10 KESALAHAN BLOGGING YANG SERING DILAKUKAN OLEH BLOGGER PEMULA

by - June 26, 2019

10 kesalahan blogger pemula yang sering dilakukan


[Start Your Day With Ewafebri] 10 kesalahan Blogging pada pemula ini merupakan pengalaman yang dulu pernah saya jalani. Kenapa Blog saya kok gak ada pembacanya ? Kenapa Blog saya kok gitu-gitu aja. Nah berikut ini saya akan bahas tentang 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh Blogger pemula seperti saya. 

10 KESALAHAN BLOGGING YANG SERING DILAKUKAN OLEH  BLOGGER PEMULA


Awal blogging dulu, saya membutuhkan beberapa tahun hanya untuk mendapatkan traffik Blog yang tak seberapa. Baru sekarang saya sadar ada beberapa hal yang kurang saya perhatikan tentang bagaimana memajukan Blog.

Buat teman-teman yang membuat Blog  untuk pertama kalinya, mungkin beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan.


TIDAK PUNYA MENU NAVIGASI


Memiliki jutaan pembaca mungkin menjadi impian setiap Blogger. Apalah artinya kita menulis di Blog kalo gak ada yang baca sama sekali, yekan ?

Meski Blog menjadi sarana terapi menulis atau media curhat, tapi tanpa disadari kita melakukannya karena ingin mendapatkan feedback. Entah itu berupa solusi atau opini pribadi, maupun sekadar dibaca aja.

Masalahnya, sering kita melupakan salah satu faktor yang sebenarnya berperan penting pada Blog kita, yaitu menu navigasi.

Misalnya saja jika pembaca yang datang ke Blog kita melalu link referral/link sosial media, tentu mereka akan secepatnya meninggalkan Blog kita jika tak menemukan menu navigasi yang jelas.

Ibaratnya, setelah baca link yang kita berikan langsung pergi lagi, tanpa mencoba membaca artikel lain yang kita sajikan. Pengaruhnya cukup lumayan pada Blog kita.

Hal ini bisa mengakibatkan Bounce Rate yang tinggi, dan Google menganggap Blog kita kurang disenangi oleh pembaca sehingga tidak diprioritaskan.

Itulah kenapa kita harus membuat menu navigasi, supaya pembaca Blog tahu tentang apa saja sih isinya.


TIDAK MEMILIKI ABOUT PAGE


kesalahan blogger pemula


Kamu berencana memonetasi Blogmu dan menghasilkan penghasilan tambahan, tapi kamu gak punya widget tentang About Page ? Wah itu sih salah besar Gaes ! hihihi..

Dulu saya juga berpikir begitu. Apa sih pentingnya About Page, cuma kata-kata penjelasan tentang diri sendiri doank. Tapi kemudian pikiran itu saya hilangkan.

Kenapa About Page penting untuk Blog kita ?


Bayangkan kita sedang berusaha keras memajukan Blog supaya bisa menghasilkan, tapi kemudian kita kehilangan kesempatan, hanya gara-gara klien sulit mengetahui latar belakang dan kontak informasi untuk menghubungi kita. Sayang banget kan ?.

Oleh karena itu, buat yang ingin memonetasi Blognya jangan lupa untuk membuat About Page ya ?

TIDAK MEMAKSIMALKAN META DESKRIPSI BLOG


Pernah iseng browsing di Google tentang nama Blog kamu sendiri ? Di bawah nama Urlnya, informasi apa yang kalian dapatkan ? 

Jika kalian tidak menemukan informasi apa, itu artinya harus diperbaiki. Supaya calon pembaca saat browsing di mesin pencari bisa mengetahui Blog kita itu sebenarnya mengulas tentang apa saja sih.

Bagian bawah url itulah yang sering disebut dengan meta deskripsi.

Kalian bisa menambahkan tipe Blog yang kalian miliki, Misalnya Lifestyle Blogger, Book Blogger, Beauty Blogger, dll. 

Fungsinya ? tentu saja untuk menarik minat calon pembaca Blog kita hehehe..

By the way, meskipun banner Blog kalian sudah ada penjelasannya dalam bentuk gambar, meta deskripsinya tetap harus diisi ya ? Karena secanggih-canggihnya Google, dia tetap membutuhkan teks untuk mengenali atau mengetahui informasinya. Hihihi..

TIDAK PEDULI DENGAN SEO


Mau dapet trafik banyak, tapi gak peduli soal SEO ? waduh... ! harus diubah tuh !

Hmm.. entah berapa kali saya menyinggung tentang SEO di setiap tips Blogging yang saya buat. Hihi.. Tapi memang sangat berpengaruh banget sama Blog kita Gaes. Makanya saya selalu mengingatkannya.

Tak perlu mempelajari yang ribet, coba dulu dengan menerapkan keywordnya pada judul dan permalink kita. Ngebenerin broken link, atau sekedar memanfaatkan cara penulisan heading. Meski terlihat sederhana, tapi pengaruhnya luar biasa.

TIDAK BELAJAR PENULISAN YANG TEPAT


Jadi awal ngeblog dulu, saya gak peduli dengan cara penulisan yang tepat.

Misalnya tentang besar dan kecilnya huruf yang digunakan. Tanda baca titik dan koma yang diperlukan. Ataupun tentang panjang pendeknya paragraf yang direkomendasikan.

Penempatan awalan dan kata depan juga menjadi hal yang penting dalam penulisan. Meski belum seutuhnya sempurna, tapi saya berusaha memperbaiki tata caranya.

Beberapa waktu lalu saya juga pernah membahas tentang pentingnya gaya bahasa penulisan Blog. Terutama jika kita ingin menjadikan Blog kita ini menjadi prioritas di mesin pencarian.

TIDAK MENGGUNAKAN IMAGE YANG MEMADAI



Credit : tenor.com

Imagenya kurang nendang, atau terlalu banyak sehingga malah gak ada artikelnya. Ngomongin soal gambar atau image, sebenarnya hal yang gampang tapi juga butuh perhatian.

Oleh karena itu, saya pernah membahas tentang 10 tips mengoptimalkan gambar dan foto pada Blog.

Ingat ! meski gambar mampu berbicara kepada pembaca, tapi sayangnya gambar tak dipahami oleh robot index.

So, jangan lupa untuk selalu memberikan caption ataupun ALT Text pada setiap gambar yang kita muat di halaman Blog kita.

TIDAK MEMANFAATKAN PERMALINK YANG BAIK


Permalink yang baik adalah yang meliputi keyword dan juga mudah, jangan terlalu panjang. Singkat, padat dan jelas. Tapi jangan lupa tetep harus masuk akal dan sesuai dengan isi artikelnya ya ? Hahaha..

Tentang penjelasan permalink. saya juga sudah pernah membahasnya. Terutama bahasan solusi bagaimana memperbaiki permalink yang kurang bagus. hehehe..

Buat teman-teman yang permalinknya kurang afdol, mungkin bisa diperbaiki mulai sekarang. Hihihi..

TIDAK MELAKUKAN RESEARCH


Credit : tenor.com


Zaman dahulu, saat awal saya membuat postingan Blog, saya menulis semua kata yang saat itu berseliweran di kepala. Jangankan memikirkan manfaatnya, bahkan mikir gimana cara nulis yang benar aja gak pernah. hihihi..

Itu juga yang kemudian membuat saya lebih rajin untuk mengupdate tulisan terdahulu.

Beberapa artikel, meski terlihat receh, saya tetap berusaha menyajikan hal yang bermanfaat. Materinya tentu saja saya dapatkan dengan cara research terlebih dahulu.

Research materi membantu saya untuk melengkapi informasi pada postingan Blog. Dengan begitu tulisan kita tidak hanya tentang curhatan saja, tapi ada nilai tambah yang kita suguhkan pada pembaca sehingga menjadi hal yang bermanfaat.

Salah satu contohnya adalah artikel ini. Sebenarnya tulisan ini adalah curhat colongan yang saya alami saat pertama kali membuat Blog. 🤭🤭🤭🤭

Kenapa saya bahas di sini ?


Supaya teman-teman belajar dari pengalaman yang pernah saya jalani dan tidak mengikutinya.

Paling tidak, jika saat ini kalian memiliki pengalaman yang sama seperti yang saya lakukan dahulu, segeralah memperbaikinya. ( Siapa saya nyuruh-nyuruh ?!? hahaha.. ) *wadezig 👊*

TIDAK KONSISTEN


how to blog by ewafebri


Wah ini.. ! ini yang kadang juga masih menjadi momok tersendiri. hihihi.. Ngomongin soal konsistensi, saya baru merasakan perbedaannya sekarang.

Dulu kala, saya tidak memiliki ritme menulis yang baik. Bayangkan dalam sebulan kadang ada puluhan artikel yang saya publish (meski isinya gak jelas hahaha.. ), tapi ada juga dalam sebulan tak satupun artikel yang saya buat.

Kalo kalian ingin memiliki Blog yang ramai pengunjung, saya sarankan untuk menghindari hal yang seperti ini. Selain tak baik untuk pengaruh SEO-nya, perilaku ini juga bisa membuat pengunjung kamu menjadi kecewa.

Dia berharap pas berkunjung dapet informasi baru, eh ternyata artikelnya masih yang itu-itu lagi. Hihihi... Besok-besok, dia males mau balik lagi , yekan ?

Tapi gimana caranya kalo dalam Bulan tertentu saya punya banyak ide, tapi di Bulan yang lain gak punya ide sama sekali.

Beberapa solusi yang pernah saya gunakan adalah dengan memanfaatkan Bullet Journal untuk Blogging, dan juga membuat schedule post.

Karena dulu saya pernah memiliki masalah seperti ini, akhirnya saya memutuskan untuk mempublish minimal 1 artikel setiap minggunya. Syukur-syukur kalo bisa lebih. Hahaha..

TIDAK SABARAN 



Credit : tenor.com


Pingin memonetasi Blog tapi gak sabaran ? Belum apa-apa udah nyerah duluan ? Wah itu sih saya jaman dulu. Hahaha.. Ternyata untuk mendapatkan hasil yang sepadan, kita memang harus berusaha yang sepadan pula.

Melihat Blogger terdahulu yang sudah beken dan dapet penghasilan, saya jadi semangat untuk terus memperbaiki kualitas Blog ini.

Pendapatan dan menyebarkan informasi yang bermanfaat menjadi motivasi tersendiri buat saya saat ini.

Makanya butuh kesabaran untuk membangun dan bisa membuat Blog ini dikenal oleh orang lain. Meski belum banyak mendatangkan pendapatan berupa uang tapi setidaknya bisa bermanfaat untuk orang lain. Hehehe...

Ngomong-ngomong, apakah kalian juga melakukan hal yang sama ? Hihihi..

Bagi yang berencana untuk mengembangkan Blognya menjadi sumber pendapatan, sarankan untuk memperbaiki kesalahan seperti yang pernah saya lakukan. Terutama tentang About Pagenya.

Sayang loh kesempatan mendapatkan tawaran pekerjaan lenyap gara-gara susah menghubungi kita.

Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Dan semoga Blognya makin tambah kece dan juga rame.


HAPPY BLOGGING !


You May Also Like

0 comments