7 TIPS HOW TO QURAN JOURNALING

by - December 27, 2018

What is Quran Journaling ?


Ada banyak macam Journaling selain Bullet Journal. Ada Ideas Journal, Gratitude Journal, Morning Journal, Doodle Journal bahkan Quran Journal. Dan hari ini saya akan membahas tentang Quran Journal atau Quranic Journal. Journal yang barangkali kurang terlalu diminati dan dikenal dibandingkan Journal yang lainnya. 

QURAN JOURNAL


Sejujurnya saya terinspirasi membuat Quran Journal, karena banyak sekali di Pinterest yang membahas tentang Bible Journal. Dalam hati, " kenapa gak coba bikin yang Quran Journal ya ? ". Kemudian saya pun mencari di Google.

APA SIH QURAN JOURNALING ? 


Kalo menurut versi aslinya dalam Soundvision.com adalah sebagai berikut :

 "There are moments in life when you read some Ayahs (verses) in the Quran, and they seem to have been revealed precisely for your needs at those moments. You have read them a hundred times before, but only now have your life experiences prepared you to understand them....Keep a Quran journal of these moments when certain verses click and become real in your life."

Versi Indonesianya kurang lebih begini kali ya.

"Ada beberapa momen dalam kehidupam kita dimana saat kita membaca sebuah ayat dalam Al Quran dan membuat kita merasa begitu lega karena Ayat-Ayat tersebut merupakan penceraahan yang kita butuhkan pada saat itu. mungkin kita sudah membaca ayat itu berkali-kali tetapi baru terasa sangat berguna sekali dan memahaminya jika kita mengalami suatu peristiwa/pengalaman  tertentu. Buatlah Quran journal pada peristiwa atau pengalaman yang terjadi di kehidupan kita."

Mau baca lebih lengkapnya bisa klik di sini.

PERANAN QURAN JOURNALING UNTUK EWAFEBRI


Quran Journal yang saya buat mengandung pengertian yang sama seperti yang disebutkan oleh Soundvision. Berfungsi sebagai terapi dan refleksi diri. Saya menggunakan ayat-ayat dalam Al Quran yang sesuai dengan kejadian yang saya alami, dan menjadikannya petunjuk dalam kehidupan jika mengalami hal yang sama. Tak jarang saya juga mereview kejadian yang saya alami, dan berusaha  memperbaiki untuk kehidupan selanjutnya.


Quranic Journal Definition


Misalnya, hari ini ada kejadian yang membuat hati saya membuncah gara-gara hal yang disebabkan oleh orang lain. Dalam keadaan tersebut saya akan mencari ayat-ayat Al Quran yang sesuai dengan yang saya rasakan. Ayat yang menerangkan kesabaran. Ayat yang berhubungan dengan meredam amarah, dll.

Ewa and Bowgel


Saya menambahkan dekorasi atau hiasan seperti bunga-bunga pada halaman yang ingin saya gunakan. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca di kemudian hari,  dan supaya journal saya tidak terlihat membosankan. 

Gak punya maksud apa-apa,  saya hanya berfikir dengan adanya tambahan dekorasi ini biar terlihat lebih menarik, cantik (relatif) dan semangat aja. Plus membuat orang tertarik untuk mencobanya. Please jangan sampai gara-gara bunga ini trus muncul tuduhan penistaan agama, karena memang gak ada maksud begitu sama sekali. Lagipula saya melakukannya di Buku Midori, bukan corat coret langsung di atas Al Qurannya. 


QURAN JOURNALING SPREAD IDEAS


CARA MEMBUAT QURAN JOURNAL


Membuat Quran Journal itu gak sulit. Yang sulit mempertahankan konsistensinya. Hihi.. Sama halnya seperti kita membuat postingan Blog. Konsistensi adalah kunci. Sebagai peringatan, bahwa Quran Journal ini bukanlah tafsir ya Gaes. Tapi ini adalah curhatan tentang diri kita, dan bagaimana curhatan tersebut menurut Ayat-ayat  Al Quran.

Bagaimana saya membuat Quran Journal ? 7 Tips berikut ini bisa membantumu :


  • Siapkan Buku Khusus untuk Quran Journaling. Bentuknya bisa apa saja. Bisa menggunakan yang bergaris, polos, kotak-kotak,  atau dotted ala Bullet Journal.
  • Bagi 2 halaman, gunakan halaman kanan dan kiri. Bagian kiri bisa kita gunakan sebagai moment atau kejadian yang sedang kita hadapi. Sementara sisi selanjutnya adalah untuk menuliskan kejadian yang menimpa kita. 




  • Atau kalian juga bisa bebas menulis atau memenuhi halaman tersebut, sesuaikan saja dengan keinginannya. Misalnya, habis curhat kejadian, trus mengutip ayat petunjuknya. 


How To Quran Journaling


  • Jangan sertakan nama seseorang yang bersangkutan dengan kejadian. Gak asyik kan kalo mendadak kebaca orang lain journalnya. Hihi.. 
  • Carilah ilmu pendukung lainnya, tak hanya tulisan dan artinya tapi juga pemahaman yang ada pada ayat tersebut.
  • Kalian juga bisa melengkapinya dengan bacaan doa yang sesuai dengan kejadian tersebut. 
  • Atau kalian juga bisa membahas tentang ilmu bahasanya, cara pengucapan yang benar dll.

Ewafebri's Quranic Journal layout


Journaling saat ini sudah menjadi hobby dan habit buat saya. Selain sebagai Memori Keeper, journaling ini membantu saya untuk mengontrol diri dan membantu saya untuk berfikir dan bertindak lebih positif lagi. Sebelum kegiatan ini menjadi sebuah kebiasaan, aktivitas saya di sosial media lebih banyak mengarah ke hal yang negatif. Alhamdulliah semenjak sering memakai Journal sebagai media curhat, saya lebih kreatif dan lebih sering membagikan hal yang bermanfaat buat diri sendiri ataupun orang lain (semoga). Amin.


Quran Journaling For Study


Dan semoga dengan Quran Journaling ini aspek relijius saya bisa lebih meningkat lagi hehe.. karena sejujurnya bulan lalu aspek ini adalah aspek yang memiliki nilai terendah dibandingkan yang lainnya. Sebenarnya nilai ini adalah tolak ukur yang saya buat sendiri untuk mewujudkan goal yang saya buat tiap bulannya. Jadi bukan untuk mengukur kadar keimanan sesorang ya.. hehe.. (Karena hanya Tuhan yang berhak untuk melakukannya). 

Baiklah.. Sekian dulu postingan tentang Quran Journaling ini, jika kalian ingin tahu lebih lanjut silahkan di klik link yang di atas tadi ya. 

Selamat mencoba. semoga kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.

You May Also Like

26 comments

  1. boleh juga nih mba idenya. jadi pengen bikin Qur'an journaling juga.
    lumayan, bisa sekalian belajar dan mendalami ayat-ayat qur'an. keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba mbak.. belajar Al Quran plus bisa curhat juga. Haha.. Bisa juga menjaga kesehatan mental kita. Kyaaa... ❤️❤️❤️

      Delete
  2. Inspiratif to the max. Sekalian membikin kita semua sadar, solusi masalah hidup ini semua sudah ada di Al Qur'an, tinggal bagaimana kita lebih dalam menggali dan mengamalkannya ya, Mak Bowgel. Membaca ini wajah saya tersenyum sejak awal sampai akhir 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Kadang kalo ditulis begini jadi ketahuan, owh di AlQuran semua ada loh ! ❤️❤️❤️😍

      Delete
    2. Betul, Mak Bowgel hehe *toss*

      Delete
  3. sepertinya susah ya, apalagi kalo ilmu baca quran nya pas pasan, kudu tau artinya juga kan, aishh orang hebat yg bisa bikin itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga sih mas.. cara saya membaca juga belum lancar jaya. Justru journal ini juga saya jadikan media belajar 😁😁😁 . Kadang kalo gak pake yang model seperti ini, baca Quran rasanya cuma baca saja, tanpa ingin mempelajari maknanya 🤭🤭🤭

      Delete
  4. Masyaallah..boleh juga ini idenya...layak untuk di coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mbaak.. semoga makin bermanfaat ❤️❤️❤️❤️❤️

      Delete
  5. Wah rajinnya. Aku aja ngaji masih butuh pecutan tiap hari apalagi mengambil sari patinya. Semoga 2019 tambah semangat. Makasih inspirasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaat mbaak.. semoga 2019 makin cetar membahana ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  6. Salah satu akun Instagram yang konsisten bikin postingan tentang Quran journaling adalah @faakihah. Mungkin bisa ditambahin jadi referensi bagi yang ingin cari inspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih informasinya. Nanti saya seperti bakalan buat list akun Quran Journaling inspiration nie ❤️❤️❤️

      Delete
  7. Subhanallah mba, kalo saya biasanya jadiin caption atas karya2 saya. Semoga 2019 saya lebih rajin ngaji, aamiin tfs ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.. semoga kita makin lebih lagi ya ? ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  8. Tapi, bukunya jgn diinjak2, atau taruh sembarang jg, ke wc misalnya, kan ada tulisannya Al Qur'an . Makanya sy skrg suka tulis ayat dan maknanya aja sih. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Insha Allah gak mbak. Jangankan buku, Hape aja gak pernah saya bawa ke WC. Quran Journal saya gak satu buku sama Bullet Journal sih, jadi emang gak pernah saya bawa kemana-mana kecuali di rak buku dan atas meja 🤭🤭🤭🤭 .

      Delete
  9. Wah bowgelnya pake jilbab, syantiiik 😍😍😍 eh kok sy jd salah fokus🙊 tertarik juga deh sama Qur'an jurnalnya, kreatif bgt deh mbak ewa😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah mbak.. hihi.. dari dulu memang sering bikin boleh pake jilbab tapi memang belum pernah saya buat digitalnya. Hahaha..

      Delete
  10. Masya Allah inspiratif sekali kak, jadi mau ikutan coba buat Quran Journal juga. Terimakasih kak ewa :)

    ReplyDelete
  11. mbak, aku terinspirasi dengan Quran Journaling ini, ini emang diaplikasikan ke semacam catatan ya (duh bingung ngomongnya), maksudnya bukan untuk mencatat hafalan gitu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mbak. Sebenarnya ini lebih ke Mereview kehidupan kita dan menggunakan AlQuran sebagai pedoman jalan keluarnya. Meski buat catatan hafalan juga bisa. Sarana apa saja yang berhubungan dengan AlQuran mbak.

      Delete
  12. mantap mba idenya! inspiratif banget. selain bikin rajin nulis, rajin ngaji, rajin mendalami arti. masya Allah.

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏