DIGITAL | 6 CARA MUDAH MENENTUKAN NICHE PADA BLOG

by - October 03, 2018

How To Create Niche Blog


Salah satu hal dasar dalam membangun sebuah blog, menurut beberapa ahli tentang blogging adalah adanya Niche pada blog kita. Benarkah ?

NICHE BLOG ADALAH.. 


Niche sendiri adalah topik atau tema tertentu yang kita usung untuk membuat blog kita lebih mudah di cari pada mesin pencari atau SEO.

Memiliki Niche itu banyak keuntungannya buat saya, selain Adsense saya mudah disetujui, juga karena saya mudah nyari ide buat materi konten.

Bagi teman-teman yang bingung  bagaimana mendapatkan Niche Blog, saya akan membagikan beberapa cara sesuai pengalaman saya dalam menentukan niche blog untuk ewafebri.com .

Bagaimana cara menentukan Niche Blog ? 


  • Tentukan Niche Blog sesuai dengan Hobbi dan minat kalian. Misalnya, karena saya suka menggambar dan bullet journal, saya membuat niche blog yang berhubungan dengan hobi saya tersebut. Biar mudah mendapatkan ide kontennya. Hehe..
  • Tentukan Niche Blog dari apa yang sedang kalian pelajari. Salah satu cara belajar ya dengan berbagi apa yang kita ketahui ke orang lain. Itulah kenapa saya menggunakan tema Self Development atau Personal Development sebagai Niche saya juga. Karena selain saya berbagi pengalaman yang pernah saya lalui, saya juga sedang belajar memahami dan memperdalam materi tersebut. 
  • Tentukan Niche yang kamu memang ahli dan mahir didalamnya. Misalnya tentang Blogging (bukan niche saya ini mah ya.. hahhaa.. ), Fashion, Beauty blogger dll.
  • Tentukan Niche yang bisa kalian jadikan Branding. Jika kalian memiliki usaha (produk maupun jasa), akan lebih memudahkan pemasarannya jika niche blog kalian berhubungan dengan produk dan jasa yang kalian miliki. 
  • Tentukan Niche Blog dari topic umum yang paling diminati. Misalnya Traveling, Meal Planning, Finansial, lifestyle dll.
  • Tentukan Niche Blog dari hal yang ingin kalian populerkan atau kenalkan pada masyarakat. Misalnya blog saya ini, ingin memperkenalkan Bullet Journal dan printilannya ke Indonesia. Hahaha.. 




Tips lainnya dari saya : 


  • Ketika pertama kali membuat blog, usahakan menentukan niche blog kalian terlebih dahulu (ini kesalahan pertama yang dulu saya lakukan, gak punya niche). Terutama jika kalian ingin mendapatkan ijin dari adsense. Tujuannya agar adsense mudah menaruh iklan apa yang cocok untuk blog kalian. 
  • Jika adsense sudah setup, kalian bisa memperlebar ruang gerak niche dengan menambahkan topik atau tema yang masih bersangkutan ya.. Misalnya : awal meredesign blog ini, saya menggunakan bullet journal sebagai Niche utama, karena makin kesini ruang eksplorasinya menyempit, saya menambahkan produktifitas, self development, kreatifitas yang masih ada hubungannya dengan bullet journal. 
  • Tentukan niche yang meskipun banyak peminatnya kalian harus punya ciri khas sendiri. Apalagi topik-topik populer. Kalian bisa mensiasati dengan gaya bahasa penulisan atau sudut pandang cerita yang berbeda dari blogger lainnya (sulitnya memilih topik yang populer ya.. ? Banyak saingannya.. hiks.. )

Dari beberapa ide pembuatan Niche Blog , manakah yang menurut kalian mudah digunakan ? Hehee.. ! Bagi teman-teman yang merasa sulit menentukan Niche Blog dan ingin membuat Niche pada blognya, semoga postingan ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan Niche yang sesuai dengan apa yang kalian minati. 

HAPPY BLOGGING ! 

You May Also Like

10 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..