TIPS MEMBUAT KONTEN INTERVIEW UNTUK BLOG PERSONAL

by - August 09, 2019

cara membuat konten interview untuk blog


[Start Your Day With Ewafebri] Tips membuat konten interview untuk pemula. Konten berbentuk interview tak hanya digunakan untuk website portal berita. Bahkan Blog personalpun bisa memanfaatkannya.

Seperti apa sih bentuk konten interview ? Dan bagaimana cara menyusunnya ?

TIPS MEMBUAT KONTEN INTERVIEW UNTUK BLOG PERSONAL


Postingan berbentuk interview memang jarang kita temui di Blog personal. Karena memang umumnya Blog personal menggunakan story telling dalam menyampaikan informasinya. Tapi tak ada salahnya loh kalo kita ingin membuat konten interview juga.

APA SIH KONTEN INTERVIEW ?


Konten Interview adalah bentuk konten blog di mana di dalamnya ada tanya jawab atau interview antara nara sumber dan pembuat konten, dalam hal ini bisa jadi pemilik Blog.

Materinya bisa berupa apa saja yang menarik dibicarakan. Terutama yang berhubungan dengan niche Blog yang kita miliki.

SIAPA SAJA YANG MENJADI NARA SUMBER ?


konten interview pada blog


Wah saya rasa bisa siapa saja, bahkan buah hati kita. Misalnya saja cerita si kecil di buat postingan dengan format interview. Hihihi..

Kalo mau lebih afdol lagi, nara sumbernya adalah orang yang sesuai dengan Niche Blog kita. Atau siapapun lah, asal beliau bersedia menjadi nara sumber. Hahaha..

MENGAPA MEMBUAT KONTEN INTERVIEW ?


Selain untuk variasi dalam Blog kita, konten interview juga bisa berfungsi untuk menyampaikan opini nara sumber secara langsung terhadap materi kita.

Penulisan interview ini boleh diedit oleh pembuat konten dengan tujuan untuk menyempurnakan tulisannya, tapi jangan sampai mengubah makna opininya. Contoh pengeditan adalah edit typo, atau tatanan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh pembaca.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK MEMBUAT KONTEN INTERVIEW ?


Bisa kapan saja, tergantung kebutuhan kita. Dulu saat awal membangun Blog ini, saya membuat konten interview minimal 1 kali dalam sebulan.

Mengingat sekarang nara sumber sulit ditemukan saya tidak memberikan batasan waktu tertentu. Kalo ada yang mau jadi nara sumber, baru saya buat kontennya. hihihi..

CARA MEMBUAT KONTEN INTERVIEW


gif dari slothilda dot com


Ada beberapa pilihan cara untuk membuat konten interview. Kalian bisa langsung menginterview nara sumber, atau via digital seperti messenger, email, dll.

Saat saya membuat konten interview dulu, saya memanfaatkan email sebagai medianya. Karena hampir semua nara sumber saya berasal dari luar kota. Bahkan ada yang dari luar negeri. Contoh Konten Interview kalian bisa menjelajah ke menu Inspiring People.

Buat teman-teman yang ingin mencoba membuat konten interview, berikut ini saya akan berikan tips bagaimana membuat konten interview dengan mudah :


  • Tentukan topik dan materi yang ingin dibahas.
  • Carilah nara sumber yang sesuai dengan bahasan yang akan kamu buat. Biasanya saya mencari nara sumber satu bulan sebelum saya membuat postingannya. Dengan begitu kita punya waktu untuk menyusun pertanyaan dan mengedit postingan sebelum di publish.
  • Buat brainstorming materinya atau pertanyaan yang ingin ditujukan kepada nara sumber. 
  • Kirim pertanyaan kepada nara sumber melalui email atau media lainnya. Biasanya saya memberi waktu 2 minggu untuk nara sumber memberikan balasannya. 
  • Setelah mendapatkan balasan dari nara sumber, edit tulisannya untuk menjadi postingan Blog. Jangan lupa sertakan gambar, supaya makin lengkap dan menarik. 
  • Buat schedule atau langsung publish jika menurut kalian sudah ok.
  • Sebelum di share ke media sosial lainnya, beritahukan lebih dulu kepada nara sumber tentang hasil akhir tulisan kita. Tanya apakah ada bagian yang membuat mereka merasa keberatan. Jika sudah fix, bisa langsung disebarkan. 

Mudahkan cara membuatnya ? Yang pasti, sebelum artikel kalian di share ke khalayak/dipublish pastikan untuk konfirmasi lebih dahulu ke nara sumber.

Hal ini menghindari kesalahpahaman yang terjadi kelak, dan juga untuk memastikan bahwa apa yang kita sampaikan kepada pembaca adalah benar adanya sesuai dengan apa yang disampaikan oleh nara sumber. 

Apakah kalian tertarik untuk membuat konten interview ? Hihihi.. Usahakan membuat konten Blog yang berubah-ubah supaya postingan kita makin kaya akan keberagaman dan tentu saja menarik minat pembaca. Hahaha.. 

Sekian tips Blogging dari saya, semoga ke depannya ada tips yang lainnya bisa lebih menarik lagi.

Owh iya, kalo kalian ingin mendapatkan update artikel langsung ke inbox email kalian, caranya gampang kok. Bisa langsung Sign Up Here. Setiap Minggu akan ada kiriman update Blogpost terbaru langsung ke email kamu. 



HAPPY BLOGGING !


You May Also Like

0 comments