BPN #1 | 10 ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMBUAT BLOG !

by - November 20, 2018



Blogger Perempuan Network lagi ngadain 30 Days Challenge buat ngeblog nie Gaes.. Seru loh ! Yuk ikutan.. Hehe..  Mumpung masih hari pertama. Kegiatan ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri buat kita untuk bisa menambah karya tulisan nie. Tapi ngomong-ngomong 30 Days Blog Challenge itu apa sih kak.. ?



30 Days Blog Challenge itu adalah kegiatan ngeblog (postingan Blog) yang kita lakukan dalam kurun waktu 30 Hari (periode 20 November - 20 Desember 2018) dengan tema berbeda-beda. Ada promp list khusus yang sudah dibuatkan oleh BPNetwork sebagai panduan tema yang harus kita lakukan. Tema dan caranya sih mudah , yang sulit jaga komitmen ngeblog 30 hari berturut-turut. Hahhaa.... Beugh ! Perjuangan ini Gaes.. Kayak gini nie Promptnya :


Credit : Blogger Perempuan. 

*****

10 ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMBUAT BLOG !


2 Tahun terakhir ini Dunia Blog mulai ramai kembali ya.. Hehhe.. Berasa nostalgia seperti jaman kereta listrik bisa naik tanpa tiket tuh. Hahaha... Yes.. Awal saya ngeblog adalah saat saya menjadi penumpang tetap KRL Jakarta - Bogor.

SEJARAH NGEBLOG 


Jaman itu, masih ada warnet di sekitaran Stasiun Pasar Minggu. Setiap kali menunggu kereta yang lebih manusiawi, saya mampir ke Warnet dulu untuk buka-buka Blog, membuat postingan atau sekadar merubah layout template. Saat itu perjam Rp 2.000-4.000 (saya lupa pastinya). Hihi.. lumayan nunggu 1 jam di warnet, sambil nunggu krl sedikit lengang.

Pertama kali membuat postingan Blog, saya menggunakan Hape Sony Ericson (Lupa Tipenya), karena di dalamnya sudah ada fitur untuk Blogger. Jadi tinggal Cekrek , Tambahin tulisan panjang.. trus posting !. Jangan berharap tampilan Blog saya serapi sekarang ini. Haha.. Justru malah gak pernah mikirin template, apalagi SEO karena harus ke warnet dulu kalo mau merubahnya.

Ngeblog di warnet stasiun Pasar Minggu


Jadi, awal mula saya mengenal Blog itu belum paham tentang manfaatnya, apalagi aturannya. Yang penting Cekrek, tambahin tulisan, trus posting !. Dulu sempet bermimpi pingin punya tampilan Blog seperti milik Benakribo, Shitlicious ataupun Yulianzone. Apalah daya, mimpi hanya mimpi.

ALASAN KENAPA SAYA MENULIS BLOG ?


Kalo gak salah di Postingan tentang Buka Inspirasi Dengan Blogging saya pernah menceritakan, apa sih peranan Blog buat saya ? Dan di Postingan tentang Blogging As Therapy  saya juga pernah mengungkapkan alasan saya membuat Blog.



Ada banyak alasan kenapa saya [tetap] suka menulis Blog, diantaranya : 


  • Menulis Blog merupakan salah satu bentuk terapi buat menjaga kesehatan mental. Mengungkapkan perasaan lewat tulisan membuat kita menjadi lebih rileks dan lebih lega. Hihihi.. 
  • Menulis Blog menjadikan saya belajar dan belajar lagi. Belajar tentang materi konten yang saya buat, belajar tentang cara menulis supaya mudah dipahami pembaca, belajar untuk mengendalikan ego dan menulis tulisan, belajar banyak hal dari Blogwalking, belajar berkomunikasi melalui tulisan, belajar marketing supaya Blog bisa dikenal. 
  • Menulis Blog membuat saya melek teknologi. Yang ini memang tidak perlu diragukan lagi. Blog adalah media informasi dan komunikasi berbasis digital. Menulis Blog gak cuma menulis biasa layaknya saya menulis Bullet Journal. Tapi menulis Blog juga harus memahami mekanismenya. Tentang optimasi konten, tampilan widget, tampilan template, Dashboard , metode penulisan dsb. 
  • Menulis Blog membuat saya bisa memahami cara pikir saya sendiri. Sama halnya dengan Journaling, menulis Blog membuat saya mengerti bagaimana otak saya mengolah informasi, dan kemudian menyampaikannya. Manfaat ini tentu gak akan dirasakan oleh orang yang suka Copas ya.. ? Hahhaa.. Karena tulisannya bukan cerminan dari pikirannya. 
  • Menulis Blog membuat saya menyadari potensi yang saya miliki. Jujur sebenarnya ini rada sedikit Narsis.. hahha.. Tapi makin sering menulis, saya makin percaya diri dengan potensi yang saya miliki. Tentang wawasan, skill (illustrasi), bahasa dan juga teknologi tadi. Kadang diam-diam saya merasa bangga sama diri sendiri karena mampu mencapai sesuatu yang sebelumnya hanya dalam mimpi. 


  • Menulis Blog merangsang kepekaan saya terhadap kalimat. Dalam menulis draft Blog, saya sering melakukan edit berkali-kali, karena saya merasa tulisannya kurang enak dibaca atau dipahami. Yang seperti ini dulu gak pernah terjadi. Hihihi.. 
  • Menulis Blog membuat saya berani bermimpi lebih tinggi. Ingin bikin buku sendiri, ingin membuka lapangan kerja sendiri, ingin berpenghasilan lebih dari Blog ini. Dll.. hahaha..
  • Menulis Blog membuat saya lebih percaya diri. Hal yang paling ingin saya perbaiki adalah rendah diri. Perasaan ini yang kadang membuat saya ragu dan skeptis. " Ah gak mungkin kamu mampu melakukan A, B, C... Dst ", dan berakibat saya ragu-ragu melangkah. Tapi lain halnya ketika saya sudah mulai menulis di Blog ini. Ada rasa percaya diri bahwa saya mampu dan berani melakukan sesuatu , dalam hati " ntar kalo misalnya gagal, gak apa-apa.. Bisa buat konten di Blog bertajuk Pengalaman bla..bla..bla.. ". Hahhaa.. 
  • Menulis Blog membuat saya produktif. Lelah tapi bikin puas. Kira-kira itu yang saya rasakan setiap kali membuat tulisan. Lelah karena saya harus mencari ide, melakukan research, membuat draft, mengedit teks, menambah gambar kemudian mempostingnya dan berulang. Gimana gak lelah coba, apalagi kalo ngelakuinnya sepulang kerja. Biyuuuh.. haha.. Tapi puas rasanya, kalo tulisan itu kemudian dibaca orang lain. Hihihi.. 
  • Menulis Blog menjadikan saya makin eksis. Hahaha.. Emang pingin eksis sih.. Tapi minus Selfie. Haha.. Saya jarang memposting foto diri sendiri (karena jelek kali Vva, makanya gak mau selfi ?!? . Iya juga sih, tapi saya mensyukurinya.) Hahahaa.. Eksis di sini lebih pada ide-ide yang saya miliki. Bukan bentuk fisik yang saya miliki. Hihihi.. Zonk ya Gaes... !

Dari 10 list tentang alasan saya Ngeblog, bisa juga kalian gunakan sebagai semangat buat ngeblog. Siapa tahu kita sama-sama bisa mencapai apa yang kita mimpikan. Hihi...

Untuk Tips Blogging kalian juga bisa membaca tulisan saya yang ini : 



Tetapi perlu diingat, bahwa setiap orang tentu memiliki alasan berbeda tentang Kenapa mereka menulis Blog.  Jadi satu sama lain pasti beda sudut pandangnya. Dan Buat kalian yang berencana membuat Blog, tapi masih ragu-ragu, semoga 10 alasan di atas bisa makin mengibarkan semangat di dada kalian untuk membuat Blog, minimal menulis di Journal dulu gak masalah kok.. iya kan ? haha..






HAPPY BLOGGING ! 

You May Also Like

32 comments

  1. Whoaaaaa.... udah tayang ajaaa...
    Boleh komen pertamax gak nih? hahahah.

    Keren dirimu mba, bikin semangat saya jadi on juga :D

    kalau saya membuat blog alasan terbesarnya mungkin biar bisa curhat terselubung hahaha.
    Secara saya introvert, kurang nyaman curhat ke sembarang orang secara langsung, lebih suka curhat melalui tulisan lalu tersenyum melihat tanggapan orang-orang.

    Apapun alasannya, semoga blog membuat kita jadi semakin baik ya mbaaa...
    Semangaaatttt :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbaaaak.. hihi.. thank you for the first comment. Haha.. sengaja nie, schedulenya saya bikin posting jam 12.00 am. Hahhaa... Tepat waktu banget kan.. ? Hihi.. (saking semangatnya). Dan udah setor juga jam segini, eh ternyata saya yang ke 14. Ternyata udah banyak yg ngantri. Hahhaa... Semangaaat mbak Reyne ! Jangan lupa di submit juga.

      Delete
  2. Yahhh saya jg krn terbiasa buat jurnal makanya butuh apreisiasi orang jadilah saya ngeblog hehe,, keren doodling nya mba,, ajarin lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk sini... Pripaaat.. 🤭🤭🤭🤭🤭 hahhaa..

      Delete
  3. Aduuh...ini tulisan drama banget. Dari awal saya udah ngakak pas baca awal nulis blog di KRL 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa.... Zaman KRL belum semanusiawi sekarang mbak.. hihi.. banyak yang naik-naik di atas gerbong.
      Kalo mau pulang ke Bogor nunggu dulu berjam-jam biar gak sesak.

      Isinya perlu di dramatisir.. hahha... Karena pointnya cuma gitu2 aja.. 🤦🤦🤦🤦

      Delete
  4. kalo saya malah pertama kali ngeblog jaman dulu banget, yg dipikirim malah templatenya. isinya embuh banget. pokoknya sibuk bener lah sama template yang harus ketjeh. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa... Tapi template kece emang bikin orang betah juga ya mbak.. hihi... Saya dulu boro2 bisa bikin template kece.. hahaha.. ngubah tata letak aja masih bingung

      Delete
  5. Pas pertama ngeblg gara-gara kecemplung dunia MLM, mau tidak mau harus promo sana-sini itu pun ala kadarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah.. langsung berbisnis ya.. ! Hihi.. andai saya dulu menyadari kalo Blog jg bisa digunakan untuk menghasilkan uang.. hahha.. duh telat banget tahunya.. !

      Delete
  6. Ngeblog untuk tetap produktif=tosss! Apalagi kayak aku ibu2 rumah tangga yang gampang bosenan. Aktifitas ngeblog ini bikin waktu luang nggak buang tercuma. Semoga ke depannya tetap betah ngeblog yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.. Dan semoga kita bisa mengikuti challenge ini hingga akhir ya.. hahha.. ❤️❤️❤️❤️❤️

      Delete
  7. Ya ampun, keren bangett sih kakakk. Aku suka banget lihat ilustratornya. Tanpa disadari, ngeblog tuh ngajarin kita jadi mandiri dan bisa belajar apapun secara otodidak yaa. Sukses terus buat mimpi mimpinyaa yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.. terima kasih banyak.. saya jadi terinspirasi sama mbak Shinta, semoga saya bisa mengikuti jejaknya yang luar biasa.. ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  8. Kenapa aku selalu naksir ilustrasi di sini yaaa. Kece badai deh.

    Tapi bener, dari sekian banyak alasan kenapa harus ngeblog, hal terdalam yang perlu diungkapkan adalah yaaa karna mau aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That Part ! Hahhaa.. as simple as that ya mbak.. mau apapun alasannya, yang paling mendalam ya karena kita mau aja ! Hihihi.. ❤️❤️❤️

      Delete
  9. Hal pertama yg ad di benak sya begitu saya baca postingan ini adalah "andai aku bisa gambar.." hehehe ilustrasinya ketje pisan mbak Ewa..
    Dan sama banget dulu kalo mau nulis harus ke warnet dulu, di tempat tinggalku 3000 per jamnya dan itu juga lemot abis. Ahahaha..kalau mau upload foto aja ya ampuuun nunggunya. Sekarang semua sudah mudahhh..bahkan blogging via hp pun sudah bukan mimpi lagi. Jadinya harusnya dengan blog kita bisa meraih mimp. Semangat blogging dan lulus challenge ini ya mbak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin.. semoga bisa lulus challenge ini. Hahahaha... ! Semoga kegemasan kita berlangsung sampei akhir ❤️❤️❤️

      Delete
  10. Keren banget mbak ewa, jadi panutan buat blogging. Dulu awal aku main Bujo dan penasaran ada nggak sih yg main bujo org Indo eh nemu bujonya mbak ewa, ku pikir cowok. Maap.. Hehe. Semoga cacap 30 hari tantangannya yaa

    Salam,
    Ghina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ghina... Terima kasih banyak ya.. hahha.. Nama Ewafebri emang kesannya maskulin ya.. ? Hahahaa.. Bukan cuma kamu yang kena prank, tapi banyak yang mengira saya laki-laki 🤭

      Delete
  11. Hohoo nomor terakhir setuju banget aku. Biar eksis terus yesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Yeeees Mbak.. ! Hari gini gak perlu seksi yang penting eksis.. 😁😁😁

      Delete
  12. Alasan kesehatan mental sama mimpi lebih tinggi itu setuju banget! Menulis selalu jadi semacem terapi buatku, apalagi kalo lagi semrawut. Bawaannya pingin nulis panjang biar kesemrawutan dalam kepala mengalir keluar hahaha. Dan sama, sejak blogging jadi berani buat mimpi nulis buku, menciptakan sesuatu, dan berpenghasilan lebih dari blogku. Thank you Mbak for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Ruth.. gak nyangka ya,kalo sesuatu diseriusin itu pengaruhnya beda sama hidup kita.. hihi

      Delete
  13. suka ama icon dari blog nya mbak ewafebri..lucu, gembil dan menggemaskan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. thank you mbak.. saya juga heran, makin kesini gambar saya makin gembil. Mungkin menyesuaikan yang gambar. Hahhaa.

      Delete
  14. kok sama sih mbak, dulu anak warnet hapenya sony ericsson juga wkwk
    aku juga ngeblog biar eksis, walaupun aku sendiri jarang promosiin tulisan ke khalayak umum dan non selfie jugaaa. Maluuuu sendiri XD

    ngomong2 anak gadis yang selalu ada di postingan mbak bikin sendiri kah? eye catchy banget selalu bikin betah baca hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa hahhaa.. dulu saya bikin itu karena memang karakter saya sendiri. Hihihi... Namanya ewa (si bowgel) 🤭🤭🤭🤭

      Delete
    2. lucuuu banget mbak, bikin blog ini bedaaaaa soalnya identik dengan gambar ilustrasinya yg gemez

      Delete
    3. Jadi punya ciri khas ya.. ? Hahaha.

      Delete
  15. Horeeee sudah dimulai tantangannya dari BloggerPerempuan. Semangat, Kakaaaak. Suka banget sama alasan kenapa harus ngeblog di atas ... setuju! Melek teknologi itu termasuk, jadi dengan ngeblog kalau kita pengen nulis soal teknologi ya kudu riset kecil-kecilan juga kan, ataaauuu saat blogwalking ke blog orang lain kita jadi tahu soal teknologi baru. Awesome. Semangat!

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏