10 JENIS KONTEN BLOG DAN TIPS BLOGGING UNTUK PEMULA

by - April 03, 2019

10 jenis konten blog dan tips blogging untuk pemula


Ingin membuat Blog kamu menarik untuk dibaca ? Gunakan 10 Jenis Konten Blog dan Tips Blogging untuk pemula berikut ini. Tapi jangan salah paham sama judulnya, karena sejujurnya sayapun masih pemula. 🤭🤭 Sesama pemula, mari kita belajar sama-sama. Supaya Blog kita makin rame oleh pembaca. Kyaaa ! Baca Kuy !

10 JENIS KONTEN BLOG DAN TIPS BLOGGING UNTUK PEMULA


Kalo dipikir-pikir, sebenarnya saya bukan ahli dalam bidang per-bloggingan. Tapi entah kenapa setiap saya menemukan ilmu baru tentang dunia Blogging, rasanya ingin selalu saya bagi di beranda ini. Selain supaya makin informatif, juga agar Blog ini tetap terupdate. 🤭 

TIPS BLOGGING 


Sebelum membagikan tentang jenis konten Blog, terlebih dahulu saya ingin membagikan tentang tips Blogging secara umum.

Tips ini sangat membantu bagi pemula yang ingin tetap konsisten dalam mengisi Blog. Dan berikut ini list tentang tips blogging bagi pemula : 

  • Jika kalian baru memulai menulis Blog, pastikan untuk memiliki theme Blog yang responsive atau mobile friendly. Mengingat saat ini hampir di atas 50% pembaca menggunakan gawai atau smartphone untuk mengakses internet. 
  • Berikan navigasi yang jelas pada menu yang tersedia. Menu bisa kalian buat berdasarkan niche Blog atau kategori yang kalian miliki. 
  • Optimalkan gambar dengan beberapa tips yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Karena gambar bisa menambahkan nilai (value) pada artikel kita. 
  • Buatlah nama Blog yang mudah diingat dan gampang. Supaya pembaca lebih mudah mengakses Blog kita kembali.
  • Pelajari SEO sedikit demi sedikit, meski konten juaranya, tapi jangan meremehkan fungsi SEO pada Blog.
  • Jangan Copas ! Selain merugikan orang lain, juga merugikan Blog kamu sendiri. Yang berakibat bisa di banned oleh Google.
  • Perhatikan saat memberikan eksternal link pada Blog. Jangan memberikan sumber link yang itu-itu saja. Dikuatirkan akan dianggap manipulasi outbound link oleh Google. Jika sumbernya sama, berilah jeda waktu beberapa saat. 
  • Isilah Blog secara konsisten. Minimal 1 Minggu 1 Cerita, supaya kalo pembaca datang, tidak langsung kabur lagi. 🤭🤭

Ngomongin soal konsisten mengisi Blog, kadang kita terbentur dengan ide dalam membuat konten Blog nie Gaes. Apalagi kan kita tidak ingin membuat pembaca merasa bosan dengan jenis konten kita yang itu-itu aja. 

JENIS KONTEN BLOG UNTUK PEMULA 


Beberapa jenis konten berikut ini, bisa kalian gunakan untuk membangun Blog loh Gaes. Sehingga ide kontenpun bisa lebih meluas.

Apa saja jenis konten yang bisa kita tulis ? Ada 2 macam jenis konten Blog berdasarkan Sifat dan Cara Penulisannya. Yang pertama yang akan kita bahas adalah :

JENIS KONTEN BLOG BERDASARKAN SIFATNYA 



contoh jenis blog yang menarik


Jenis konten blog ini tidak berdasarkan pada cara penulisan tapi lebih kepada efek yang ditimbulkan oleh isi kontennya. 🤭 Ada jenis beberapa konten Blog yang bisa kita gunakan.

EVERGREEN 


Evergreen adalah jenis konten yang tak lekang oleh waktu. Misalnyapun kita menulisnya di tahun 2019, konten ini akan tetap bermanfaat di tahun 2030 nanti. Umumnya pembahasan konten evergreen yang bersifat secara general atau umum.

Konten evergreen umumnya juga mendatangkan banyak traffic ke Blog. Jenis konten seperti konten pilar bisa masuk ke dalam konten evergreen. Contoh konten evergreen adalah how-to atau tutorial, rekomendasi (list list), review dll.

POST IT CONTENT 


Sejujurnya saya juga baru mendengar istilah ini 🤭 gara-gara browsing tentang jenis konten. Padahal ternyata, sebagian besar tulisan saya merupakan Post It Content 😂. Post it content adalah konten blog yang memiliki ciri singkat, ringan dan to the point.

Jenis konten seperti ini memang cocok banget buat Blogger yang susah menggunakan story telling dalam artikelnya. Seperti saya contohnya. Sering belibet 🤣🤣🤣.

Penulisan post it content bisa menggunakan list point seperti yang sering saya gunakan di setiap artikel yang saya buat. Karena lebih mudah dan terstruktur dalam menyampaikan informasinya.

SOUL CONTENT 


Untuk yang satu ini, cocok banget digunakan oleh Blogger yang memiliki ciri khas dalam bercerita. Soul content menitikberatkan pada ciri khas penulis konten. Terutama tentang bagaimana dia menjelaskan konten kreatifnya dengan bahasa yang memikat pembaca.

Dari beberapa Blog yang sering saya kunjungi, penulis yang saya rasa memiliki konten jenis ini adalah Kak Ruth dan Reyne Raea. Setiap konten yang mereka buat itu bersifat personal sekaligus informatif. Membaca tulisan mereka serasa sedang mendengarkan mereka bercerita. Hahahha..

Tak hanya itu, soul konten biasanya juga membuat pembaca bisa mengenali tulisan mereka sebagai tulisan yang berpassion atau sekedar buat mengisi Blognya saja. Bisa dikatakan ini tergantung bobot yang bisa kita tangkap dari artikel mereka ya.

Salah satu Blog yang membuat saya kagum dan tersihir saat membacanya itu memang Blognya kak Reyne. Artikel yang dibuatnya itu selalu ringan, jujur, enak dibaca sekaligus informatif. 🤭🤭🤭 (Kapan saya bisa nulis dengan cara kayak gitu 😭😭😭).

JENIS KONTEN BLOG BERDASARKAN CARA PENULISAN


Setelah kita kita membahas tentang jenis konten berdasarkan sifat yang ditimbulkan, saatnya kita membahas jenis konten berdasarkan cara penulisan. Kira-kira ada apa saja ? :

LISTICLE 


Nama jenis konten ini adalah singkatan dari List-Article. Yaitu artikel yang berbentuk list atau daftar. Jenis konten ini juga sering saya buat karena lebih mudah dan gak perlu banyak penjelasan. Salah satu contoh penulisan bentuk listicle adalah artikel yang sedang kalian baca ini. Hihihi..

Umumnya jenis konten artikel itu memiliki judul yang di awali dengan angka. Misalnya 9 aplikasi Android untuk Blogger, 10 Tips Mengoptimalkan Foto dan Gambar pada Blog, dll.

REVIEW 


Mungkin jenis penulisan ini yang sering digunakan oleh Book Blogger, Beauty Blogger maupun Travel Blogger. Mereka bisa mereview tentang Buku, Make up atau hotel dan resto sehingga membantu pembaca mendapatkan informasi yang diperlukan sebelum membeli atau mendatangi tempat tersebut.

Meski saya bukan ahli dalam hal mereview, tapi saya juga membuat segmen tentang review produk yang berkaitan dengan Journal dan buku. Kalian bisa mencarinya di menu navigasi review 🤭.

TUTORIAL / HOW TO 


Model konten seperti ini juga paling sering saya buat. Selain karena menjadi salah satu konten evergreen, juga karena niche blog ini bersifat praktikal. Oleh karena itu, saya sering membuat artikel yang berbentuk tutorial atau how to.

Beberapa contoh konten tutorial yang pernah saya buat tentang tips Blogging :



Masih banyak cara yang lainnya. Pada intinya kita memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu cara untuk melakukan sesuatu.


10 jenis konten blog yang menarik


INTERVIEW


Kalo teman-teman pernah membaca segmen Inspiring People di Blog ewafebri, berarti kalian sudah pernah membaca artikel dengan jenis interview. 🤭 

Dulu kala saat saya membuat segmen tersebut, gak pernah kepikiran bahwa itu menjadi salah satu jenis konten Blog. Motivasi saya dulu cuma sekedar ingin mengetahui tentang ilmu yang diberikan oleh nara sumber lainnya. Terutama yang masih berhubungan dengan Niche Blog ewafebri. 

KURASI ATAU ROUND UP 


Postingan ini bisa seperti Listicle sebenarnya. Misalnya postingan saya tentang 16 Website Bullet Journal. Jenis kontennya masuk ke dalam Listicle karena memang berisi tentang daftar website sekaligus sedikit kurasi tentang isi website tersebut. 

Atau postingan saya tentang 10 Illustrator di Instagram yang bisa dijadikan rekomendasi untuk belajar illustrasi. Di dalamnya juga berisi tentang apa saja sih ciri khas dari illustrator tersebut. Dengan begitu pembaca jadi tahu sebelum mengunjungi atau mem-follow mereka.

MENGEDIT KONTEN LAMA 


Kalo yang ini aktivitas ngeblog yang paling sering saya lakukan belakangan ini. Meskipun tak ada konten baru, biasanya saya tetap menulis dengan mengedit konten yang lama nie Gaes. 

Ada beberapa alasan kenapa saya melakukan ini : 

  • Namanya website kan terdiri dari kumpulan link. Nah, biasanya dalam satu artikel saya sematkan beberapa internal link maupun eksternal yang berhubungan dengan bahasan yang berlangsung. Biasanya nie ada internal maupun eksternal yang linknya rusak, kasian kan kalo pembaca ngeklik link tapinya muncul Page 404. 😭
  • Karena alasan internal link juga yang memaksa saya harus memperbaiki konten lama. Misalnya saya sematkan artikel tentang tips blogging yang lainnya, eh tapi ternyata isinya acak adul dan bikin bingung yang baca. Inilah kesempatan saya untuk memperbaiki artikelnya. 
  • Beberapa artikel ewafebri yang masuk ke page one saat dilakukan pencarian, ternyata isinya kurang relevan atau tidak lengkap (kurang informatif). Kasian pembaca kalo berharap menemukan informasi yang mereka cari, eh ternyata isinya gak nyambung atau asal-asalan. Ini juga menjadi alasan saya untuk mengedit konten lama. 

Jadi mengedit konten lama mungkin terdengar sia-sia, tapi bagi saya (sekarang ini 🤭) penting untuk memberikan informasi yang lengkap, minimal baik untuk pembaca. Supaya gak merasa bersalah karena unsur click baitnya 🤣🤣🤣🤣. Maklum kan, makin lama kita terjun ke dalam dunia Blogging, membuat saya makin berusaha bijak dan bisa menghargai waktu para pembaca ewafebri. 

VIDEO BLOG (VLOG)


Yang satu ini sedang ngetrend banget nie Gaes. Meski beberapa Vlog menggunakan Platform Youtube, tapi bukan tak mungkin di share di Blog kita juga. Konten ini sangat membantu banget untuk konten tutorial nie, selain kita membaca artikelnya, juga kita bisa tahu secara visual tentang bagaimana melakukannya. 

Saya sendiri juga sering kok memasukkan video ke dalam artikel. Gunanya supaya pembaca juga makin memahami penjelasanya kita.

Ibaratnya tuh ya, kalo artikel kurang nendang, foto kurang berbicara, maka biarkan video yang menjelaskan semuanya. Hahaha.. #bisaAeVva. 

Cara menempatkan video pada postingan kita juga mudah kok Gaes. Kalo untuk Blogpost berikut ini caranya : 

  • Buat artikel dengan bahasan yang kalian inginkan. 
  • Tambahkan video dengan cara mengklik icon berbentuk 🎬 pada dashboard. Iconnya terletak dekat icon image.
  • Nanti akan muncul layar baru dimana kalian bisa mengupload secara langsung, atau mengambilnya dari video youtube. 
  • Jika kalian memilih mengambil dari video youtube, cukup masukan link url video yang sudah kita copy. Nanti akan muncul embedded video pada dashboard. 
  • Berikan informasi secukupnya (credit video jika bukan milik kita) lalu publish.

Mudah kan caranya ? Video akan membuat postingan kita lebih menarik dan jangan lupa yang terpenting kesan informatifnya. 🤭

Itulah 10 jenis konten Blog untuk pemula. Semoga dengan konten tersebut kalian bisa makin kreatif dalam membuat artikel. Dan tentunya makin menarik minat pembaca. Hihihi... 

Nah, kalo teman-teman jenis konten Blog seperti apa yang menjadi favorite ? Dan apa alasannya ? Share di kolom komentar yuk ! 🤭🤭🤭 (Maksa Vva.. !). Jika ingin tahu tentang Tips Blogging lainnya, kalian juga bisa mengakses artikel How To Blog With Bowgels



You May Also Like

0 comments