CARA MEMILIH GAYA BAHASA PENULISAN BLOG

cara memilih gaya penulisan blog


Membuat artikel di Blog berbeda dengan membuat tulisan di buku. Terutama tentang gaya bahasa penulisan. Menyusun sebuah buku, paling tidak harus menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. Sementara menulis artikel Blog, bisa menggunakan gaya bahasa formal atau personal, bahkan keduanya. Kali ini saya ingin bercerita singkat tentang bagaimana saya memilih gaya bahasa penulisan. 

MEMILIH GAYA BAHASA PENULISAN 


Pertama kali membuat Blog saya menggunakan gaya bahasa yang terkesan acak adul. Rasanya saat ini pun masih sama, akan tetapi lebih mudah dipahami. Hihihi.. Suatu hari saya penasaran, kenapa kok Blog saya gak ada yang mengunjungi ? Kecuali saya sendiri. Jangan berharap ada yang ninggalin komentar, bahkan si Robot aja gak mau mengindexnya. Gerah dengan keadaan ini (halaaaah), akhirnya saya mencari solusi.

Saya mulai bergerilya mencari jawaban dari rasa penasaran di belantara jagad maya. Akhirnya saya menemukan beberapa artikel terkait masalah ini. Dari beberapa artikel yang saya baca, selalu menyebutkan bahwa " salah satu tips supaya Blog dibaca robot Google adalah penggunaan gaya bahasa yang tepat ". Beruntung juga saya menemukan tips tentang gaya penulisan blog di Blog teknologiraf.com.



blogging corner ewafebri



RELASI GAYA BAHASA DAN MESIN PENCARI


Lah kok peduli amat sama robot sih Vva ? Harusnya mah peduliin perasaan sendiri ! hih !


  • Jadi begini, 五 jika tujuan ngeBlog kita supaya bisa bermanfaat untuk orang lain, artinya kita ingin orang lain membaca apa yang kita tulis, yekan ?
  • Dari mana orang tahu apa yang kita tulis ? Selain dari sharing di media sosial, tentunya dari mesin pencarian.
  • Kemudian, bagaimana tulisan kita bisa muncul di mesin pencarian ? Jawabannya karena terindex oleh Robot Google
  • Bagaimana  Robot Google bisa mengenali tulisan kita ? Maka akan kembali ke cara gaya bahasa penulisan kita. Hihihi.. Kan.. kan... ? Seperti rantai kan ? 



rantai artikel


MENCARI GAYA BAHASA YANG COCOK 


Berdasarkan hubungan tak berujung tersebut, akhirnya saya menggunakan gaya bahasa penulisan seperti saat ini.  Semi Formal !

Kenapa kok Semi Formal ? Alasannya sebagai berikut :


  • Supaya terbaca oleh si Robot, dan bisa dipahami oleh pembaca.
  • Saya tidak menggunakan bahasa yang formal banget, mengingat ini adalah Blog, bukan portal berita. Hahaha.. 
  • Supaya lebih personal gitu Gaes. Agar gak terlalu kaku, jadi lebih enak dibacanya. 
  • Bahasa semi formal juga memudahkan saya ketika pas pingin curhat colongan. kan gak lucu seandainya saya curhat menggunakan gaya bahasa terlalu baku. Hahaha.. Kesan sedih dan lucunya jadi hilang. 
  • Saya bukanlah orang yang terlalu serius. Jadi jangan heran terkadang bahasa di sini serasa " bantet ". baku gak, kasual juga gak. pokoknya beginilah adanya.

Oleh kerena itu, kenapa saat ini saya sering mengedit konten lama, salah satu jawabannya adalah untuk memperbaiki gaya penulisan. Sebagian orang berpendapat bahwa konten lama tak seharusnya diedit, karena bisa menjadi alat ukur progress kita dalam menulis.

Tapi bagi saya penting untuk memberikan informasi yang lengkap bagi pembaca. Apalagi belakangan ini saya sering banget membuat internal link pada Blog ewafebri. Sangat disayangkan apabila informasi yang saya sajikan tidak lengkap dan uptodate.

Selain itu menurut Google Search Console, untuk meningkatkan performa Blog, sebisa mungkin artikel itu deskriptif dan komplit. Itu sebabnya, saya mulai memperbaiki isi konten dalam setiap postingan yang ada.

Baca Juga : MENGEMBALIKAN SEMANGAT MENULIS YANG HILANG 

Bagaimana dengan gaya penulisan kamu ? apakah kalian memiliki tips khusus untuk menciptakan gaya bahasa sendiri ? Share yuk, gaya bahasa penulisan seperti apa yang ingin kalian gunakan dan kenapa memilih gaya bahasa tersebut ? Blog memang tentang menulis tapi gak ada salahnya kita juga memperhatikan hal yang akan membantu meningkatkan performa Blog kita.

Buat teman-teman yang ingin belajar tentang ngeBlog, bisa baca tentang HOW TO BLOG WITH BOWGELS !. Di sana kalian akan menemukan kumpulan artikel yang berhubungan Tips Blogging.


blogging with bowgel




Post a Comment

25 Comments

  1. Saya malah bingung mbak pakai gaya bahasa apa, yg penting saat ini berusaha tetap konsisten update artikel,.......
    Edit artikel lama emang penting sekali biar kwalitas blog semakin bagus, cuma terkendala malasnya itu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. dulu mah bahasanya memang "terlalu kasual". Enak untuk dibaca, tapi kurang asik untuk SEO. hahaha...

      Delete
  2. Gaya bahasa dalam menulis ini penting, Mak Bowgel ya hehehe, terutama jika ingin bisa dikenal oleh Robot Google. Saya sendiri lebih suka ke gaya menulis kreatif *duh ileh istilahnya* jadi menggabungkan banyak hal di sana antara serius dan bercanda, antara baku dan tidak baku; kebanyakan tidak bakunya hahaha. Dulu tulisan saya, setelah saya baca lagi, mungkin banyak yang tidak paham. Berjalannya waktu, sering menulis artikel untuk koran maupun untuk pos blog, saya sadari bahwa perkembangan dan kemajuan menulis itu memang tidak didapat sekejap mata. Termasuk tanda baca, huruf miring, kapan menggunakan semua huruf besar, and so on :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah terbesar saya dalam menulis itu 80% adalah kosakata. Entah kenapa, kadang tulisan saya itu belibet gitu loh..

      Delete
  3. Ternyata gaya bahasa penting juga yah mbak. Saya selama ini tidak memperhatikan gaya bahasa di blog tapi klu diperhatikan gaya bahasa di blog saya kurang lebih sama dengan gaya bahasa mbak Evva deh, maksud saya semi formal juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semi formal paling favorite buat kita ya. Hahaha.. Biar personalnya dapet plus masih terbaca oleh Google juga.

      Delete
  4. Sama, kak. Jadinya postingan lama ada yang dikembalikan ke draft dan ada yang tetap dipublikasikan namun sudah diedit gaya bahasanya, hehe. :"D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. ! Saya juga hampir tiap hari ngedit tulisan. Meski gak ada postingan baru, tapi hampir setiap hari saya memperbaiki tulisab yang ngacak adul.

      Delete
  5. (((portal berita))) hahahha
    Ya Allah, aku ki wes embuh wes gaya bahasa tulisan di blog acak adut. gak konsisten banget.
    dan ya... ku tak sadar kalo gaya bahasa mempengaruhi robotnya mbah google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata berpengaruh. Itulah kenapa belakangan artikel saya bisa ke index dengan cepat sama Google

      Delete
  6. entah saya pakai bahasa apa ya yang jelas bahasa manusia hehe, tapi saya lebih suka baca baca blog yang gaya bahasanya seperti blognya mbak evva :D santai asik tapi tetap dapat informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak memang pake bahasa kasual sebenarnya, tapi ya gitu, kadang si robot gak paham bahasanya. Hahaha..

      Delete
  7. Yap semi formal favorit oleh para blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju ! Karena kesan personalnya dapet, kesan formalnya pun dapet.

      Delete
    2. Dan bisa lebih santai dibacanya.

      Delete
  8. Entah gaya bahasaku sudah bener apa belum ya mbak... oh ya mbak, apakah blog ku ini bisa dibuka oleh mbak Evva ?
    Karena saya newbie dalam beginian ... aahahahaha....
    Makasih mbak Evva

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semangat ! Semoga bisa tetap konsisten menulis ya ? 弘

      Delete
  9. Gaya bahasa saya? Hem, saya sangat peduli pada kaidah penulisan karena peminat bahasa. Meskipun demikian, saya berupaya agar enak eibaca dan dipahami orang lain. Tidak mudah memiliki gaya bahasa yang baik itu, harus berproses panjang dan butuh kesabaran.. Untuk blog memang semi formal yang paling sering dipakai agar penulis dan pembaca sama nyaman. Saya setuju dengan komen Nonamuda Tuteh soal memperhatikan kaidah penulisan, tanda baca, huruf miring, dan lainnya. Baru tahu robot google akan merayap juga untuk soal itu, ha ha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Makanya saya sering berkunjung ke Blognya mbak Rohyati. Biar bisa menulis dengan benar. Meski ya tetep belum banyak perubahan. Hahaha..

      Delete
  10. Saya ga bsa mendefinisikan gaya Bahasa saya dalam mengisi blog deh...Sepertinya saya sangat formil dengan mengikuti aturan SPOK..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus berarti mbak. Saya harus banyak belajar tentang penulisan. Terutama tentang alur dan kosakata.

      Delete
  11. wah keren juga nich tipsnya, bisa jadi inspirasi untuk membaut blog jadi lebih menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kakak.. semoga makin tambah kece ya..

      Delete
  12. Kok saya bodo amat ya sama si Robot Google :v. Diindex ya syukur, gak diindex ya sudah. HAHAHAHAHA.

    Gue nulis pake bahasa sehari-hari gue aja. Kadang, kalo disuruh nulis pake gaya bahasa selain yang gue pakai sehari-hari suka kesulitan :D. Yang penting, tanda baca dan EYD, dan mayoritas bahasa yang dipake bisa dimengerti pembaca. Haha :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 五五五五 dulupun saya juga begitu kak. Tapi semenjak saya punya target minimal tulisan saya dibaca oleh orang lain, mau gak mau salah satunya optimasi SEO. Jaman dulu sih gak punya target yang penting nulis. Kalo sekarang, meski belum menghasilkan uang, minimal ada yang bersedia membaca aja. 突五五五五五

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya..