TIPS REDESIGN BLOG

by - August 02, 2018

tips redesign blog

Pernahkah kalian terpikir untuk melakukan Redesign Blog ? Hihihi.. kebetulan beberapa hari lalu saya memutuskan untuk melakukannya. Ada beberapa alasan kenapa saya melakukannya, dan ulan berikut ini juga menceritakan pengalaman saya dalam proses redesign Blog.

TIPS MEREDESIGN BLOG 


Menjadi seorang blogger ternyata tidak melulu  cuma memikirkan tentang ide konten, tetapi tampilan blog juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Bagi seorang blogger pro atau orang yang mampu membayar jasa redesign blog, mendesain ulang blog bukanlah perkara yang susah. Tapi bagi blogger tanggung kayak saya ini, tentu ini menjadi masalah besar ! Hihi..

TENTUKAN ALASANNYA


Meredesign Blog itu ternyata butuh waktu yang tak singkat. Ada banyak yang harus kita lakukan pasca meredesign. Yang terpenting bagi saya adalah menemukan alasan yang tepat kenapa saya harus me-redesign Blog

Salah satu alasan saya mendesain ulang blog ini adalah supaya "mobile friendly". A.k.a informasi sekaligus widget mudah diakses menggunakan telpon genggam. Data google analistis saya menunjukkan bahwa 70% pembaca dari blog ini, berselancar menggunakan telpon genggam.

Data tersebut lebih besar dibandingan mereka yang browsing menggunakan desktop. Hmm.. kalo informasi yang didesktop gak bisa diakses ditelpon genggam, rasanya sayang banget ya.. ? Hahaha..




Ada juga alasan meredesign Blog karena ingin branding baru. Dengan mengetahui alasannya, kita akan lebih mudah memutuskan langkah apa saja yang kita perlukan kelak.

BRAINSTORMING IDEAS


Setelah kalian menemukan alasan yang kuat serta motivasi, saatnya untuk menentukan ide apa saja yang ingin ditampilkan dalam Blog baru nanti. Ngomong-ngomong, redesign blog ini tak cuma mengganti template saja loh, tapi bisa juga kita melakukan rebranding terhadap Blog kita. 

Ada cara mudah untuk mendesain ulang blog, salah satunya dengan mengganti theme dan layoutnya. Tetapi, akan timbul masalah jika ada beberapa widget dan plugin kita di theme yang lama, tidak bisa diadaptasi dan ditampilkan kembali ke theme yang baru.

Nah ini akan menjadi PR banget nie, apalagi jika ada beberapa widget yang gak bisa tampil ketika kita buka melalui telpon genggam karena themenya belum responsive (atau menyesuaikan ukuran layar gadget). 

Karena itulah beberapa hari belakangan ini saya sering kutak-katik tampilan blog biar makin kece. Kalo masih amburadul maaf ya.. ? Hahaha.. Maklumin bloggernya amatiran pake banget. 🤣

Selain kemudahan akses di platform mobile, alasan saya yang lainnya adalah tentang traffic. Setahun belakangan ini saya baru memahami pentingnya traffic pada blog kita (kemana aja kemarin.. ? Hahaha..) sebelumnya gak pernah mikir berapa banyak orang yang berkunjung, ada yang nengok aja udah syukur Alhamdulilah.. hahaha..


Report Traffic Blog


16 Agustus nanti, tepat 1 tahun ewafebri.com berdiri ! Ah senengnya.. ! Walaupun belum menghasilkan komisi (hahahhaa... ) Tapi blog ini sedikit sudah bisa menginspirasi. Hihi.. Alhamdulilah. Semoga tahun ini mampu menghasilkan pundi - pundi ( udah kayak puisi aja !). 

Ada beberapa langkah yang saya lakukan sebelum akhirnya mengobrak-abrik isi blog yang udah rapi ini ! Huhu.. 
Saya harus merelakan beberapa postingan yang menurut saya " apa bae dah ah.. ! 🙄 " dipindah ke trash bin. Membuat desain layout, membuat desain gambar sampai pada akhirnya gerilya nyari kode html. 

Sebagai bullet journalist (tsaaaah), gak lengkap donk kalo peristiwa besar kayak gini gak masuk kedalam agenda bullet journal ! Iya kan.. ?!? Dari mulai bikin konsep, masukin project list, desain layout sampai schedule, harus masuk ke dalam bullet journal. Anak analog gitu loh *halaaaah (hahahha.. ngabis-ngabisin kertas) 


Brainstorming ideas


Mindmap salah satu tool yang sangat berguna kalo urusannya nyari ide. Malahan kadang susah berhenti kalo udah mulai main sama cakar-cakarnya. Hahaa.. ide mudah muncul bahkan sedetail-detailnya.

Dalam tingkatan ini , saya mulai memasukan ide-ide yang ada, terutama yang belum pernah saya gunakan sebelumnya. Ide-ide saya dapatkan dari beberapa sumber. Diantaranya


  • Penambahan personal mission statement 
  • Penambahan slogan
  • Static homepage ( layar statis biasanya digunakan untuk penyambutan atau deskripsi dari blog itu sendiri.
  • Share button (yang sepertinya perlu penanganan ekstra)
  • Follow me button
  • Disclaimer, privacy policy dan cookies 
  • Perubahan sidebar
  • Desain footer, dll.

PROJECT LIST 


Setelah dapet ide yang kita cari, saatnya menentukan project listnya. Kira-kira mana yang akan dijalankan, mana yang gak perlu. Tapi dalam tahapan ini, yang terpenting buat saya adalah membuat list sebanyak-banyaknya tentang apa yang ingin saya lakukan. Karena ide itu sering datang dan pergi, langkah ini sangat efektif untuk tetap merekam (record) ide yang ada.


Project list


DESAIN LAYOUT 


Sebagai anak yang gemar menggambar (((anaak))), mendesain menjadi sebuah kebahagian tersendiri. Hihi.. Selain untuk menggambarkan ide secara visual, mendesain juga membuat saya rileks dan tenang, karena kita sudah mulai bisa melihat gambaran dari ide kita itu. Jadi.. mendesain juga bisa dikategorikan sebagai alat terapi masa kini (maksa banget ini.. hahha)


Ide desain layout


Meskipun hasil akhir tidak sama persis seperti desain yang saya buat, (kadang ide dan keinginan muncul dadakan), tapi desain diatas saya jadikan patokan untuk membuat tampilan homepage blog. 

SCHEDULING (RAPID LOGGING)


Ide udah, project list udah, desain udah, saatnya eksekusi ! 
Wah ini ! Setelah melalui tahapan diatas, saatnya saya memasukan project list saya ke dalam rapid logging  saya. Masih dengan weekly spread kebanggaan, saya membagi project list dalam beberapa hari. 
Baru sadar, redesign blog itu butuh waktu, hahaha.. gak bisa sekali jadi, apalagi sambil disambi kerja yang lainnya. Huhu.. ! Tapi Alhamdullah berjalan dengan lancar.


Rapid logging bullet journal 


Saya sengaja membagi beberapa task dan berusaha menyelesaikan task tersebut satu persatu.  Misalnya hari ini mendesain sidebar sampai selesai, besok mendesain footer, besoknya lagi membuat static homepage dst. Dengan begitu memudahkan saya untuk mengetrack progress  sejauh mana perjalanan project ini. 

Redesign Blog memang menguras otak dan tenaga, tapi setelah satu persatu terlewati, lega rasanya. Hahaa.. Upps.. masih ada beberapa desain yang saya ingin tampilkan diblog, sementara saya gerilya cari kode html, saya persembahkan kepada teman-teman semua wajah baru dari blog tercinta ini ! Hehehe..

Hal yang paling sulit saya rasakan dalam meredesign blog ini adalah tentang bongkar pasang kode html. Kadang berhasil, kadang gak ! Salah parse kode, tampilan acak-acakan. Duh Gusti ! Kepala pusing tapi penasaran. Dan disitulah tantangannya. Dari yang gak paham tentang kode html, jadi sedikit belajar memahami bahasa pemrogramannya. (Judulnya : belajar sambil berjalan ! 😜).

TIPS REDESIGN BLOG


Tapi bagi teman-teman yang gak mau repot dengan kode html, ada cara mudah lainnya kok. Kalian bisa mendownload template (gratis ataupun berbayar) yang sudah banyak tersedia diinternet dan mengunggahnya kembali ke blog kan. Soal caranya, kalian juga bisa menggoogling di mesin pencarian. Hehhee.. (karena saya lupa step by stepnya) 😂😂😂..

Dari pengalaman saya ada beberapa tips yang ingin saya sampaikan ke teman-teman sebelum melakukan redesign.


  • Sebelum mengganti tampilan Blog atau layoutnya, pastikan untuk memback-upnya  terlebih dahulu. 
  • Pastikan mem-copy-paste kode adsense maupun google analytic yang nantinya akan kita pasang di template baru.
  • Jika setelah mengganti template, tatanan widget terlihat tak beraturan itu sangat wajar, kalian tinggal menatanya kembali di layoutya. Jadi jangan panik !
  • Biasanya widget tak selalu terlihat pada mobile version, oleh karena itu kalian harus menampilkannya dengan mengubah kode html.
  • Jika ingin sekaligus rebranding dengan mengganti nama Blog maupun mengganti TLD lakukan dengan hati-hati. Atau malah-malah Blog kalian bermasalah. 
  • Selebihnya kalian bisa memaksimalkan konten Blog dan menggantinya dengan artikel yang bermanfaat. Tips artikelnya bisa kalian lihat di How To Blog With Bowgel.

Nah buat teman-teman yang mungkin ingin mendesain ulang blognya dan bingung memulai dari mana ?, Semoga beberapa ide tahapan saya mengerjakan redesign blog diatas, bisa membantu kalian untuk mendapatkan ide dan semangat memulainya. 

Itulah tadi beberapa tahapan saya dalam meredesign blog, jika kalian ingin menambahkan ide atau masukan, silahkan menulis dikolom komentar. 

Terima kasih sudah menemani perjalanan saya dalam mengelola blog ini. Sampai jumpa dipostingan lain lagi. 

You May Also Like

0 comments