DIGITAL | PERLUKAH MEMILIKI NICHE BLOG ? APA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA MEMILIKI NICHE BLOG ?

by - October 17, 2018

Pentingkah memiliki niche blog ? 


Niche Blog adalah Topik atau tema khusus yang serupa yang selalu kita gunakan sebagai pedoman dalam membuat konten pada blog kita. Misalnya Blog ewafebri.com yang mengulas tentang Produktivitas, Self development, pendidikan dan kreatifitas menggunakan Bullet Journal dan Art Therapy ideas.

NICHE BLOG , YES OR NO ?!?


Tema ini juga sebelumnya sudah pernah saya bahas ya ? Jika sebelumnya saya mengulik tentang Cara Menentukan Niche Blog , kali ini saya ingin mengulas tentang hal berikut.

Perlukah kita membuat Niche Blog ? 


Ada 2 jawaban pastinya, Perlu Dan Tidak !. Sebelum kalian menyimpulkan sendiri apakah kalian perlu menggunakan Niche pada blog kalian atau tidak, mari kita telaah tentang Keuntungan dan Kerugian memiliki Niche Blog. 

Kerugian atau kekurangan memiliki Niche pada Blog : 




  • Besar kemungkinan kita akan kehabisan atau krisis ide untuk membuat konten yang memiliki tema atau topik yang sama. 
  • Kita akan terjebak dalam Niche kita sendiri. Hahhaa.. gak bisa kemana-mana Gaes. 
  • Ketika kita mengganti topik atau tema Blog karena sudah krisis ide tadi, kemungkinan kita akan kehilangan pengunjung setia kita, karena topik yang mereka cari sudah tak kunjung datang.

Sementara, keuntungan memiliki Niche Blog adalah : 


  • Memudahkan kita mengeksplorasi ide atau tema, karena kita sudah tahu topik apa yang kita miliki dalam blog kita.
  • Mudah mendapatkan pengunjung setia karena mereka datang memang untuk membaca topik yang serupa tapi dari sudut pandang dan kemasan cerita yang berbeda-beda.
  • Mudah membangun komunitas, karena sudah ketahuan tema blognya seperti apa.



  • Google lebih menyukai Blog yang memiliki Niche karena di anggap lebih paham dan ahli terhadap Informasi yang diberikan.
  • Mudah di-crawl mesin pencari (SEO).
  • Memudahkan pembaca mencari topik tertentu. 
  • Bisa meningkatkan pengetahuan kita juga terutama menyangkut tema Blog yang kita miliki. (Apalagi kalo kita bikin konten blognya harus sering-sering research dulu Gaes).
  • Memudahkan Branding Jasa atau Produk karena kalian bisa mengulas tema atau topik yang bisa mendukung usaha kalian.
Dari penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan niche blog diatas, kalian sudah bisa mempertimbangkan dan menjawab pertanyaan kalian sendiri : 

" Perlukah saya menggunakan Niche Blog ? " 


Bagi saya pribadi, penggunaan Niche Blog ini penting. Walaupun kualitas konten tetap yang nomor satu (meskipun kalian tak punya Niche blog, tapi jika kontennya berkualitas, pasti tetap dibaca dan dicari) sebagai acuan ya Gaes.
Dengan memiliki Niche blog, membuat saya lebih mudah brainstorming ide, karena sudah ada pondasinya (ini mah ibarat kata.. hahaha).

    Perihal penting tidaknya Niche untuk blog kalian, bisa kalian tentukan sendiri. Hehee.. Yang perlu diingat, meskipun kalian tidak memiliki Niche Blog, tapi selama konten kalian berkualitas, saya yakin blog kalianpun akan tetap ditunggu pembaca. Hihi..

    Tapi jika kalian ingin memiliki Niche Blog tapi bingung tentang bagaimana menentukan Niche Blog, kalian bisa membaca postingan saya tentang 6 Cara Mudah Menentukan Niche Pada Blog.


    Credit pic : canva + pixabay


    HAPPY BLOGGING !

    You May Also Like

    6 comments

    1. ih.. pengen banget punya niche blog tapi apa daya pikiran masih suka random. bisa nulis seminggu sekali aja udah prestasi banget. apalagi harus dengan tema yang sama...haha

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gak apa2 mbak.. pelan-pelan aja, ntar lama-lama tahu kok, hal tentang apa yang paling sering di post, nah baru dibikin Niche nya.. hahha..

        Delete
    2. Nah ini, jadi perhatian saya mbak. tapi apalah daya ide tak sampai, ide tak bersambut hehehhe
      jadi weh blog random campur aduk. semoga bisa seperti tulisan mbak eva walaupun ga punya niche, tapi tulisan berkualitas aamiin

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amiiiinn.. hahahhaa.. ❤️❤️❤️❤️❤️❤️

        Delete
    3. mimpi punya niche blog, tapi diri masih nggak telaten, belum konsisten

      ReplyDelete
      Replies
      1. pelan-pelan aja mbak sambil mencari tahu topik apa yang paling sering di posting dan bisa dijadiin Niche Blog

        Delete

    Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏