BUJO INDONESIA | THE TASK PAGE ATAU BRAINDUMP

by - March 18, 2019

the task page bullet journal


Hello Bullet Journalist,  saya datang membawa postingan baru. Postingan kali ini ngebahas tentang Collection yang memiliki banyak istilah. Tapi dalam Bullet Journal sendiri, selain komponen wajib, sekarang ditambahkan tentang The Task Page atau Braindump

THE TASK PAGE ATAU BRAINDUMP


Ada istilah baru lagi yang saya temukan di web resmi Bullet Journal. Yaitu The Task Page. Komponen ini adalah versi tambahan yang sebelumnya tidak ada dalam Bullet Journal. Meski begitu, bukan termasuk komponen wajib untuk Bullet Journal. 

PENGERTIAN THE TASK PAGE PADA BUJO


bujo braindump


Secara fungsi, saya sudah menggunakan komponen ini jauh-jauh hari. Hanya saja istilah yang saya sematkan sering berganti-ganti. Kadang Braindumpmaster tasklistBrainstorm, atau idea page, dll. 

Sebenarnya fungsi The Task Page ini untuk menampung Mental Inventory dari Bulan atau Tahun sebelumnya. Mental Inventory kalo pake bahasanya ewafebri adalah review pada BuJo (Monthly Review atau Review Tahunan, tergantung waktu ngereviewnya ) 🤭

Kalo dipikir-pikir, meski saya gak menggunakan istilah yang sama, ternyata saya sering menggunakannya. Tapi setelah tahu istilahnya, jadi ada patokan yang jelas untuk menyebutnya. 

FUNGSI THE TASK PAGE PADA BUJO


The Task Page bisa kalian setup setiap bulannya. Bisa juga ketika ganti buku baru. Nah, biasanya saya menyebutnya dengan Migration Page. Karena isinya adalah task atau to do list dari buku sebelumnya.

bujo indonesia the task page


Penting gak sih The Task Page dalam Bullet Journal. Jawabannya tergantung setiap individu. Tapi saya akan membuat list kenapa kita butuh The Task Page sesuai pengalaman pribadi ya ? Hihihi.

  • Dengan adanya komponen The Task Page, to do list yang belum dilaksanakan  di bulan sebelumnya jadi lebih mudah dimonitor. 
  • Kita bisa menggunakan list dari task page sebagai pedoman untuk menentukan target minggu. 
  • Task Page juga bisa menjadi sumber ide untuk rapid logging. Jadi kita bisa lebih mudah menentukan to do list yang akan dikerjakan tanpa harus membolak balik halaman rapid logging sebelumnya. 
  • Komponen ini juga bisa kita gunakan untuk tracker, dan mengetahui seberapa banyak progress yang kita butuhkan lagi berdasarkan task yang belum dikerjakan.
  • Membantu kita lebih fokus dan produktif, karena kita sudah tahu pekerjaan apa saja yang ada dalam The Task Page.
  • Sebagai wadah ide baru juga, dari pada ide kita melayang, yekan ?

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kita dapat dari komponen ini. Tapi bagi teman-teman yang merasa tak perlu digunakan, ya tidak masalah. Bagi saya  memiliki Task Page / Braindump sudah menjadi habit. 

Buat teman-teman yang mungkin baru meninggalkan jejak di sini, dan bingung tentang apa sih Bullet Journal ? Kalian bisa membaca Panduan Lengkapnya. Atau ada yang penasaran tentang artikel yang berkaitan dengan Bullet Journal, bisa baca di Start Here

HAPPY BUJOING !

You May Also Like

9 comments