5 TIPS MEMBUAT PERMALINK AGAR SEO FRIENDLY DI BLOGSPOT

by - May 15, 2019

tips membuat permalink agar seo friendly


Permalink atau singkatan dari permanent link adalah tautan permanent yang biasanya kita gunakan sebagai alamat dari artikel kita. Sayangnya banyak orang yang kurang menyempurnakan tatanan permalink mereka. Sehingga hasilnya kurang seo friendly.

Padahal dengan mengoptimalkannya, artikel kita bisa lebih mudah di ketahui oleh SERP. Bahkan bisa menjadi Top One. Lantas bagaimana cara membuat permalink untuk hasil maksimal ? berikut ini 5 tips membuat permalink agar seo friendly.  

5 TIPS MEMBUAT PERMALINK AGAR SEO FRIENDLY DI BLOGSPOT


Ngomongin Blog, kita gak bisa jauh dari topik SEO. Apapun tujuan kita dalam Ngeblog, entah itu hanya ingin membuat tulisan supaya dibaca orang lain, maupun ingin memonetasi Blog, SEO tetap menjadi hal yang harus diperhitungkan. 

Selain kualitas konten yang bagus, salah satu faktor yang bisa meningkatkan nilai tambah Blog kita di mesin pencari adalah dengan memanfaatkan Permalink semaksimal mungkin. 

" Lah kenapa harus bingung tentang url link Vva, kan udah otomatis ?".  Benar !

Tetapi otomatis tak selalu bagus hasilnya. Jika bisa membuatnya secara manual, kenapa tidak ? " halaaaah ! " hahaha..

PENGERTIAN PERMALINK


Seperti yang sudah saya singgung di awal tadi. Permalink ini adalah tautan yang bersifat permanen. Kalo mengacu pada prakteknya, permalink ini bisa juga disebut dengan Url link. Misalnya :

https://www.ewafebri.com/2019/04/dampak-dan-cara-memperbaiki-broken-link.html  untuk judul tulisan Dampak Dan Cara Memperbaiki Broken Link

Membuat permalink itu sebenarnya gampang kok Gaes. Emang kelihatanannya sepele tapi ternyata dampaknya lumayan berarti buat traffic Blog kita. Kadang saat saya sedang membuat content di 1 Minggu 1 Cerita, saya sering menemukan permalink yang kurang sempurna. Misalnya saya ambil contoh dari judul di atas ya ?


contoh permalink yang kurang bagus


Padahal judul tulisannya adalah Dampak Dan Cara Memperbaiki Broken Link

Kalo diperhatikan ada penggalan kata link yang hilang di alamat urlnya ya ? Seolah terpotong tidak pada tempatnya.

Meski kelihatannya biasa tapi efeknya di mesin pencari gak biasa. Bisa mempengarungi trafik blog kita. Ga usah dipungkuri, kalo yang namanya ngeblog itu ujung-ujungnya butuh trafik sebagai feedbacknya kan ? 

Oleh karena itu, jika teman-teman biasanya gak terlalu  peduli masalah permalink, tak ada salahnya untuk memaksimalkannya. 

MENGANDUNG KEYWORD [KATA KUNCI]


membuat permalink dengan mudah
Credit : wakondapix


Kesalahan awal saya saat Ngeblog dulu adalah menyepelekan the power of keyword. Padahal Key word adalah kata yang paling sering digunakan pembaca untuk browsing artikel [ya iyalah Vva !].

Kalo dipikir-pikir, dulu tuh jarang banget tulisan saya yang muncul di mesin pencarian. Ya karena gak banyak orang yang mencari bahasan yang saya tulis, kecuali saya sendiri. Hihi.. 

Berbeda banget saat saya menempatkan kata kunci di alamat url artikel dan judulnya. Banyak traffic organik yang justru saya dapatkan karena ada keyword diUrlnya.

Apalagi zaman sekarang ada keyword long tail. Yaitu kata kunci yang lebih panjang, biasanya lebih dari 3 kata. Misalnya : Tips Membuat Permalink Agar Seo Friendly.

Percayalah, tanpa keyword tulisan kita sering tertimbun di mesin pencarian. Hihihi... Walhasil kita hanya mendapatkan sumber link referral saja.

TIDAK TERLALU PANJANG


Setelah 5 Bulan terakhir ini saya menjadi admin web di #1Minggu1Cerita, saya jadi bisa belajar banyak hal.

Jika di Blogpost tidak ada tips SEO atau indikasi tentang batasan membuat judul dan url permalink, beda banget dengan platform Wordpress. Terutama jika kita memasang plugin seperti Yoast yang bisa membantu kita menangani SEO. 

Misalnya jika judul tak ada kata kunci dan terlalu panjang, biasanya diingatkan dengan memberikan kode button orange. Artinya kita harus memperbaikinya.

Sayangnya plugin ini tidak ada pada Blogspot. Namun, saya mencoba menerapkannya teknik seperti ini pada Blogpost.

Adapun beberapa tips membuat judul tulisan yang SEO friendly : 


  • Judul umumnya antara 7 - 8 kata. Jangan terlalu pendek, dan jangan terlalu panjang. 
  • Kurang lebih antara 40 - 50 karakter.
  • Sematkan kata kunci (kalo bisa dengan keyword long tail).
  • Bagusnya sih jangan pake huruf besar semua, tapi saya menggunakannya. Gimana doooonk ? 🤭🤭 (Bandel bingit sayanya).
  • Catchy atau membuat orang penasaran membaca. 


Itulah beberapa tips membuat judul tulisan. Nah, kalo teman-teman mengunakan metode auto untuk nama permalinknya, dengan tipe judul di atas tak perlu diubah lagi. Tapi jika dari judul yang kita miliki ada yang terpotong, kita harus membuat url permalinknya secara manual.

RELEVAN DENGAN JUDUL DAN ISI


Jujur, ada beberapa artikel milik saya yang judul dan isinya kurang nyambung. Oleh karena itu, belakangan ini banyak artikel yang harus saya perbaiki kembali. Karena saya tidak ingin mengecewakan pembaca. Tsaelaaah.

Bayangin aja, judulnya ngomongin apa, eh isinya ngebahas tentang apa. Kan bikin KZL ya kalo gak sesuai. Hahaa... Oleh karena itu, pastikan nama url link sesuai dengan isi tulisan kamu. 

MENGGUNAKAN HURUF KECIL


Dari beberapa artikel yang dulu pernah saya baca (sekarang sumbernya menghilang). Agar mudah terbaca oleh Google, usahakan nama url menggunakan huruf kecil semua. 

Sebenarnya saya gak begitu paham pengaruhnya seperti apa. Tetapi mengingat url otomatisnya menggunakan huruf kecil semua, saya jadi mikir " pasti ada maksudnya !". Oleh karena itu saya tetap mengikuti jejaknya. Sebagai contoh : 

Lebih baik menggunakan https://ewafebri.com/ini-contoh.html daripada  https://ewafebri.com/INI-CONTOH.html 

BUAT SECARA MANUAL 


Permalink yang otomatis, seringkali mengambil judul tulisan kita atau kalimat pada paragraf pertama. Kadang timbul masalah jika kalimat yang diambil penggalannya kurang bagus. Misalnya : 

https://ewafebri.com/ini-adalah-contoh-permalink-yang.html

Padahal judul artikel kita seharusnya Ini Adalah Contoh Permalink Yang Benar. Kata " benar ", tidak ada dalam susunan alamat urlnya. Karena Blogspot secara otomatis mengambilnya begitu saja. 

Itulah kenapa kita harus membuatnya secara manual, supaya google dan pembaca lebih mudah menemukan artikel kita. 

CARA MEMBUATNYA 



cara membuat permalink


Jika kalian menggunakan Blogspot, pada bagian sebelah kiri ada beberapa setting yang bisa kita isi. Dari mulai label, tanggal publish, meta deskripsi dan juga linknya. 

  • Masuk pada dashboard Blogspot kamu. 
  • Buat artikelnya, buat judul. 
  • Pada bagian sebelah kiri di bawah label dan setting waktu publish, ada setting link. Ada 2 button yang tersedia, yaitu automatic permalink dan custom permalink.


  • Jika pada automatic permalink, menurut kita sudah sesuai, tak perlu diganti. Tapi jika ada yang kurang sesuai, maka pilih custom permalink. 


  • Saat menuliskan atau menambahkan kata pada alamat url, jangan lupa untuk menyertakan simbol - (dash) sebagai penghubung antar kata. Supaya gak error. Hahaha. 
  • Jika sudah, klik Done. And You're Done ! 
  • Ada catatan penting untuk pembuatan permalink di Blogspot. Jika permalink wordpress bisa dibuat secara manual tanpa ada timestamp (tanggal publish), tidak berlaku pada Blogspot. Memang ada beberapa teknik CSS yang bisa mengubahnya dan menyerupai Wordpress, tapi saran saya jangan digunakan karena melanggar kebijakan Blogspot. 

Mudah kan sebenarnya ? Tapi sering kita lupakan step ini. Hihihi.. Wah padahal sangat membantu SEO kita juga loh. Hihi.. itulah bahasan tentang permalink hari ini.

Hayo coba dicek, apakah ada permalink kalian yang kurang maksimal ? Atau urlnya gak sesuai judul ? Yuk kita perbaiki. Biar makin kece ngeblognya, hehhee...

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman. Terutama yang baru membuat Blog. Biar kalian tidak salah seperti saya ya ? Hahhaa.. 

Jangan lupa untuk subscribe Blog ini, dan apabila butuh tips seputar Blog, kalian bisa menjelajah Blogging Corner. Siapa tahu ada tips manjur lainnya. Hehee..

Happy Blogging !

You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :