9 APLIKASI ANDROID UNTUK BLOGGER

by - February 20, 2019

9 aplikasi android untuk blogger



Jaman sekarang menjadi narablog tak wajib memiliki Laptop. Tetapi jika punya Laptop hasilnya lebih maksimal. Hahaha.. Ada banyak aplikasi yang membantu kita untuk memaksimalkan aktivitas ngeblog. Kali ini saya akan berbagi tips tentang 9 aplikasi android untuk blogger yang handy dan mudah diterapkan. 

9 APLIKASI ANDROID UNTUK BLOGGER


Ada beberapa jenis aplikasi android yang sering saya gunakan untuk melancarkan kegiatan ngeblog. Beberapa diantaranya hampir setiap hari saya gunakan. 

Beberapa aplikasi android untuk blogger berikut ini berdasarkan fungsi yang berbeda. Ada yang digunakan saat proses membuat blog, ataupun untuk memantau aktivitas ngeblog. Apa saja aplikasinya ? 

Google Analytic



google analytic logo



Bagi sebagian orang, gak asing dengan alat (tool) pendukung Blog yang satu ini. Aplikasi ini berfungsi untuk mengontrol performa Blog kita. Tentang dari mana datangnya traffic Blog, tentang artikel apa saja yang disukai oleh pembaca. Bahkan tentang data dari gadget mana visitor kita sering berkunjung. 

Google Adsense




Buat yang sudah gabung sama Adsense, aplikasi ini juga perlu dimiliki. Hihi.. Supaya kita bisa memonitor data tentang data adsense yang sedang berlangsung. Dengan aplikasi ini, kita bisa melihat pendapatan harian kita. Bahkan kita bisa mengecek berapa jumlah Klik adsense yang kita terima. Hahha.. 

Kuy , Click Adsense ! 🤭🤭🤭🤭

Qreducelite




Ada yang pernah ngetes loading time Blog kita ?. Saya sering ngecek kecepatan Blog saya di GTMetrix. Meski nilainya selalu E dan D. Hadeeh ! Gak kapok-kapok tuh ! Karena saya bingung bagaimana cara mengakalinya 🤪. 

Setiap kali saya ngecek di GTMetrix, laporan yang saya terima adalah kurang mengoptimasi resolusi gambar. Mengoptimasi disini bukan memperbesar resolusiya, tapi justru sebaliknya. 

Blog kita ini terdiri dari berbagai macam elemen. Dari gambar, kode Css, Javascript dan entah apalagi. Yang apabila semuanya memiliki file yang besar otomatis membuat Blog kita jadi berat saat dibuka (loading). 

Untuk meminimalisir hal tersebut, salah satu hal yang bisa saya lakukan adalah dengan mengkompres gambar menjadi resolusi kecil. Jika umumnya orang menggunakan tinyjpg.com. Saya memilih aplikasi yang mudah dan bisa saya gunakan dimanapun.

Namanya Qreducelite. Aplikasi android yang bisa membantumu untuk mengubah resolusi gambar lebih kecil dan menjadi ramah untuk Blog kita. Hahaha.. 

Canva





Siapa sih yang gak tahu Canva ? Aplikasi desain dan photo editor yang banyak difavoritin orang. Hahaha.. Jika teman-teman memperhatikan gambar dan illustrasi yang ada di Blog ini, Semuanya itu saya buat menggunakan aplikasi Canva. 

Banyak pilihan template, gratis dan mudah digunakan. Kita cukup mengedit beberapa elemen untuk menciptakan desain baru. Yang biasanya saya buat menggunakan photoshop, sekarang ini bisa saya lakukan dengan bantuan Canva. 

Snapseed




Jika Canva menyediakan banyak macam template, berbeda dengan Snapseed. Snapseed lebih cocok untuk mengedit tampilan foto bukan desain. Seperti adjustment tentang saturasi gambar, shadow, highlight ataupun Brightnessnya

Pada aplikasi Snapseed kita juga bisa menambahkan watermark untuk hasil foto kita loh. Meski banyak pilihan photo editornya, soal ragam desain, tetap Canva juaranya. Hahhaha.. 

Lightroom






Fungsi Lightroom hampir sama dengan Snapseed. Tetapi menurut saya, pilihan editingnya lebih lengkap. Pun kita juga bisa menciptakan preset untuk foto kita, jika ingin menggunakan tone yang sama. 

Bagi saya hasil Lightroom lebih terlihat profesional. Karena setiap pilihan editingnya terlihat perbedaan besar antar sebelum dan sesudah editing. Atau mungkin, itu hanya perasaan Dek Evva saja. Hahhaha.. 

Untuk hasil yang dramatis, saya sarankan untuk mengedit melalui Lightroom. Tapi jika ingin mengedit tentang Brightness, saturation, contrast, dan penambahan watermark, Snapseed lebih mudah digunakan. 

Eraser Background




Aplikasi ini sangat berguna bagi yang hobbi membuat karakter dan ingin menampilkannya di Blog. Biar makin ngehits, sebelum publish, edit dulu di Canva. Kita bisa menambahkan elemen-elemen yang menarik untuk pemanis foto. 

Eraser Background juga aplikasi yang saya gunakan untuk membuat sticker. Karena lebih handy dibandingkan jika saya bolak-balik edit di photoshop. 

Pixabay




Ingin mendapatkan foto yang bisa digunakan tanpa takut disomasi ? Pixabay adalah sumbernya. Selain lewat Web, kita juga bisa mencari memanfaatkan aplikasi android. 

Biasanya saya mencari sumber foto di Pixabay, apabila image di Canva tidak seperti keinginan saya. Hahaha... 

Pinterest




Yang satu ini buat saya sangat bermanfaat sekali. Pinterest bagi saya adalah sumber inspirasi yang tak pernah mati (halaaah). Ada banyak hal yang bisa saya jadikan referensi. Dari mulai illustrasi hingga perihal Blogging. 

Biasanya, jika saya mulai kehabisan ide kreatif, saya sering mencari ide di Pinterest. Selain untuk mendapatkan sumber inspirasi, Pinterest juga bisa menjadi platform kita berbagi. Sama halnya seperti youtube ataupun IG.

Bagaimana Cara Saya Menggunakan Semua aplikasi tersebut setiap harinya ?


Begini proses saya mengedit si Bowgel, adalah sebagai berikut : 

  • Gambar manual menggunakan drawing pen. Khususnya untuk garis luas. Menambahkan warna lain menggunakan marker seperti Koi Brush Pen atau watercolor paint. 
  • Ambil foto dan edit di Snapseed. Tentukan seberapa terang dan contrast yang diinginkan. 
  • Edit lagi di Eraser, untuk membuang backgroundnya. 
  • Finalnya, saya melakukan edit di Canva. Dengan menambahkan elemen yang tersedia dalam aplikasinya. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Hehehe..

Itulah Aplikasi Android Untuk Blogger. Dengan berbagai macam aplikasi yang handy, aktivitas ngeBlog pasti aman terkendali donk ya ? Hahha.. 

Kalo teman-teman biasanya menggunakan aplikasi apa di Androidnya ? Share di kolom komnetar yuk ! Biar kita bisa sama-sama belajar ngeBlog bareng. Hehehe...




( Resource gambar logo dari google )

You May Also Like

45 comments

ANNOUNCEMENT


Hi Gaes ! Pengumuman Singkat aja nie.. !

Berhubung sekarang saya memiliki Blog khusus tentang Art, maka Art Therapy Idea gak akan saya posting di sini lagi. Saya akan membuat postingannya ewafebriart.com.

Blog ini khusus untuk Journaling, Buku Dan Self Development saja. Terima kasih atas perhatiannya.