QURAN JOURNALING CHALLENGE 2021

QURAN JOURNALING CHALLENGE 2021



[ewafebri.com] | QURAN JOURNALING CHALLENGE 2021.


Pernahkah kalian membuat Quran Journaling ? Sebagian BuJoist membuat Quran Journal secara spesifik hanya menuliskan surat-surat AlQuran dan merefleksikannya. Ada juga yang membuat Quran Journal dengan menyertakan peristiwa sekaligus menghubungkannya dengan doa-doa maupun surat-surat yang berhubungan dengan peristiwa tersebut. 


QURAN JOURNALING CHALLENGE 2021 


Kali ini saya akan berbagi prompt yang lebih general tapi masih berhubungan dengan Quran Journaling. Jadi prompt ini sifatnya lebih umum saja, nanti tinggal kalian bisa menambahkan dengan surat atau ayat maupun doa-doa yang berhubungan dengan prompt tersebut. Tak hanya itu, kalian juga bisa mengisinya dengan ilmu ataupun sunah yang kalian pelajari dan berhubungan dengan prompt tersebut. 

TUJUAN QURAN JOURNALING CHALLENGE 






Gak ada alasan lain mengapa saya membuat challenge ini kecuali untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas keimanan kita. Challenge ini gak akan mendapatkan reward apa-apa kecuali kita mampu menantang diri sendiri untuk konsisten sampai akhir. Hihihi.. 

Untuk membuat nyaman semua orang, siapapun yang mengikuti challenge ini boleh memposting di sosial medianya atau tidak sama sekali. Tidak perlu menge-tag saya juga, karena ada sebagian dari kita yang memang tidak suka memberitahukan apa yang sudah kita lakukan pada orang lain. 

Tapi bagi kalian yang bersedia mempostingnya, tidak masalah. Saya hanya berharap, semoga challenge ini bisa memotivasi kita untuk melakukan hal positif. 

PROMPT QURAN  JOURNALING 


Supaya mudah menentukan materi tulisannya, saya akan membuat list tema yang nanti bisa digunakan untuk patokan membuat tulisan ya ? hihihi : 

  1. SETUP RAMADAN GOALS. Hal apa yang ingin kalian capai dalam ramadan tahun ini ? misalnya saja, kalian ingin menghafal 3 surat selama bulan Ramadan, atau menghafal seluruh Quran. Atau bisa juga ingin sholat tepat waktu. Goal ini bertujuan untuk menciptakan habit yang bermanfaat, meskipun nantinya ramadan sudah usai. 
  2. SURAT YANG SERING KALIAN BACA. Surat apa saja yang sering kalian baca selama ini, kecuali Surat Alfatihah ya ? hihi.. karena hampir setiap hari kita pasti membacanya, yekan ?
  3. SURAT APA YANG MENGUBAH HIDUP KALIAN ? pernah gak sih kalian membaca sebuah surat dalam Alquran dan membuat hidup kalian jadi berubah sama sekali. Kira-kira surat apa yang membuat hati kalian bergetar dan mengubah hidup kalian menjadi lebih baik ? 
  4. PERISTIWA/HIDAYAH APA YANG MENGUBAH HIDUP KALIAN ? Ada kalanya manusia itu terdistraksi dengan kehidupan dunia dan lalai kehidupan akhirat. Lantas peristiwa apa yang membuat kalian makin bertaqwa kepada Allah SWT ? 
  5. DOA YANG SERING KALIAN UCAPKAN ? Doa apa yang setiap saat dan setiap waktu selalu kalian minta pada Sang Pencipta ? Apa alasannya ? 
  6. 3 HAL YANG INGIN KALIAN UBAH DALAM HIDUP KALIAN. Salah satu hal yang membuat saya jatuh cinta dalam Islam adalah tentang self-improvementnya. Nah sebelum mengubah dunia, tentu kita butuh mengubah diri sendiri donk ya ? Hal apa yang ingin kalian ubah / perbaiki dalam diri kalian supaya menjadi pribadi yang lebih baik ?
  7. MAKANAN FAVORITE SAAT SAHUR ? Buat sebagian orang, makanan sahur itu tidak bisa menu yang terlalu berat (seperti nasi), akan tetapi ada juga yang wajib makan nasi setiap sahur, nah kalo kalian, makanan favorite sahur apa saja ? hihihi.. | MAKANAN/MINUMAN BUKA PUASA FAVORITE ? Hayoo makanan favorite buka puasa kalian saja ? misalnya saja ada makanan/minuman favorite yang membuat kalian merasa kehilangan apabila tidak ada saat berbuka. hihih..
  8. SIAPAKAH NABI YANG KISAH HIDUPNYA SANGAT MENGINSPIRASI DAN MENGUBAH HIDUP KALIAN ? Ada banyak cerita tentang Nabi yang bisa kita pelajari dan bahkan mungkin relevan dengan kehidupan kita, meskipun tidak sama persis. Dari kisah para Nabi kita bisa belajar menghadapi kehidupan ini seperti yang dilakukan oleh beliau, setidaknya cara para Nabi tersebut bisa kita implementasikan dalam kehidupan kita. Kalian boleh menyebutkan satu atau lebih. Hihi.. Semuanya juga boleh kok, dengan begitu kita bisa mengingat kembali kisah para Nabi yang relevan dengan kehidupan sekarang. 
  9. APA YANG PALING KALIAN RINDUKAN DARI BULAN RAMADAN ? Setiap bulan Ramadan tentu memiliki kisah dan pengalaman yang berbeda-beda setiap tahunnya. Akan tetapi ada juga beberapa hal yang selalu kalian rindukan meskipun setiap tahun kalian lakukan. Apalagi di masa pandemi ini segala sesuatu berubah total. Nah, apa yang membuat kalian merasa kehilangan ? | APA YANG KALIAN LAKUKAN UNTUK MENGATASI RASA KEHILANGAN TERSEBUT ?  kadang kita merasakan jalan buntu saat kita hanya mengingat hal dari sisi negatifnya saja, padahal kita juga punya solusi alternatif saat rasa kehilangan itu ada, hanya saja karena kita tidak secara fokus memikirkannya, solusi itu jadi ikutan hilang entah kemana. Prompt ini merangsang pikiran kita untuk menemukan solusi tersebut. hehehe.. 
  10. DOA YANG MENGUBAH HIDUP KALIAN ? Beberapa doa dikabulkan oleh Allah SWT secara langsung, beberapa doa mengalami delay (tidak langsung dikabulkan), beberapa doa justru digantikan dengan hal yang lebih baik oleh Allah SWT. Nah, Doa apa yang membuat hidup kalian berubah total setelah memanjatkannya ? 
  11. PERISTIWA YANG SEBENARNYA TIDAK KALIAN INGINKAN DI AWAL, TAPI KEMUDIAN KALIAN BERSYUKUR ATAS PERISTIWA TERSEBUT ? Terkadang kita diberikan ujian yang menurut kita sangat berat dan tidak kita inginkan. Bahkan kita merasa sedang dihukum oleh  Allah SWT gara-gara peristiwa tersebut. Padahal sebenarnya, Allah SWT menyelamatkan kalian dari kehancuran yang lebih besar. Adakah peristiwa yang membuat kalian merasa seperti itu ? ceritakan !
  12. USTADZ /USTADZAH FAVORITE. Dalam belajar agama, tentu yang kita butuhkan adalah ilmunya ya ? Tapi terkadang cara seseorang dalam berdakwah juga membuat kita bisa lebih mudah memahami dan menerima ilmu yang disampaikannya. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap semua ulama, guru maupun ustad/ustadzah, adakah salah satu dari mereka yang membuat kalian ingin terus menerus belajar dan ketagihan untuk mendengarkan ceramahnya ? Siapakah tokoh tersebut ? Dan apa yang kalian sukai dari beliau ? 
  13. APA YANG KALIAN LAKUKAN UNTUK MENJAGA KEIMANAN KALIAN ? Tanpa kita sadari perkara dunia ini bisa melunturkan rasa keimanan dalam diri kita, oleh sebab itu penting sekali bagi kita untuk menjaganya dan meningkatkannya. Apa yang kalian lakukan untuk menjaga rasa keimanan kalian supaya tidak luntur ? 
  14. SEBUTKAN 5 SURAT YANG KALIAN HAFAL ! Hihihi.. 
  15. 5 HAL YANG KALIAN SYUKURI DALAM RAMADAN TAHUN INI. Nah meskipun hanya 5 hal, kalo kita tak terbiasa melihat hal dari sisi positif, susah juga loh nemuinnya. hahaha.. Berat Kak ! kadang saya juga bingung, padahal banyak hal kecil yang bisa kita syukuri. 

Itulah 15 Prompt tentang Quran Journaling yang bisa kalian gunakan. Untuk temanya sendiri boleh dibolak balik kok, dan tanggalnya pun bisa kalian sesuaikan sendiri. Tema ini saya buat untuk membantu teman-teman yang masih bingun ingin menuliskan apa dalam Quran Journalingnya. 

Kalian juga bisa membuat prompting lainnya seperti yang akan saya buat nantinya. Prompt yang saya gunakan betdasarkan topik-topik tertentu, misalnya : 

  • FAITH
  • FASTING
  • SIN
  • SABAR
  • NEGATIVE THOUGHT
  • TAWAKKAL
  • HYPOCRISY, dll.

TATA CARA CHALLENGE 




Biasanya setiap challenge memiliki rule yang harus diikuti. Namun kali ini, saya tidak memiliki rule sama sekali. Hahaha.. kalian bisa menggunakan tema di atas sesuai dengan keinginan kalian saja. 

  • Apakah saya harus membuat Blogpost dengan tema yang disebutkan ? Jika kalian seorang blogger dan menggunakan tema tersebut sebagai inspirasi untuk membuat sebuah postingan di Blog, silakan saja. 
  • Apakah saya bisa menjadikannya tema untuk feed sosmed ? Boleh Banget ! kalian bisa memanfaatkan untuk tema caption atau status. Tak masalah. 
  • Apakah saya boleh hanya menuliskannya di buku saja tanpa diposting di mana pun ? Boleh banget ! gak ada kewajiban untuk menjadikannya sebuah konten, jadi silakan saja selama bermanfaat. 
  • Apakah saya bisa merepostnya ? Tentu saja, bisa banget ! silakan. 
  • Apakah saya harus menge-tag di sosial media ? Tidak ! karena sosmed saya udah gak aktif kecuali twitter, hihihi.. 
  • Apakah saya harus memberi kredit ? Tidak ! manfaatkannya saja tema ini, jika itu baik untuk kalian, jika tidak membawa kebaikan, jangan lakukan. 

Pada intinya siapapun bisa mengikuti dan menggunakan challenge ini. Saya berharap, di akhir challenge nanti, bisa memberi perubahan dalam hidup kalian, terutama menuju kebaikan. Amin Allahumaamin. 

KESIMPULAN


Semoga dengan tema Quran Journaling kali ini, kita bisa lebih mengenal diri kita sendiri lebih baik lagi. Kita bisa mengetahui kekurangan diri kita dan memperbaikinya. 

Kita bisa mengulang kembali memori yang mungkin pernah kita lupakan. Dan yang terpenting, kita juga bisa lebih bersyukur dan mendekatkan diri kita pada Illahi Robbi. 

Meskipun keadaan saat ini tidak sama seperti tahun-tahun yang lalu tapi bukan berarti Ramadan sudah tidak seru lagi. Kita tetap bisa mengisinya dengan hal-hal positif yang lainnya. Yang terpenting berkah Ramadan jangan pernah ikutan hilang hanya karena terjadi perubahan. Hidup akan selalu berubah, dan cara kita pun juga harus menyesuaikan (semoga ke arah yang lebih baik). Amin Ya Robbal Alamin !

Happy journaling ! 


Post a Comment

0 Comments