3 TIPS MENGISI RAPID LOGGING PADA BULLET JOURNAL

by - December 10, 2018

TIPS MENGISI RAPID LOGGING PADA BULLET JOURNAL INDONESIA


O.M.G udah tinggal 10 tulisan lagi ya.. ? Alhamdulilah. Tadinya saya mau udahan, tapi kok yo sayang banget. Apalagi udah ada 20 tulisan. Lanjut aja ya Gaes ! Hahaha.. Tema kita hari ini tentang pekerjaan rumah yang saya sukai ya.. ? Dan bagaimana saya mengisi rapid logging tentang pekerjaan ini.  3 Tips Mengisi Rapid Logging Pada Bullet Journal ini bisa jadi referensi kamu.

3 TIPS MENGISI RAPID LOGGING PADA BULLET JOURNAL 


Dalam Bullet Journal ( kok mendadak loncat ke Bullet Journal sih mbak ? ) ada yang istilah yang namanya Routine. Nah biasanya dibagi menjadi 2 hal. Yaitu Morning Routine dan Evening Routine. 

Morning Routine adalah pekerjaan yang kita kerjakan setiap hari pada saat pagi hari. Sementara Evening Routine adalah pekerjaan yang kita kerjakan di setiap sore hari. 

" Perlukah semua pekerjaan rumah masuk ke dalam Rapid Logging Bullet Journal ? Jadi banyak banget donk mbak daily listnya ?

Ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan nih Gaes  : 

  • Jika pekerjaan rumah hanya memakan waktu kurang dari 2 menit, kalian tidak perlu merekamnya ke Bullet Journal. Misalnya bersih meja dapur setelah memasak. Yang seperti ini gak perlu di input juga. 
  • Jika pekerjaan tersebut dilakukan berulang-ulang atau daily routine, kalian bisa menggunakan Habit Tracker untuk mengetracknya.
  • Jika pekerjaan tersebut seharusnya menjadi prioritas utama, tapi seringkali terbengkalai, nah mending dimasukin ke jadwal aja. Biar inget ! Hahaa... 


Nah 3 Pekerjaan yang saya sukai berikut ini diantaranya ada yang masuk ke dalam Rutinitas, atau hanya beberapa kali dalam seminggu. Artinya tidak saya lakukan setiap hari. Biasanya nie, kalo dalam Bullet Journal, Morning Routine dan Evening Routine gak perlu kita masukkan ke dalam Rapid Logging lagi. Kita cukup membuat collection semacam Habit Tracker untuk merekam kegiatan yang berulang. Jadi to list kita gak sepanjang jalan kenangan. Hihihi..

SIMPLE RAPID LOGGING IDEAS


Sebelum saya membahas tentang 3 pekerjaan yang sering saya masukkan ke dalam rapid logging, kali ini saya ingin memberikan tips. Tips bagaimana mengisi BuJo kamu, meski tak punya waktu dan gak artistik. Lihatlah Video Simple rapid logging ideas berikut ini. 




Buat teman-teman yang punya seabrek kegiatan, dan gak sempet membuat layout Bullet Journal kalian bisa menggunakan simple layout seperti contoh di dalam video saya itu. Atau merasa ragu mau nyoba Bullet Journal tapi gak bisa membuat Doodle. Jangan kuatir ! Bullet Journal tidak mengharuskan seperti contoh-contoh Plan With Me yang banyak beredar. Bahkan kalian bisa membuatnya seringkes mungkin kayak video di atas. 

3 PEKERJAAN RUMAH YANG MASUK KE DALAM RAPID LOGGING 


Pada dasarnya semua pekerjaan rumah saya kerjain. Tapi barangkali 3 pekerjaan ini yang ngelakuinnya seneng alias gak terpaksa. Hahhaa.. apa aja sih.. ? 

DEEP CLEANING 


Sebagai anak kost yang gak tiap hari membersihkan rumah keseluruhan, sama mengganggap Deep Cleaning atau beberes rumah secara total ini menyenangkan. Semacam Konmari juga sebenarnya, hanya saja mencakup semuanya. 


Ewafebri art


Saya melakukan Deep Cleaning gak setiap hari. Biasanya 1 Minggu sekali, yang pasti saat libur kerja. Hehhee.. Karena apa ? Kalo udah ngebersihin satu area, bawaannya merambat ke area lainnya. Jadi kalo pas weekday, paling cukup menyapu sekedarnya saja. Asal gak ngeres (kotor) lantainya. 

Entah kenapa proses bersih-bersih itu selalu menyenangkan buat saya. Hahhaa.. semacam terapi menenangkan jiwa. 🤭 .. apalagi kan beberesnya sambil dengerin musik. Hahhaa... Kloplah.. jadi lebih menyenangkan. 

COOKING TIME


Meskipun saya gak jago masak, saya juga seneng aktivitas ini. Hehhee.. Saya biasanya masak pas weekend aja, atau pas pulang ke Bogor. Tapi kalo pas dikostan mah, mendingan beli aja. Hahha.. Ribet kalo masak. 


Ewafebri art illustration


Soal masak - memasak saya tipikal orang yang suka coba-coba. Hahha.. Kadang berhasil, kadang nggilani. Tapi gak kapok tuh... Meski gagal tetep hobbi nyoba yang aneh-aneh. Hahhaa.. Misalnya Rawon pake Sossis, Sarden pake Kentang atau Buncis, dll. 

Kenapa masak saya masukan ke dalam Rapid Logging ? Karena biasanya di sela-sela to do list itu saya menyelipkan catatan kecil, entah bahan yang harus saya beli, atau tentang rasa masakan yang sudah jadi. Hahha.. 

LAUNDRY


Dibandingkan menyetrika saya lebih suka mencuci baju. Karena saya bisa berinteraksi dengan air. Badan jadi dingin dan gak cepet capek. Beda kalo menyetrika, rasanya pegel dan gerah (panas). Makanya pinginnya cepet udahan. Gara-gara masalah setrikaan juga, akhirnya saya sering membeli  bahan baju atau kaos, yang meski gak disetrika tapi tetep terlihat rapi. Hahhaa ..  (malees ini mah)


Bowgel laundry


(Abaikan ekspresi Bowgel, dia sedang tidak cemberut kok. Hahhaa... ) Dalam hal mencuci baju saya lebih suka melakukannya sendiri, tanpa menggunakan jasa Laundry. Itung-itung olah raga kecil. Dan biasanya saya melakukannya 2 - 3 seminggu, tergantung banyaknya baju kotor yang menumpuk. Malam hari adalah pilihan yang tepat buat saya, suasana lebih sejuk dan saya melakukannya lebih santai karena gak dikejar waktu. 



Untuk pekerjaan rumah, hanya 3 hal tersebut yang saya tulis di Rapid Logging. Karena perlu memilih waktu yang tepat untuk mengerjakannya. Sementara pekerjaan lainnya, Cuci piring, beres-beres kamar tidur sudah menjadi rutinitas setiap hari. 

Begitulah Tips mengisi Bullet Journal dengan pekerjaan rumah pada Rapid Logging semoga bisa membantu kebingungan tentang apa saja yang harus di input ke Bullet Journalnya. Sampai jumpa besok.

You May Also Like

17 comments