu. Masha Allah.

BAYYINAH INSTUTE



Channel lainnya yang sering saya dengarkan dan pelajari adalah dari ustadz Nouman Ali Khan. Dibandingkan kedua orang di atas, Ustadz Nouman kadang terlalu cepat dalam menjelaskan, jadi sering kali ketinggalan. Hahaha.. Apalagi bagi yang kurang fasih berbahasa Inggris kayak saya ini. Hihihi.. 

Tapi kalo diperhatikan biasanya penceramah maupun ustadznya beda-beda loh. Dan sepertinya mereka saling bekerja sama satu sama lain walaupun kontennya sering berbeda-beda. Tapi itulah yang membuat saya belakangan betah streaming. hihihi.. Kalo dulu sering banget random kalo streaming, kalo sekarang belum suka denger mereka memberikan pengetahuan. 

EMAN CHANNEL




Eman channel ini juga punya banyak ustadz maupun penceramah yang berbeda-beda juga. Bahkan Mufti Menk juga sering banget mengisi kontennya. Jujur saya suka banget dengerin ceramahnya, karena artikulasi bahas Inggrisnya jelas dan mudah dipahami. 

Pun kadang Mufti Menk ini seringkali lucu gitu kalo bikin kutbah, hihihi.. Jadi seneng gitu dengerinnya, dan jadi mudah  masuk ke hati. Dan tentunya berusaha untuk diamalkan juga. hihihi.. ?(Amin semoga).

KESIMPULAN 


Itulah beberapa channel youtube yang bisa menemani kamu buat ngabuburit ataupun nemenin pas sahur. Banyak sekali konten bermanfaat yang bisa meningkatkan keimanan kita. Bahkan seri-seri dari tahun-tahun sebelumnya juga wajib ditonton gaez. Seru abis !

Owh iya, kalo di Indonesia ada gak sih channel Islami yang punya Ramadan Series ? Kalo ada drop di kolom komentar donk (tanpa link ya ? soalnya bakalan kena sensor disquaa, hehehe.. )

Owh iya, semoga list tentang Ramadan Series kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin, Dan semoga ibadah kita selama bulan Ramadan ini diterima oelh Allah SWT. Amin Allahuma Amin. 



You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :