BULLET JOURNAL INDONESIA | PENGENALAN BULLET JOURNAL

by - February 17, 2016


pengenalan bullet journal untuk pemula


Apa Sih Bullet Journal Itu ? Bullet Journal adalah sistem perencanaan sekaligus Journal yang mengunakan media analog, dengan tujuan untuk merekam kejadian masa malu, fokus terhadap hal yang terjadi saat ini dan juga merencanakan masa depan. Seperti apa ? Berikut ulasannya.

Table of Content :



***

PENGENALAN BULLET JOURNAL


Ada banyak alat produktivitas yang membantumu untuk tetap fokus dalam mengerjakan pekerjaan. Salah satunya yang sedang booming adalah Bullet Journal. 

Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ? Atau baru kali ini tahu dan bikin penasaran ? "

Nah, Hari ini saya pingin ngebahas tentang Bullet Journal nie, Sistem perencanaan yang lagi booming banget.

PENGERTIAN BULLET JOURNAL


pengenalan bullet journal indonesia



Apa itu Bullet Journal


Bullet Journal adalah Salah satu sistem perencanaan  yang bersifat analog dan membantu kita untuk mengatur/melakukan aktivitas yang berulang atau rutinitas menjadi lebih teratur, fokus dan terorganisir (begitulah kira2). Semacam planner2 yang lagi ngehit belakangan ini.

Bullet Journal pertama kali dipopulerkan oleh Ryder Caroll. Seorang desainer produk digital yang berbasis di Amerika.


penemu bullet journal
Ryder Caroll BulletJournal.com


Kelebihan menggunakan sistem bullet journal ini adalah kegiatan, peristiwa, hobby seperti to do list , ide, tracker, koleksi (yang sudah/ingin dibaca, dilihat), quote, doodle, notes/catatan cukup ditulis dalam satu buku atau planner aja.

Gak perlu banyak buku (kalo mau lebih juga sah-sah aja sih) hihi 😀.. Ryder sendiri mengibaratkan bahwa Bullet Journal ini adalah rumah yang furniturnya bisa disesuaikan oleh penggunanya.

BACA JUGA : PANDUAN LENGKAP BULLET JOURNAL 2019

MANFAAT BULLET JOURNAL


Manfaat Bullet Journal itu banyak sebenarnya Gaes ! Dan saya sudah pernah menyinggungnya DISINI. Menurut saya sistem ini lebih simpel dibandingkan yang lain (kecuali prises kreatifitasnya).

Dengan adanya The Index (seperti Daftar isi pada buku2) , memudahkan pengguna untuk mencari catatan yang ingin dilihat lagi suatu saat nantinya. Gak heran kalo Ryder mengungkapkan Slogan Bullet Journal itu Track The Past, Order The Present, Design Your Future.


bullet journal expectation vs reality


Sebelum kalian memulai Bullet Journal, kalian bisa mengekplorasi terlebih dahulu tentang Bullet Journal Expectation vs Reality biar gak terlalu kaget banget nantinya sih. hihi.. Setelahnya, kalian bisa mengetahui apa sih Manfaat dari Bullet Journal itu ?.

Kalo udah tahu tentang Manfaatnya, saatnya mengintip tentang 7 fakta tentang Bullet Journal dulu, sebelum kalian memulainya. hehehe.. Sebagai pemanasan Gaes.

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL


Bullet Journal itu mudah banget sebenarnya, yang sulit adalah proses kreatifitasnya (dan ini sifatnya relatif tergantung sang BuJoist).

Meskipun begitu kita gak perlu harus kreatif juga kok,  gak kreatifpun ya gak masalah, Sah-sah saja, seperti pemanasan saya tentang Bullet Journal berikut ini yang ala kadarnya.

Contohnya penggunaan Bullet Journal seperti yang saya buat ini  :



Mindmap bullet journal


Jangan tanya pake buku merk apa ? karena yang saya ingat hanya harganya, yang gak lebih dari Rp.10.000 beserta penanya. Murah Banget kan !  Ngomong-ngomong ini adalah Bullet Journal pertama saya loh.

Yang saya lakukan hanya membuat to do list dan membuat beberapa catatan saja. Kalo teman-teman bingung gimana cara Planningnya, kalian bisa baca artikel ini How To Plan In Bullet Journal .

Saat saya membuat postingan ini, saya  belum begitu banyak mengenal seluk beluk Bullet Journal. Dan contoh diatas hanyalah tentang mind mapping idea.

Ada juga daily spread yang membantu saya mengingatkan prioritas pekerjaan apa saja yang harus saya kerjain hari itu. Asyiknya Bullet Journal nie, isinya bisa macem-macem, gak sekedar Planning saja, tapi juga buat catatan ide dll.

Dalam Bullet Journal ada beberapa elemen yang harus kita buat supaya menjadi Bullet Journal yang lengkap. Kalo cuma to do list aja isinya, barangkali lebih tepatnya di sebut Planner daripada Bullet Journal ya ? heheh...





Pada Bullet Journal ada istilah yang dinamakan dengan Layout atau Spread, yaitu komponen kreatif yang dibuat oleh Bullet Journalist untuk mengelompokkan aktivitas atau kegiatan tertentu dalam Bullet Journalnya.

Keuntungan lain menggunakan Bullet Journal adalah kemudahan dan efisiensi sistemnya yang membantu kita lebih produktif dan fokus.  Contohnya layout diatas, ketika saya mendadak memiliki ide, saya tinggal buka lembar berikutnya dan tinggal menambahkan nomor (halaman index) nya.

Untuk mengetahui cara membuat Journal Step By Stepnya kalian bisa membaca 6 Cara Mudah Membuat Bullet Journal untuk pemula.


Ingin berlangganan tips journaling dan Blogging  ? Mudah ! Daftar di sini aja !


KOMPONEN BULLET JOURNAL YANG WAJIB KAMU KETAHUI :




Collection adalah komponen khusus Bullet Journal yang berisi tentang informasi yang sama atau setipe, sehingga memudahkan Bullet Journalistnya untuk mendapatkan informasi dikemudian hari. 


Reading log bullet journal
Reading Log


Contoh diatas adalah koleksi buku yang saya baca di tahun 2016 , walaupun dua-duanya belum selesai, hahaaa..

Untuk membantu mengingatkan, dari setiap judul buku saya sertakan chapternya, dan kalo saya sudah selesai membaca 1 chapter, saya akan memberi tanda supaya tahu mana yang sudah, mana yang belum. Hehee..

Kalo kalian masih awam tentang istilah-istilah yang digunakan dalam Bullet Journal, kalian bisa membaca glosariumnya DISINI.


Mengenal Bullet Journal dan Planning

KESIMPULAN


Terbukti kan Bullet Journal itu murah dan mudah, hehehe.. Gak seperti yang banyak beredar seperti saat ini kok Gaes. Kalo masih pingin tahu tentang bullet journal kalian bisa stalking webnya Bullet Journal.

Atau pingin tahu Bullet Journal Supplies yang saya gunakan ? Kalian bisa mencari jawabannya DISINI. Masih tetep penasaran dengan Bullet Journal yang  kemasannya lebih menarik ?, kalian bisa mengakses START HERE FOR NEW BUJOIST di Blog Ini.

Jangan takut soal Bahasa karena saya menggunakan penjelasan Bahasa Indonesia. hehehe.. Atau jika kalian punya banyak pertanyaan seputar Blog dan bingung memulainya darimana kalian bisa mengakses informasi yang ini Ewafebri FAQsSelamat membaca dan menjelajah.





HAPPY BUJOING !

You May Also Like

8 comments

OTHER ARTICLES :