7 MANFAAT BULLET JOURNAL

by - March 10, 2017

manfaat bullet journal


Keseimbangan Hidup ! Itulah yang ingin saya capai saat ini. Hehe.. Tentang finansial, personal, karir dan tentu saja tentang spiritualitas. Untuk bisa mencapai keseimbangan tersebut, saya harus memiliki alat pendukung. Yang salah satunya adalah Bullet Journal. Manfaat Bullet Journal sendiri juga banyak. Diantaranya akan kita bahas di bawah ini. 🤭🤭🤭🤭🤭

7 MANFAAT BULLET JOURNAL 


Buat kakak-kakak di sana yang sudah teratur dan seimbang hidupnya tentu ini bukan lagi hal yang harus dipikirkan. Tetapi untuk orang yang hidupnya acak adul seperti saya, keseimbangan hidup ini harus diperjuangkan. Hiya..  ! Hahhaa...




BAGAIMANA CARA MENYEIMBANGKAN HIDUP DENGAN BULLET JOURNAL ?


Tentu teman-teman bertanya, bagaimana mungkin Bullet Journal bisa membantu kita untuk menyeimbangkan hidup ? Saya pun dulu demikian. Hihihi..

Dalam buku The Bullet Journal Method Book dan juga beberapa wawancara, Ryder Caroll menegaskan bahwa Bullet Journal berpotensi untuk mengubah hidup penggunanya. Itu pula yang kemudian mendasari Ryder untuk menyusun bukunya. Tak hanya tentang sistemnya yang bisa kita pelajari, tetapi juga tentang bagaimana kita harus memaknai hidup sehari-hari.

Bullet Journal memang seringkali di awali dengan menyusun to do list atau task, tanpa target. Yang penting mah, kerjaan beres. Namun, untuk menyeimbangkan hidup kita dalam semua aspek kehidupan, kita harus memiliki target yang ingin dicapai. Supaya kedepannya lebih mudah untuk mengetrack mana yang kurang, mana yang harus ditinggalkan dan mana yang harus diperbaiki.


Salah satu contoh layout untuk aspek Relijius


Dengan kita memiliki target atau tujuan hidup yang jelas, kita bisa menyeimbangkan aspek-aspek tersebut melalui Bullet Journal. Misalnya, aspek relijius kita yang kurang, artinya dalam Bullet Journal, kita harus mensetup challenge-challenge yang berhubungan dengan aspek relijius. Membaca AlQuran, Habit Tracker ibadah Sunnah, dll. Dengan begitu kita makin termotivasi untuk memperbaiki diri dari hari ke hari.

Ini juga berlaku untuk aspek lainnya. Yang kita anggap kurang maksimal dan perlu diperbaiki. Tentang Finansial misalnya, kita bisa menginput expense dan budget dalam Bullet Journal kita. Soal percintaan, kita bisa mensetup apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencapai target yang kita tentukan.

Nah, Itu tadi adalah salah satu contoh manfaat Bullet Journal, yaitu untuk keseimbangan hidup. Lalu, apa sih manfaat Bullet Journal yang lainnya ?

MANFAAT BUJO 


7 Manfaat Bujo


Ada banyak manfaat Bullet Journal yang bisa kita dapatkan, terlebih lagi jika kita konsisten melakukannya. Berikut ini manfaat yang lainnya :


  • Disiplin. Bullet Journal mengajarkan kita tentang arti disiplin, karena kita diharapkan mengisi Rapid Logging setiap hari. Ya walaupun saya sendiri kadang masih struggling. Hahaha.. 
  • Kreatif. Bullet Journal berpotensi membuat kita kreatif. Banyak orang tertarik dengan Bullet Journal, karena tampilannya. Ada doodle, layout-layout dll. Ini yang memotivasi orang untuk belajar Bullet Journal. Dengan kemauan, meski awalnya kita gak memiliki bakat dalam hal Doodle, saya yakin kalian bisa melakukannya. Pun dulu Bowgel tercipta, karena konsistensi saya membuat Doodle Journal. 
  • Teratur. Meski teratur bukan jaminan (karena tergantung penggunanya 🤭🤭🤭), tapi menggunakan Bullet Journal bisa membuat hidup kita lebih teratur. Dengan membuat list pekerjaan setiap hari, kita bisa mengetahui apa saja yang perlu dan harus segera dikerjakan.

bujo indonesia ewafebri


  • Fokus. Salah satu fungsi dan manfaat Bullet Journal adalah membantu kita fokus dalam bekerja. Karena kita sudah mengantongi pekerjaan yang harus kita lakukan saat itu. Jadi kita tidak terdistraksi oleh yang lainnya. Etapi inget, bagaimanapun ini juga tergantu penggunanya. Hahaha.. 
  • Rileks. Sama halnya dengan Manfaat Journaling, Manfaat Bullet Journal juga bisa membuat kita lebih rileks. Ibaratnya kita sudah memindahkan sebagian pikiran kita ke atas buku. Dan jangan lupa harus dikerjakan, biar gak menunda. Hahhaha.. 
  • Produktif. Bullet Journal bisa membantu kita menjadi produktif. Karena salah satu fungsinya memang sebagai alat produktifitas. 🤭🤭🤭 Saya sendiri merasakan dampaknya. Jika dulu saya hobbi Judging, saat ini saya punya kesibukan yang lebih berfaedah. Semua ini berkat Bullet Journal. Karena Bujo bisa membantu saya mengurai keruwetan dan sikap pesimis terhadap kehidupan. 🤣🤣🤣🤣

Banyak kan manfaatnya ? 😌 Pun saya yakin efek pada setiap Bullet Journalist, berbeda-beda. Mungkin ada banyak manfaat lainnya yang mereka dapatkan. Karena apa yang ada dalam Bullet Journal kita tidak sama dengan orang lain. Mereka tentu memiliki prioritas sendiri. 

Setidaknya ada 7 Manfaat yang bisa kita dapatkan dari Bullet Journal. Mungkin teman-teman ada yang ingin menambahkan ? 😌 Boleh banget di share di kolom komentar. 

Buat yang ingin belajar Bullet Journal, kalian bisa mengawalinya di START HERE. Atau tertarik belajar tentang  tipe Journaling lainnya ? Kalian bisa membacanya Di Sini

Jangan lupa follow Blog dan Akun media sosial ewafebri ya ? Biar bisa terus uptodate. Kyaaaa... 🤭🤭🤭🤭 

HAPPY BUJOING ! 

You May Also Like

0 comments

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏