8 TIPS CARA MEMBUAT REVIEW BUKU PADA BLOG

by - May 22, 2019

tips cara membuat review buku pada blog


Bagaimana cara membuat review buku pada Blog ? Ada 8 Tips yang akan saya sampaikan ini, semoga bisa membantu teman-teman yang pernah mengalami kesulitan seperti saya dulu. Dalam postingan ini saya gak akan membahas tentang cara yang benar dan salah.

Karena setiap pembuat review tentu memiliki cara sendiri untuk menyusunnya. Namun setidaknya dengan pakem yang saya tetapkan sendiri, jadi lebih mudah untuk menyusun reviewnya.  


TIPS MEMBUAT REVIEW BUKU PADA BLOG


Jika sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang konten pilar (sebagai konten ever green), kali ini saya ingin membahas tentang bagaiamana membuat konten review (terutama review buku). Kedua jenis konten ini, sudah pernah saya bahas di 10 Jenis Konten Blog

Membuat review buku sebenarnya bukan hal baru bagi saya. Tapi membuat review dengan cara yang lebih tepat mungkin baru saya lakukan. Hahaha.. Dulu kala, banyak buku yang saya review dengan cara asal. Dan 100% dari hasil review tersebut akhirnya saya kirim kembali ke draft Blog.

KESALAHAN MEREVIEW BUKU


Saat saya mereview dulu, banyak kesalahan yang terjadi. Kesalahan ini berakibat pada minimnya informasi yang saya berikan kepada pembaca. Padahal kan sejatinya mereview buku itu membantu pembaca lain saat ingin mencari rekomendasi buku. Yekan ?

Apa saja kesalahan yang saya lakukan saat pertama kali membuat review buku ? 


  • Tidak ada informasi/data buku. Seperti Judul, Nama Pengarang, Tanggal Terbit Buku, Format, Jumlah Halaman, ISBN, dan genrenya. 
  • Tidak ada awal permulaan kenapa saya membaca buku tersebut. Padahal permulaan bisa menjadi salah satu indikator pembaca akan lanjut membaca reviewnya, atau justru meninggalkan Blog ini. Hihihi
  • Tidak ada penjelasan tentang kesan yang mendalam terhadap buku yang saya baca. 
  • Tidak ada alasan kenapa saya merekomendasikan buku tersebut.
  • Tidak ada rating yang saya gunakan sebagai indikasi seberapa besar pengaruh buku tersebut setelah saya baca. 
  • Tidak ada konklusi / kesimpulan apapun tentang buku yang saya baca.
  • Tidak ada konsistensi dalam membuat review. Misalnya, kadang ada review yang saya tulis panjang (lebih dari 300 kata). Tapi kadang ada juga review yang hanya menampilkan 7 kalimat saja ( review macam apa ini ? duh ).
  • Hanya ada karangan bebas yang tak berstruktur tentang apa yang saya rasakan terhadap buku tersebut.

Setelah mengecek page view, betapa terkejutnya saya, karena masing-masing tulisan yang pernah dibuat, hanya dilihat maksimal 20 orang saja. Sepanjang tahun !


Giphy.com


Whaaaattt ??? Hahaha.. Sekarang saya tahu kenapa orang males baca reviewnya, ya karena reviewnya gak layak untuk dibaca. Hahhaa.. Laba-laba di desktop aja males mampirnya Vva. Hadeh !


ANATOMY REVIEW BUKU


Supaya lancar saat saya membuat review buku, dan tahu apa saja yang akan saya bahas di dalamnya, saya membuat anatomi review buku sebagai pakem dalam menulis.

Dengan menetapkan anatomi seperti ini, membuat saya bisa lebih konsisten dalam menyusunnya. Dan bisa menampilkan informasi yang lebih lengkap dari sebelumnya.


blog tentang review buku dan contoh isinya


Pakem yang saya gunakan ini sifatnya fleksibel kok Gaes. Kalian bisa menambahkan atau mengurangi chapter pembahasannya. Jadi gak mutlak digunakan sama persis seperti saya. Gunakan pakemnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian masing-masing.


Apa saja pakem yang saya gunakan dalam membuat review buku ? 


COVER BUKU

Cara mengenalkan buku yang akan kita review, salah satunya dengan menampilkan gambar covernya. Jadi bisa membantu secara visual bagi yang sedang mencari rekomendasi buku untuk dibaca. 

Hampir semua buku yang berakhir saya baca, karena saya tertarik dengan desain covernya. Walaupun tak sedikit juga yang saya baca karena terprovokasi judulnya. 

RATING REVIEW 


Rating Review adalah nilai yang saya gunakan untuk mengukur seberapa bahagia dan puas saya saat membaca buku tersebut. Tentang pemberian rating ini setiap penulis review tentu berbeda-beda. Hal ini berhubungan erat dengan selera masing-masing saat membaca buku. 

Misalnya saya, kerena penyuka thriller dan fantasy, mungkin review tentang 2 tema ini yang mendapatkan rating lebih tinggi dibandingkan  tema lainnya.

Tapi tak menutup kemungkinan genre teenlith atau percintaan juga mendapatkan rating tinggi. Beberapa hal yang saya gunakan untuk menentukan rating adalah :

  • Gaya bahasa penulisan yang enak dibaca.
  • Proses saat saya membacanya, nyaman atau tidak. Atau rasanya ingin memendam bukunya di bawah bantal ? hihihi... 
  • Manfaat atau moral story yang saya dapatkan saat membaca buku tersebut. Kadang ada beberapa buku yang rasanya " gitu-gitu aja ".
  • Klimak ceritanya. Misalnya setelah membacanya ada kesan yang mendalam banget yang bahkan saya sulit ungkapkan dengan kata-kata. ( ya elaaah Vva.. )

Nilai rating yang saya sematkan dari yang terkecil 1 hingga yang tertinggi 5. Saya menggunakan bintang sebagai penanda jumlah nilai yang saya berikan. Dan berikut ini penjelasan tentang nilai rating yang saya berikan.

Bagaimana sistem rating oleh ewafebri ? 


  • ⭐  : Kategori ini adalah buku yang tidak bisa saya nikmati sama sekali. Entah itu dari segi cerita, alurnya, ataupun alasan lainnya yang akhirnya membuat saya berhenti membacanya. 
  • ⭐⭐ : Kategori ini adalah buku-buku yang tidak sesuai dengan ekspektasiku. Misalnya dari judul nendang, pas bagian cerita bikin migrain.
  • ⭐⭐⭐ : Kategori ini adalah kategori standar. Saya menikmatinya, meski saya tak mendapatkan kesan apapun setelah membaca bukunya. Hambar gitu gaes.
  • ⭐⭐⭐⭐: Kategori ini adalah golongan buku yang saya nikmati proses membacanya. Dan bisa mendapatkan kesan mendalam setelah membacanya. Namun, ada beberapa hal yang menurut saya masih sedikit mengganggu. Seperti contohnya format cerita yang bikin pusing kepala, tapi saya suka banget sama isinya. 
  • ⭐⭐⭐⭐⭐ : Kategori ini adalah golongan buku yang bahkan saya rela untuk membacanya kembali (reread), saking sukanya kebangetan. Biasanya juga merupakan buku yang memiliki kesan dan pesan yang bisa saya implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Catatan penting ! Apabila nilai review yang saya berikan kecil bukan berarti bukunya jelek ya Gaes. Tapi mungkin saya kurang bisa menikmatinya saja. Kalian bisa mencari review lainnya sebagai pembanding sebelum memutuskan untuk membeli atau membaca bukunya.

DATA / INFORMASI TENTANG BUKU


tips membuat resensi buku


Namanya ingin mereview seharusnya memang menampilkan informasi yang lengkap terhadap buku yang akan kita bahas. Dalam data ini saya biasanya menampilkan informasi berikut ini : 


  • JUDUL : Judul buku yang kita review.
  • PENULIS : pengarang bukunya.
  • GENRE : kategori bukunya.
  • TAHUN PENERBITAN : tahun terbit pertama kali.
  • ISBN :  International Standart Book Number (kode pengindentfikasian buku yang bersifat unik).
  • JUMLAH HALAMAN : jumlah halaman buku yang kita review.
  • BAHASA : bahasa yang digunakan buku tersebut.

Itu beberapa informasi yang biasa saya lampirkan saat membuat review buku. Supaya pembaca juga tahu. buku apa yang sedang kita bicarakan.

Kalian bisa memodifikasinya dengan menambahkan beberapa informasi lainnya. Misalnya Format bukunya pdf, ebook atau paperback.

BLURB


Blurb adalah bagian promosi buku yang biasanya ada di bagian sampul belakang bukunya. Biasanya Blurb bisa terdiri dari opini pengarang lainnya yang mempromosikan buku tersebut, Atau penggalan cerita singkat yang ada dalam buku yang kita review.

THE REASON I READ


Bagian ini adalah ulasan tentang alasan saya kenapa membaca buku tersebut. Dan biasanya bagian ini saya manfaatkan untuk membuat kalimat pembukaan supaya pembaca penasaran membaca hingga akhir review.

Sayangnya saya belum mendapatkan formula yang pas untuk membuat pembukaan yang nendang. hahaha.. Oleh karena itu saya belum bisa memberikan tipsnya.

CHARACTER


Karakter adalah ulasan tentang tokoh yang ada pada buku yang kita review. Untuk buku Non Fiksi, biasanya saya tak menyertakan informasi ini. Cukup ulasan informasi yang saya dapatkan selama membaca buku tersebut.

Contoh cara mereview tokoh misalnya tentang fisiknya, umur, kemampuan atau sifat yang dimilikinya. 

MY IMPRESSION


Di bagian inilah saya biasanya mengulas kesan saya terhadap buku tersebut. Mulai dari kesan saya terhadap cover, judul, pengarang maupun informasi yang saya tangkap dari proses membaca buku. 

Selain itu, biasanya saya juga membahas tentang bagaimana perasaan saya terhadap buku tersebut. Apakah senang, bingung, kesal, marah, terinspirasi dll. Biasanya rating yang saya berikan berdasarkan dari ulasan dibagian ini. 

Misalnya saja, saya suka dengan ceritanya namun ada beberapa faktor yang cukup mengganggu saya saat membacanya. Artinya saya gak akan menyematkan 5 bintang sebagai rating.

WHAT I LEARN


Bahasan ini juga menjadi pertimbangan saya dalam memberikan rating pada buku. Apakah saya mendapatkan pelajaran setelah membaca buku ini, atau hanya diwarisi perasaan hampa ? Nah, uraian di sinilah yang bisa menjadi acuan saya.

FAV. QUOTE


Meski setiap buku belum tentu memberikan Quote, tapi pasti ada hal menarik yang bisa kita gunakan sebagai Quote. Biasanya di tahapan ini saya paling suka nie.Karena sebagian Quote bisa jadi panduan kecil dalam kehidupan sehari-hari. Bisa menjadi motivasi untuk hidup kita.

Di bagian ini juga biasanya saya menarik kesimpulan dari apa yang saya baca, sekaligus memberikan kalimat penutup dan call to action untuk membaca review buku lainnya.

KESIMPULAN


Itulah tips bagaimana saya membuat review buku di Blog ewafebri. Dengan punya Format yang pasti seperti ini, memudahkan saya untuk mendapatkan ide bahasannya. Pengalaman sebelum mengunakan format/pakem ini, saya merasa kesulitan untuk mengeluarkan buah pikiran saya. Dan jujur dulu bingung bagian mana yang harus saya bahas untuk di review. 

Setelah memiliki format yang pasti, saya jadi lebih lancar dalam menyusun reviewnya. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini, semoga beberapa tips di atas bisa membantu teman-teman yang ingin menjadi Book Blogger dan mereview buku menjadi Niche Blognya. Jika tertarik membaca atau melihat contoh review saya, kalian bisa mengunjungi halaman ini


HAPPY READING !


You May Also Like

0 comments