CARA MEMBUAT MIND MAP SIMPLE UNTUK PEMULA

by - July 29, 2019

cara membuat mindmap untuk pemula



Ada yang sering menggunakan mindmap ? Mindmap adalah proses pencatatan yang menggunakan visual dan ikatan yang berbentuk menyerupai cabang, dan berfungsi untuk memaksimalkan kerja otak kanan dan kiri. Bagaimana caranya ? Yuk baca ! 

CARA MEMBUAT MIND MAP SIMPLE UNTUK PEMULA


Mungkin teman-teman yang sering mampir di Blog ewafebri, sering banget menemukan postingan yang di dalamnya ada catatan yang berbentuk Mindmap. Semenjak mengenal mindmap, saya memang lebih sering menggunakannya untuk mendapatkan detail ide yang dibutuhkan.

Tak hanya untuk catatan biasa, mindmap juga sering saya gunakan saat saya sedang membuat postingan artikel. Mindmap saya fungsikan sebagai kerangka pikiran sehingga saya tahu harus menulisa tentang apa. Masalahnya nie, bagi yang gak biasa membuat mindmap, seolah metode ini susah digunakan. Padahal sebenarnya gak juga kok Gaes.

MENGAPA MINDMAP ?



contoh mindmap sederhana


Menurut Tony Buzan sang penemu, otak kita itu bekerja dengan gambar dan asosiasi. Nah metode pencatatan mindmap menggunakan 2 hal tersebut. Mindmap jika diterjemakan ke bahasa yang lebih mudah dipahami adalah Peta Pikiran.  Kita bisa memanfaatkan metode ini disegala bidang.

Dengan Mindmap kita bisa berfikir dari segala arah, yang kita lakukan cukup dengan mengembangkan ide melalui keyword yang sudah kita tentukan.

MANFAAT MINDMAP


manfaat mindmap adalah


Setelah menggunakan mindmap secara aktif, ada beberapa manfaat yang saya rasakan. Di antaranya :
:

  • Judul tema yang ingin saya cari sangat jelas karena terletak dibagian tengah gambar.  
  • Lebih efektif dan efisien.
  • Mempermudah proses mengingat karena hanya perlu menggunakan kata kunci/keyword
  • Bisa mendapatkan detail ide.
  • Merangsang kinerja otak untuk berfikir cepat
  • Lebih kreatif.
  • Mudah mengenali relasi antar sub pikiran.
  • Memudahkan membaca ide pikiran. dll

Itulah beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan penggunaan metode ini. Bahkan untuk urusan terkecilpun saat ini saya sering menggunakan Mind Map sebagai alat bantunya. 

CARA MEMBUAT MINDMAP 


Awal membuat Mindmap memang rasanya sangat sulit, itu karena kita tak terbiasa memikirkan kata kunci/keyword. Kita lebih sering langsung memikirkan detail akhirnya. Dibutuhkan latihan secara rutin hingga kita terbiasa menggunakan metode ini untuk metode pencatatan, maupun untuk mendapatkan ide pikiran.

Langkah-langkah Membuat Mind Map :


  • Tulislah judulnya di bagian tengah kertas, bisa dengan warna berbeda, tambahan sticker ataupun huruf balok, supaya kita tau bahwa itu adalah topiknya. 
  • Buatlah keyword atau cabang utama dari topik yang kita tentukan, jika tak terbiasa, kalian bisa menggunakan teknik 5W1H (What, When, Where, Who, Why & How).
  • Teruskan dengan membuat cabang/penjelasan yang lain sesuai dengan cabang pertamanya. Supaya lebih mudah dipahami, kalian juga bisa memanfaatkan pulpen warna-warni.
  • Lakukan terus, hingga kalian sudah mentok idenya. 
  • Jika ada informasi yang sama antar cabang, kalian bisa menarik garis sehingga terlihat berkaitan satu sama lainnya. 
  • Selesai.
contoh mindmapping blog


Mindmap diciptakan supaya efektif dan efisien. Oleh karena itu, pastikan untuk menuliskan kata kunci atau keyword saja. Jangan penjelasan yang terlalu panjang. Karena sejatinya kita ingin mengurai ide pikiran bukan mencatat untuk menghafal, tapi lebih memahami ide tersebut. 

Gampangkan sebenarnya tahapan membuat Mindmap. Yang perlu kita lakukan adalah dengan sering melatihnya, sehingga kita akan lebih mudah menggunakan kata kunci di project selanjutnya. 

Hehehe.. Mindmap ini juga bisa kalian masukkan ke dalam Bullet Journal kalian loh. Saya pun sering menggunakannya, karena teknik ini memudahkan saya dalam mendapatkan ide baru. Bahkan untuk urusan Blogging, saya juga memanfaatkan Mindmap untuk mendapatkan ide pikiran.

Selain Mindmap ini ada juga metode pencatatannya lainnya, misalnya saja Sketchnoting ataupun Cornell System. Apapun bentuk pencatatanmu, semoga bisa membawamu ke arah lebih produktif ya.. ? 🤭

Yaaakk... Semoga penjelasan tentang Mindmap ini bisa membantu semua kalangan, tak hanya pelajar. Bloggerpun bisa memanfatkan tekni ini untuk mendapatkan detail ide pikiran. Terima kasih sudah membaca, semoga ke depannya akan ada tips yang lainnya. 

Jika ada pertanyaan dan saran, boleh banget meninggalkan tulisannya di kolom komentar. Sampai ketemu lagi ditulisan selanjutnya. Byeee.... !






You May Also Like

0 comments