BULLET JOURNAL INDONESIA | [PANDUAN DASAR] CARA MENENTUKAN KEY BULLET JOURNAL

by - October 15, 2018

Cara menentukan key Bullet journal
Bullet Journal Indonesia 


Key Bullet Journal adalah elemen terpenting dan sebagai unsur pembeda pada sistem perencanaan yang lainnya dengan Bullet Journal. Sebenarnya apa sih Key Bullet Journal ? Dan bagaimana cara menentukannya ? , semoga bahasan dibawah ini bisa menjawab rasa penasaran dan pertanyaan teman-teman sekalian. Hihi.. 

PENGERTIAN KEY BULLET JOURNAL 


Key Bullet Journal ini sebenarnya adalah simbol-simbol yang diterapkan dalam Bullet Journal dan digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan selama Rapid Logging. Key atau Kunci ini berupa tanda-tanda yang bisa kita ciptakan sendiri atau yang sudah ditetapkan dalam Bullet Journal itu sendiri. 

FUNGSI KEY BULLET JOURNAL 


Fungsi Key Bullet adalah pengganti deskripsi yang panjang tentang sebuah kegiatan atau peristiwa  yang dilakukan berulang-ulang sehingga dalam penulisannya kelak bisa lebih efisien waktu.  Key Bullet sendiri bisa digunakan untuk mendeskripsikan Event, Task ( pekerjaan ), dan Note ( catatan ). 


contoh key bullet journal yang umum digunakan



CARA MENENTUKAN KEY BULLETS 


Jika mengacu pada Cara Mudah Membuat Bullet Journal versi aslinya, contoh Key Bullet Journal seperti gambar di atas. 

  • Tanda titik ( . )  : Menandakan tentang Task atau pekerjaan yang harus kita lakukan pada saat itu. Apapun hal yang berhubungan dengan pekerjaan atau to do list, kalian bisa menggunakan tanda titik sebagai simbolnya. Misal ,  . Draff Blog tentang Bullet Journal >>  artinya hari itu kita harus melakukan atau membuat Draft Blog tentang Bullet Journal.
  • Tanda lingkaran/circle ( O ) : Menandakan bahwa hari itu ada event yang harus dihadiri atau dijalankan. Misalnya , Friend's Birthday @ Pejaten village >> Artinya ada kegiatan ulang tahun teman yang harus kita hadiri di Pejaten Village. 
  • Tanda sambung/Dash ( - : Menandakan tentang Notes atau simbol untuk catatan. Misal, illustrasi Rapid Logging seperti di bawah ini : 
         .  email guest blog 
              -   recheck sebelum dikirim.   

Nah, simbol-simbol ini yang nantinya akan menghiasi Rapid Logging kalian setiap hari. Pada dasarnya bentuk Key Bullet bisa bermacam-macam, bisa kalian buat sendiri. yang terpenting kalian nantinya musti paham dan hafal tentang makna Key Bullet tersebut untuk Bullet Journal kalian. 

Contoh penerapan Key Bullet pada proses Rapid Logging dalam Bullet Journal, sebagai berikut : 



Contoh Penggunaan Bullet pada Rapid Logging di Weekly Spread saya 

Selain 3 Tanda utama seperti di atas , ada penanda lain yang bisa kita gunakan sebagai simbol bulletnya. Misalnya tanda $ sebagai simbol transaksi pembayaran. Tanda * sebagai penanda Memories atau Curhatan (Journaling), Tanda ! sebagai simbol Urgent, dan masih banyak yang lainnya. Terserah kreativitas kalian semuanya. Tanda-tanda tersebut  ( selain 3 tanda utama ) dalam Bullet Journal disebut dengan Signifier. 

Itulah bahasan khusus tentang Bullet Journal kali ini, Kalian juga bisa membaca tentang Pengenalan Bullet Journal atau bisa langsung mempelajari Bullet Journal di START HERE.


Tips : 
" Supaya mudah mengingat tentang Key Bullet Journal , kalian bisa menuliskannya dihalaman bagian depan, atau menggunakan proses Tip In pada pinggiran buku kalian " 

Terima kasih sudah mampir ke Blog ini Gaes, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar atau email ke alamat yang terdapat pada bio saya.


(credit pic by me ) 


HAPPY BUJOING !


You May Also Like

8 comments

  1. Beneran belajar banyak tentang bullet journal dari kak ewa.Setelah baca, langsung beli buku dan dua hari kemudian sudah terwujud bullet journalku. Dan sekarang ditambah lagi ilmunya setelah aku coret" bullet journalku tanpa simbol. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah kalo bermanfaaat.. hihi.. terima kasih banyak ya.. semangat berbujo ria

      Delete
  2. Trims sharingnya. Biasanya saya cuma tulis² poin yg akan ditulis, tapi blm dikasih key nya. Kerennn idenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar mudah dan gak menulis ulang pake bullet mbak. Hihi.. Idenya bang Ryder

      Delete
  3. thanks mbak sharingnya, apakah bullet journal ini bisa diaplikasikan untuk kegiatan sehari-hari bagi orang yg gak sibuk spt sy ini mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget.. Gak harus orang super sibuk kok.. siapapun bisa pake..

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏