DIGITAL | CARA MUDAH MENAMPILKAN WIDGET BLOGSPOT PADA VERSI GAWAI (MOBILE VERSION)

by - November 06, 2018


cara menampilkan widget mobile version pada blogspot


Bagaimana cara menjadi Blogger zaman now ? Jawabannya dengan terus mengupdate Blog kita tentunya. Digital Corner saya Minggu ini adalah tentang bagaimana menampilkan widget yang kita miliki menjadi Mobile Friendly. 

Terjun dan serius mengelola Blog ternyata banyak hal yang harus saya pelajari. Kadang suka iri kalo pas Blog Walking trus menemukan Tampilan Blog yang enak dan bikin betah. Entah karena tampilan layoutnya, contentnya yang berkualitas atau karena seru baca komentarnya. Hihi..

***

CARA MUDAH MENAMPILKAN WIDGET BLOGSPOT PADA VERSI GAWAI (MOBILE VERSION)



Udah gak bisa dipungkiri kalo namanya mobile phone atau telpon genggam menjadi alat yang paling sering digunakan oleh orang untuk mencari informasi di Internet. Dari Data Google Analytic saya, di Bulan November hampir 60% lebih pembaca blog ini menggunakan telpon genggamnya sebagai alat pencari informasi, di susul kemudian yang menggunakan desktop dan yang paling terakhir, pengguna tablet.


Data viewer google analytic


Yang menjadi masalah nie Gaes, kalo informasi yang kita tampilkan pada versi desktop (web version) gak ikutan muncul pas kita browsing menggunakan telpon genggam (mobile version). Padahal pengguna terbesar kan menggunakan telpon genggam. Salah satu contoh, misalnya jika saya menggunakan template yang bukan bawaan blogger, ada beberapa widget yang gak mau muncul ketika kita buka lewat telpon genggam. Widget Categorries, About Me, atau third party lainnya, semisal Affiliate link yang kita buat menggunakan widget html. Lah kan sayang ya ? Kalo widget-widget ini gak tampil di versi mobile kita sementara dia sangat berguna bagi kita semua (Hihihi.. ).

Barangkali bagi sebagian blogger, banyak widget gak penting. Yang terpenting adalah konten yang berkualitas, tapi juga jangan dilupakan bahwa widget juga berperan membantu pembaca kita untuk menemukan informasi yang mereka cari. Contoh kasus misalnya :


  • Sang Blogger membagikan postingan lamanya di sosial media lagi. Karena belum sempet baca, kita cukup tahu aja nie bahwa si Blogger tadi sudah membagikan informasi yang menurut kita menarik untuk dibaca. Kemudian, saat kita memiliki waktu senggang, mampir blog walkinglah kita ke Blognya si Blogger. Eh tapi ternyata, informasi yang ingin kita baca gak terlihat di feed (Home) nya dia. Yang muncul hanya beberapa postingan dia yang terbaru. Nah, sayangnya nie, di tampilan Blognya si blogger gak ada Top Navigation, apalagi gak ada widget kategorinya. Lah trus kita bingung mau nyari kemana ?. Harus masuk ke web versionnya dulu, kalo gak harus nyari di Older Postnya. Yah... kan jadi ribet yak.. ? Niat pingin baca, jadi ilang. Walhasil Cari informasi ke Blog yang lain. Nah, Supaya kasus kayak gini gak terjadi, sebagai pemilik Blog, kita harus mencoba memberikan kemudahan bagi pembaca kita dengan menampilkan kategori atau navigasi yang ada dalam Blog kita. 


  • Ada lagi kasus lainnya. Misalnya kita sebagai publisher affiliate link. Jika kita menggunakan Adsense, kita gak perlu kuatir karena adsense kalo kita setup otomatis, akan tampil dengan sendirinya di web version atau mobile version. Beda dengan affiliate link. Kira harus menempatkan tempat khusus dan mensetupnya sendiri. Nah.. pada saat kita liat di web version. Affiliatenya muncul, lah pas kita liat di Mobile version kok dia menghilang ? Hiks.. padahal pembaca terbanyak kan dari mobile version, artinya kemungkinan diklikpun juga berkurang. Nah yang seperti ini yang harus kita cari jalan keluarnya. Hihi... Biar ada kemungkinan link kita digunakan gitu Gaes.
  • Kasus lainnya misalnya kita tertarik banget sama artikel si Blogger nie, tapi kok gak ada rekomendasi artikel menarik lainnya ? Karena kadang beberapa template hanya memperlihatkan tumbnail gambar tanpa snippet pada feed homenya, kita jadi gak tahu kalo si Blogger punya banyak artikel menarik. Padahal kalo kita kunjungi via web, ternyata dia punya widget tentang Popular post atau Recent Post di sidebarnya. Sayangnya rekomendasinya gak muncul via mobile version. 

Nah, kasus-kasus kayak gini kan sayang banget kalo terjadi. Kadang malah meningkatkan bounce ratenya karena kita udah keburu ninggalin blognya sebelum browsing yang lainnya. Gak semua begitu sih, kalo niat ngubek-ngubek ya bisa aja klik sana, klik sini. Tapi kadang gak semua orang mau melakukannya. Hehhee.. 

Baca juga : REDESIGN BLOG

Bagamana cara menampilkan  para  widget ini pada mobile version di platform blogspot ?


Caranya gampang banget kok Gaes, kita cukup menambahkan kode pada html kita. Berikut tahapannya :

  • Sign In ke account Blogger kamu. 
  • Setelah masuk Dashboard cari menu Theme. Menu yang terletak di atas Setting. 

  • Kemudian Klik. Kalian akan mendapati tampilan seperti di bawah ini. Pilih bagian Edit Html.


  • Kalian akan mendapati beberapa pilihan menu, ada Jump To Widget , Edit Html, Save Htlm, back. Pilih yang Jump To Widget. Jika kalian klik tombolnya, akan nampak beberapa nama widget yang kalian miliki. Pilih widget mana yang ingin kalian tampilkan pada mobile version. Lalu klik. 


  • Setelah pencet tombol klik, kalian akan dibawa ke bagian dimana html widget ini berada. Perlu digarisbawahi, jika widget yang kalian miliki sudah ada namanya, akan mudah untuk dicari. Misalnya Recent Post, Categories, tapi jika belum kita beri nama, maka yang muncul namanya adalah " html1 ", " html2" dst. Bagaimana cara menentukan nama Html yang kita maksud ?. Liat bagian tampilan pada sidebar. Cara widget yang sudah ada namanya sebagai patokan. Kemudian urutkan, misal html1 terletak dibawah widget popular post, nah kita bisa kira-kira html1 itu widget tentang apa.. ? (Sesuai widget kalian sendiri, misalnya newsletter dll). 


  • Setelah mendapatkan pilihan widget yang ingin kita tampilkan (contohnya adalah widget Top Navigation) cari kode locked="false" title="". Nah.. diantara kode Locked dan Title, kita selipkan kode mobile="yes". Kemudian save theme. 


  • Masih pada menu theme, coba cek mobile version. 


  • Pilih Yes untuk mobile version, kemudian pilih Custome untuk menampilkan layout pilihan kita yang sesuai desktop version. 



  • Dengan proses yang sama, gunakan untuk widget yang lainnya. Save Tempate and You're Done !. 


Gampang kan bikinnya ? Hihi.. kalian hanya tinggal menambahkan kode mobile="yes" untuk masing-masing widget yang ingin ditampikan di mobile version. 

Sekian Blogging Tips hari ini, semoga postingan ini bisa membantu rasa penasaran teman-teman, kok widgetnya bisa muncul di mobile version. Dan semoga postingan ini juga bisa membantu kalian mempercantik tampilan Blognya Hihihi..


©ewafebri


HAPPY BLOGGING ! 



You May Also Like

2 comments

  1. Save ahhh, udah lama gak pernah utak atik HMTL kayak gini. dulu awal memutuskan serius ngeblog, saya ngabisin berhari-hari hanya demi percantik tampilan blog melalui kode HMTL.
    Sampai akhirnya suatu ketika, lupa save template yang ada, trus sala masukin kode, langsung kacau hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi emang ngabisin banyak waktu kalo diseriusin ya mbak.. ? Hihi.. Tapi kadang serunya juga ada dalam kenjlimetan mengurai html. Walaupun kalo gagal sering mules. 😭😭😭

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏