CARA MEMBUAT IN ARTICLE ADS ADSENSE

cara membuat in article ads adsense


[Start Your Day With Ewafebri] CARA MEMBUAT IN-ARTICLE ADS ADSENSE. Ingin meningkatkan pendapatan Adsense kamu ? Salah satu caranya bisa dengan memanfaatkan In-article Ads. Unit iklan yang diberikan oleh Adsense untuk memaksimalkan user experinced Blog kamu. Apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan ? Dan bagaimana cara menempatkannya ? Baca sampai habis ya

CARA MEMBUAT IN-ARTICLE ADS ADSENSE


Ternyata menjadi publisher Adsense tak cuma berhenti pada tahap di-approved saja. Banyak hal yang bisa kita pelajari dan manfaatkan. Tujuannya, tentu saja untuk meningkatkan pendapatan. Hihihi.. 

Setelah kemarin saya membahas tentang cara memasang Matched Content, kali ini saya ingin berbagi informasi tentang In-Article Ads. Salah satu pilihan unit iklan yang disediakan oleh Adsense. 

APA SIH IN-ARTICLE ADS ? 


tips membuat in article ads
(Klik image untuk hasil yang jelas)


In article ads adalah unit iklan yang terletak di dalam konten tulisan kita. 

Pernahkah kalian membaca sebuah postingan, kemudian menemukan iklan di tengah-tengah artikel ? 

Contohnya seperti postingan ini, di mana kalian bisa mendapati 1 atau 2 iklan yang ada di dalamnya. 

MENGAPA MENGGUNAKAN UNIT IKLAN INI ? 


Setelah beberapa kali saya mempelajari cara membaca laporan Adsense di dashboard, saya mulai sadar bahwa unit iklannya kurang maksimal. Meski Matched Content menjadi unit iklan dengan impression paling tinggi, tapi jenis iklan ini belum mampu meningkatkan pendapatan revenue-nya.

Tak cuma mengandalkan unit iklan matched content, untuk meningkatkan revenue saya juga menggunakan auto ads. Yang menjadi masalah nie, kadang penempatan auto ads nie, sering semau dia gitu kan ? Namanya juga auto 🤭, suka-suka dia mau muncul di mana.

MANFAAT IN ARTICLE


Karena pendapatan adsense, yang segitu-gitu aja, akhirnya saya mencoba membuat jenis unit iklan baru. Kali ini saya membuat in article dengan berbagai pertimbangan dan alasan. Dan berikut ini manfaat unit iklan in article yang harus kalian ketahui. 

1. MENINGKATKAN PENDAPATAN


Yes.. unit iklan dalam artikel itu ternyata mampu meningkatkan pendapatan harian adsense saya. Ya mungkin karena lebih memiliki potensi untuk diklik dibandingkan penempatan yang lainnya.

Meski begitu, laporan yang saya terima, impression tertinggi malah pada matched contentnya. Sungguh hal yang sulit diprediksi. 

2. USER FRIENDLY


Kalian suka sebel gak sih, kalo pas buka Blog mendadak ada iklan pop up. Jujur kadang saya merasa terganggu karena harus menutupnya lebih dahulu untuk sekedar membaca Blog.

Oleh karena itu, saya memilih jenis iklan dalam artikel sebagai tool utama adsense saya. Alasannya sih simpel banget, supaya orang pas baca gak dikasih PR tambahan buat menutup iklannya dulu. Hihihi.. Contohnya kayak unit iklan di bawah ini. 





3. BERFUNGSI SEBAGAI JEDA TULISAN


Saya gak tahu alasan orang lain menggunakan in article ya ? Tapi bagi saya, jenis unit iklan model seperti ini bisa berfungsi sebagai jeda tulisan. Diharapkan iklan ini nantinya tidak membuat pembaca bosan dengan bahasan artikel yang panjang. 

4. PENGGANTI IMAGE/GAMBAR PADA POSTINGAN


Yang ini masih berhubungan dengan poin di atas Gaez. Saya sengaja memanfaatkan iklan untuk mengganti image dalam artikel.

Jujur nie ya ? Kadang saya juga merasa capek kalo harus mengedit foto-foto pendukung tulisan. Belum lagi hunting fotonya, hadeeh bikin capek aja, yekan ?

That's why, saya menempatkan iklan dalam artikel. Hitung-hitung, bisa sebagai alat jeda tulisan, mempercantik postingan, informasi tambahan (ya siapa tahu, kalian lagi butuh produk tertentu, eh pas kebetulan iklannya tayang di Blogku, jadi terinspirasi kan ?).


5. LEBIH BERPOTENSI DI KLIK


Nah, di antara alasan yang sudah saya sebutkan di atas, tujuan yang terakhir ini yang paling mengena di hati. Kok bisa ? Gimana maksudnya ? hihihi..

Dibandingkan letak iklan di area widget samping, maupun di footer, in articles justru lebih berpotensi diklik oleh pembaca. Apalagi jika iklan yang sedang tayang sangat relevan dengan isi postingan. Hal ini bisa meningkatkan pendapatan secara signifikan.

Bukan bermaksud jebakan batman sih ya ? tapi menurut saya in-article lebih manusiawi dibandingkan yang model Pop Up. Kadang suka syebel kalo harus klik berkali-kali, apalagi iklannya numpuk gitu kan ? jadi gak asik banget.


BACA JUGA : 





CARA MENEMPATKAN IN ARTICLE



cara membuat unit iklan in article adsense


Setelah kita mengetahui manfaatnya, sekarang saatnya kita bahas bagaimana cara menempatkannya. Secara garis besar, caranya sama saja kayak kita menaruh unit iklan lainnya. Yang membedakan, kita tak perlu menambahkan widget baru.

Step by step cara membuat in article di Blogspot :


  • Sign in ke akun Adsense kamu.
  • Pilih Ads >> Overview >> By Ad Unit 
  • Create New Unit Ads
  • Pilih In-Article Ads
  • Masukkan nama Adsnya. Soal nama ini terserah kalian. Contohnya saya menggunakan nama Dalam Artikel. Nama ini akan memudahkan kita membaca laporan di kemudian hari. Sehingga kita bisa tahu, iklan mana yang maksimal meningkat pendapatan.
  • Pilihlah option seperti font, Warna background dll.
  • Save And Get Code
  • Pasang kode yang kalian dapatkan, pada artikel yang  diinginkan. Tapi cara memasangnya bukan pada bagian Compose ya ? , melainkan pada bagian html-nya. 
  • Cara meletakkannya sih terserah, bisa di bagian awal, tengah maupun bawah artikel. Saya sih memilihnya di tengah artikel saja. Hehehe.. Karena bisa saya manfaatkan sebagai alat jeda tulisan.
  • Sebenarnya jumlah iklan yang ingin dipasang pun juga terserah kalian. Tapi bagi saya 1-2 iklan cukuplah. Kalo tulisannya antara 300 - 500 kata, biasanya saya hanya menempatkan 1 iklan saja. Lebih dari itu, saya bisa meletakkan 2 iklan. 


Alasan kenapa saya tidak banyak menempatkan iklan dalam artikel karena user experienced. Lagipula banyak unit iklan lain yang tayang di Blog ini. Seperti pada bagian banner, matched content, bahkan widget sidebar. Terlebih saya menggunakan settingan auto ads.

Setelah kalian membuat unit iklan tersebut, otomatis unit iklan tersebut akan tersimpan. Nah, kalian bisa menggunakan kode html iklannya berulang kali. Artinya, kita tak perlu membuat unit iklan artikel baru untuk postingan yang berbeda. Satu kode html, bisa dipasang ke tulisan yang berbeda-beda. 

KESIMPULAN


Pemilihan jenis iklan ini memasng saya sesuaikan dengan pengalaman pribadi. Sejujurnya saya memang sering banget gemes sama iklan pop up yang muncul setiap kali membuka link tulisan baru. Oleh sebab itu, saya ingin pembaca Blog ini tetap nyaman mengakses setiap postingan tanpa gangguan kemunculan iklan yang masif.

Itulah pengertian dan manfaat unit iklan in-articles. Wah sayang sekali, telat banget saya tahu tentang hal ini. Coba saya tahu hal ini dari beberapa waktu yang lalu, mungkin sudah lumayan pendapatan adsense saya sekarang. Hahaha..

Tapi itulah yang namanya proses belajar. Kalo kalian gak ingin ketinggalan belajar bareng saya, jangan lupa subscribe di ewafebri.com. Caranya gampang banget, cukup daftar dengan mengklik tombol berikut ini. Setiap akhir bulan kalian akan mendapatkan Highlight Blogpost Newsletter. Dan juga akan ada tips-tips blogging untuk kalian.



Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bareng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !