TIPS HOW TO GROW YOUR BLOG | METAMORFOSIS BLOG EWAFEBRI

by - July 10, 2019

tips how to grow your blog


[Start Your Day With Ewafebri] How To Grow Your Blog ? Mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblog itu menjadi kenikmatan tersendiri bagi Blogger. Apalagi Blogger yang baru melek kayak saya ini. Hihihi..

Tapi ternyata, butuh proses panjang untuk bisa menikmati hasilnya. Hari ini saya akan sedikit bercerita tentang bagaimana metamorfosis blog ewafebri dari 0 hingga menghasilkan uang.

HOW TO GROW YOUR BLOG : METAMORFOSIS BLOG EWAFEBRI



metamorfosis blog ewafebri


Perjalanan metamorfosis ewafebri itu berawal dua tahun lalu. Gara-gara baca The Happiness Project karya Gretchen Rubin, saya jadi tertarik untuk serius mengelola Blog.

Awalnya Blog ini adalah media curhat. Kemudian berubah menjadi media informasi, yang berlanjut menjadi Blog dimonetasi. Hahaha..

MENYEWA TOP LEVEL DOMAIN


Dua tahun lalu, tepatnya tanggal 16 Agustus 2017, untuk pertama kalinya saya memutuskan menyewa TLD (Top Level Domain). Saat itu mikirnya memang supaya Blog ini mudah dikenal orang dengan embel-embel .com di belakangnya. (Gaya beud Vva !)

Sayangnya, karena saat itu saya minim pengetahuan tentang Blog, walhasil saya salah memutuskan menyewa domain sekaligus hosting. Pantesan kok ya mahal banget gitu rasanya. Hihihi..

Mungkin teman-teman Blogger sudah tahu, kalo kita memanfaatkan fitur Blog melalui Blogspot, kita tak perlu menyewa hosting, karena hostingnya sudah tersedia. Kita cukup membeli nama domainnya saja melalui instruksi yang ada.

TIPS MEMBELI HOSTING DAN DOMAIN


ewafebri.com


Namanya juga pemula, yekan ? ya sudahlah.. Hahaha.. main hajar aja gitu. Malu bertanya, memang sesat di jalan🤭.

Supaya teman-teman yang sedang membaca postingan ini gak ikutan tersesat kayak saya, ingatlah 2 hal berikut ini :


  • Jika kalian ngeblog memanfaatkan Blogspot yang diperlukan hanya alamat domain saja, tak perlu menyewa untuk hosting.
  • Jika kalian ngeblog memanfaatkan Wordpress, kalian membutuhkan hosting dan domain supaya bisa bebas dipersonalisasi. Begitulah kira-kira. hihi.. 

Ngomong-ngomong 16 Agustus mendatang artinya ewafebri.com sudah menginjak umur 2 tahun, Seneng banget rasanya. Hahaha.. Kalo Bowgel 4 tahun, Blog ini 2 tahun ya ? hahaha.. Berasa punya balita.

SETUP BLOG GOALS 


Apa saja sih achievement saya seputar Blogging dalam kurun waktu hampir 2 tahun ini ?

Hmm, mumpung hampir memasuki Bulan Ultah, saya akan mencoba mereview sedikit tentang pencapaian Blog ewafebri. Biar terasa ada progresnya gitu, hihihi.. 

Di awal tahun ini, saya membuat 10 Blogging Goals Ideas 2019. Sebuah daftar yang saya gunakan sebagai catatan target Blogging di tahun ini.

Eits, ternyata list Goal ini bisa membantu kita untuk fokus mencapai target kita loh Gaes. Jadi jangan diremehkan.

MID YEAR ACHIEVEMENTS


credit giphy.gif


Berdasarkan patokan Goal yang sudah dibuat, saya jadi bisa mereview tentang apa saja yang sudah terlaksana. Meski baru 6 bulan, saya bahagia banget karena sebagian Goal sudah tercapai.

Apa saja Goal yang sudah saya capai 6 Bulan ini ? 


  • Pageview Blog ewafebri melalui statistik Blogspot sudah mencapai 1000 lebih setiap harinya. Artinya dalam sebulan rata-rata sudah bisa mencapai 30.000 an ya ?. Sudah melampui target tahun ini. Alhamdulilah..
  • User yang mengunjungi Blog menurut Google Analytic sudah mampu mencapai rekor 5190 user. Tepatnya rekor ini dicapai di Bulan Juni 2019. Dibandingkan bulan-bulan lainnya, Bulan Juni kemarin memang rame banget. Gak Nyangka banget gaes ! 
  • Di Bulan Juni juga, untuk pertama kalinya saya mendapatkan penghasilan gara-gara Blogging. Rasanya seneng banget Gaes ! wuhuuuum.. Dan hasilnya lumayan banget, karena nominalnya  lebih dari 1.xxx.xxx. Cocok buat bayar domain. Hahahha... Itu artinya, salah satu taget Blogging saya di tahun ini juga sudah tercapai. Yay ! Alhamdulilah, 
  • Kalo yang satu ini adalah peristiwa yang baru saya alami. Gara-gara apa yang saya bagikan di Blog ini, saya diminta untuk mengisi workshop tentang productive journal. Suatu pengalaman yang juga menjadi target/resolusi saya tahun ini. Alhamdulilah sudah terjadi !
  • Masih di Bulan Juni juga, Google Adsense saya sudah mencapai batas minimum revenue dan diminta untuk memverifikasi Bank Account dan juga Pin adsense. Sayangnya sampai saat ini saya belum menerima paket pin adsensenya. 
  • DA/PA 19/29 , kayaknya pernah suatu hari saya ngecek 20/29 entah kenapa turun. 🤣🤣🤣. Ya sudahlah.. 
  • Menulis Artikel in depth. Di beberapa artikel, saya mencoba membahasnya sedetail mungkin. Meski belum semua tulisan lengkap, tapi saya sudah cukup senang dengan hasilnya. 
  • Setelah 6 bulan (terhitung sejak Goal dibuat), tema saya masih pada tempatnya. Belum pindah kemana-mana. Alias masih dalam koridor Niche Blog.
  • Menjadi content writer di my-best id. Di mana saya menulis review tentang produk pilihan art material

Lumayan juga nie achievement-nya (menghibur diri sendiri 🤭). Ternyata mensetup Goal di awal tahun tidaklah sia-sia. Setidaknya itu bisa menjadi doa yang terkabulkan. Hehehe..

Ngelihat list achievement di atas, jadi pingin berbagi tips blogging sama teman-teman. Terutama untuk para pemula.

Saya ingin berbagi pengalaman bagaimana saya membangun Blog ini dari 0 hingga menghasilkan uang. Ini dia tips-tipsnya. 

HOW TO GROW YOUR BLOG !





Namun perjalanan Blog ewafebri belum berhenti. Masih banyak perbaikan yang harus dilakukan. Apalagi yang berhubungan dengan template. Semoga suatu hari nanti bisa membeli template premium, biar makin Tokcer. Hehhee.. 

Awalnya saya memang kuatir masalah template Blog ini. Apalagi kalo gonta-ganti kok rasanya bakalan butuh waktu yang lama untuk merapikannya lagi. So, untuk sementara waktu masalah template ini saya kesampingkan dulu. Saya ingin fokus pada konten Blog ini. 

FOKUS DI KONTEN 


Tips memajukan Blog itu hubungannya gak cuma masalah SEO atau penampilan Blognya. Tapi yang paling utama adalah isi kontennya.

Misalnya saja, tentang :


Hal-hal di ataslah yang membuat saya makin berusaha memperbaiki Blog ini. Dari  mulai segi bahasa, materi yang dibahas, hingga tampilan estetiknya. 

Meski belum bisa dianggap keren, tapi setidaknya bisa memberikan nuansa khas Ewafebri. Hahahha.. 

Syukur-syukur bisa membuat betah pembaca untuk main-main terus di mari. Hihihi...

BELIEVE IN YOURSELF


Selama perjalanan Blogging ini saya menyadari satu hal.

Dreams come true itu hasil dari rasa percaya diri.

Bahwa, saya mampu melakukan apa yang tadinya mustahil. Saya bisa mewujudkan impian dengan cara berusaha. 

Apabila rasa percaya pada diri sendiri itu hadir, otomatis kita berusaha sebaik-baiknya untuk mewujudkan. Yang pasti, berusahalah dengan cara yang baik, supaya hasilnyapun baik.

GET ACTION ! 




Kalo ingin mendapatkan hasil, mau gak mau harus melakukan aksi nyata juga. Misalnya belajar tentang teknik-teknik yang berhubungan dengan Blog.

Supaya gak melelahkan, buatlah daftar perencanaan tentang apa saja yang ingin diperbaiki dalam Blog kamu. Misalnya kamu merasa templatenya kurang mobile friendly, artinya kita harus memperbaiki itu dan fokus memperbaikinya.

Lakukan satu per satu sesuai rencana yang sudah kamu tetapkan. Sehingga tak ada bagian yang terlewati. Kalo soal perencanaan saya memanfaatkan Bullet Journal untuk membagi fokus kerja dan to do listnya.

DEDIKASI 


blog ewafebri


Awalnya Blog ini tuh hanya sekedar hobi, tapi lama-lama jadi media informasi juga. Lebih tepatnya sih sebenarnya, media terapi. Hahaha...

Menyuguhkan artikel yang informatif dan bermanfaat adalah cara saya mendedikasikan diri pada Blog ini. Supaya yang datang ke sini bisa pergi dengan membawa inspirasi, syukur-syukur sering kembali lagi. Hihihihi...

KONSISTENSI


Tetap konsisten juga menjadi kunci utama membangun Blog ini. Entah ada yang memberikan pesan komentar maupun tidak, saya tetap terus menulis ide baru di Blog ini. 

Itu juga yang dulu membuat saya tertantang ikutan komunitas 1 Minggu 1 Cerita. Supaya saya termotivasi menulis walau 1 Minggu 1 Cerita. 🤭 

Ngomong-ngomong tulisan panjang ini gara-gara minggu tematik di komunitas ini juga. Hahaha.. 

****

KESIMPULAN


Meskipun beberapa Goal saya sudah tercapai, tapi saya tetap memegang tujuan utama membangun Blog ini.

Compete With My Self, Encourage Other.

Prinsip ini yang memacu saya untuk berkembang sekaligus berbagi ilmu pengetahuan. Ternyata tagline Blog itu bisa berpengaruh besar pada diri sendiri. Hihihi.. 

Pada intinya gak semua hal itu seperti hadiah Lottere. Ingin maju ya memang harus pake usaha. Caranya bisa belajar dari pengalaman diri sendiri dan orang lain.

Biar Blog kamu makin cetar membahana, hindarilah 10 Kesalahan Blogging ini. Supaya berkembangnya makin cepat. Hihihi.. 

Itulah cerita metamorfosis Blog ewafebri. Untuk bisa memenuhi keinginan kita, yang paling utama adalah kita berfikir bahwa kita mampu melakukannya. 

Buat teman-teman yang memiliki mimpi seperti saya dulu (mendapatkan penghasilan dari Blog), jangan berputus asa. Karena selalu ada jalan menuju Roma Jakarta *apa sih*. 

Apakah kalian juga memiliki kisah yang sama ? Kisah dimana rasa percaya diri mampu mengubah diri kita. 

Share cerita versi kalian di kolom komentar yuk ! Hihihi.. biar bisa menginspirasi pembaca lainnya ! 🤭🤭😘. 

giphy.gif

HAPPY BLOGGING !

You May Also Like

0 comments

ANNOUNCEMENT


Hi Gaes ! Pengumuman Singkat aja nie.. !

Berhubung sekarang saya memiliki Blog khusus tentang Art, maka Art Therapy Idea gak akan saya posting di sini lagi. Saya akan membuat postingannya ewafebriart.com.

Blog ini khusus untuk Journaling, Buku Dan Self Development saja. Terima kasih atas perhatiannya.