BULLET JOURNAL INDONESIA MURAH 2020

bullet journal murah 2020


[Start Your Day With Ewafebri] BULLET JOURNAL INDONESIA MURAH 2020. Ngomongin Bullet Journal itu memang gak ada habisnya. Banyak yang bisa dibahas karena memang menyangkut banyak hal yang saling berhubungan.

Tapi kali ini saya ingin membahas tentang Bullet Journal yang murah, karena BuJo memang pada dasarnya gak mahal. Hehehe.. Penasaran gak ? Yuk baca, jangan sampai terlewatkan. 


BULLET JOURNAL INDONESIA MURAH MERIAH 2020






Pada dasarnya, Panduan Bullet Journal dari tahun ke tahun itu sama saja. Mengingat tahun kemarin saya sudah membuat ulasan lengkapnya, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana memanfaatkan Bullet Journal yang murah meriah dan sudah memiliki template layoutnya. 

Pernah gak sih kalian memiliki planner binder, atau notebook yang sudah memiliki template weekly maupun daily ?

Mungkin dari sebagian kalian merasa ragu, apakah buku tersebut bisa digunakan untuk BuJo atau tidak.  !

Jawabannya, Bisa !

Untuk memotong stereotip tentang Bullet Journal yang harus menggunakan Buku Dotted ataupun harus merek Leuchtrumn, kali ini saya ingin membuktikan bahwa buku dengan model apapun bisa digunakan untuk Bullet Journal. 

PLANNER BY PEEKMYBOOK


bullet journal murah


(Disclaimer : ini bukan postingan endorsement ya ? Ini murni review sendiri, dan beli pake uang sendiri. Hihihi)

Ceritanya nie, tahun 2020 saya ingin memangkas pengeluaran untuk buku Bullet Journal. Hihihi.. Yang biasanya saya membeli buku Moleskine, kali ini saya ingin memanfaatkan buku dengan harga lebih murah. 

Setelah hunting di Tokopedia, saya menemukan buku planner yang cocok digunakan untuk Bullet Journal.

Buku tersebut berbentuk Agenda dengan menggunakan Ring sebagai bindernya. Memiliki template Monthly dan juga weekly, yang menurut saya cocok untuk Rapid Logging

Saya sengaja mencari buku berbentuk template, karena saat ini saya sudah tidak memiliki banyak waktu untuk membuat layout BuJo lagi.

Waktu saya habis untuk menulis dan menggambar. Hahaha.. Supaya efektif dan efisien, akhirnya pilihan saya jatuh pada Agenda ini. 

REVIEW PEEKMYBOOK


peekmybook
Monthly template


Secara keseluruhan saya menyukai penampilan Agenda ini. Bentuknya pas untuk dibawa-bawa dengan Cover yang kokoh, sehingga gak takut sobek.

Kertasnya pun sudah full-printed (di print semua) dengan illustrasi yang lucu dan ciamik. Gak perlu bingung nambahin dekorasi lagi deh. Hihihi..

Untuk lengkapnya ini dia reviewnya : 


  • Ukuran buku menyerupai Moleskine 13 x 21cm
  • Cover buku menggunakan Hardcover
  • Kertas menggunakan 100 gsm dengan full printed (karena pake template)
  • Ada Monthly Log untuk 12 Bulan
  • Ada Weekly Log untuk 12 Bulan / 1 Tahun 
  • Ada Sleep tracker

Sleep tracker

  • Ada Halaman yang bisa digunakan untuk habit tracker
  • Ada halaman dengan kertas dotted untuk catatan
  • Ada sekitar 110 halaman dalam 1 buku dan semua berwarna serta sudah ada templatenya.
  • Ada sticker 
  • Harga kurang lebih Rp 125.000 (belum termasuk ongkir) - ( Jika terjadi perubahan harga, saya tidak bertanggung jawab ya ? karena postingan ini murni berbagi, bukan diendorse. hehehe..).


Dengan adanya halaman Monthly Log, Weekly Log, Tracker dan tempat kosong untuk notes, buku ini menuut saya cocok digunakan untuk Bullet Journal.

Satu-satunya kekurangan mungkin karena tidak ada halaman untuk The Indexnya. Meski sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri dan menambahkannya. 

TIPS MODIFIKASI UNTUK BULLET JOURNAL 


WEEKLY LAYOUT


Karena kita tahu bahwa tak semua komponen Bullet Journal bisa dibuat, maka mari kita sederhanakan saja. Hihihi.. 

  • Halaman the index bisa kita tambahkan dengan menggunakan teknik flipping nie Gaes. Kita bisa menambah ekstra kertas dan kita tempelkan pada bagian halaman depan yang kosong (setelah cover) atau pada bagian biodata. 


Contoh penambahannya 


  • Berhubung sudah ada template monthly, ini memudahkan saya untuk menuliskan the Future Log. Jadi dalam hal ini saya tidak perlu menggunakan The future log lagi, Apalagi bagi saya, fungsi future log dan monthly log hampir miriplah. hahaha.. 
  • Belakangan ini, karena saya juga memiliki ideas journal, bagian collection tidak begitu penting banget. So.. saya tak terlalu memusingkan banyaknya halaman untuk catatan. 



  • Bagian notes yang kosong, nantinya saya bisa gunakan untuk membuat monthly review. 
  • Sleep Tracker bisa saya manfaatkan untuk yang lainnya. Mungkin saja untuk expense tracker /edsense tracker atau lainnya. Mengingat saya gak pernah menggunakan sleep tracker.
  • Bagian depan halaman, saya bisa manfaatkan untuk menulis Annual Goal, supaya ke depannya saya bisa lebih fokus lagi. 

KESIMPULAN


Habit tracker dan review


Jadi pada intinya, apapun bentuk bukunya bisa kita manfaatkan untuk Bullet Journal. Yang terpenting kita bisa lebih kreatif dalam memodifikasinya. Manfaatkan halaman yang tidak digunakan untuk Collection yang lain. 

Buang komponen yang tak terlalu kita butuhkan. Apalagi tahun 2020 adalah tahun ke 4 saya serius menggunakan Bullet Journal.

Saya jadi semakin tahu, apa saja yang saya butuhkan dan tidak. Yang pasti, saya memang butuh media untuk menuliskan ide-ide yang ada dalam kepala saya.





Nah, apakah kalian sudah siap menyambut tahun 2020 dengan Bullet Journal baru ? etapi kalo buku Bujonya di tahun sebelumnya masih banyak yang kosong, masih tetap bisa digunakan kok Gaes. Jadi gak perlu ganti baru lagi. 

Begitulah tips Bullet Journal untuk tahun 2020 nanti. Saya memilih buku yang lebh murah, efektif dan tentu saja efisien.

Ada pertanyaan seputar Bullet Journal ? Kalian bisa menaruhnya di kolom komentar. Saya akan mencoba menjawabnya satu per satu. Thank you !