BUKU TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT YANG HARUS KAMU BACA !

by - November 29, 2018

Ewafebri Book review


COMPETE WITH MY SELF menjadi awal saya benar-benar berusaha merubah hidup saya. Dan saya akui, merubah cara pandang dan cara pikir menjadi positif itu tak semudah menyusun kalimat ajakan dalam postingan Blog yang kerap saya lakukan. Perlu usaha dan komitmen untuk merubah diri kita sendiri menjadi The Best Version Of Me

Membaca artikel atau buku, mempratekkan ilmu yang kita tahu bahkan menempa diri dengan melakukan banyak challenge, sering saya lakukan demi mengubah diri saya  sendiri menjadi yang terbaik.


BUKU TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT


Jika kalian ingin melakukan perubahan tapi bingung bagaimana cara memulainya, Beberapa contoh buku berikut ini bisa menjadi panduan awal untuk merubah diri dan mengembangkan potensi yang kita miliki. Diantaranya adalah :

THE BULLET JOURNAL METHOD



⭐⭐⭐⭐

The Bullet Journal Method adalah buku karya Ryder Caroll yang di dalamnya membahas tentang sistem perencanaan berbasis Analog. Tak hanya itu, Ryder juga membahas tentang Mindful Living atau bagaimana menjalani hidup yang bermakna dan bertanggung jawab setiap harinya, sehingga kita tidak hanya cukup merasa " hidup " saja.



THE POWER OF HABIT



⭐⭐⭐⭐⭐

Buku Karya Charles Duhigg ini mampu merubah pikiran saya tentang bagaimana saya menciptakan Habit atau kebiasaan. Dalam bukunya ini Charless juga memberikan gambaran pentingnya Habits dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagaiman kita bisa menciptakan habits ? Dan bagaimana cara membuat Habits ini berhasil kita laksanakan.


GETTING THINGS DONE





⭐⭐⭐⭐⭐

Bagi pencinta Bullet Journal dan Produktifitas, Buku karya David Allen ini sudah tidak asing lagi. Dalam Getting Things Done yang sering disebut dengan GTD. David membagikan cara bagaiamana kita berproduktifitas dengan smart dan efisien disaat bersamaan. Juga tentang bagaimana membuat fokus terhadap pekerjaan yang sedang kita kerjakan.

 Gtd


THE HAPPINESS PROJECT



⭐⭐⭐⭐

Buku Karya Gretchen Rubin ini memberikan kita step by step untuk memenuhi hidup yang lebih bahagia. Buku ini paling cocok kita baca di Awal tahun, sekaligus kita bisa mempratekkan tips yang diberikan oleh Gretchen setiap bulannya.

Baca Juga : PAPERTOWNS | JOHN GREEN 

THINK SMALL : THE SURPRISINGLY SIMPLE WAY TO REACH THE GOAL




⭐⭐⭐⭐

Buku ini adalah ciptaan dari Owain Service. Dalam Think Small, Owain memberikan tips tentang bagaimana  cara kita mensetup Goal sehingga bisa mencapai target yang kita inginkan.

Ada 3 aturan cara mensetup Goal menurut Owain :



  • Pilihlah Target (Goal) dengan benar. Pertimbangkan untuk bisa membuat semua pihak merasa bahagia atas goal tersebut.
  • Fokus hanya pada satu Goal dari banyak pilihan yang kamu miliki. Selesaikan satu persatu, dahulukan yang terpenting 
  • Buat Goalmu menjadi beberapa step goal kecil, misalnya ingin mensukseskan 30 Days Blog Challenge, kalian bisa mengunakan beberapa sub goal sebagai berikut : fokus membuat Goal untuk 1 minggu kedepan lebih dulu. Buat planning diawal minggu. Buat draft Blog minimal 1 postingan setiap hari (bisa hanya judul saja atau kerangka pikiran). Edit 1 postingan dan buat 1 Schedule untuk postingan esok hari. Jadi kalian sudah bisa mempersiapkan 3 postingan setiap hari. Meski belum semua final. 1 kerangka pikiran , 2 edit postingan yang kemarin, 3 buat schedule untuk besok. Dst. 

Masih banyak tips yang diberikan oleh Owain tentang meraih Goal. Termasuk tips membuat rencana yang sederhana.


Buku tersebut pernah saya baca beberapa waktu lalu. Dan sebagian pemahamannya saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya buku-buku tersebut belum ada yang menggunakan Bahasa Indonesia. Huhuhu.. (eh atau udah ada terjemahannya ya ? ). Entahlah.. Mohon maaf, soal itu saya belum bisa menginformasikannya. Hihihi..

Credit Picture : Amazone and Ewafebri





You May Also Like

34 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..