DIGITAL | 6 CARA MUDAH MENENTUKAN NICHE PADA BLOG

by - October 03, 2018

How To Create Niche Blog


Salah satu hal dasar dalam membangun sebuah blog, menurut beberapa ahli tentang blogging adalah adanya Niche pada blog kita. Benarkah ?

NICHE BLOG ADALAH.. 


Niche sendiri adalah topik atau tema tertentu yang kita usung untuk membuat blog kita lebih mudah di cari pada mesin pencari atau SEO.

Memiliki Niche itu banyak keuntungannya buat saya, selain Adsense saya mudah disetujui, juga karena saya mudah nyari ide buat materi konten.

Bagi teman-teman yang bingung  bagaimana mendapatkan Niche Blog, saya akan membagikan beberapa cara sesuai pengalaman saya dalam menentukan niche blog untuk ewafebri.com .

Bagaimana cara menentukan Niche Blog ? 


  • Tentukan Niche Blog sesuai dengan Hobbi dan minat kalian. Misalnya, karena saya suka menggambar dan bullet journal, saya membuat niche blog yang berhubungan dengan hobi saya tersebut. Biar mudah mendapatkan ide kontennya. Hehe..
  • Tentukan Niche Blog dari apa yang sedang kalian pelajari. Salah satu cara belajar ya dengan berbagi apa yang kita ketahui ke orang lain. Itulah kenapa saya menggunakan tema Self Development atau Personal Development sebagai Niche saya juga. Karena selain saya berbagi pengalaman yang pernah saya lalui, saya juga sedang belajar memahami dan memperdalam materi tersebut. 
  • Tentukan Niche yang kamu memang ahli dan mahir didalamnya. Misalnya tentang Blogging (bukan niche saya ini mah ya.. hahhaa.. ), Fashion, Beauty blogger dll.
  • Tentukan Niche yang bisa kalian jadikan Branding. Jika kalian memiliki usaha (produk maupun jasa), akan lebih memudahkan pemasarannya jika niche blog kalian berhubungan dengan produk dan jasa yang kalian miliki. 
  • Tentukan Niche Blog dari topic umum yang paling diminati. Misalnya Traveling, Meal Planning, Finansial, lifestyle dll.
  • Tentukan Niche Blog dari hal yang ingin kalian populerkan atau kenalkan pada masyarakat. Misalnya blog saya ini, ingin memperkenalkan Bullet Journal dan printilannya ke Indonesia. Hahaha.. 




Tips lainnya dari saya : 


  • Ketika pertama kali membuat blog, usahakan menentukan niche blog kalian terlebih dahulu (ini kesalahan pertama yang dulu saya lakukan, gak punya niche). Terutama jika kalian ingin mendapatkan ijin dari adsense. Tujuannya agar adsense mudah menaruh iklan apa yang cocok untuk blog kalian. 
  • Jika adsense sudah setup, kalian bisa memperlebar ruang gerak niche dengan menambahkan topik atau tema yang masih bersangkutan ya.. Misalnya : awal meredesign blog ini, saya menggunakan bullet journal sebagai Niche utama, karena makin kesini ruang eksplorasinya menyempit, saya menambahkan produktifitas, self development, kreatifitas yang masih ada hubungannya dengan bullet journal. 
  • Tentukan niche yang meskipun banyak peminatnya kalian harus punya ciri khas sendiri. Apalagi topik-topik populer. Kalian bisa mensiasati dengan gaya bahasa penulisan atau sudut pandang cerita yang berbeda dari blogger lainnya (sulitnya memilih topik yang populer ya.. ? Banyak saingannya.. hiks.. )

Dari beberapa ide pembuatan Niche Blog , manakah yang menurut kalian mudah digunakan ? Hehee.. ! Bagi teman-teman yang merasa sulit menentukan Niche Blog dan ingin membuat Niche pada blognya, semoga postingan ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan Niche yang sesuai dengan apa yang kalian minati. 

HAPPY BLOGGING ! 

You May Also Like

10 comments

  1. Kalau kita merasa minat kita banyak, dan kita sedang tertarik mempelajari banyak hal, gimana kak? Menurut aku, niche juga bisa dibikin/difokuskan ketika blog sudah berjalan. Jadi gak harus diputuskan membuat niche apa saat baru bikin blog. Nanti bakal ketahuan seiring berjalannya waktu, topik apa yang banyak dipublish. Kalau kita punya banyak waktu dan banyak minat, bikin blog yang banyak. Hehe. Pendapatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul saya pun dulu juga begitu, isinya macem-macem banget. Hihi... Ngeblog dr 8 tahun lalu tapi baru pake niche 2 tahun belakangan. Dan bedanya jg cukup signifikan.. hihi.. terutama pada traffic blog.

      Dan yang paling sering di datangi kalo diliat dari Google Analytic justru tema yang serupa.. makanya 2 tahun lalu langsung meredesign blog secara total.. hihi..

      Delete
  2. Lifstyle gado2 kayaknya cz pas awal ngeblog ga dipikirin juga sih ngalir gitu aja semua suka hahah yang penting ga menua tanpa karya ya mba 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mbak.. cuma sekarang lebih fokus ke bujo sama art karena memang 2 hal itu yg minati.. tapi sebenernya kalo diliat-liat isinyapun tetep rame.. hahaha.. ada review buku, pengalaman pribadi, dll. Bahkan ada yg lifestyle juga. Tapi semenjak pake Niche emang hasil signifikan sih mbak.. terutama di Traffic sama SEO .. kayak kalo nyari Bullet Journal Indonesia gitu, bisa langsung muncul. Walaupun gak paling utama. Hahaha..

      Delete
  3. Hmm...saya malah nemu niche setelah berjalan duluan. Maunya niche parenting tapi masih ada gado-gadonya.

    Cuma sekarang bisa melihat niche saya mau ke mana setelah melihat perkembangan terakhir. Halah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dapet niche setelah 6 tahun ngeblog mbak.. hihi. Dan baru 2 tahun ini pake Niche. Jadi udah 8 tahun, dan traffic menggilanya memang baru 2 tahun ini.. sebelumnya dr tracking pribadi kayaknya.. hahahha.. duuuuh..

      Delete
  4. Dulu sampai sekarang blog utama saya yang di-GA isinya macem2 nggak ada niche-nya sama sekali hahaha. Cuma emang sejak dulu sudah punya blog berniche macam blog travel, blog puisi dan blog foto misalnya :D

    Sekarang blog utama mau dibikin blog ber-niche udah malas sayanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting hasrat menulis tersalurkan ya mbak.. hahaha..

      Delete
  5. Hemmmm,,,, Buat Nice nya ok.
    Mau nulisnya yang kadang Mood kadang ngak Blas,, dah tuh.
    Seneng baca tulisan2 temen-temen yang super ceria,, hehe

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏