BULLET JOURNAL INDONESIA | COLLECTION IDEAS

by - May 26, 2018

bujo indonesia collection ideas


Yang masih giat ber-Bullet Journal mana suaranya ? hihi... Yang sedang ogah-ogahan dan vakum, jangan kuatir, itu sudah biasa. Dalam Bullet Journal seringkali kita mengalami Struggle ( perjuangan).

Oleh karena itu, gunakan 3 cara bagaimana konsisten membuat Bullet Journal yang pernah saya bahas sebelumnya. Supaya kalian lebih bersemangat lagi, hari ini saya akan membuat postingan contoh collection ideas yang bisa kalian setup di BuJo. 

BULLET JOURNAL INDONESIA | COLLECTION IDEAS


Bullet Journal itu gak harus bagus dan rumit, yang penting bermanfaat dan bisa membantu kita lebih kreatif, maupun produktif. Ada banyak Collection Ideas yang bisa kita gunakan untuk mengisi Bullet Journal kita.

FAKTOR PENYEBAB TIDAK KONSISTEN


Tetapi tak jarang kita mengalami masa di mana kita merasa malas banget menggunakan Bullet Journal. Apa saja faktor yang bisa membuat kita malas menggunakan Bullet Journal ? Ini diantaranya :


  • Tidak memiliki motivasi untuk menggunakan Bullet Journal.
  • Bingung bagaimana cara mengisi Bullet Journal.
  • Minim ide tentang collection apa saja yang bisa disetup untuk Bullet Journal
  • Tak punya waktu untuk membuat Bullet Journal.

Dari ke 4 faktor penyebab tidak konsisten dalam membuat Bullet Journal, faktor ke 3 paling mudah solusinya. Ada banyak ide collection yang bisa kalian buat untuk Bullet Journal, seperti berikut ini.

BUJO COLLECTION IDEAS



Namun sebelum saya membuat list Collection ideas , terlebih dahulu saya akan memberikan kiat bagaimana saya bisa konsisten menulis Bullet Journal. Salah satunya adalah Bujo sebagai planner.


fokus untuk planner 


Pada dasarnya ada 4 tipe journaling yang umum beredar di media sosial. Ada minimalist hingga artsy. Namun, hal paling mendasar sebelum menambahkan banyak Collection Ideas adalah tentang fungsi Bullet Journal itu sendiri. Yaitu fungsi Bullet Journal sebagai Planner. Apapun tipe Bullet Journalnya, jangan lupakan fungsi utamanya sebagai Planner. 


cara membuat bullet journal untuk pemula


Nah, buat yang sering kehabisan ide dan bingung ngisi Bullet Journalnya dengan apa aja ?, semoga list collection ideas berikut ini bisa membantu.

List ini saya buat berdasarkan pengalaman, walaupun banyak diantaranya yang berhenti ditengah jalan. Namanya juga usaha, hahaha.. plus penasaran. 

Kegagalan sebuah layout atau tracker biasanya karena kurang displinnya kita  untuk terus mengupdate progresnya ke dalam Bullet Journal, sehingga kadang terlupakan dan berakhir dengan " rumah kosong tanpa perabot " ( analogi macam apa ini ? 😁)


bujo indonesia collection ideas


Ada beberapa macam Collection Idea yang bisa kalian gunakan untuk mengisi Bullet Journal. Dari mulai yang berhubungan dengan Finansial hingga kesehatan.

Tak semua collection tersebut harus digunakan. Pilihlah collection yang kalian butuhkan. Misalnya ingin meningkatkan aspek finansial, kalian bisa mencoba collection yang berhubungan dengan Money, dst. 

Berikut ini beberapa artikel yang berhubungan dengan contoh Collection : 



Itulah contoh Collection Ideas yang bisa kita gunakan. Semoga buat teman-teman yang bingung tentang apa saja isi Bullet Journal bisa tercerahkan dengan list yang sudah saya susun.

Ada juga artikel tentang bagaimana mengisi rapid logging, atau artikel yang berhubungan di Bullet Journal di Start Here.


HAPPY BUJOING !

You May Also Like

3 comments