BULLET JOURNAL INDONESIA | 11 BUJO'S GLOSSARY

by - December 25, 2017

11 bujo glosary


Bullet Journal adalah Kumpulan komponen yang di dalamnya terdapat sistem perencanaan, notetaking, bahkan journaling sekaligus. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Ryder Caroll, seorang desainer digital dari Amerika Serikat.

BULLET JOURNAL INDONESIA | 11 BUJO'S GLOSSARY 



Demi melancarkan misi 12 MONTHS BUJO CHALLENGE, saya akan memberikan glosarium tentang Bullet Journal menggunakan Bahasa Indonesia. Supaya memudahkan teman-teman yang ingin belajar tentang Bullet Journal.

Istilah-istilah (Glosarium) akan tetep saya sampaikan sesuai dengan istilah aslinya (dalam bahasa Inggris) karena saya ingin menghargai dan mengapresiasi kerja keras Ryder dalam menetapkan istilah-istilah tersebut.


the bullet journal indonesia


Dalam satu wawancaranya, Ryder menyebutkan bahwasannya dia memikirkan matang-matang tentang pemberian nama istilah tersebut. Prosesnya pun gak singkat. Jadi saya berfikir bahwa Ryder pasti ada alasan tertentu kenapa istilah tersebut digunakan.

Beberapa glosarium berikut ini sebagian besar sumbernya adalah di bulletjournal.com. Jika di antara teman-teman ingin mengetahui definisi aslinya, bisa langsung ke web tersebut.


1. BUJO



bujo adalah bullet journal


BUJO adalah singkatan dari Bullet Journal. Yaitu sistem analog yang membantu kita mencatat kegiatan dan peristiwa yang sedang terjadi, perekam jejak yang sudah terjadi dan sebagai pengingat atau alat perencanaan di masa mendatang.

Istilah ini pasti sering terdengar ya ? Tapi jangan sampai salah. Ini bukan Burjo atau bubur kacang ijo 🤭🤭🤭. Tapi Bujo adalah salah satu alat produktifitas. 😂

2. KEY BULLETS



index bullet journal adalah


Key Bullets adalah simbol atau tanda (bullet) yang digunakan sebagai penanda yang mendeskripsikan kegiatan atau peristiwa pada saat menginput/merekam data.

Emang harus pake Key Bullets ? Harus ! Karena inilah kenapa disebut dengan Bullet Journal. 🤭 Bisa jadi karena isinya adalah journal yang disusun menggunakan simbol titik (bullet).


3. INDEX






Index adalah Daftar isi Bullet Journal. Yaitu Collection yang berisi tentang Judul dan nomor halaman setiap komponen yang ada dalam BuJo. 


4. RAPID LOGGING







Rapid logging adalah bahasa atau proses perekaman data pada bullet journal yang berisi tentang task (pekerjaan), kegiatan, catatan, dll dengan menggunakan penanda (bullet), yang dilakukan secara berulang-ulang atau berkala.

Owh iya supaya kalian gak bingung, weekly layout maupun daily layout merupakan rapid logging. Jadi list yang kita susun dengan bullet itulah yang namanya rapid logging. 

5. MIGRATION



migration bullet journal adalah


Migration adalah proses pemindahan task yang belum selesai pada masa/ waktu sebelumnya ke masa/waktu yang akan dateng dengan menambahkan simbol --> (anak panah) sebagai pengingat. Proses ini bisa bersifat harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan.

6. SIGNIFIER



signifier bullet journal adalah



Signifier adalah simbol atau tanda yang berfungsi sebagai label untuk memudahkan pengelompokan atau pengkategorian. Signifier biasa digunakan untuk pengelompokan pekerjaan yang penting (harus dilakukan) dengan mengimbuhkan tanda seru di depan bullet tasknya.

7. COLLECTIONS



collection bullet journal adalah


Collections adalah sebutan untuk komponen atau halaman khusus yang berisi tentang data atau informasi dengan kategori yang sama. Collection juga bisa digunakan sebagai pengingat ataupun catatan.


8. THREADING



threading bullet journal adalah


Threading adalah istilah yang digunakan untuk proses penulisan/penginputan nomor halaman berbeda tapi dengan judul collection yang sama pada halaman index.

9. FUTURE LOG


future log bullet journal adalah


Future Log adalah sebuah layout atau halaman khusus yang digunakan untuk merekam dan menginput kegiatan, catatan, yang akan dilakukan pada masa mendatang.

10. TRACKER



tracker dalam bullet journal adalah



Tracker adalah halaman atau komponen khusus yang berfungsi untuk merekam sekaligus pelacak rutinitas kegiatan sehari-hari. Tracker biasanya terdiri dari tabel dengan kegiatan yg berbeda-beda.


11. BULLET JOURNALIST



bullet journalist adalah

Bullet Journalist adalah sebutan untuk pengguna bullet journal aktif.

***

Itulah 11 Bujo's Glossary yang umumnya digunakan dalam Bullet Journal. Semoga dengan Bujo Glossary tersebut teman-teman sudah tidak asing lagi dengan istilah dalam Bullet Journal. Bagi yang ingin belajar tentang Bullet Journal secara detail lagi, dan ingin membaca artikel yang berhubungan dengan Bullet Journal, bisa langsung menuju ke START HERE.


happy bujoing



You May Also Like

0 comments