BLOG CHALLENGE IDEAS 2020

blog challenge ideas 2020


[Start Your Day With Ewafebri] BLOG CHALLENGE IDEAS 2020. Setelah kemarin saya menulis review tentang Blog ewafebri, kali ini saya ingin membuat Blogging Goal untuk tahun 2020. Tujuannya, apalagi kalo bukan untuk dilacak progresnya. Hahaha..

Buat teman-teman yang ingin fokus memajukan Blognya, yuk ikutan challenge ini. Ya kali aja kalian jadi bersemangat. Kita bikin Goalnya yang mudah aja. Yang penting dijalankan. Gimana ? 

BLOG CHALLENGE IDEAS 2020


Membuat target baru setiap tahun itu bisa membantu fokus dalam mencapai sesuatu. Hihi... Dan Alhamdulilah setiap hal yang saya tulis, ternyata menjadi kenyatan.

Mungkin tanpa disadari di bawah alam sadar saya, selalu berdoa supaya hal tersebut bisa menjadi nyata ya ? hahaha (cocoklogi cabang apa ini ?).

Daripada berlama-lama, yuk kita bahas, Blog Challenge ideas apa saja yang bisa kita pakai untuk mengembangkan Blog di tahun 2020

1. MENINGKATKAN DAILY PAGEVIEW

blog challenge ideas 2020


Memiliki trafik Blog ini menjadi salah satu fokus yang selalu saya masukkan ke dalam target Blogging setiap tahun.

Alasannya sih, simple sebenarnya. Supaya, jika mencapai target yang ditentukan saya bisa memberikan reward untuk diri sendiri. Hahaha.. Modus !

Enaknya, tahun ini rewardnya apa ya ? 

Perlukah membeli sesuatu ? atau ikutan kelas Blogging berbayar ? hahaha.. Entahlah, rewardnya saya pikirkan nanti saja deh, atau pembaca punya ide untuk reward Blogging yang satu ini ? Kalo punya, tulis di kolom komentar ya ?

Bagi seseorang yang ingin menasbihkan diri menjadi seorang Blogger (Part/Full Time), memiliki pembaca di Blognya itu semacam keharusan. Ya masa kalian menulis aja tapi gak ada yang baca ? Kalo buat Bullet Journalist sih gak masalah, tapi kalo nara blog ? rasanya gimana gitu kalo nulis tapi gak ada yang baca, yekan ?

Entah yang baca kita sendiri, hihihi.. Tapi paling tidak memang harus ada yang baca. Untuk itulah, mengundang pembaca ke Blog kita itu sangat penting sekali. Caranya pun bisa dengan banyak trik.


  • Indexing Post. Harus banget Blog kita di daftarkan ke webmaster, Gaes. Supaya nanti bisa terindex dan muncul di mesin pencarian.
  • Artikel yang berkualitas dan bermanfaat. Bukannya gak boleh posting curhatan di Blog, tapi lebih afdol dikemas dengan cara informatif. Maklum banyak orang mencari informasi di internet itu supaya mendapatkan sebuah jawaban. Jadi buatlah artikel . yang tak hanya berbagi kisah tapi juga bermanfaat. 
  • Memanfaatkan teknik SEO. Mau gak mau yang namanya mendapatkan trafik yang mumpuni harus memaksimalkan Blog kita. Percayalah, tulisan sebagus dan manfaat banget, jika tak bisa diakses oleh orang lain, kebermanfaatannya jadi tertunda. So, jika ingin mendapatkan trafik jangan lupa mempelajari dasarnya.  


Misalnya saja tahun lalu. Daily Pageview saya masih di bawah 1000. Dengan user (Google Analytic) di bawah 100 user. Setelah saya menggunakan tips-tips di atas, Alhamdulilah peningkatannya cukup signifikan. Hampir 100% lebih. Hihihi.. 

Dan para pembaca inilah yang nantinya menjadi sumber trafik Blog kita. Menulislah teman-teman, jangan malas ! hihihi.. 

2. SETUP JUMLAH POSTINGAN SETIAP MINGGU



Buat yang belum terbiasa dengan sistem schedule post tapi ingin meningkatkan trafik, kalian bisa membuat target jumlah postingan setiap minggunya. Kalo dianggap sulit, boleh lah setiap bulannya. 

Tahun 2020 nanti saya gak mau kemaruk dengan membuat setup banyak postingan. Cukup dengan 2 artikel setiap minggu saja. Rencananya saya ingin membuat schedule postingan pada saat hari Rabu dan Minggu. 

Untuk temanya sendiri, bisa macam-macam kayaknya. Yang pasti setiap bulan saya ingin membuat postingan tentang Tips Blogging, Book Review, Journaling, Storytelling dan rekomendasi. Syukur-syukur setiap bulan dapet sponsor post nantinya. Hahaha..


Baca Juga : 



Dulu, saya sempat meragukan efektifitas schedule post. Ngapain sih capek-capek nulis dan pake schedule segala. Tapi ternyata sistem ini tuh sangat membantu banget, terutama jika kita memiliki kebiasaan ide yang sering datang dan pergi sesuka hati.

Mood mungkin menjadi salah satu faktor yang perlu ditangani oleh seorang content creator. Kalo mood menghilang, rasanya mau update apapun jadi males banget. Iya gak ? Tapi kalo pas kita dibanjiri banyak ide, kita bisa menghasilkan banyak tulisan mauoun karya sekaligus.

Nah, schedule post bisa berfungsi sebagai alat untuk mengatur jadwal publish ide yang sudah dihasilkan tersebut. Jadi, pas waktu-waktu tertentu kita gak mendapatkan ide, kita masih punya tulisan yang bisa di-publish.

3. MINIMAL KATA DALAM ARTIKEL




Demi menguji nyali kemampuan menulis, saya ingin mencapai target yang satu ini. Menulis artikel minimal 800 kata. Jika tahun 2019 saya mampu membuat tulisan minimal 500 kata, ya kenapa tahun ini gak naik tingkatannya ? iya kan ? syukur-syukur saya mencapai 1000 kata lebih setiap harinya. hahaha

Meskipun terdengar gak masuk akal, tapi namanya membuat target kan memang harus ditingkatkan dari tahun sebelumnya. Yekan ? Biar jadi ketahuan seberapa meningkatnya kosakata yang saya gunakan dalam membuat postingan. Ya semoga sih, kata-katanya gak itu-itu aja. hahaha..



4. IKUT LOMBA BLOG


Tahun 2019, saya mencoba memulai peluang dengan mengikuti lomba Blog rumahweb. Semoga tahun 2020 nanti ada banyak tema lomba Blog yang bisa saya ikuti.

Dengan mengikuti lomba, saya berharap bisa lebih banyak belajar tentang materinya saat membuat research. Atau paling tidak saya bisa menceritakan tentang pengalaman saya berhubungan dengan tema Blog yang ada. Semoga !

Mimpi terbesar lainnya adalah saya ingin memiliki Laptop pribadi untuk memaksimalkan menulis Blog. Semoga tahun ini saya dapat rezeki untuk mewujudkannya. Entah itu berupa hadiah lomba atau saya mampu membelinya sendiri. Doakan ya ! hihihi..





5. GAJIAN ADSENSE


Nah mimpi besar lainnya adalah semoga 2020 menjadi tahun gajian Adsense pertama saya. Kalo dilihat dari pertumbuhan metrik rasanya sih tidak mungkin. Tapi kan di dunia ini apa saja bisa jadi mungkin, yekan ? Apalagi kalo tahun ini menjadi rezekiku. Hahahaha...

Beberapa hal yang berhubungan dengan Adsense juga ingin saya pelajari. Di antaranya membuat Goal Adsense. Jujur, saya belum begitu memahami tentang fitur Goal pada Adsense.

Mengingat pendapatan Adsense di Indonesia sudah diberikan batas revenuenya. Mungkin Goal kurang banyak dibahas. Semoga tahun ini saya bisa mempelajari perihal ini.

BACA JUGA : 



Salah satu perubahan yang ingin saya lakukan demi User Experienced adalah me-redesign template Blog supaya fast Loading. Masalahnya kalo utak-atik template nie, bakalan memakan waktu yang sangat lama. Yekan ?

Tapi tahun 2020 saya upayakan, performa Blog ewafebri makin tambah Ok !

Selain itu, saya juga ingin belajar sedikit demi sedikit tentang kode html. Siapa tahu saya bisa mendesign template Blog dan menjualnya. Yekan ? hahaha.. Pokoknya belajar tanpa hentilah judulnya.

KESIMPULAN


Itulah 6 target Blog sekaligus challenge yang ingin saya capai di tahun ini. Kalopun tidak sema bisa terlaksana. Minimal separuhnya bakalan jadi kenyataan kan ?

Jika teman-teman ingin memiliki suatu patokan yang kita jadikan tolak ukur mengembangkan Blog, gak ada salahnya loh membuat resolusi Blogging.

Percayalah, kalian bisa mencapai target di akhir tahun nanti. Masa iya, belum membuat listnya aja udah pesimis sama resolusi. Ini mah kayak saya jaman dulu. Yang menganggap remeh Resolusi/target tahunan. Padahal menuliskannya bisa membantu kita fokus mewujudkan impian tersebut lho.

Gak percaya ? Coba aja !


HAPPY BLOGGING !