BULLET JOURNAL INDONESIA | PANDUAN DASAR MONTHLY LOG BULLET JOURNAL

by - December 04, 2018

Bullet Journal Indonesia Monthly Log


Bulan ini adalah Bulan Migrasi buat Bullet Journal saya. Huhuhu.. Semua ini terjadi karena Moleskine saya yang kemarin udah keburu habis. Padahal belum sampe setahun loh.. O.M.G ! Mau gak mau sekarang harus migrasi ke buku baru.



Pinginnya sih sekalian ngebahas soal Migrasi, etapi.. pas tahun baru nanti,  saya bisa mati gaya. Karena gak punya konten buat Bullet Journal. Hahhaa... Baiklah.. Bulan ini saya bocorin tentang Setup Desember 2018 aja ya.. ?

Apa aja sih isi Bullet Journal Indonesia di Bulan Desember 2018 ? 

[ Table Of Content ]




BULLET JOURNAL INDONESIA PANDUAN DASAR MONTHLY LOG


Wah.. udah di penghujung tahun nie Gaes.. Alhamdulilah ya.. ? Haha.. Ada Resolusi tahun ini yang harus saya migrasi ke tahun depan lagi. (Hihihi...) Tapi ada juga yang sudah berhasil saya laksanakan. Alhamdulilah. Enaknya memiliki Goal Tahunan itu, paling gak jadi bisa tahu apa saja yang berhasil, dan apa saja yang gagal. Hahha..

Nah.. Karena Bulan ini saya hanya mengedepankan Monthly Log untuk setup Bulanan yang utama, saya akan membahas sedikit rinci tentang definisi Monthly Log, Fungsi dan Manfaatnya, serta contoh penggunaannya.

DEFINISI MONTHLY LOG


MONTHLY LOG adalah komponen khusus Bullet Journal yang disetup setiap bulannya sebagai tempat untuk mencatat kebutuhan selama 1 bulan mendatang. Bentuk Monthly Log sendiri ada berbagai macam sebenarnya, tapi umumnya menggunkaan Grid (kotak-kotak) dan List (baris dari atas ke bawah).

FUNGSI DAN MANFAATNYA


Jika ditanya " lah mbak.. kan udah ada Future Log kenapa harus ada Monthly Log lagi ? ".

Tujuannya kita bisa lebih fokus dan detail dalam mengisi aktivitas bulanan kita. Pada awal dibuatnya Bullet Journal, Future Log itu tidak dibuat dengan menggunakan kalender. Tapi cukup menggunakan ruang kosong yang di dalamnya terdapat tanggal -tanggal tertentu saja, dan aktivitas yang ingin dilakukan pada tanggal tersebut. Karena itulah diciptakan Monthly Log, sebagai komponen yang lebih lengkap versinya dibandingkan dengan Future Log.

Namun pada perkembangannya, Future Log kini meliputi kalendar sebagai pelengkapnya. Sehingga beberapa Bullet Journalist memilih tidak menggunakan Monthly Log lagi karena merasa sudah terwakili oleh Future Log.


Apa saja manfaat Monthly Log (apa saja yang bisa dituliskan di dalamnya ?) :

  • Sebagai tempat schedulling
  • Sebagai tempat tanggal-tanggal penting (ulang tahun, liburan, payday dll)
  • Sebagai tempat memories atau curhat.
  • Tanggal Deadline
  • Tempat sticker
  • Tempat afirmation
  • Notes
  • Jadwal penting lainnya, dan masih banyak yang lain. 

SETUP MONTHLY LOG

Berikut ini, saya akan memberikan beberapa contoh penggunaan Monthly Log untuk Blogger dan secara umum yang biasa saya gunakan. Sekaligus saya akan berbagi ide contoh setup di Bulan Desember 2018 ini. 

Bulan ini , kira-kira apa saja sih komponen yang ada dalam Bullet Journal saya ? Yuk kita intip ((( intip ))).


Ewafebri Bullet Journal


MONTHLY LOG DECEMBER 2018


Karena saya menggunakan 2 Buku Bullet Journal, Bullet Journal khusus Blog dan Bullet Journal biasa,  Maka Monthly Log ada 2. Meskipun spread atau layoutnya sama-sama Grid (kotak-kotak).

BUJO BLOG 


Bujo khusus Blog saya ini lebih simple dibanding Bujo yang saya pake sehari-hari. Karena dalam Bujo Blog saya hanya butuh banyak ruang untuk coret-coretan. Gak perlu pake hiasan, yang penting ke tracking berapa hal berikut ini :


  • Jumlah Postingan
  • Jadwal posting per kategori
  • Pageview (cukup tiap bulan saja)
  • Goal Blogging selama 1 Bulan
  • Adsense tracker
  • Judul setiap postingan 


Kenapa musti ditracking kak... ? Hmm.. kata Iwawa supaya kita tahu progressnya seperti apa. Makin meningkat atau makin anjlok. Hehehe.. Jadi kita bisa tahu apa yang akan kita lakukan untuk mendongkraknya lagi. (Halaaah).



Ewafebri Bullet Journal


Ada beberapa keuntungan menggunakan track ini, diantaranya : 


  • Saya jadi tahu berapa banyak postingan yang saya hasilkan dalam kurun waktu 1 Bulan (terutama saat gak mengikuti challenge)
  • Saya jadi tahu, judul apa saja yang pernah saya gunakan. Biar gak double gitu. Nanti dikira Google njiplak tulisan  orang lain ( padahal punya sendiri) Hihi.. 
  • Saya bisa membandingkan jumlah pageview. (Meski udah sama Google Analytic udah dikasih laporan bulanan. Hahaha.. Membaca Analytic kadang membuat kepala puyeng)
  • Mengetrack perolehan adsense (walaupun belum banyak.. hahha..)
  • Bisa dijadikan untuk membuat review di akhir bulan, tentang apa yang meningkat, yang anjlok, yang butuh diperbaiki atau yang perlu dihilangkan
  • Sebagai motivasi. Kalo kelihatan penuh Bujonya kan lebih gimana gitu. Kalo kelihatan kosong, artinya bulan depan harus kerja keras lagi. Hihihi.. 
  • Sebagai tempat Brainstorming ide-ide yang ada. Biasanya saya tulis di bagian Monthly Log. Misal, hari rabu tanggal 5 Desember jatah Postingan kategori Digital, saya akan tulis ide tema untuk digital. (Ya.. walaupun kadang ujug-ujug pake ide tema lainnya.. hahaha.. setidaknya ini menghindari gak punya ide sama sekali. Nyahahaha.. )

Itulah beberapa keuntungan yang saya dapat selama menggunakan Bullet Journal untuk keperluan Blogging saya. Nah, barangkali teman-teman ingin lebih fokus, boleh banget dicoba nie. Hehhe.. 


BUJO RAPID LOGGING


Kenapa saya menggunakan 2 BUJO gak cukup satu saja ?. Niatnya sih rapid Loggingnya saya gunakan untuk 1 Tahun ke depan. Dan semoga gak berakhir kayak Moleskine saya, yang berakhir hanya dalam kurun waktu 11 bulan. Hahahha.. karena itu sebisa mungkin komponen Collection saya  buat sendiri, menjadi Ideas Journal.


Ewafebri Bullet Journal December 2018


Jika sebelumnya saya menggunakan Moleskine, untuk Tahun ini saya menggunakan Leuchttrum 1917. Karena ukurannya lebih lebar dibandingkan dengan Moleskine, Grid untuk Monthly pun terlihat lebih luas.

Monthly untuk BuJo Rapid logging juga saya setup model kotak-kotak (Grid) hampir sama seperti BuJo Blog saya, hanya saja layoutnya buatan sendiri. Dan kayaknya,  gak akan asyik kalo gak ada sedikit sentuhan Bowgel di dalamnya ya.. ? Hahaa..

Beberapa hal yang bisa kalian gunakan untuk mengisi Monthly Log : 



  • Important Date ( tanggal penting )
  • Birthday reminder (ulang tahun)
  • Event (jadwal event)
  • Holiday reminder (libur nasional)
  • Memories 
  • Notes for deadline (note untuk deadline)


BLOGGING TRACKER


Dengan menggunakan teknik Tip In saya ingin menambah area yang akan dijadikan sebagai Tracker. Dalam hal ini berkaitan dengan Blog Challenge yang sedang saya ikut. Hihihi.. yeay.. !


Ewafebri Bullet Journal December 2018


Tujuan tracker ini, tak lain dan tak bukan untuk mengetrack apa saya sudah setor challenge atau belum ? 🤣🤣🤣 Yes.. sesederhana itu gaes alasannya.

Dalam tracker, ada beberapa hal yang ingin saya jadikan patokan. Diantaranya :


  • Setoran tulisan
  • Sharing media sosial
  • Blogwalking 

Kalo kalian ingin mencoba tracker, isinya bisa apa saja sebenarnya. Sesuai dengan kebutuhan saja.

GOALS



Ewafebri Bullet Journal setup December 2018


Untuk memudahkan fokus terhadap Goal, saya menempatkan Goal di samping Monthly log Gridnya. Sementara isi Goalnya sendiri, bisa meliputi apa saja. Diantaranya hal-hal yang berhubungan dengan :

  • Blogging 
  • Design Project
  • Sticker Design
  • Master Task List, dll

RAPIDLOGGING 


Ewajournal


Nah ini udah pasti harus. Karena memang ini nyawanya Bullet Journal. Untuk layoutnya sendiri saya belum kepikiran ingin menggunakan yang seperti apa. Bisa saja kembali ke Weekly Spread atau nyoba Daily Spread. Biarkan waktu yang akan menjawabnya. Hahahha... 



Itulah beberapa Setup Bullet Journal yang saya lakukan di Bulan Desember ini. Ada perubahan dari waktu - waktu tentang bagaimana saya mensetup BuJo. Makin hari makin terlihat simpel dan semakin fokus terhadap Collection yang saya butuhkan. Mungkin jika beberapa bulan atau tahun lalu, Collection saya banyak dan beraneka ragam. Kali ini makin menyempit, dan  cukup yang saya perlukan saja. 

Duh.. Jadi gak sabar untuk mensetup Bullet Journal 2019 nie Gaes.. hahaha.. Yang pasti sih, makin ramping nie collectionnya. Gak terlalu banyak seperti yang udah-udah. Hehhe... 

Dan yang terpenting lagi, semoga saya bisa mencapai Goal yang sudah saya targetkan Bulan ini. Amiin.. 

HAPPY BUJOING !



You May Also Like

10 comments

  1. penting banget, tapi kadang suka lupa ngisinya. padahal kalau konsisten biki kita lebih teratur ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. hihi.. jadi bisa lebih fokus menata hidup. " Yaeeelllahh.."

      Delete
  2. Setup bujoku untuk January 2019 terlanjur nggak pake monthly log nih, karena dikira tinggal pake weekly plan aja udah sama hahahaha nanti untuk bulan selanjutnya ngintip dari sini lagi aja deh. Aku jadi kepikiran pengen buat bujo khusus blog gara-gara Mba. Soalnya yang sekarang cuma untuk pribadi aja, urusan blog gabung jadi satu. Enaknya dipisah kali ya biar lebih fokus?

    Makasih, Mbaa sharing-nya! Bermanfaat buat newbie kayak saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak Jane, semoga makin semangat ngebujonya. hihihi...

      Delete
    2. Sama banget! Aku udah lama kepikiran pingin buat journal khusus blog karena jadi lebih enak perencanaannya dan jadi lebih semangat untuk checking-off the list. Kayaknya bakal jadi sesuatu yang bakal aku coba tahun depan nih hmm...

      Delete
    3. Prikitiew.. hahhaa.. Semangat.. Apakah Blog ini susah mulai menebar racun BuJo ? 😂😂😂😂😂

      Delete
  3. Meskipun bukan pemakai BuJo tapi membaca pos tentang BuJo di sini dari hari ke hari, itu menyenangkan sekali membacanya ... dan pasti setelah akhir tahun, baca-baca lagi yang dari bulan Januari - Desember, senyum-senyum sendiri, dan pasti senang saat ada rencana yang sudah terlaksana ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mencapai target tuh rasanya hidup gak sia-sia gitu mbak.. hhahaha.. ibaratnya sampai tujuan, istirahat sebentar (karena berhasil menjalankannya), lanjut jalan lagi.. 😂😂😂😂 .. pekerjaan yang tiada hentilah pokoknya.

      Delete
  4. Mbaaa... saya sirik banget liat postingannya kece2, tulisannya bagus, sangat art banget.

    Makanya jadi semangat juga ya mengikuti plan yang udah di susun.

    Saya mah, tulisannya saingan ama dokter hahahaha
    Tapi pengen banget bikin kek gini, beri saya semangat ya Allah :D

    Eh btw juga kece betuuulll, udah 2 postingan aja perhari :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa.. padahal kalo pas nulis cepet, tulisanku jadi kayak cekeremez juga bentuknya 😂😂😂😂 ..

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏