9 TIPS MEMBUAT PERSONAL MISSION STATEMENT

by - January 01, 2019

9 Tips Cara Membuat Personal Mission Statement oleh ewafebri



Personal Mission Statement adalah Misi Pribadi dalam menjalani hidup. Cara membuatnya tidak sulit, tapi memang perlu strategi. Berikut ini saya ingin berbagi informasi tentang apa pengaruh Personal Mission Statement dalam hidup saya, dan bagaimana cara saya membuatnya.

Tahun 2019 , menjadi tahun yang akan tetap penuh dengan tantangan. Masih dengan Motto yang sama yaitu "COMPETE WITH MY SELF", Saya mencoba untuk berlomba  lagi dengan diri sendiri dan menjadi lebih baik dari diri saya tahun lalu. Pingin berlomba dengan pasangan tapi belum punya (Kyaaaa... Curhat !). Hahaa.. Daripada stress mending bikin Personal Mission Statement yuk ! Pas banget untuk mengawali tahun 2019.

PENTINGKAH MEMILIKI PERSONAL MISSION STATEMENT ?


Memiliki Personal Mission Statement itu membuat saya jadi bisa lebih fokus dalam menghadapi hidup. Semacam reminder bahwa yang perlu saya lakukan adalah konsentrasi terhadap diri sendiri, bukan pada pengaruh luar. Misalnya nie Gaes, ada drama kehidupan yang gak kita harapkan. Daripada terjebak dalam permainan drama tanpa babak, mendingan saya memperhatikan yang ingin dijalani. Dengan begitu hidup lebih terasa mudah daripada menanggapi drama tanpa skenario.


PENGERTIAN PERSONAL MISSION STATEMENT


Kalo kalian pernah mendengar tentang Company Mission Statement, tak beda jauh lah. Hanya saja ini lebih bersifat personal.

Menurut Dummies.com , Personal Mission Statement adalah :


" personal mission statement is a written-down reason for being and many believe it is the key to finding your path in life. A mission statement is focused on the practice of what you need to be doing "


Menurut Ewafebri.com



" Alasan yang kita tetapkan, ungkapkan, kabarkan atau kita tulis yang bertujuan untuk membantu kita supaya bisa lebih fokus dan memiliki tujuan dalam menjalani hidup "


Nyahaha.. Jadi apa bedanya sama yang di atas Vva ? Gak ada bedanya sih, cuma karena ber Bahasa Indonesia saja. Hihi..

MANFAAT PERSONAL MISSION STATEMENT


Memiliki Personal Mission Statement itu memiliki banyak kelebihan, terutama menyangkut prinsip hidup. Dengan Statement tersebut kita bisa lebih jelas dan yakin ingin melangkah kemana dalam hidup ini.

Beberapa manfaat memiliki Personal Mission Statement diantaranya :


  • Lebih Fokus dalam menjalani hidup, karena kita sudah mempunyai vision ke jalan mana yang ingin kita tempuh. 
  • Sebagai reminder atau pengingat kalo kita mulai melencong dari tujuan kita sebelumnya.
  • Bisa tetap menjadi motivasi di saat kita diserang rasa putus asa.
  • Memiliki Personal Mission Statement membuat kita bisa terus berfikir tentang apa sih yang kamu inginkan dalam hidup ?, Apa sih yang menjadi tujuan dalam kamu beraktifitas dan apa saja langkah yang perlu kamu ambil dalam menuntaskan personal mission kamu. 
  • Memiliki Personal Mission Statement membuatmu berfikir lebih dalam  memaknai hidup.
  • Memiliki Personal Mission Statement seperti sedang berburu hal yang tak pernah kamu sadari dalam hidupmu sebelumnya. Tentang talentamu, tentang impianmu dan tentang ide-idemu yang selama ini masih terpendam.

Meski terkesan sederhana dan remeh, Personal Mission Statement berpotensi membawamu ke arah hidup yang kamu inginkan. Dengan menerapkan pemikiran itu setiap hari, akan membentuk mindset kita ke hal yang paling kita inginkan.


Personal Mission Development ewafebri


BAGAIMANA MEMBUAT PERSONAL MISSION STATEMENT


Menciptakan Personal Mission Statement juga merupakan tantangan tersendiri loh Gaes. Beberapa aspek berikut ini bisa kalian jadikan patokan untuk menentukan Personal Mission Statement :



  • Tentukan Passion dan Kemampuan yang kita miliki. Buatlah daftar tentang passion atau kemampuan yang kita miliki. Tulislah di atas kertas, dan pilih salah satu dari daftar tersebut untuk nantinya dilaksanakan.
  • Tentukan prinsip atau value (nilai hidup) yang ingin kamu jalankan untuk meraih target yang kamu impikan.
  • Tentukan Goal atau target hidup yang ingin kamu capai. Misalnya " saya ingin menjadi lebih baik dari diri saya yang kemarin " 

Saat pertama kali saya membuat Personal Mission Statement, saya juga merasa bingung harus memulainya dari mana. Hihi.. Mungkin karena sebelumnya saya tidak pernah berpikir serius tentang bagaimana saya harus menjalani hidup.


Cara membuat Personal mission development oleh ewafebri

Membuat Personal Mission Statement ini seperti membuat konsep pada buku, hanya saja diterapkan pada kehidupan (tsaaaah) hahhaa.. Daripada makin bingung, mendingan baca 9 Tips bagaimana membuatnya. 

Buat teman-teman yang ingin mencoba Personal Mission Statement di awal tahun ini, 9 Tips ini bisa kalian gunakan : 


  • Buat pernyataan yang simple tapi jelas. 
  • Pastikan Personal Mission Statement bersifat positif. Jangan yang negatif. 
  • Buat Personal Mission Statement yang bisa kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama hal yang bisa dilakukan untuk mencapai targetmu. Dan jadikan bagian dalam hidupmu. 
  • Jujurlah pada diri sendiri dan masa depan seperti apa yang diinginkan dalam membuatnya.
  • Dalam membuat Personal Mission Statement pertimbangkan untuk bermanfaat tak hanya diri sendiri tapi juga orang lain.
  • Pilihlah Personal Mission Statement yang sesuai dengan passion dan kemampuanmu.
  • Kalian bisa mentargetkan setinggi mungkin. Dan berkonsentrasilah untuk menggapainya.
  • Pikirkan kehidupan seperti apa yang ingin dikenang orang lain saat kalian  sudah tidak ada nantinya. 
  • Buatlah beberapa list pilihan sebelum menjadikannya Personal Mission Statement.

9 tips cara membuat personal mission statement




Atau kalian bisa mencoba membuat Personal Mission Statement dengan Template seperti di bawah ini : 

" Misi saya adalah untuk mencapai [targetmu] dengan menggunakan [kemampuan, passion atau keahlian yang kamu miliki] berdasarkan [prinsip atau nilai hidup] yang kamu miliki

Atau contohnya seperti ini gambar ini, hihi.


" Saya ingin menciptakan lingkungan yang positif, mindful serta bahagia dengan cara mengubah diri sendiri melalui COMPETE WITH MY SELF dan berbagi pengalaman tentang kisah hidup saya dengan orang lain melalui Blog, Bullet Journal dan Art Therapy 



Contoh membuat personal mission statement


Dengan Personal Mission Statement, setiap hal yang saja jalani selalu menitikberatkan pada " Compete With My Self ". Bukan bersaing dengan orang lain. Dengan begitu, keberhasilan orang lain saya jadi sebagai inspirasi bukan sebagai intimidasi.

Kira-kira apa Personal Mission Statement kalian tahun ini ? Hihi.. Jika belum pernah membuatnya, Boleh dicoba loh Gaes ! Hehhee...

HAPPY NEW YEAR 2019 

You May Also Like

18 comments

  1. Happy new year kak. Selalu suka sama kata2 target yang kamu tulis. Berasa kok mudah banget ya? Padahal dulu pas ikut bisnis dikasih target malah duuuh kok begini banget ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. cari yang mudah, yang penting mudah di ingat ❤️❤️❤️

      Delete
  2. Setuju. Terlalu banyak bergerombol kesana kemari nggak jelas, banyak distraksi, akhirnya potensi hidup kita nggak bisa digali dg maksimal. Setelah masa kejayaan turun akan sulit mengejar tujuan hidup pribadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. paling tidak memiliki arah tujuan hidup yang jelas itu lebih mudah menjalaninya. 🥰

      Delete
  3. Mb evva kalo bikin ilustrasi gini berapa lama ya? heheheh. Aku payah soalnya kalo urusan menggambar XD personal mission statement ini ujung-ujungnya bisa memperkuat personal branding juga ya mb.. aku tertarik baca artikel ini karena pengen buat juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet mbak biasanya.. sketch gak sampai 30 menit. Yang lama ngumpulin moodnya 😂😂😂 .. dulu sih lama. Tapi karena sekarang sering banget gambar, jadi bisa lebih cepet.

      Delete
  4. Wah ini biar lebih terarah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dian. Biar lebih fokus kitanya ya. Hihi..

      Delete
  5. Ini tuh semacam visi misi pribadi gitu yaa. Baca ini aku jadi merenung selama ini nggak pernah dipikirkan masak2. Pantesan hidup kaya nya gini2 ae wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata meski sepele, cukup ngaruh juga membantu hidup mbak. Hahhaa..

      Delete
  6. baiklah evva mari kita coba lagi, dulu biasanya tiap akhi tahun selalu ngelist apa yg pengen dicapai dalam sethaun, sengaja tempel di tembok, biar kebaca terus semadai reminder..kali ini coba dalam buku*eh sampe beli buku baru mau nyoba bullet journal*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Saya juga pingin bikin Vission Board ah. Saya tempel biar kelihatan terus. Hahaha.. Jadi Reminder gtu. 🤭🤭

      Delete
  7. Mbaaa Evva pujaankoohhh, ayo atuh share kisah hidupnya.
    Sejujurnya saya paling suka membaca kisah hidup semua orang, siapapun dia.
    Banyak hal yang bisa saya pelajari dan petik hikmahnya dalam setiap perjalanan hidup orang lain, thats way saya suka banget bercerita tentang hidup saya di blog, dan saya happy banget kalau ada orang yang akhirnya numpang komen dengan ikutan share kisah hidupnya.

    Ayooo bikin satu tema mingguan mengenai kisah hidup mba Ewa, saya sebagai pembaca bakalan menanti dengan setia :D

    Btw saya udah buat dong coret2an journal, tapi baru 1 baris udah ngantuk, haduuhhh... ke mana gerangan semangat awal tahun ini, kayaknya terlalu capek dikejar ODOP wakakakka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ODOP is killing me ! Luar biasa dirimu mbak.. Sanggup ODOP. Tapi emang efeknya lumayan sih ya.. ? Secara tulisan dan SEO. Kece badai.. ❤️

      Delete
  8. Lengkap banget perencanaan misi hidup Mbak. Salut! Saya malah tak terpikir untuk complettte with myself. Padahal itu hal yang baik banget. Melengkapi diri kita agar segi kurang bisa diperbaiki sehingga pribadi jadi lebihbaik lagi bagi diri sendiri dan sesama.
    Duh, Mbak Ewa selalu bagi ilmu yang inspiratif. Benar banget, kita memang harus demikian. fokus pada diri sendiri agar lebih baik. Berlomba dengan diri sendiri agar ke depannya kita bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. Itu tantangan zaman.
    Menyadarkan saya agar bisa punya tujuan. Terima kasih. Sukses, Mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mbaak.. Dulu saya gak punya tujuan hidup. Rasanya tuh kayak " Bernafas = Hidup " cuma gitu aja. Jadi pingin seperti apa menjalani hidup belum pernah terpikirkan. Meski telat, Alhamdulilah sekarang bisa berpikir dengan baik.

      Delete
  9. buat tahu 2019 ini aku udah ada misi khusus. kudu ditulis nih biar selalu inget dan jadi motivasi. tengkiyuu pencerahannya evvaaa :*

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏